Home » Biaya » Biaya Dekorasi Pernikahan

Biaya Dekorasi Pernikahan

Menikah, adalah suatu momen yang sangat membahagiakan dimana dua insan manusia saling mengucapkan ikrar janji suci. Keduanya mempererat tali kasih, melalui akad yang umumnya disaksikan oleh tamu undangan dari berbagai kalangan. Mulai dari orang dewasa hinga anak-anak.

Uniknya lagi, acara pernikahan diselenggarakan semeriah mungkin untuk memberitahukan kepada orang-orang terdekat ataupun lingkungan di sekitar tempat tinggal. Bahwa, ada dua orang yang dipersatukan menjadi sepasang suami istri yang sah, baik secara hukum maupun agama.

Acara pernikahan, umumnya dimulai dari rangkaian akad sampai dengan resepsi. Lalu, kira-kira berapa biaya dekorasi pernikahan? Nah, buat kalian yang sedang atau merencanakan akan menggelar acara pesta tersebut bersama your soon to be husband or wife, simak ulasan biaya dekorasi pernikahan dibawah ini!

Biaya Dekorasi Pernikahan

Biaya dekorasi pernikahan

Biaya dekorasi pernikahan

Biaya dekorasi pernikahan di rumah

Mari mulai dari bahasan persiapan pernikahan yang paling utama dan mendasar. Ya, biaya mengurus dokumen-dokumen di KUA atau Kantor Urusan Agama. Dokumen yang telah kalian persiapkan, nantinya diserahkan ke bagian administrasi KUA.

Adapun biaya yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan dari pemerintah di No. 47 Tahun 2014, terkait penyelenggaraan akad nikah yang berlangsung di kantor KUA setempat, dikenakan tarif sebesar Rp 600.000,-. Biaya tersebut, untuk membayar jasa penghulu.

Lalu, apakah ada tambahan biaya lainnya lagi? Jawabannya adalah tidak. Walaupun sang calon pengantin harus menyerahkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk kebutuhan informasi pendaftar. Pihak KUA tidak akan membebankan biaya lagi kepada calon mempelai.

Setelah selesai urusan di KUA, lanjut ke acara resepsi yang nantinya akan dilangsungkan di rumah mempelai. Kali ini, hal yang harus diperhatikan adalah biaya hantaran. Sebelum melangsungkan akad, secara umum pihak pria akan menyerahkan seserahan atau hantaran ke pihak wanita.

Akan tetapi, tradisi ini akan berbeda tergantung dari adat istiadat yang berlaku di daerah kalian masing-masing. Sebut saja daerah Padang. Bila kedua mempelai berasal dari Padang, maka pihak wanitalah yang memberikan hantaran kepada pihak lelaki.

Biaya hantaran, berbeda-beda antara satu pasangan dengan pasangan lainnya tergantung dari kemampuan finansial ataupun permintaan dari calon pengantin. Tapi, akan lebih baik bila paket hantaran yang akan diberikan, memiliki budget mulai dari Rp 5.000.000,- keatas.

Berikutnya, ada biaya mahar. Mahar atau mas kawin ini, pada dasarnya disebutkan ketika melangsungkan proses akad nikah. Umumnya, terdiri dari seperangkat alat sholat untuk yang beragama islam, serta sejumlah nominal uang atau bahkan emas dalam berat tertentu.

Anggaplah biaya yang kalian perlu persiapkan untuk membeli seperangkat alat sholat tersebut, berkisar Rp 145.000,-. Kemudian, untuk biaya cincin nikah diperkirakan mulai dari Rp 3.000.000,- untuk dua buah cincin hingga puluhan juta rupiah.

Berikutnya, biaya yang tidak boleh terlewatkan lainnya adalah biaya dekorasi. Bila kalian menggunakan bantuan jasa dari WO atau Wedding Organizer, pihak WO akan menyesuaikan tampilan dekorasi pernikahan sesuai dengan budget yang sudah disepakati sebelumnya.

Mulai dari, tampilan latar tempat pengantin menerima ucapan selamat dari para tamu undangan, sampai ke permasalahan catering sekalipun semuanya diurus langsung oleh pihak WO. Akan tetapi, buat kalian yang ingin meminimalisir lagi pengeluaran pesta pernikahan, sebaiknya coba diatur sendiri bersama keluarga.

Secara umum, dekorasi pernikahan yang diselenggarakan di rumah, anggarannya mencapai kisaran angka dari Rp 2.000.000,- hingga Rp 15.000.000,-. Semakin banyak permintaan bahan dan kerumitan desain yang dipasang maka hargapun ikut meningkat.

Selanjutnya, untuk biaya dokumentasi selama acara pernikahan berlangsung, biasanya dikenakan tarif sebesar Rp 8.000.000,-. Nah, yang paling banyak menghabiskan biaya dalam menyelenggarakan acara resepsi pernikahan, yaitu catering. Ditaksir harganya mulai dari Rp 10.000.000,- hingga ratusan juta rupiah.

Jumlah tamu undangan yang hadir, menentukan banyaknya pengeluaran biaya yang harus ditanggung oleh pihak pengantin selaku penyelenggara acara. Oleh sebab itu, sebarkan undangan kalian ke orang-orang terdekat saja untuk mengurangi biaya catering tersebut.

Biaya dekorasi pernikahan di gedung

Pernikahan yang dilangsungkan di gedung, memang terkesan lebih praktis dan tidak merepotkan, apalagi sampai mengganggu aktivitas tetangga di sekitar rumah. Keluarga juga tidak perlu repot-repot membereskan peralatan setelah acara selesai.

Simulasi rincian harga yang akan dijelaskan, hanya memberitahukan anggaran yang kemungkinan besar harus kalian persiapkan ketika memilih melangsungkan acara penikahan di sebuah gedung. Belum termasuk dengan biaya pengeluaran dokumentasi ataupun catering.

1. Budget 10 juta

Kalian yang memiliki budget versi pas-pasan seperti angka satu ini, hasil dekorasinya bisa sangat bagus loh.. Dekorasi versi nominal 10 juta, pemilik hajatan bisa mendapatkan tempat khusus untuk swafoto para tamu undangan, lampu LED, hingga penataan penempatan bunga.

Hanya saja, untuk gedung yang didekorasi dengan budget pas-pasan, umumnya ditujukan untuk mereka yang memang hanya mengundang keluarga atau kerabat saja. Dapat dikatakan, acara berlangsung secara tertutup atau lebih ke arah private. Bukan acara yang meriah dengan mengundang hingga ratusan tamu.

2. Budget 30 juta

Naik sedikit ke nominal 30 juta. Nah.. ada yang menarik nih dari budget yang dapat dikatakan terbilang cukup. Kalian bisa memilih untuk memanfaatkan dekorasi ditempatkan di dalam ruangan ataupun luar ruangan. Tetapi, karena bahasan kali ini ada di gedung, otomatis dekorasi dilakukan untuk indoor.

Apa saja yang diperoleh dengan nominal tersebut? Kalian bisa mendapatkan hasil dekorasi berupa desain pelaminan yang cantik nan elegan, stan penerima tamu, 6 standing flower, sampai dengan ke hal yang paling dianggap tidak terlalu besar namun keberadaannya sangat membantu pemilik acara, yakni tempat angpao.

Sudah menjadi pemandangan yang lumrah, di setiap tempat acara pernikahan sering ditemukan adanya tempat untuk meletakkan uang dari para tamu undangan. Bila tidak disediakan oleh pihak dekorasi, maka sang pemilik acara atau petugas penerima tamulah yang menyediakannya.

3. Budget 45 juta

Lanjut lagi ke nominal yang lebih tinggi di angka Rp 45.000.000,-. Anggap saja jumlah tersebut termasuk ke dalam kategori normal. Bila jumlah ini ditempatkan untuk dekorasi outdoor, maka wajar pengeluarannya sangat mahal karena biaya penyewaan tendanya semakin melonjak.

Sedangkan bila diposisikan untuk penemparan indoor, maka banyak sekali hal yang sudah bisa kalian dapatkan. Mulai dari penataan kursi dan meja tamu undangan yang ditutupi dengan taplak cantik, hingga karpet menuju tempat pelaminan yang tampak indah dengan taburan kelopak bunga.

Ada lagi model dekorasi terbaru yang cukup populer, yaitu model lantai kaca. Maksudnya, saat pengantin berjalan menuju tempat pelaminan, bagian bawahnya bukan ditutupi oleh karpet melainkan kaca yang didalamnya berisi hiasan-hiasan tertentu.

Hiasan yang dimaksud, bisa berbentuk bunga, air, mutiara, dan masih banyak lagi. Tapi, bukan di range harga yang ini ya.. Ada di kisaran harga 100 sampai dengan 200 juta untuk mendapatkan model dekorasi yang membuat pengantin seakan-akan sedang berjalan diatas air.

4. Budget 100 juta

Semakin banyak standing bunga yang dipasang didalam ruangan sebagai bagian dari dekorasi, maka biaya yang kalian keluarkanpun akan semakin besar. Apalagi bila menggunakan bunga asli yang dapat mengeluarkan aroma harum hingga aromanya memenuhi seluruh ruangan gedung.

Budget 100 juta ini, sudah termasuk kedalam kategori biaya dekorasi pernikahan untuk tampilan yang mewah. Mulai dari pencahayaan sampai dengan hal-hal terkecil di setiap sudut ruangan akan dipenuhi dengan hiasan cantik yang dipasang oleh vendor dekorasi.

Dekorasi pelaminan yang tampak sangat berkelas, penempatan kursi dan meja dengan balutan kain cantik serta adanya bunga sebagai pelengkap hiasan di tengah meja, hingga pencahayaan yang sangat terang. Pihak dokumentasi juga diberikan keuntungan, karena hasil foto yang diperoleh bisa  terlihat sangat bagus.

Sekian informasi biaya dekorasi pernikahan pada kesempatan kali ini. Jadi, bagaimana menurut kalian? lebih pilih rumah atau gedung? Informasi biaya pernikahan di rumah dan biaya pernikahan di gedung dapat kalian lihat pembahasannya diatas. Semoga bermanfaat.

Apa yang sedang kamu cari sekarang? Cek rekomendasi artikel lainnya berikut ini:

Biaya Administrasi Mandiri
Biaya Desain Rumah
Biaya Desain Logo
Biaya Desain Interior
Biaya Administrasi Bank BRI
Biaya Dekorasi Pernikahan
Biaya Cetak Banner
Biaya Cek Up Kesehatan