Home » Biaya » Biaya Cat Sepeda

Biaya Cat Sepeda

Sepeda sudah menjadi salah satu alat transportasi yang disukai semua orang, baik anak-anak sampai dewasa pasti pernah mengendarainya. Tak salah kalian tahu biaya cat sepeda karena suatu saat kamu pasti membutuhkan informasinya untuk memodifikasi tampilan kendaraan kesayangan tersebut.

Di sisi lain sepeda mempunyai desain dan ukuran berbeda sesuai kebutuhan setiap penggunanya, sedangkan jumlah rodanya ada berjumlah dua maupun tiga (anak-anak).

Untuk mengecat ulang sepeda kalian harus memastikan pilihan warna sesuai bentuk dan tampilannya. Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang sudah menghabiskan budget tinggi, namun mereka mendapatkan hasil akhir pengerjaan tidak memuaskan.

Kamu bisa meminta jasa pengecat sepeda berpengalaman untuk melakukannya demi membuat sepeda kesayangan terlihat seperti baru, serta tampak lebih bagus demi meningkatkan kepercayaan diri saat kamu mengendarainya.

Biasanya jasa mengecat sepeda bisa kamu temui di pinggir jalan maupun lokasi tertentu. Beberapa orang sering membuka bengkel pribadi untuk menerima bantuan siapa saja yang ingin mengecat ulang sepedanya.

Harganya juga beragam sesuai bentuk dan desain sepeda kalian. Seandainya kamu mempunyai sepeda berukuran besar dengan desain agak unik, dipastikan budget yang dibutuhkan cukup tinggi dimana nominalnya mungkin saja mencapai jutaan rupiah.

Biaya Cat Sepeda

Biaya Cat Sepeda

Biaya Cat Sepeda

Belakangan ini mengecat sepeda merupakan sebuah kegiatan tren yang sedang dilakukan banyak orang. Bagaimana tidak, sebagian besar penggunanya mengklaim proses dan waktu pengerjaannya terbilang simpel daripada mengecat ulang sepeda motor.

Budget yang harus kamu bayar juga lebih murah dibandingkan pengecatan untuk motor. Hal ini dikarenakan desain dan ukuran sepeda tergolong standar dan tidak berat sehingga dapat digunakan dengan mudah.

Tak bisa dipungkiri mengecat sepeda ternyata bisa dilakukan secara mandiri alias dirimu sendiri bisa melakukannya tanpa mendatangi jasa cat sepeda. Kami pastikan kamu boleh menentukan paduan warna apa saja yang bakal diaplikasikan pada sepeda kesayangan di rumah.

Akan tetapi, kalian tidak boleh salah menggunakan cat karena bahan dasar sepeda cenderung keras seperti besi sehingga kamu dapat bertanya kepada toko bangunan soal merek cat yang harus digunakan.

Biaya Cat Sepeda, Berapa Budget yang Dibutuhkan?

Seandainya kamu belum pernah mengecat sepeda dan sedang berencana melakukannya, silakan ikuti pembahasan ini dengan seksama. Kami sudah merangkum semua informasi akurat dan terpercaya soal apa saja yang harus dilakukan sebelum mengecat sepeda, serta perlengkapan yang dibutuhkan bila kamu melakukannya sendiri.

Kami pun melampirkan harga terbaru pengecatan sepeda bila lewat jasa berpengalaman. Berikut merupakan informasinya, antara lain :

Persiapan Awal Sebelum Cat Sepeda Sendiri

Kamu harus melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum mengecat sepeda sendiri. Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah bongkar semua benda yang menempel pada fork, frame, crank, bb dan lainnya. Simpan semua bagiannya pada sebuah wadah agar tidak hilang.

Pastikan kamu memeriksa body sepeda lagi demi memastikan segala hal yang menempel dapat dilepas untuk terhindar dari cat yang cukup susah dihilangkan bila terkena bagian tersebut.

Seandainya kamu sudah memasukkan semua bagian yang dilepas ke dalam wadah, kamu harus mengampelas frame memakai grid 400, dilanjutkan dengan grid 1000. Tujuannya agar permukaannya dapat terlihat halus dan tidak kasar saat kamu menggunakannya.

Di samping itu, kamu bisa menyempurnakannya dengan memakai soda api, namun bakal menghabiskan waktu dan tenaga ekstra sedangkan hal ini tidak begitu disarankan bila kamu mengecat sepeda sendiri.

Bahan yang Dipakai untuk Cat Sepeda Sendiri

  • Cat Semprot atau Kaleng.
  • Amplas Besi / Duco.
  • Grid 1000 dan 400.
  • Clear Coat.

Prosedur Pengecatan Sepeda Sendiri

Untuk memulai pengecatan sepeda sendiri, pastikan kalian sudah mencuci bersih frame yang bakal dicat. Kalian perlu memastikan hasil pencuciannya tidak meninggalkan kotoran, grease atau oli yang masih menempel pada permukaannya.

Silakan keringkan frame dan pastikan permukaannya benar-benar kering tanpa basah sedikit pun. Seandainya kamu melihat sedikit tetesan air, dipastikan cat tidak akan menempel karena permukaan frame harus kering untuk mendapatkan hasil pengecatan sempurna.

Kamu bisa menjemurnya selama 30 – 60 menit, mulailah penyemprotan frame menggunakan cat semprot dasar. Pastikan jaraknya agak jauh sekitar 30 cm, sedangkan kalian tidak perlu menyemprot terlalu banyak lantaran menimbulkan hasil tidak rata. Silakan mengecatnya secara tipis selama berulang kali.

Untuk mendapatkan hasil pengecatan maksimal, kalian harus mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung selama 30 hingga 45 menit saja.

Apabila sudah dikeringkan, kamu bisa menyemprot frame lagi menggunakan cat dasar. Pilih warna cat sesuai keinginan kalian, sedangkan kamu harus memakai metode yang sama saat menyemprotnya.

Kamu harus melakukannya dengan sabar dan berulang alias tidak boleh tergesa-gesa demi memperoleh hasil lapisan yang bagus nan sempurna. Tak hanya itu, jangan sampai cat nya habis karena bisa saja masalah tertentu seperti rusak bisa terjadi dan kamu pasti membutuhkan cat itu lagi.

Prosedur terakhir adalah melakukan finishing dengan clear coat. Gunakan glossy demi memperoleh frame sepeda yang mengkilap. Kamu juga bisa memilih clear doff karena membuat tampilannya lebih kekar.

Biarkan permukaan mongering seharian dan rakit lagi esok hari. Silakan kendarai sepeda kesayangan kalian setelah mengikuti prosedur ini, kami pastikan tampilannya semakin bagus dan pastikan kamu pakai cat duco untuk mendapat hasil terbaik.

Berapa Harga Jasa Cat Sepeda Profesional?

Seandainya kamu tidak punya waktu mengecat sepeda sendiri, maka kamu bisa menghubungi jasa spesialis pengecatan sepeda terdekat. Kamu bisa mendatangi bengkel nya langsung untuk meminta pihak ahli mengurus desain sepeda demi terlihat seperti baru dengan warna cerah dan kinclong.

Pastikan kamu menunjuk jasa cat sepeda profesional yang punya jumlah konsumen banyak agar kamu dapat melihat hasil pengerjaannya sesuai keinginan kalian.

Lantas, berapa harga yang harus kamu bayar? Biasanya kamu harus merogoh kocek agak dalam bila mengandalkan tenaga orang lain, apalagi orangnya sudah ahli dalam bidang mengecat sepeda.

Secara umum budget yang harus kalian berikan sekitar Rp.500 ribu sampai Rp.2 juta sesuai kinerjanya masing-masing. Angka ini jelas berbeda dengan mengecat sepeda sendiri yang hanya menghabiskan budget sekitar Rp.100,000 hingga Rp.300,000.

Cara Merawat Sepeda Setelah Dicat

Untuk merawat sepeda setelah dicat sebenarnya tidak terlalu sulit. Kalian perlu memperhatikan lokasi penggunaan sepeda, pastikan tidak melewati tikungan tajam apalagi bila kamu agak kaku saat mengendarainya di jalan berbelok atau berliku.

Jangan sampai kalian menggores sesuatu saat berada di jalan raya atau lokasi sekitar rumah. Hal ini dikarenakan permukaan frame yang dicat akan meninggalkan goresan atau baret yang merusak tampilan sepedamu.

Demikian informasi tentang biaya cat sepeda yang harus kamu perhatikan bila melakukannya sendiri atau mengandalkan jasa berpengalaman. Seandainya kamu punya budget pas-pasan, silakan mengecat ulang sepeda sendiri dan pastikan kalian mengikuti prosedur terpercaya sesuai ulasan kami diatas.

Apabila kalian punya uang lebih, carilah jasa cat sepeda profesional yang memasang harga sesuai desain serta ukuran sepeda milik kalian beserta keluarga di rumah.