Home » Biaya » Biaya Cat Rumah Type 36

Biaya Cat Rumah Type 36

Apabila kamu sedang mencari informasi mengenai biaya cat rumah type 36, silakan ikuti dan simak pembahasan ini sampai akhir. Seandainya kalian mengulas informasi sebelumnya soal biaya cat rumah, dipastikan budget yang kalian habiskan pasti berbeda dengan pengecatan rumah type 36.

Hal ini dikarenakan rumah tersebut punya struktur bangunan minimalis dan sederhana, pemiliknya pun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menghasilkan tampilan rumah penuh warna.

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri mungkin penasaran berapa harga yang harus dibayar untuk mengecat seluruh dinding pada rumah type 36. Pasalnya, rumah ini tidak berbeda dengan hunian minimalis karena setiap penghuninya hanya bisa membangun dua kamar tidur saja, serta ruang tambahan untuk dapur dan lainnya.

Kalian sendiri perlu memperhatikan warna cat yang akan digunakan karena tidak semua titik di rumah harus punya penerapan desain senada. Untuk mengecat rumah ukuran berapapun menang tidak pernah mudah.

Kalian harus melihat lingkungan sekitar dan struktur bangunan terlebih dahulu. Guna meminimalisir kerugian besar saat pengecatan, pastikan kamu memilih warna cat netral dan bisa dipadukan dengan motif atau warna lainnya.

Tak hanya itu, setiap pemilik rumah pun dianjurkan mengecat dinding berulang kali agar permukaannya dapat kokoh dan tidak mudah mengelupas akibat panas nya sinar matahari atau cuaca buruk.

Biaya Cat Rumah Type 36

Biaya Cat Rumah Type 36

Biaya Cat Rumah Type 36

Kalian pasti bingung warna apa yang harus diterapkan pada eksterior maupun interior rumah, bukan? Jangan pernah menggunakan warna cat gelap karena menimbulkan kesan pengap bagi semua orang di rumah.

Apabila sebuah ruangan sempit belum dicat, pilih warna terang untuk memberi kesan luas dan tenang agar kamu dapat menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kamarnya meski sempit. Pemilihan warna cat yang efektif mampu memangkan anggaran tidak terduga.

Gunakan warna putih, cream atau kuning yang dianggap sebagai pilihan cat dinding paling terang dan memberi nuansa menyenangkan, serta menimbulkan aksen luas bagi setiap sudut ruangan di dalam rumah.

Jangan lupa memperhatikan bagian eksterior rumah dan pastikan cat dinding yang kamu gunakan mempunyai kandungan zat kimia untuk melindunginya dari terik matahari yang panas. Pastikan harganya sesuai budget agar kamu dapat meminimalisir untuk kebutuhan lain saat mengecat rumah.

Biaya Cat Rumah Type 36, Pilih Cat Terbaik untuk Rumah Kamu

Rumah bertype 36 memang identik dengan sebuah bangunan berukuran 6 x 6 meter persegi yang mampu menghasilkan dua kamar tidur, serta sedikit tambahan ruang untuk kebutuhan setiap penghuninya.

Di samping itu, rumah type 36 harus diperhatikan pemilihan warna cat dinding eksterior maupun interiornya supaya kamu bisa mempunyai hunian idaman dengan tampilan menakjubkan. Berikut merupakan informasi detailnya yang harus kalian perhatikan, yakni :

Cara Hitung Biaya Cat Rumah Type 36

Rumah bertype 36 termasuk hunian minimalis yang tidak punya banyak ruangan. Bangunan ini cenderung mempunyai satu ruang keluarga, satu ruang tamu, dua kamar tidur, kamar mandi dan dapur.

Kamu perlu melihat bagian eksterior dimana mempunyai tiang atau ornament lainnya, sedangkan interiornya memiliki ukuran kamar sekitar 3 x 3 untuk 2 ruang tidur, serta 4 x 3 seandainya kalian hanya berniat membangun satu kamar tidur.

Seandainya harga biaya cat rumah type 36 per meter persegi adalah sebesar Rp.27,500 untuk satu ruangan, maka kamu bisa menghabiskan budget sekitar Rp.3 juta. Tak hanya itu, kamu pun harus kalikan dengan jumlah ruangan yang bakal berada di rumah tersebut.

Kami bisa mengambil batas maksimum penggunaan budget sekitar Rp.10 juta s/d Rp.15 juta. Angka ini terbilang lebih dari cukup untuk sekadar mengecat seluruh permukaan dinding di rumah type 36.

Untuk bagian eksterior, perhatikan luas permukaan yang akan kamu ubah warnanya biasanya sekitar 4 sisi dikali 36 meter persegi, yakni sebesar 154 meter persegi.

Apabila budget pengecatan rumah sekitar Rp.30,000 bahwa dana yang harus kamu siapkan untuk mengecat eksterior rumah sekitar Rp.4,5 juta. Oleh karena itu, jumlah borongan biaya cat rumah type 36 yang harus kamu siapkan dari sekarang adalah sebesar Rp.9 juta s/d Rp.10,5 juta.

Jenis Cat Rumah Terbaik

Kami tidak menjamin semua merek cat punya harga yang sama. Hal ini dikarenakan satu sama lain cenderung memiliki selisih harga sekitar Rp.1,000 s/d Rp.15,000 sesuai kualitas dan mereknya masing-masing.

Oleh karena itu, kamu harus memahami secara jelas berapa budget yang harus kalian siapkan untuk membeli cat dinding sesuai kebutuhan. Seandainya kamu membeli merek cat internasional, biasanya harga yang ditawarkan agak mahal dari merek cat nasional.

Jangan pernah bergantung pada merek, tetapi perhatikan kualitas dan warna yang bakal kamu aplikasikan pada seluruh permukaan dinding interior maupun eksterior. Kalian harus selektif membeli cat rumah karena bagian eksterior dan interior punya pilihan cat berbeda yang tidak bisa dipakai secara bersamaan.

Disisi lain pun kamu harus tahu penerapannya secara benar, serta tidak boleh encer demi mencegah pengelupasan bahkan terlalu kental yang berujung pemborosan biaya.

Harga Cat Rumah Type 36

  • Cat Minyak untuk Kusen = 2 Kaleng x Rp.145,000 = Rp.290,000.
  • Cat Tembok = 2 Pail x Rp.325,000 = Rp.650,000.

Jumlah Biaya Pembelian Cat = Rp.290,000 + Rp.650,000 = Rp.840,000.

Bagaimana Memilih Cat Dinding Rumah Berkualitas?

Tidak semua orang bisa memilih cat dinding untuk rumah mereka. Biasanya cat berkualitas mempunyai beberapa hal seperti tidak berbau menyengat dengan tekstur lembut dan tidak lengket meski terkena lengan atau sudah diterapkan ke permukaan dinding.

Selain itu, pemakaiannya mampu bertahan sampai lima tahun tanpa mengelupas bahkan luntur meski terkena air hujan. Cat rumah terbaik pun tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, timah hitam atau lem putih.

Berapa Lama Mengecat Seluruh Dinding Rumah?

Kalian pasti penasaran berapa lama mengecat seluruh permukaan dinding di rumah, bukan? Biasanya seseorang tidak perlu menghabiskan waktu sampai seminggu untuk mempercantik rumah dengan warna baru yang indah.

Kamu harus menyiapkan beberapa kaleng cat untuk diberikan kepada jasa tukang cat berpengalaman. Seandainya kamu memilih pihak jasa pengecat profesional, dipastikan durasi pengerjaannya akan lebih cepat bahkan hanya selama 4 hari saja.

Rahasia Merawat Cat Tetap Tahan Lama

Setiap orang pasti ingin punya cat rumah yang tahan lama, kan? Kamu bisa membuat kualitas cat dinding rumah tetap bagus bahkan bertahan beberapa tahun dengan memilih cat berbahan dasar acrylic.

Bukan rahasia umum bahan kimia tersebut bisa menahan permukaan dinding dan warna tetap bersih dan tidak cepat pudar. Walaupun terkena sinar matahari atau air hujan setiap hari, permukaan tetap bersih dan pastikan bagian interior selalu dibersihkan dan terhindar dari coretan.

Demikian informasi mengenai biaya cat rumah type 36 beserta contoh perhitungan budget yang bisa kamu gunakan sebagai bayangan. Guna menghindar pemborosan budget, silakan kamu melakukan survei bersama jasa tukang bangunan untuk memilih bahan baku dari toko material tertentu.

Kamu harus membawa jasa pengecat rumah untuk mendapatkan harga bahan utama lebih kompetitif, serta memastikan semua hal yang dibeli memang dibutuhkan. Untuk tahu informasi lebih lanjut soal biaya cat rumah, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.