Biaya Dokter Mata

Umumnya biaya dokter mata akan selalu berbeda di setiap klinik maupun rumah sakit. Hal ini dikarenakan dokter mata tidak pernah memasang tarif sembarangan dalam pemeriksaan organ tubuh tersebut yang dikeluhkan setiap pasiennya.

Tak bisa dipungkiri semua orang bisa menemukan dokter mata di klinik atau rumah sakit terdekat. Bukan rahasia umum kedua pusat pelayanan kesehatan tersebut pasti menyediakan tenaga media yang berpengalaman di bidangnya, termasuk indera penglihatan.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang punya peran vital dalam menangkap semua objek yang kalian lihat di lingkungan sekitar. Apabila indera penglihatan kalian bermasalah, maka kamu akan sulit mengenali segala hal yang berada di dalam maupun luar rumah.

Tak hanya itu, kalian bakal mengalami kendala dalam menganalisa segala aspek untuk memastikan apakah sesuatu yang kamu lihat aman atau sebaliknya bila kalian sentuh dengan kondisi mata tidak sehat.

Jangan pernah menyepelekan masalah mata karena organ tubuh tersebut harus diperhatikan kesehatannya. Di samping itu, kamu bisa sekadar konsultasi bahkan penanganan langsung oleh dokter mata di klinik atau rumah sakit di domisili kalian masing-masing.

Jangan berpikir berkonsultasi sampai pemeriksaan mata bakal menghabiskan uang banyak. Sebab, kamu cukup habiskan dana mulai dari ratusan ribu rupiah dengan estimasi pemeriksaan selama hitungan menit saja.

Biaya Dokter Mata

Biaya Dokter Mata
Biaya Dokter Mata

Pemeriksaan mata harus dilakukan secara berkala oleh dokter mata yang berpengalaman. Kami anjurkan kalian mengunjungi salah satu klinik atau rumah sakit yang pasti menyediakan fasilitas kesehatan pengecekan mata dengan bantuan tenaga medis terkait.

Tak hanya itu, setiap pasien boleh mengajukan masalah apa saja berkaitan dengan indera penglihatan. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan pada mata tidak boleh dibiarkan dan harus segera ditangani sejak kendalanya muncul.

Apabila kamu tidak bisa datang ke klinik atau rumah sakit karena masalah harga, ternyata dokter mata dapat ditemukan pada fasilitas kesehatan tingkat satu seperti puskesmas.

Walau harganya lebih murah, namun dokter mata yang bertugas mempunyai kinerja seimbang dengan tenaga media serupa yang bekerja di klinik maupun rumah sakit. Pastikan kalian langsung mengecek kesehatan mata dengan benar, serta kalian pun dapat menerima layanan pemeriksaan mata gratis di optik.

Biaya Dokter Mata, Berapa Harga yang Perlu Dibayar?

Bukan rahasia umum bahwa pemeriksaan mata bisa dilakukan pada klinik, rumah sakit sampai puskesmas. Biasanya ketiga fasilitas kesehatan tersebut menyediakan dokter mata yang berpengalaman untuk mengatasi dan menyelesaikan keluhan dari kalian sebagai pasiennya.

Harga pemeriksaannya juga beragam sesuai konsultasi sampai jenis penyakit yang kamu sampaikan. Berikut merupakan biaya dokter mata terbaru yang belum kalian tahu, antara lain :

Biaya Dokter Mata di Rumah Sakit

Nama Rumah SakitBiaya Dokter Mata
RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta> Rp.85,000
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi> Rp.110,000
Siloam Hospitals Purwakarta> Rp.100,000
Rumah Sakit Awal Bros Makassar> Rp.165,000
RSU Bunda BMC Padang> Rp.165,000
Mayapada Hospital BMC Bogor> Rp.210,000
Omni Hospital Alam Sutera Tangerang> Rp.320,000
Rumah Sakit Umum YARSI Jakarta> Rp.265,000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan> Rp.320,000
Rumah Sakit Mata Bandung Eye Centre> Rp.450,000

Biaya Dokter Mata di Klinik

Nama KlinikBiaya Dokter Mata
Klinik Ratulangi Medical Centre Makassar> Rp.205,000
Klinik TelkoMedika Group> Rp.75,000
Ciputra SMG Eye Clinic (CSEC) Jakarta> Rp.210,000
Klinik Spesialis Mata SMEC Bekasi> Rp.240,000
Klinik Spesialis Mata SMEC Depok> Rp.240,000
Klinik Mata Netra Bandung 2> Rp.285,000
Klinik Mata Nusantara> Rp.250,000
Klinik Utama Bandung Eye Centre> Rp.450,000
Matanya Eye Clinic Tebet, Jakarta> Rp.375,000
Klinik Utama Mata, JEC Cinere, Depok> Rp.620,000
SILC Lasik Centre Jakarta Pusat> Rp.620,000

Biaya Dokter Mata di Puskesmas

Puskesmas memasang biaya dokter mata sesuai pemeriksaannya. Apabila kalian merupakan anggota BPJS Kesehatan, maka kalian bisa memeriksanya secara gratis. Kendati demikian, pemeriksaan mata di puskesmas terbilang murah.

Hal ini dikarenakan kalian harus melakukan pendaftaran dengan membayar iuran sekitar Rp.10,000 s/d Rp.20,000. Jumlahnya akan berbeda di setiap wilayah domisili kalian dan dipastikan nominalnya tidak jauh dari angka tersebut.

Biasanya dokter mata bakal menganalisa jenis pemeriksaan yang bakal dilakukan terhadap pasiennya. Berapa harganya? Berikut merupakan tabel harga pemeriksaan mata di puskesmas, yakni :

Jenis PemeriksaanBiaya Dokter Mata
Pemeriksaan Visus MataRp.15,000
Ekstraksi Corpus Alienum Mata (per Mata)Rp.25,000
Ekstraksi Corpal MataRp.40,000
Irigasi Mata dan TelingaRp.50,000

Biaya Dokter Spesialis Mata di Indonesia

Nama DokterNama Rumah Sakit / KlinikBiaya Dokter Mata
Dr.Iwan Soebijantoro, Sp.M (K)Rumah Sakit Mata, JEC, JakartaRp.625,000
Dr.Sujan Ali Fing, Sp.MRS Khusus Mata Prima Vision MedanRp.175,000
Dr.Puti Ayu Tiara, Sp.MKlinik Mata Netra TangerangRp.325,000
Dr.Artha Sandi, Sp.MKlinik Spesialis Mata SMEC DepokRp.250,000
Dr.Junaedi Sirajuddin, Sp.M (K)Klinik Mata Orbita MakassarRp.225,000
Dr.Ferdinand Franciscus Tumewu, Sp.MRumah Sakit Umum Firdaus JakartaRp.200,000
Dr.Indrianingrum, Sp.MMitra Keluarga Pratama Jatiasih BekasiRp.150,000
Dr.R.Danang Dwinaryono, Sp.MSiloam Hospitals SemarangRp.165,000

Jenis-jenis Pemeriksaan Mata

Dalam pemeriksaan mata, biasanya seseorang bakal melewati berbagai macam tes umum yang tidak boleh dilewatkan. Pertama, pemeriksaan fisik mata bertujuan untuk mengetahui kondisi bagian dalam kelopak mata, kornea, sklera, lensa mata, iris, pupil sampai cairan di dalam kelopak mata.

Dokter juga bakal memeriksa tes ketajaman penglihatan atau uji refraksi untuk menganalisa seberapa jelas penglihatan mata terhadap sebuah objek yang berada di sekitar.

Dokter spesialis mata juga akan memeriksa Gerakan otot mata (eye muscle test), sedangkan pasien harus menggerakkan matanya dengan ikuti sebuah objek yang bergerak sesua instruksi dokter.

Tak hanya itu, pemeriksaan lapang pandang juga harus diikuti dimana kalian harus duduk dan menutup salah satu mata dengan tangan, sementara dokter akan mengarahkan kamu untuk fokus pandangan terhadap satu titik di depan mata yang terbuka.

Pemeriksaan mata yang tidak boleh kalian lewatkan adalah tes buta warna. Tujuannya untuk mendeteksi seseorang seperti kamu yang mengalami buta warna atau sulit dalam menganalisis warna tertentu.

Terakhir adalah Tonometri yang terbagi ke dalam dua golongan, yakni tonometri aplanasi dan tonometri nonkontak. Tonomerti bertujuan untuk mengidentifikasi tekanan cairan di dalam mata dan meninjau ada penyakit glaucoma yang merusak saraf mata kamu.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata sebenarnya tidak sulit. Kalian harus mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin A, C dan E, omega-3, zinc dan luetin seperti tuna, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan dan lainnya.

Jangan pernah merokok karena aktivitas tersebut berisiko menimbulkan penyakit mata seperti katarak sampai kerusakan saraf optik yang merusak retina, serta membatasi pemakaian laptop maupun gadget secara berkala.

Demikian informasi tentang biaya dokter mata yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Jangan lupa menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan mata sesuai pedoman kami di atas. Kamu harus tahu mata yang sehat adalah impian semua orang untuk melihat dunia luar dengan jelas.

Maka dari itu, pastikan kalian mengonsumsi asupan nutrizi penting demi mata sehat dan indah, serta istirahat saat mata lelah bila harus bekerja di depan laptop atau gadget bila butuh waktu lama.

Kamu Harus Tahu Juga:

Biaya Cek Mata di Optik
Biaya Dokter Gigi di Puskesmas
Cara Kerja Forex
Biaya Dokter Kulit
Biaya Cek Up Kesehatan

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...