Home » Biaya » Biaya Administrasi DANA

Biaya Administrasi DANA

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan bertransaksi online, Biaya Administrasi DANA terbilang patut untuk dibahas. Pasalnya salah satu aplikasi fintech tersebut sudah semakin banyak penggunanya.

Merangkum dari laman resmi DANA, pengguna bisa saja terbebas dari biaya admin meski berkali-kali melakukan transfer uang.

Seperti yang kita ketahui, aktivitas kirim mengirim uang atau yang lebih dikenal dengan istilah transfer, sudah menjadi kebutuhan khalayak ramai.

Apabila memang secara kebetulan banknya sama, mungkin kondisi tersebut tidak menjadi masalah. Akan tetapi, berbeda lagi jika kita mengirim uang antar bank. Sehingga akan ada biaya administrasi yang dibebankan. Besaran tersebut berkisar antara Rp 5.000,- hingga Rp 6.500 per transaksi.

Jika hanya sesekali melakukan transfer uang, mungkin nilai dari biaya admin tidak berpengaruh begitu besar. Akan tetapi, bagaimana jika aktivitas tersebut dilakukan berkali-kali?

Pastinya kamu akan merasa sedikit berat melihat jumlah biaya yang semakin besar. Sebagai contoh, coba kita hitung jumlah biaya transfer sebanyak 10 kali. Maka besarannya Rp 6.500 x 10 yang secara total berjumlah Rp 65.000,-

Biaya Administrasi DANA

Biaya Administrasi DANA

Melihat besaran jumlah seperti yang sudah kami contohkan di atas, tentu bisa semakin besar lagi jika transaksi yang kamu lakukan melebihi jumlah yang kami sebutkan.

Dalam hal ini, nyatanya kamu masih bisa mensiasati biaya admin transfer uang. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan dompet digital.

Sehingga bisa memberikan alternatif biaya admin yang lebih terjangkau. Atau bahkan terbebas dari biaya admin alias gratis. Dan untuk pembahasan kali ini, dompet digital yang menjadi topik ialah DANA.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, DANA merupakan aplikasi fintech yang mempunyai dan menawarkan berbagai fitur menarik. Terlepas dari layanan transaksi yang lebih bersih, lantaran cukup dengan scan dan menyimpan banyak kartu bank. Baik itu debit ataupun kredit.

Nyatanya, DANA juga bisa mempunyai fitur Kirim Uang (Send Money), yakni dengan memberikan penggunannya gratis transfer uang antar bank.

Dalam hal ini, kamu bisa langsung masuk ke menu fitur Kirim Uang pada halaman utama aplikasi DANA. Dan akan ditampilkan 3 pilihan cara untuk transfer saldo.

Beberapa diantaranya ialah Kirim ke Nomor HP, Kirim ke Rekening Bank, serta Kirim ke Chat. Semua fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk transfer ke sesama pengguna DANA, ke bank ataupun pada orang yang tidak punya rekening sekalipun.

Terlepas dari transfer ke akun bank, nyatanya kamu juga bisa melakukan penarikan saldo DANA dengan cara transfer langsung ke rekening milik kamu.

Ada banyak alternatif yang bisa kamu gunakan untuk transfer. Bisa melalui Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, atau juga Pegadaian. Uniknya, kamu bisa menikmati gratis biaya admin hingga 10 kali transaksi tarik tunai atau transfer.

Cara Tarik Saldo DANA ke Rekening Bank

Nah bagi kamu yang masih belum tahu tentang tata cara transfer uang dari aplikasi DANA ke rekening bank lokal, maka bisa mengikuti beberapa langkah yang sudah kami sediakan di bawah ini.

  1. Untuk langkah pertama, tentu harus membuka aplikasi DANA yang sudah terpasang di ponsel.
  2. Selanjutnya, pilih menu Kirim Uang dan dilanjut dengan memilih Kirim ke Akun Bank.
  3. Pada tahap ketiga, kamu tap Kirim ke Rekening Bank dan silahkan pilih bank tujuan. Sebagai contoh ialah BNI Syariah, MAndiri, BCA, CIMB Niaga, BRI dan yang lainnya. Sesuaikan saja dengan yang kamu gunakan untuk menerima transfer dari saldo DANA.
  4. Ketika kolom sudah muncul, isi kolom tersebut dengan Nomor AKun dan masukkan nomor rekening bank. Sedangkan untuk kolom alias (tidak wajib di isi). Apabila sudah selesai dan terisi semua, maka silahkan tap tombol Tambah Bank Baru.
  5. Selanjutnya, isi nominal uang yang akan kamu transfer ke rekening bank. Nominal transfer minimal sebesar Rp 10 ribu dan tap tombol Atur Jumlah, dilanjutkan dengan menekan tombol Konfirmasi.
  6. Untuk memastikan tidak terjadi kesalahan, periksa kembali apa nama dan nomor rekening tabungan penerima saldo DANA sudah benar. Jika memang sudah cocok, maka lanjut dengan tap Konfirmasi.
  7. Proses akhir, ialah dengan memasukkan PIN DANA dan tunggu hingga proses transaksi transfer selesai.

Apabila proses penarikan saldo DANA berhasil, maka uang akan langsung masuk ke rekening bank secara real time. Dari beberapa pengalaman pengguna, setidaknya proses tersebut membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Intinya, proses tarik saldo tadi sudah langsung selesai dan uang pun langsung masuk ke rekening tujuan pada saat itu juga. Bahkan tidak ada waktu delay.

Jumlah Minimal Tarik Tunai Saldo DANA

Masih dalam pembahasan Biaya Administrasi DANA, proses transaksi tarik tunai atau transfer saldo DANA ke rekening bank mempunyai nominal yang sudah ditentukan.

Sama halnya seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Minimal transfer uang dari aplikasi DANA yang bisa kita lakukan ialah sebesar Rp 10 ribu. Berlaku juga untuk tarik tunai di Alfamart atau yang lainnya.

Apabila kamu sudah melakukan transfer DANA ke rekening bank dan transaksi berhasil. Akan tetapi saldo apda rekening tujuan tidak bertambah, maka akan lebih baik jika kamu cepat-cepat menghubungi customer service DANA agar dilakukan pengecekan pada transaksi tersebut.

Untuk menghubungi CS 24 jam DANA, maka kamu bisa menggunakan saluran telepon di nomor 1500445 atau melalui email help@dana.id.

Batas Maksimal Transfer DANA ke Rekening Bank

Berkebalikan dengan minimal transfer, jumlah atau batas maksimal pengiriman uang dari akun DANA ke rekening bank juga dibatasi.

Terkhusus saat tulisan ini dibuat, batas maksimal untuk penarikan saldo DANA ke rekening bank ialah sebesar Rp 1 juta per transaksi. Akan tetapi, untuk penarikan saldo pertama kali, batasnya hanya sebesar Rp 250 ribu.

Apabila informasi yang kami berikan ini masih kurang jelas. Atau ditakutkan terjadi perubahan dalam waktu yang tidak terduga. Maka kamu bisa melakukan pengecekan langsung di laman resmi DANA.

Tarif Administrasi DANA

Berapa sih sebenarnya biaya admin tarik saldo DANA ke rekening bank? Jawaban singkatnya ialah GRATIS. Namun terbatas hingga 10 kali transaksi per bulan.

Sedangkan untuk yang melewati batasan transaksi tersebut, maka akan dibebankan biaya sebesar Rp 4.500 per transaksi. Sehingga setidaknya kamu harus menyiapkan saldo sebesar Rp 54.400 untuk bisa tarik saldo dana sebesar Rp 50 ribu.

Mengambil kesimpulan, kamu bisa transfer saldo DANA ke rekening bank jika sudah melengkapi syarat pertama yang ditentukan oleh pihak DANA. Yakni dengan upgrade akun ke premium.

Untuk batas minimal transfer saldo sebesar Rp 10 ribu dan batas maksimal Rp 1 juta untuk satu kali transaksi. Akan tetapi jika akun masih baru, maka tarik saldo pertama kali hanya sebesar Rp 250 ribu saja.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum terkait dengan Biaya Administrasi DANA. Semoga apa yang kami tulis disini, bisa menjadi referensi yang memang sedang kamu butuhkan.