Home » Biaya » Biaya Dak Bondek per meter

Biaya Dak Bondek per meter

Bagi kalian yang masih belum memahami pengertian dari dak bondek, dapat dilihat penjelasannya pada artikel biaya dak bondek. Oke, mari kita lanjutkan lagi. Ternyata, masyarakat masih cukup awam dengan teknik dak bondek serta biaya dak bondek per meter.

Pada dasarnya, biaya dak bondek per meter merupakan suatu tarif atau harga pembelian bahan material bondek, yang secara umum dapat ditemukan di pasaran dalam ukuran meteran. Bisa juga diartikan sebagai ukuran bahan dengan lebar 1 meter dikali panjang bahan sebesar 1 meter, bondek buatan pabrik.

Tentu saja, untuk dapat menemukan toko yang menjual secara bebas bondek ini, kalian perlu mendatangi toko material, agen maupun distributor penyedia bahan-bahan bangunan. Disamping itu, ternyata bondek yang beredar di pasaran memiliki ketebalan berbeda.

Ketebalan material yang dimaksud, adalah mulai dari kisaran 0,60 mm sampai dengan 1,00 mm. Meskipun cukup beragam, ukuran lebarnya tetap sesuai dengan desain pabrik, yakni 1000 mm. Terkait harganya, simak penjelasan biaya dak bondek per meter dibawah ini!

Biaya Dak Bondek per Meter

Biaya cor dak bondek per meter

Biaya cor dak bondek per meter

Harga dak bondek per meter

Materi bondek, sengaja dirancang dalam berbagai ukuran serta ketebalan yang beragam. Tujuannya, supaya masyarakat dapat lebih bebas dalam memilih bahan dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Adapun kisaran harganya mulai dari Rp 98.000,- hingga Rp 185.000,-.

Perlu kalian ingat juga, untuk yang sering memakai bondek dengan ketebalan 1 mm, produk seringkali mengalami inden. Oleh sebab itu, disarankan untuk memesan dan mencari terlebih dahulu informasinya ke toko material terdekat. Berikut, cara menghitung harga per lembarnya.

Harga per lembar bondek, dihitung berdasarkan rumus harga per meter dikali dengan panjang bondek yang telah dipesan. Sehingga, bisa saja harga per lembarnya lebih mahal ataupun lebih murah dari kisaran harga yang telah disebutkan diatas.

Biaya cor dak bondek per meter

Anggaran yang perlu dipersiapkan untuk membuat sebuah lantai baru di rumah dengan cara melakukan dak bondek, ternyata lebih ekonomis dibandingkan model ngedak lainnya. Baca juga simulasi harga untuk teknik ngedak lainnya di biaya cor dak per meter.

Kalian yang menggunakan cor dak bondek, ukuran potongan panjang bondek yang tersedia di pasaran yaitu 6 meter. Hal tersebut, dipicu oleh alasan ketika pengangkutan barang dari toko menuju tempat lokasi rumah pemesan agar lebih mudah untuk dibawa.

Simulasi harga pengecoran dak beton bondek untuk ukuran rumah sebesar 5,5 x 11 m, penjelasannya akan diawali dari bahannya terlebih dahulu. Biaya harga satuan yang harus kalian persiapkan, diantaranya ada:

  • Bondek per lembar dengan harga Rp 540.000,-
  • Wiremesh per lembar sebesar Rp 515.000,-
  • Semen 3 roda per sak dengan harga Rp 55.000,-
  • Pasir beton per colt sebesar Rp 220.000,-
  • Batu split per colt dengan harga Rp 260.000,-

Berikutnya, jumlah dari bondek yang dibutuhkan dalam proses pengerjaan rumah berukuran 5,5 x 11 m, sebanyak 10 lembar. Dilanjut dengan wiremesh berjumlah 4 lembar. Lalu ada semen yakni 40 sak. Pasir beton sebanyak 4 colt, serta batu split berjumlah 5 colt.

Bila dijumlahkan keseluruhan harga bahannya, dapat mencapai nominal Rp 11.840.000,-. Kemudian, rincian dari biaya upahhnya, semisal tenaga inti per orangnya digaji sebesar Rp 200.000 dengan jumlah 5 orang. Selanjutnya, tenaga pembantu sebanyak 7 orang.

Upah yang diberikan untuk tenaga pembantu ini, umumnya akan lebih rendah dari yang diperoleh oleh tenaga inti. Sebut saja misal kalian menggajinya sebesar Rp 150.000,- per orangnya. Lalu, biaya terakhir untuk konsumsi sebesar Rp 250.000,-.

Jumlah keseluruhan biaya yang ditaksir untuk memberikan upah kepada para tenaga kerjanya saja, mencapai angka Rp 2.300.000,-. Nah, jika dijumlahkan antara biaya bahan dengan biaya upahnya, maka keseluruhan angkanya menjadi Rp 14.410.000,-.

Simulasi harga tersebut, dapat berubah tergantung dari kenaikan harga material yang tersedia di toko ataupun permintaan harga upah yang diajukan oleh pihak pekerja bangunan. Oleh sebab itu, disarankan untuk menyediakan biaya sebesar Rp 16.000.000,-.

Biaya cor dak bondek per meter persegi Bekasi

Produk yang diberikan nama dengan bondek Bekasi dengan ketebalannya sebesar 0,6 mm, ditawarkan sebesar Rp 98.000,- per meternya. Kemudian, hadir juga produk lain dengan nama bondek Bekasi, memiliki ketebalan mencapai 0,65 mm ditaksir dengan harga Rp 102.000,-.

Harga untuk produk bondek Bekasi ketebalan 0, 7 mm dikenakan tarif sebesar Rp 106.000,-. Berikutnya, ada produk bondek Bekasi tebal 0,75 mm ditawarkan dengan harga Rp 110.000,-. Terakhir, bondek Bekasi tebal 1 mm, harganya mencapai Rp 185.000,-.

Pengiriman barang yang dilakukan disekitar Jabodetabek, umumnya ada penawaran gratis ongkir dengan syarat, jumlah atau kuantitas yang kalian pesan beradad dalam angka lebih dari 10 atau bahkan lebih dari 20 lembar keatas.

Bondek, selain dimanfaatkan untuk melakukan pembangunan lantai rumah, terkadang digunakan juga ketika membangun sebuah jembatan, pagar, area perkantoran, area sekolah, ruko, rumah sakit, dan masih banyak manfaat lainnya.

Keunggulan yang dimiliki bondek ini, salah satunya adalah mengurangi waktu pengerjaan yang umumnya membutuhkan waktu lama menjadi lebih cepat. Selain itu, tingkat efisiensinya juga lebih tinggi dibandingkan penggunaan teknik-teknik cor dak lain.

Secara umum, bondek dipasangkan dengan besi wiremesh. Besi wiremesh ini, memiliki arti sebagai besi hasil rakitan yang dibentuk dalam model lembaran, dengan ukuran yang dimilikinya sebesar 10 m2. Adapun fungsi lainnya sebagai pengganti triplek dalam proses pengerjaan bekisting.

Merek bondek yang dijual di pasaran dan cukup populer namanya di kalangan masyarakat, yakni bondek majadeck, bondek sakura, bondek cilegon steel, bondek prima, serta bondek kencana. Sedangkan untuk penawaran ukuran panjang dari produk bondek, sebagai berikut:

Panjang bondek yang tersedia di toko bangunan, pabrik, hingga agen bangunan, umumnya ditawarkan mulai dari ukuran panjang 3 meter, kemudian 4 meter, 5 meter, hingga 6 meter untuk ukuran paling panjangnya. Lalu, variasi lebarnya sendiri, mulai dari 600 mm sampai dengan 1000 mm atau setara dengan 1 meter.

Kalian yang rumahnya sudah dibangun dengan material bahan dari baja, disarankan memakai teknik bondek untuk proses ngedaknya. Selain itu, hasil akhirnya juga akan tampak lebih rapih serta bagian bawah dindingnya dapat dicat senada dengan warna tembok rumah kalian.

Berikutnya, terkait pengerjaan cor daknya sendiri, dapat dikerjakan hanya dalam kurun waktu 1 minggu atau 7 hari saja. Pekerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengecoran dak rumah, berkisar 2 sampai dengan 4 orang pekerja saja.

Sampai saat ini, pengecoran dak bondek masih tidak terlalu banyak masyarakat yang mengetahui keunggulannya. Oleh karena itu, kalian dapat mendiskusikan terlebih dahulu teknik pengecoran seperti apa yang sangat baik dan efektif untuk renovasi rumah impian.

Informasi-informasi harga yang tertera di penjelasan atas, bukan harga yang pasti atau bersifat mutlak. Hanya simulasi untuk memberikan bayangan kepada para pembaca yang hendak menyiapkan biaya untuk melakukan pengecoran dak demi menambah lantai rumah.

Sekian pembahasan kali ini mengenai biaya dak beton per meter, dilanjut dengan harga dak bondek per meter, biaya cor dak bondek per meter, hingga biaya cor dak bondek per meter Bekasi. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kalian semua.