Home » Biaya » Biaya Cek Kesehatan

Biaya Cek Kesehatan

Medical Check Up atau tes kesehatan teratur merupakan hal penting yang harus dilakukan, sedangkan biaya cek kesehatan sebenarnya tidak terlalu mahal supaya kamu bisa mencegah berbagai macam risiko penyakit yang mengintai.

Apabila melihat situasi sekarang, banyak orang semakin rajin memeriksa kesehatan fisik mereka ke rumah sakit terdekat. Biasanya tes kesehatan ini dilakukan untuk memenuhi administrasi perusahaan, instansi bahkan sebelum menikah.

Kalian tidak boleh menyepelekan kesehatan tubuh pada masa sekarang. Hal ini dikarenakan pemeriksaan rutin tersebut membuat kalian bakal tahu dinamika kesehatan sebenarnya, sedangkan kamu bisa mengantisipasi beragam hal buruk yang mengintai jaringan tubuhmu.

Di samping itu, tes kesehatan juga penting untuk mendeteksi berbagai macam gangguan sejak dini dan memeriksa kondisi tubuh dari dalam maupun luar dengan bantuan alat canggih nan modern.

Kalian tidak perlu panik bahkan takut datang ke rumah sakit untuk mengikuti seluruh rangkaian medical check up. Hal ini dikarenakan dokter maupun perawat akan membantu kamu dalam memeriksa semua anggota tubuh yang dinilai sedang tidak sehat.

Pihak rumah sakit selalu menggunakan alat bantuan steril sehingga aman saat bersentuhan langsung dengan kulit tubuhmu. Kami pastikan semua rumah sakit mempunyai standar harga menarik untuk tes kesehatan semua calon pasiennya.

Biaya Cek Kesehatan

Biaya Cek Kesehatan

Biaya Cek Kesehatan

Walaupun semua rumah sakit menawarkan biaya tes kesehatan menarik, namun banyak orang masih enggan bahkan belum memberanikan diri untuk datang langsung ke pusat kesehatan terdekat demi memeriksa tubuhnya.

Padahal, kamu bisa menyisihkan sejumlah uang bila sudah tahu rumah sakit memasang harga pemeriksaan kesehatan yang stagnan. Tak sedikit klinik bahkan rumah sakit tertentu masih menawarkan tarif yang sama untuk seluruh masyarakat.

Seandainya kalian tidak ingin mengantre di rumah sakit, silakan datang ke klinik terdekat dengan pelayanan nyaris sama dengan pusat kesehatan besar untuk medical check up. Di samping itu, harganya pun beda tipis sehingga kamu dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh sebenarnya.

Tak ada salahnya kamu mencegah penyakit daripada mengobatinya setelah tubuhmu terkena sakit, lantaran tes kesehatan boleh dilakukan semua orang tanpa batasan umur.

Biaya Cek Kesehatan, Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Siapa saja pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, bukan? Oleh karena itu, kalian harus menyisihkan budget sedikit demi sedikit sambil memastikan kamu siap mengikuti semua prosedur pemeriksaan kesehatan di klinik maupun rumah sakit terdekat.

Di sisi lain kamu pasti merasakan manfaat besar setelah mengikuti tes kesehatan yang diarahkan pihak dokter dengan benar. Berikut merupakan ulasan soal cek kesehatan yang harus kamu tahu, antara lain :

Kenapa Harus Melakukan Medical Check Up?

Pertanyaan ini selalu diperdebatkan beberapa orang sampai sekarang. Tahukah kamu? Cek kesehatan harus dilakukan sejak dini untuk memastikan kesehatan tubuhmu baik-baik saja. Di samping itu, pemeriksaannya tidak boleh dilakukan sembarangan karena wajib melibatkan tenaga ahli seperti dokter atau perawat.

Kalian hanya bisa mengecek kesehatan dari pusat layanan kesehatan seperti rumah sakit maupun klinik terdekat yang menyediakan fasilitas tersebut.

Biasanya seseorang mengecek kesehatan untuk memenuhi beberapa persyaratan tertentu seperti rencana pernikahan, syarat masuk sekolah atau kerja, pemeriksaan berkala sampai pemantauan penyakit.

Secara umum pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk meninjau riwayat kesehatan diri sendiri maupun seluruh anggota keluarga. Tak menutup kemungkinan seorang anak bisa saja punya penyakit bawaan akibat faktor genetik dari kedua orang tuanya.

Pemeriksaan Standar Medis Sebelum Cek Kesehatan

Sebelum mengecek kesehatan, biasanya seseorang akan mengikuti beberapa prosedur pemeriksaan sesuai standar medis rumah sakit. Pertama, kamu harus menimbang berat badan demi meninjau timbul gejala obesitas (kegemukan).

Kedua, kalian harus mengukur tekanan darah supaya mengetahui penyakit yang berhubungan dengan jantung bila tensi darahmu tinggi. Terakhir, cek kolesterol dengan mengambil sampel darah untuk diperiksa melalui laboratorium.

Tak menutup kemungkinan dokter maupun tenaga medis bakal melakukan wawancara untuk memastikan kondisi sekaligus riwayat kesehatan kalian, termasuk kondisi keluarga untuk memastikan situasi sebenarnya.

Apabila kamu sedang mengonsumsi obat maupun sesuatu demi membantu menjaga kesehatan tubuh, kalian perlu memberitahukan pihak dokter atau tenaga medis. Tujuannya supaya kamu mendapatkan layanan medical check up paling sesuai.

Biaya Cek Kesehatan di Jakarta

Rumah Sakit di Jakarta menawarkan biaya cek kesehatan beragam, sedangkan nominalnya bergantung standar pemeriksaan dan lokasi yang kamu pilih. Biasanya sebagian besar rumah sakit memasang harga mulai dari Rp.200,000 s/d Rp.10,000,000.

Apabila kalian enggan datang ke rumah sakit, silakan kunjungi klinik terdekat yang memasang harga lebih murah sekitar Rp.300,000 s/d Rp.500,000. Berikut merupakan tabel harga cek kesehatan di rumah sakit wilayah Jakarta, yaitu :

Nama Rumah SakitHarga Cek Kesehatan
Rumah Sakit Premier BintaroRp.400,000 s/d Rp.10,000,000
Rumah Sakit SiloamRp.250,000 s/d Rp.8,400,000
Rumah Sakit CarolusRp.650,000 s/d Rp.1,000,000

Biaya Cek Kesehatan Standar Pemerintah

Tak bisa dipungkiri harga cek kesehatan menyesuaikan dengan rumah sakit sampai laboratorium yang kamu percaya sebagai lokasi pemeriksaannya. Di samping itu, besar nilainya sudah tercantum pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2015 seperti tabel di bawah ini :

Jenis Medical Check UpHarga
Paket DasarRp.750,000
Paket Tenaga Kerja IndonesiaRp.700,000
Paket PegawaiRp.265,000
Paket Eksklusif WanitaRp.1,932,000
Paket Eksklusif PriaRp.1,666,000
Paket Medical Check Up 100% DasarRp.350,000
Paket Medical Check Up 100% LengkapRp.482,000
Biaya Medical Check Up PranikahRp.333,000
Biaya Medical Check Up Pranikah + Cek TORCH WanitaRp.2,020,000
Biaya Medical Check Up JantungRp.966,000
Biaya Medical Check Up Pranikah (Pemeriksaan Sperma Pria)Rp.424,000

Kalian juga bisa mendapatkan berbagai macam pelayanan tambahan untuk menyempurnakan medical check up di rumah sakit. Seandainya kamu ingin menjalani skrining penyakit tertentu seperti paru-paru maupun payudara.

Pemeriksaan medical check up pun mungkin saja bertambah berdasarkan situasi maupun usia kalian sebagai pasiennya. Kamu mungkin hanya butuh tindakan lebih spesifik seperti tabel harga di bawah ini :

Jenis TindakanHarga
Foto ThoraxRp.98,000
USG MammaeRp.192,000
USG AbonemenRp.300,000
AudiometriRp.63,000
Treadmill TestRp.325,000
SpriometriRp.133,000
TonometriRp.40,000

Manfaat Cek Kesehatan di Rumah Sakit

Pemeriksaan kesehatan di rumah sakit ternyata memberikan manfaat bagi kalian. Kamu akan tahu status kesehatan sekarang dengan melihat risiko penyakit yang bisa saja menyerang tubuhmu di kemudian hari.

Di samping itu, kamu bakal termotivasi untuk menjalani kehidupan lebih baik dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga atau mengonsumsi makanan bergizi. Kalian pun bakal memperbarui status vaksinasi demi meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Demikian pembahasan seputar biaya cek kesehatan yang bisa kamu lakukan di rumah sakit terdekat. Seandainya kamu tidak bisa datang ke rumah sakit, kalian dapat mengunjungi klinik yang menyediakan fasilitas medical check up untuk memeriksa kondisi tubuhmu secara keseluruhan.

Kami sarankan cek kesehatan dilakukan sebelum kamu terjangkit penyakit serius. Tujuannya sebagai langkah preventif demi menjaga kesehatan kalian dan seluruh anggota keluarga di kemudian hari.