Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

  • Whatsapp

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, Simulasi mengenai Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar bisa kamu cari melalui media internet.

Bahkan tidak sedikit web atau blog yang berbagi tips, simulasi, atau bahkan cara hitung biaya dalam pembangunan rumah. Nah untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap, berikut kami merangkumnya untuk kamu.

Read More

Perlu juga kamu ketahui, biaya untuk bangun rumah minimalis 3 kamar tentu akan berbeda dengan pembangunan hunian biasa.

Sebab dalam hal ini, akan semakin banyak ruang yang direncanakan dibuat. Sehingga akan berpengaruh pada anggaran pembangunan rumah yang harus kamu sediakan.

Dalam hal melakukan perhitungan biaya pembuatan rumah, tentu bukan langkah atau suatu hal yang terbilang mudah.

Pada poin ini, anggaran tersebut umumnya akan melibatkan banyak elemen. Seperti harga material bangunan, biaya jasa pekerja (tukang dan kuli), sekaligus mencakup beberapa biaya lain yang tidak terduga.

Apalagi, apabila rumah yang ingin kamu bangun merupakaan rumah minimalis 3 kamar. Dengan kata lain, jumlah ruangan yang cukup banyak, maka akan membuat anggaran pembangunan hunian juga lebih besar dibanding biasanya.

Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, bagaimana cara agar anggaran (budget) pembangunan rumah tidak meledak (membengkak) di tengah jalan?

Tentu kamu tidak harus khawatir secara berlebihan. Sebab di bawah ini kami akan memberikan panduan biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. Apa saja?

Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Tidak berbeda dengan beberapa postingan yang sudah kami bahas sebelumnya, disini kami akan memaparkan tentang cara menghitung biaya bangun rumah minimalis 3 kamar.

Akan tetapi, sebelum kami masuk pada simulasi perhitungan biaya. Akan lebih baik jika mengetahui juga atau bahkan mencatat apa saja elemen yang diperlukan dalam pembuatan rumah tersebut.

Terkait:  Biaya Kuliah ITB

Selain untuk mempermudah proses belanja, tentu dengan poin ini kamu juga bisa mengetahui sebesara besar kisaran harga dari masing-masing bahan yang perlu dibeli. Lebih lengkapnya bisa kamu simak pada daftar berikut :

Batu Bata Merah

Bisa disebut jika batu bata merah merupakan bahan yang sangat penting dalam pembangunan rumah. Sebab dengan batu bata, kamu bisa membuat struktur bangunan yang lebih kokoh dan aman untuk dihuni.

Apabila melihat harga untuk pasaran saat ini, batu bata merah setidaknya dijual mulai dari Rp 800 hingga Rp 1000 per batangnya.

Tentu harga ini untuk jenis batu bata biasa. Sedangkan untuk batu bata merah oven, maka harga akan lebih mahal, yakni sekitar Rp 1000 lebih.

Semen

Elemen yang juga tidak kalah penting dari batu bata merah ialah semen. Sebab bahan ini dibutuhkan untuk menjadikan struktur bangunan menjadi sebuah rumah.

Untuk saat ini, harga semen terbilang cukup variatif. Semua tergantung dengan berat dan juga merek dari semen yang hendak kamu pilih.

Dalam hal ini, beberapa merek semen ternama mungkin dijual dengan harga lebih mahal dari perkiraan. Akan tetapi, secara umum harga semen per sak dengan volume 50 kg berkisar antara Rp 50 hingga Rp 55 ribu.

Batu Kali / Kerikil

Masih terkait dengan pembuatan struktur bangunan rumah, batu kali atau kerikil umumnya diperlukan sebagai campuran adonan semen. Atau setidaknya dibuat pondasi agar menjadi lebih kuat.

Dengan memanfaatkan kerikil, maka adonan semen dan pasir akan lebih padat dan kuat. Umumnya, untuk harga batu kali sendiri dijual dengan harga Rp 1,4 juta per m3 di toko bangunan.

Akan tetapi, agar kamu bisa lebih berhemat untuk biaya pembangunan rumah minimalis 3 kamar. Maka bisa membeli langsung ke penambang, sehingga harga yang diperoleh lebih murah.

Pasir

Tak beda dengan batu dan semen, tentunya pasir menjadi baahan bangunan yang wajib ada untuk campuran adonan semen.

Terkait:  Biaya Kuliah di UGM

Di pasaran, harganya pun tergolong murah dan variatif. Semua tergantung jenis pasir yang nantinya kamu beli. Umumnya harga untuk per m3 dibanderol berkisar Rp 200 ribu.

Kayu

Jangan berpkiran bahwa kayu tidak dibutuhkan untuk pembanguna rumah. Khususnya saat kamu berencana membangun rumah minimalis 3 kamar.

Dengan memanfaatkan material kayu, maka kamu bisa membuat kerangka bangunan yang lebih kokoh dan tahan lama.

Jika hendak membeli kayu, maka harga material ini umumnya dijual mulai dari Rp 74 hingga Rp 100 ribu per meternya. Namun semua tergantung dengan jenis kayu yang dipilih.

Dalam hal ini semakin berkualitas kayu, maka akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Sebagai contoh ialah kayi jati, kamelina, dan yang lainnya.

Paku

Apabila dibandingkan dengan matrial yang lain, maka mungkin menjadi salah satu material dengan harga yang relatif lebih murah.

Pada toko material sendiri, umumnya paku bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 13,5 ribu untuk ukuran 7 cm dan berat 1 kg.

Besi / Baja Ringan

Apabila kamu hendak membangun kerangka atap, maka sudah tentu membutuhkan besi atau baja ringan. Bahkan bukan cuma atap, namun bahan ini juga sering digunakan untuk struktur bangunan dan ornamen rumah yang lain.

Sedangkan dari sisi harga jual di pasaran, besi dibanderol mulai harga RP 166 ribu per batang untuk ukuran 15,8 mm. Dan untuk baja ringan dibanderol RP 100 ribu per batang.

Atap / Genteng

Pasca kerangka sudah selesai dibuat, maka selanjut kamu membutuhkan atap atau genteng. Material yang bisa digunakan juga terbagi dalam berbagai jenis. Seperti halnya seng, tanah liat, beton, dan yang lainnya.

Untuk harga masing-masing atap juga berbeda, akan tetapi pada jenis tanah liat yang umumnya di favoritkan masyarakat, dibanderol sekitar Rp 1,8 ribu per batang.

Dari kesemua rincian terkait dengan material bangunan di atas, tentu bisa menjadi dasar untuk bahan pertimbangan dalam menghitung biaya bangun rumah minimalis 3 kamar.

Terkait:  Biaya Berlangganan IndiHome

Terlepas dari itu, terdapat pula beberapa jenis biaya seperti tukang bangunan. Poin yang satu ini tentu harus kamu dahulukan.

Dari sisi tukang sendiri, harga yang diterapkan terbilang variatif. Sebab semua tergantung dengan negoisasi dan juga termin pembayaran yang diputuskan kedua belah pihak.

Sistem yang umumnya dipergunakan untuk membayar tukang ialah harian, mingguan, atau juga bulanan. Selain itu, banyak pula orang yang menerapkan sistem borongan.

Jika memang sudah disepakati termin pembayaran per hari, maka umumnya biaya tukang untuk pembangunan rumah minimalis 3 kamar sekitar Rp 100 ribu /orang/hari.

Simulasi Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Sampai pada tahap ini, maka selanjutnya sudah sepatutnya kamu mengetahui simulasi perhitungan yang lebih singkat. Lebih jelasnya bisa disimak pada daftar berikut :

  • Batu Bata Merah Rp 800 x 1000 batang = Rp 800 ribu.
  • Semen : Rp 50 ribu x 5 sak = Rp 200 ribu
  • Batu Kali : Rp 1.000.000 x 5m3 = Rp 5 juta
  • Pasir : Rp 200.000 x 5m3 = Rp 1 juta
  • Kayu : Rp 75.000 x 12 m = Rp 900 ribu
  • Paku : Rp 15.000 x 2 kg = Rp 30 ribu
  • Atap Genteng (Tanah Liat) : Rp 1.800 x 100 batang = Rp  180 ribu
  • Jasa Tukang Bangunan : Rp 100.000 x 4 orang x 30 hari = Rp 12 juta

Jika semua biaya di atas di total, maka Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar membutuhkan biaya setidaknya Rp 20.110.000,-

Bagaimana? Cukup mudah dan sederhana saja bukan. Perlu di ingat, rincian di atas hanya simulasi. Namun untuk jumlah yang sesungguhnya, tergantung dengan banyaknya bahan dan harga pada setiap daerah.

Pilihan 10 Artikel yang Direkomendasikan:

Pengertian Biaya Deposit
Biaya Administrasi Mobile Banking BRI
Biaya Deposit Indihome
Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar
Biaya Administrasi Pegadaian
Biaya Dokter Gigi di Puskesmas
Biaya Balik Nama Rumah Di Notaris
Biaya Administrasi Bank BCA
Biaya Dokter Gigi Anak
Biaya di Klinik Lamina

Related posts