Home » Biaya » Biaya Administrasi ATM Mandiri

Biaya Administrasi ATM Mandiri

Untuk sebagian orang, mungkin Biaya Administrasi ATM Mandiri bukan suatu hal yang asing. Apalagi bagi mereka yang sudah lama menjadi nasabah bank Mandiri.

Pada saat ini, layanan perbankan memang selalu berinovasi dan sudah semakin canggih dengan pelayanan yang lengkap. Tidak terkecuali mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang menjadi primadona lantaran mempermudah dan mempercepat proses transaksi.

Nah agar kamu bisa mengakses mesin tersebut, tentu memerlukan kartu elektronik yang disebut dengan kartu ATM ataupun kartu debit.

Kamu bisa memperoleh kartu tersebut dengan melengkapi syarat yakni menjadi nasabah bank. Artinya, masyarakat harus membuka rekening tabungan (giro) pada bank serta menyimpan uang pada rekening tersebut.

Ada begitu banyak bank umum, baik yang konvensional ataupun syariah di Indonesia. Mereka juga sudah menyediakan beberapa mesin ATM pada berbagai wilayah cabangnya.

Termasuk juga Bank Mandiri, yang secara historis merupakan bank berplat merah hasil kerjasama empat bank pemerintah. Yaitu Bank Dagang Negara, Bank Pembangunan Indonesia, Bank Bumi Daya, dan juga Bank Ekspor Indonesia.

Biaya Administrasi ATM Mandiri

Biaya Administrasi ATM Mandiri

Pada tahap perkembangannya, Bank Mandiri selalu mengembangkan produk sekaligus meningkatkan kualitas layanan pada para nasabah setianya.

Kondisi ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya berbagai unit mesin ATM yang tersebar pada beberapa titik strategis. Baik itu pada pusat perbelanjaan, kampus, serta lokasi umum lain dengan tujuan untuk mempermudah para nasabah melakukan transaksi finansial.

Entah itu untuk mengecek saldo, tarik tunai, setor tunai, cek mutasi rekening, pembayaran tagihan, transfer uang, pembayaran uang kuliah, voucher, dan yang lainnya.

Penting pula diketahui, kartu ATM Mandiri dibekali dengan beragam keunggulan. Mempunyai peranan sebagai kartu jaringan Visa Internasional, kartu ATM ini tidak hanya bisa dipergunakan transaksi di mesin ATM Mandiri saja.

Akan tetapi, kartu tersebut juga bisa dipakai di ATM dengan logo PLUS, Visa, dan juga Visa Elektron. Baik yang ada di dalam ataupun di luar negeri.

Terlepas dari itu, hampir kesemua jenis kartu ATM Mandiri juga bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi di ATM dengan logo ATM Bersama dan LINK di seluruh Indonesia.

Berbicara tentang kartu ATM, Bank Mandiri mengeluarkan empat jenis kartu yang bisa dipilih oleh para nasabah. Yaitu Silver, Gold, Platinum, dan Platinum Plus.

Apa yang menjadi pembeda dari empat jenis kartu ATM tersebut? Berikut penjelasan yang bisa kamu pelajari.

Kartu ATM Mandiri Silver

Kartu debit Mandiri Silver termasuk pada jenis kartu ATM dengan batasan transaksi paling rendah. Apabila dilihat secara visual, kartu ini mempunyai tampilan kombinasi warna biru dan putih serta terdapat logo Visa di bagian kanan bawah.

Masuk pada jenis kartu dengan limit terendah, maka transaksi yang bisa dilakukan pun terbatas. Untuk batasan nilai transaksi pada kartu Silver bisa kamu lihat pada daftar berikut :

  • Tarik tunai sebesar Rp 10 juta per hari
  • Transfer sesama Mandiri Rp 25 juta
  • Kirim uang ke rekening bank lain sebesar Rp 5 juta.
  • Pembayaran tagihan atau pembelian sebesar Rp 5 juta
  • Pembelian isi ulang (top up) Telco Rp 1 juta
  • EDC / Merchant : Belanja Rp 25 juta, tarik tunai Rp 500 ribu.

Tentu penggunaan kartu ATM ini tidak luput dari beban biaya administrasi yang besarnya beragam. Teruntuk jenis Silver, biaya admin yang harus dibayar ialah Rp 2.500,- per bulan.

Mekanisme yang diterapkan ialah dengan autodebet atau akan dipotong secara otomatis dari saldo rekening tabungan atau giro.

Mandiri Gold

Bisa disebut jika kartu ini mempunyai satu tingkat lebih tinggi dibanding dengan Silver. Khususnya terkait dengan limit transakssi yang diberlakukan.

Tampilan kartu dibalut dengan dominasi warna kuning dan putih. Sama halnya dengan jenis Silver, kartu ATM Mandiri Gold juga dilengkapi dengan logo pita Mandiri dan logo Visa. Limit transaksi yang berlaku sebagai berikut.

  • Transaksi tarik tunai Rp 10 juta per hari
  • Transfer : Sesama rekeing Mandiri Rp 25 juta, ke rekening bank lain Rp 5 juta.
  • Pembelian atau pembayaran tagihan Rp 5 juta.
  • Top up Telco Rp 1 juta
  • EDC / Merchant : Belanja sebesar Rp 25 juta, tarik tunai Rp 5 ribu.

Mempunyai limit yang lebih tinggi, tentu biaya admin yang dibebankan juga lebih besar. Biaya Administrasi kartu ATM Mandiri Gold sebesar Rp 5.500 per bulan. Biaya ini akan terpotong otomatis dari saldo rekening.

Kartu ATM Mandiri Platinum

Tidak jauh dari namanya, kartu debit Mandiri Platinum mempunyai level satu tingkat lebih tinggi dari Gold. Tampilan kartu ATM ini juga tidak berbeda dengan jenis lainnya.

Yang menjadi pembeda hanyalah pada tampilan warna yang didominasi warna hitam dikombinasikan dengan putih. Untuk jenis kartu Platinum, terdapat logo Bank Mandiri dan logo Visa. Limit yang ditetapkan ialah :

  • Tarik tunai sebesar Rp 10 juta per hari.
  • Transfer ke rekening Mandiri Rp 25 juta, ke bank lain sebesar Rp 5 juta.
  • Pembelian dan pembayaran tagihan Rp 5 juta.
  • Pembelian isi ulang (Telco) sebesar Rp 1 juta.
  • EDC / Merchant : Belanja Rp 25 juta, tarik tunai Rp 500 ribu.

Mempunyai fasilitas yang lebih besar, maka biaya admin yang dibebankan juga lebih mahal dibanding dengan Silver dan Gold,yakni sebesar Rp 8.500 per bulan.

Sedangkan untuk biaya admin ini juga akan dipotong dari saldo tabungan secara otomatis setiap bulannya.

Biaya Administrasi ATM Mandiri Platinum Plus

Kartu debit atau ATM Mandiri Platinum Plus dibekali dengan fasilitas yang lebih eksklusif. Pada limit transaksi, nasabah tidak mempunyai batasan jumlah maksimal transaksi per harinya.

Akan tetapi, hal ini disesuaikan dengan saldo rekeing tabungan tau giro. Visual dari kartu ini kombinasi warna antara cokelat dan putih. Untuk limit yang ditetapkan ialah :

  • Transaksi tarik tunai sebesar Rp 10 juta per hari.
  • Transfer sesama Mandiri Rp 25 juta, ke rekening bank lain Rp 5 juta.
  • Pembelian dan pembayaran tagihan Rp 5 juta
  • Top up (Telco) sebesar Rp 1 juta.
  • EDC / Merchant : Belanja Rp 25 juta dan tarik tunai sebesar Rp 500 ribu.

Tidak berbeda dengan kartu Platinum biasa, seri Plus juga dibebankan biaya admin Rp 8.500 per bulan. Tentu biaya ini akan memotong saldo otomatis setiap bulannya.

Syarat Pembuatan Kartu ATM Mandiri

Bisa jadi kamu bertanya-tanya tentang cara untuk memperoleh beberapa kartu ATM Mandiri seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Tentu sangat mudah saja, sebab pada prinsipnya Bank Mandiri tidak membendel berbagai jenis kartu dengan produk tabungan atau giro secara khusus.

Syarat yang harus dipersiapkan juga sangat sederhana. Yakni kamu hanya perlu membuka rekening tabungan rupiah pada Bank Mandiri. Beberapa diantaranya mencakup :

  • Formulir pembukaan rekeing tabungan ( diisi lengkap)
  • Setoran awal minimal Rp 500 ribu.
  • Kartu Identitas (KTP dan KK/Passpor)
  • Nomor kontak yang bisa dihubungi
  • NPWP dan Materai.

Untuk proses selanjutnya, kamu bebas memilih jenis kartu debit (ATM) yang di inginkan. Bisa pula disesuaikan dengan kebutuhan atau pola transaksi finansial masing-masing.