Biaya Deposit Indihome

Kecanggihan teknologi yang kian meningkat di era milenial seperti saat ini, mendorong masyarakatnya untuk bergantung dengan keberadaan internet. Kebutuhan akan internet, kini sudah hampir setara pentingnya seperti listrik yang harus ada dalam kehidupan sehari-hari.Hal yang tidak boleh terlewatkan lainnya yaitu biaya deposit Indihome.

Adanya layanan paket dari Indihome, sangat membantu sistem pembelajaran baru yang dikenal dengan  sistem daring. Dimana, siswa dan guru saling berinteraksi melalui suatu aplikasi video call yang harus terkoneksi dengan jaringan internet. Lagi-lagi semuanya harus terhubung dengan internet.

Read More

Di beberapa negara maju, internet sudah menjadi konsumsi bersama karena sangat mudah ditemukan di tempat-tempat publik. Mulai dari stasiun, halte, taman, perpustakaan, dan masih banyak tempat umum lainnya yang sengaja dipasangkan internet tanpa kode pengaman.

Alhasil, pengguna gadget turut meningkat dari hari ke hari. Dibandingkan membeli kuota internet yang cenderung mahal, mereka yang sebagian besar waktunya dihabiskan dalam satu tempat saja, lebih memilih memakai layanan wifi. Lalu, tahukah kalian arti dari biaya deposit Indihome?

Indihome merupakan salah satu penyedia layanan terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai macam layanan demi membantu kemudahan pelanggannya dalam melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan internet. Penjelasan dari arti apa itu biaya deposit Indihome, dapat kalian simak dibawah ini!

Biaya Deposit Indihome

Biaya deposit Indihome
Biaya deposit Indihome

Biaya deposit Indihome

Biaya deposit Indihome, dapat diartikan sebagai suatu pembayaran atau uang dalam nominal tertentu, yang wajib disetorkan kepada pihak Indihome atau PT. Finnet Indonesia pada awal pemasangan internet. Besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan, tergantung dari pemilihan paket.

Singkatnya, bila kalian memilih paket dengan kecepatan internet yang tinggi dan jumlahnya besar, maka otomatis pembayaran depositonya akan turut meningkat. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat, sistem pembayaran tidak diberikan ke bagian teknisi atau bahkan marketing.

Terkait:  Cara Bayar Indihome

Adapun beberapa wilayah di Indonesia yang dikenakan beban biaya deposito atau saat melakukan pembayaran diawal, diantaranya ada Tasikmalaya, Sukabumi, Cirebon, Karawang, Palu, Pasuruan, Jakarta Timur, Yogyakarta, Bandung, Gorontalo, dan masih banyak wilayah lainnya lagi.

Kemudian, untuk pembayaran biaya deposito, jumlahnya sama dengan 1 kali paket pilihan yang kalian pilih. Sebagai contoh, anggap saja paket yang dipilih adalah 100 mbps, dimana paket tersebut dapat digunakan untuk 2 macam perangkat, yaitu internet dan telfon rumah.

Biaya dari paket 100 mbps ini, kisaran harganya mencapai angka Rp 790.000,-. Maka, biaya deposito yang kalian terima yaitu sebesar Rp 790.000,-. Akan tetapi, untuk jumlah pembayaran di bulan berikutnya, nominal yang telah disebutkan dapat berubah.

Hal tersebut, biasanya dipengaruhi oleh kehadiran biaya penalti atau bisa juga dari biaya pindah paketan. Metode pembayaran biaya deposito dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari pembayaran melalui pegadaian, kantor pos, alfamart, hingga e-banking.

Syarat dan ketentuan

Pelanggan yang ingin melakukan pemasangan wifi di rumahnya, perlu memperhatikan beberapa hal, seperti syarat dan ketentuan yang harus ditaati. Persyaratan ini, berlaku untuk pelanggan baru karena belum kebijakan tersebut belum lama diberlakukan mulai dari tanggal 8 Januari 2020.

  • Customer atau pelanggan, diwajibkan untuk memberikan uang jamninan sebesar 1 kali dari pembayaran biaya paket layanan Indihome. Penyetoran uangnya, dilakukan setelah CPE berhasil dipasangkan ke alamat kalian
  • Pihak Indihome akan melakukan isolir bila pelanggan belum menyerahkan pembayaran uang jaminan. Bila Telkom telah berhasil mendapatkan uang jaminannya, otomatis layanan akan berstatus aktif dan dapat langsung digunakan oleh customer
  • Batas waktu penyetoran uang jaminan berlaku selama 7 x 24 jam setelah pihak Telkom memberikan notifikasi pembayaran kepada pelanggan. Jika kalian melewati batas waktu tersebut, customer akan dibebankan biaya penalti pemasangan dengan nominal Rp 1.500.000,-
  • Uang jaminan yang disetorkan oleh customer, oleh pihak Telkom akan disimpan selama 12 bulan atau kurang lebih satu tahun terhitung sejak Telkom menerima uang jaminan. Bila terjadi kasus tunggakan hingga 2 bulan secara berturut-turut, uang jaminan tersebut menjadi hak milik dari Telkom.
  • Berdasarkan ketetapan yang ada di 4 poin sebelumnya, bila biaya denda tunggakannya lebih besar dibandingkan uang jaminan yang disetorkan, wajib bagi pelanggan membayarkan selisih uang berlebih. Selisih tersebut, dapat dilihat dari perbedaan kelebihan uang yang ada diantara uang jaminan dengan uang tunggkan layanan Indihome
  • Adanya kesepakatan persetujuan terkait pembayaran tagihan layanan di bulan ke 13 menggunakan uang jaminan. Dengan syarat, uang jaminan belum pernah digunakan oleh pelanggan untuk menutupi pembayaran tunggakan dalam 12 bulan sebelumnya
  • Pelanggan wajib melunasi pembayaran selisih tagihan, antara biaya layanan dengan uang jaminan
  • Pelanggan menyetujui ketentuan bila di bulan ke 13, ingin melepas layanan atau berhenti menggunakan layanan Indihome, maka seluruh biaya tagihan mulai dari tunggakan hingga denda harus dilunasi oleh customer. Apabila uang jaminan lebih besar daripada uang tagihan layanan di bulan 13, selisih uangnya akan dibayarkan oleh pihak Telkom. Sedangkan bila terjadi hal yang sebaliknya, maka pelanggan berkewajiban untuk membayar selisih tersebut
  • Uang jaminan yang diterima oleh pihak Telkom sesuai dengan ketentuan dalam 4 poin diatas, kewajiban pelanggan terhadap pembayaran uang denda pengakhiran tidak akan dihapuskan begitu saja.
Terkait:  Biaya Kuliah UNPAS

Total syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Indihome atau Telkom Indonesia ini, ada sebanyak 9 poin. Setiap poinnya menjelaskan secara detail hak dan kewajiban pelanggan terhadap pembayaran layanan paket yang dipilih melalui provider Indihome.

Menurut ucapan yang dikutip dari kepala kandatel Bima Syarifuddin  pada hari Selasa tanggal 14 Januari 2020, pelanggan Indihome lama selama ini tidak perlu membayar sejumlah uang ketika melakukan pemasangan. Akan tetapi, kini ada peraturan baru yang berlaku.

Uang jaminan atau biaya deposit Indihome yang disetorkan sebesar nominal biaya dari paket yang kalian pilih, bebas dari biaya PPN. Adapun kebijakan lainnya adalah selama 2 bulan berturut-turu bila terjadi tunggakan, maka pembayaran diambil dari uang deposito tersebut.

Apabila pada bulan ketiga masih mengalami tunggakan, maka pihak Indihome akan melakukan tindakan tegas berupa penyabutan jaringan internet dan melepas CPE yang telah terpasang. Lalu apa tujuan dari peraturan biaya deposit Indihome saat ini?

Tujuan biaya deposit Indihome

Kalian yang masih bingung apa tujuan dari dikeluarkannya peraturan baru ini, berikut pernyataan yang diberikan oleh Kepala Kandatel Bima. Tujuan penerapan peraturan biaya deposit, supaya pelanggan tidak lalai dalam memenuhi kewajibannya untuk melakukan pembayaran.

Pasalnya, banyak sekali pelanggan-pelanggan Indihome yang tidak menyelesaikan pembayaran setelah selesai menggunakan layanan paket yang mereke pilih.  Padahal, untuk memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat, dibutuhkan kerjasama dari kedua belah pihak.

Cara ini, alias uang jaminan sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh pelanggan Indihome menunjukkan keseriusannya untuk terus berlanggan paket. Sistem pembayaran deposito juga dipermudah dapat menggunakan transfer FINPAY, Virtual Account sampai dengan Credit Card.

Pembayaran biaya deposit Indihome juga dapat dilakukan di loket-loket pembayaran umum. Sesuai dengan pembahasan yang telah dijelaskan di bagian biaya deposit Indihome, biaya deposit ini berbeda dengan model deposito investasi yang kalian sering temukan di beberapa bank.

Terkait:  Biaya Transfer Antar Bank Mandiri

Baca juga biaya deposit adalah untuk penjelasan lebih lengkapnya. Memang benar, biaya deposit Indihome tidak akan dikenakan PPN, tapi pajak tetap diberlakukan untuk abonemennya. Selain itu, uang deposito dapat di refund penuh bila pihak Indihome tidak memasang layanan paket di rumah tujuan dalam kurun waktu 14 hari.

Tepatnya, terhitung sejak melakukan registrasi diawal. Sekian informasi mengenai biaya deposit Indihome, syarat dan ketentuan, hingga tujuan biaya deposit Indihome. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baru Diulas:

Related posts