Home » Biaya » Biaya Cat Motor

Biaya Cat Motor

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang sudah menjadi bagian hidup semua orang. Bukan rahasia umum siapa saja yang memilikinya akan selalu memodifikasi tampilannya supaya bisa mendapatkan tampilan lebih bagus, termasuk warna.

Di sisi lain biaya cat motor termasuk salah satu hal yang harus kalian pertimbangkan sebelum datang langsung ke bengkel terdekat. Pasalnya, setiap bengkel menawarkan harga cat motor sesuai jenis dan mereknya.

Tujuan pengecatan motor adalah meningkatkan tampilannya agar tetap bagus dan tidak kusam. Seandainya tampilan motor kalian terlanjur kotor dan kusam, maka kamu bisa melakukan pengecatan ulang. Pengecatan ulang bertujuan supaya motor kamu bisa terlihat seperti baru.

Kalian bisa memilih warna apa saja yang sama seperti sebelumnya maupun warna baru. Jika kamu ingin menggunakan warna baru, pastikan kalian sudah mengurus penggantian warna motor yang tercantum pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kalian harus mengurusnya supaya kamu terhindar razia kendaraan bermotor. Walaupun banyak orang tahu risiko penggantian warna cat motor, tetapi beberapa pemilik kendaraan roda dua tidak peduli terhadap memperbarui administrasi STNK.

Terkadang momen tersebut tidak masalah, terutama saat kalian tidak mengendarai motor seenaknya di jalan raya. Kamu boleh memodifikasi warna cat motor selama pada batas wajar dan tidak menimbulkan masalah bagi kendaraan atau dirimu sendiri.

Biaya Cat Motor

Biaya Cat Motor

Biaya Cat Motor

Modifikasi merupakan alasan utama mengapa seseorang ingin mengganti warna cat body motor. Siapa saja pasti ingin mempunyai motor keren dan trendi, sedangkan motor yang usia pemakaiannya sudah bertahun-tahun cenderung membutuhkan pengecatan agar tampilannya tetap seperti baru.

Hal ini dikarenakan sebuah motor yang belum pernah dicat dengan usia penggunaan lebih dari tiga tahun bakal membuat tampilannya kusam bahkan kotor.

Di samping itu penggantian warna cat body motor tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, kamu harus memakai cat berkualitas dengan pengerjaan dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman.

Tujuannya supaya cat motor bisa tetap awet dan tahan lebih lama sejak hari pertama diterapkan ke seluruh permukaan body nya. Akan tetapi, kalian harus tahu jenis dan merek cat apa saja yang perlu dipilih untuk setiap brand motor kalian sehingga tidak terlihat aneh dan kusam.

Biaya Cat Motor, Pilihan Jenis Cat Berkualitas

Jangan sembarangan memilih jenis dan merek cat motor. Banyak orang kerap mendapatkan hasil pengerjaan mengecewakan karena setiap pemilik kendaraan tidak pernah tahu apa saja kandungan zat kimia yang terkandung di dalam cat nya.

Pastikan cat pilihan kalian sesuai rekomendasi tenaga ahli di bengkel yang sudah kamu pilih. Untuk meminimalisir kerugian akibat salah pemilihan cat motor, maka kalian bisa menyimak beberapa jenis cat motor seperti di bawah ini :

Polyurethane

Kalian harus tahu tidak semua bengkel pengecatan motor menyediakan fasilitas oven. Untuk bengkel non oven cenderung menggunakan cat motor berjenis Polyurethane. Tak bisa dipungkiri kualitasnya tidak kalah bagus seperti jenis-jenis cat motor lainnya.

Akan tetapi, proses pengeringannya agak lambat karena tidak memakai oven. Di sisi lain sebagian besar pemilik kendaraan bermotor mengaku puas dengan hasil pengecatan dengan cat motor ini.

Stoving / Basecoat

Cat Stoving adalah salah satu cat terbaik untuk diaplikasikan pada sepeda motor maupun kendaraan lain. Hal ini dikarenakan cat tersebut punya daya tahan lebih lama dan sulit meninggalkan bekas goresan atau baret daripada cat lainnya.

Akan tetapi, pemakaiannya cenderung rumit, kalian harus memakai sistem oven supaya cat nya bisa melekat dengan sempurna pada seluruh permukaan body motor kesayangan kalian agar tampilannya rata.

Epoxy Primer Surfaces & Filler

Untuk melakukan pengecatan pada seluruh permukaan body motor, kalian butuh cat dasar terlebih dahulu. Cat Epoxy Primer Surfacer and Filler merupakan cat terbaik untuk menutupi pori-pori kasar yang kerap muncul pada permukaan saat play sudah didempul.

Penerapannya sesuai untuk rangka motor, lantaran cat ini mampu mencegah karat pada rangka motor yang sebelumnya telah didempul. Cat tersebut sesuai untuk semua merek motor yang dipakai siapapun.

Lacquare / Nitro Cellulose

Kami tidak begitu merekomendasikan pemakaian jenis cat motor ini. Pasalnya, cat tersebut punya daya tahan cukup buruk, sedangkan warnanya lebih cepat pudar.

Walaupun demikian, penggunaan cat Nitro Cellulose mempunyai keunggulan lantaran cepat kering sehingga sesuai untuk setiap pemilik kendaraan bermotor yang ingin pengecatan mendadak. Di sisi lain harganya terbilang ekonomis karena sesuai dengan kualitas akhir yang bakal kamu dapatkan.

Coat / Vernis

Cat Coat atau ernis merupakan salah satu jenis yang berguna melindungi lapisan cat. Jenis cat tersebut biasanya digunakan sebagai lapisan anti gores dan menghasilkan efek gloss yang cukup tinggi.

Hal ini membuat tampilan motor yang sudah dicat terlihat lebih mengkilap dan elegan. Cat ini bisa kalian temukan pada sebagian besar bengkel resmi maupun umum, sedangkan harganya tidak terlalu mahal sesuai merek motor yang bakal dicat.

Polyurethane 2K

Perbedaan cat ini dengan Polyurethane standar adalah dilengkapi clear coat (vernish) sehingga kalian jangan menambahkan varnish bila mengecat motor dengan cat jenis ini. Polyurethane 2K memberikan hasil pengecatan berkualitas, lantaran body motor akan terlihat lebih glossy ketika cat sudah kering.

Tampilan motor kamu akan lebih mengkilap seperti barang keluaran pabrik. Kamu pun semakin percaya diri saat mengendarainya di jalan raya.

Cat Semprot

Belakangan ini sebagian besar pemilik kendaraan bermotor banyak menggunakan cat semprot untuk mengubah warna body motor mereka. Hal ini dikarenakan cat semprot motor paling populer adalah Samurai.

Cat ini memiliki kelebihan seperti harganya lebih ekonomis, sedangkan pemakaiannya cukup mudah. Kalian hanya perlu menyemprotkan cat tersebut ke permukaan body motor yang bakal dicat untuk mendapatkan hasil pengerjaan agak cepat.

Daftar Harga Cat Motor Terbaru

Jenis dan Merek CatHarga
Danagloss NC 1 LiterRp.100,000
Nippon Paint Nippe 2000 1 LiterRp.72,500
Penta Prime NC Penta Super 1 LiterRp.66,500
Danagloss Top Colour 1 LiterRp.64,500
Penta Prime NC Penta Super 200 GramRp.31,500
Futanlux Candytone 250 mlRp.46,500
Cat NC Kansai Celva 1 KgRp.69,000
Samurai Paint 115Rp.37,000
Autogard Cat SemprotRp.50,000
Diton Premium 400 ccRp.30,000
Harka Artistic Finish NC Silver MetalicRp.77,500
Samurai Paint 2K01Rp.104,500

Tips dan Trik Pilih Cat Motor

Sebelum kamu membeli cat motor, alangkah baiknya kamu memastikan jenis cat yang bakal dibeli mulai dari kegunaan untuk rangka, mesin sampai body motor. Jangan memilih cat motor sembarangan, lantaran bila kalian salah maka bisa memberikan hasil tidak maksimal pada motor kesayangan.

Banyak orang melakukannya dalam memilih jenis cat motor, sedangkan hasil penerapannya tidak mungkin bertahan lama, bahkan hanya mencapai hitungan bulan saja.

Demikian pembahasan mengenai biaya cat motor dan harga setiap jenis dan mereknya yang harus kalian tahu. Pastikan kamu meminta rekomendasi kepada petugas bengkel untuk menentukan jenis cat motor seperti apa yang harus dipilih untuk diterapkan pada motor kesayangan kalian.

Walaupun harganya mahal, kami pastikan hasil pengerjaannya tidak akan mengecewakan agar cat motor kamu tetap tahan lama walau dipakai berkendara setiap hari. Kalian bisa tahu informasi lebih lanjut mengenai biaya cat motor pada website resmi Pindah Lubang di https://www.pindahlubang.com/.