Biaya EDC BCA

Layanan perbankan semakin canggih sampai sekarang, salah satunya adalah kehadiran mesin EDC (Electronic Data Capture) dan sebagian besar nasabah BCA pasti penasaran berapa biaya EDC BCA.

Hal ini dikarenakan keberadaannya memudahkan kalian untuk bertransaksi tarik tunai di beberapa minimarket maupun swalayan. Tak sedikit bank sudah melucurkan produk ini, termasuk BCA dengan biaya administrasi cukup murah untuk semua nasabahnya.

Mesin EDC juga berguna untuk melakukan transaksi pembayaran belanja, pembayaran tol, pembayaran tiket pesawat sampai tagihan listrik. Maka dari itu, kehadiran mesin EDC diharapkan membantu masyarakat terutama nasabah BCA untuk bertransaksi menggunakan kartu e-money maupun kartu debit atau kredit.

Fasilitas ini semakin dimanfaatkan banyak orang lantaran banyak orang ingin bertransaksi digital dengan cepat dan mudah dalam sekejap. Di Indonesia, pelayanan mesin EDC memang cenderung disediakan beberapa bank. BCA menjadi salah satu bank nasional yang menghadirkan beragam mesin EDC untuk dinikmati semua nasabahnya.

Tak bisa dipungkiri mesin EDC BCA diklaim lebih bagus karena punya berbagai macam kelebihan daripada EDC bank lain. Tak heran banyak nasabah mengaku puas bahkan ingin menggunakannya terus menerus untuk bertransaksi digital terus menerus.

Biaya EDC BCA

Biaya EDC BCA
Biaya EDC BCA

Mesin EDC BCA menerima transaksi untuk kartu berlogo Flazz, Debit BCA, Visa, BCA Card, MasterCard, JCB, UnionPay, Prima Debit sampai American Express. BCA bukan hanya menghadirkan fasilitas tersebut untuk memudahkan transaksi pembayaran merchant.

Mesin EDC BCA mampu melakukan pembayaran cicilan BCA, Reward BCA, cicilan 0% BCA, AutoPay BCA sampai Dynamic Currency Conversation (DCC) hanya dengan pakai satu mesin saja.

Kalian juga bisa mengajukan mesin EDC BCA secara online atau mendatangi kantor unit BCA terdekat di seluruh Indonesia. Selain itu, kalian harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai pemohon dengan mengisi formulir data merchant sekaligus menyerahkan sejumlah dokumen pendukung.

Apabila kalian tidak mengikuti prosedur yang berlaku, BCA tidak akan menerima permohonan kalian sebagai pengguna EDC BCA untuk memudahkan transaksi harian.

Biaya EDC BCA, Nikmati Layanan Transaksi Canggih dari BCA

Mesin EDC BCA tidak bisa digunakan sembarangan karena setiap nasabah harus mengajukan formulir data merchant terlebih dahulu. Di sisi lain penggunanya tidak hanya ditujukan kepada nasabah perorangan saja

Namun, badan usaha dan yayasan sekalipun boleh menggunakan fasilitas tersebut sesuai dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Berikut merupakan informasi lengkap mengenai biaya mesin EDC BCA yang belum kamu ketahui, yaitu :

Syarat Dokumen Pengajuan Mesin EDC BCA

  • Perorangan
    • Fotokopi KTP.
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
    • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
    • Surat Keterangan Domisili Usaha/Hak Milik/Surat Sewa.
    • Rekening BCA (Tapres/Giro/Tahapan Gold/Tahapan).
  • Badan Usaha
    • Fotokopi Akta Pendirian dan Perubahan Perusahaan.
    • Fotokopi KTP Pemilik Usaha/Direktur.
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
    • SIUP Bidang Usaha Terkait.
    • TDP/TDUP.
    • SK Menkeh.
    • Surat Keterangan Domisili Usaha/Hak Milik/Surat Sewa.
    • Rekening BCA Giro Yayasan/Perusahaan.
  • Yayasan
    • Fotokopi KTP Pemilik atau Direktur.
    • NPWP.
    • SIUP Bidang Usaha Terkait.
    • TDP/TDUP.
    • Surat Keterangan Domisili Usaha/Hak Milik/Surat Sewa.
    • Surat Pengangkatan Ketua atau Pengurus.
    • Rekening BCA Giro Yayasan/Perusahaan.

Biaya Administrasi EDC BCA

Jenis EDC BCABiaya Administrasi
EDC Fixed LineRp.100,000 / bulan
EDC GPRS DekstopRp.125,000 / bulan
EDC GPRS MobileRp.125,000 / bulan

Biaya administrasi EDC BCA tahun ini belum mengalami perubahan signifikan dan diklaim masih sama seperti tahun 2019. BCA menawarkan promo menarik seperti gratis biaya sewa EDC untuk merchant baru pada momen tertentu.

Mesin EDC BCA menerima beragam jenis kartu seperti Visa Card, JCB, CUP, BCA Card, MasterCard, Debit BCA, American Express (Amex), Flazz, Prima Debit dan Sakuku.

Pihak BCA sendiri menerapkan biaya Merchant Discount Rate (MDR) yang bakal dibebankan kepada merchant alias toko-toko bersangkutan. Untuk mengetahui rincian informasinya, kamu bisa menganalisa tabel terbaru yang bakal kami bahas selanjutnya.

Biaya MDR EDC BCA

Jenis KartuBiaya MDR
Visa2%
BCA Card1,50%
UnionPay (UP)2%
MasterCard2%
Japan Credit Bureau (JCB)2%
American Express (Amex)3,50%
Debit Domestik Bank Lain1%
Kategori Merchant Pendidikan0,80%
Kategori Merchant SPBU0,50%
Debit BCA0,15%
Kategori Merchant Khusus untuk Bantuan Sosial0%
Flazz0%
Sakuku0%
Debit Maestro2%
Sakuku dan Mobile BCA pada Semua Kategori Merchant0%
Aplikasi Pembayaran Lainnya pada Kategori Merchant Reguler0,80%
Aplikasi Pembayaran Lainnya pada Kategori Merchant SPBU0,50%
Aplikasi Pembayaran Lainnya pada Kategori Merchant Pendidikan0,70%
Aplikasi Pembayaran Lainnya pada Kategori Merchant Khusus untuk Bantuan Sosial0%

Kenapa Harus Pakai EDC BCA?

EDC BCA menjadi salah satu fasilitas perbankan berkualitas yang menerima sistem transaksi virtual dari BCA. Transaksi bisa digunakan dengan kartu MasterCard, JCP, UnionPay, Amex, BCA Card, Visa, Debit GPN, Flazz dan QR Code.

Selain itu, fasilitasnya juga membebaskan biaya sewa sehingga kalian jangan membayar uang sewa EDC untuk merchant baru. EDC BCA juga bisa terhubung dengan Electronic Cash Register Interface yang memudahkan rekonsilisasi pembayaran dari semua nasabah.

Keunggulan EDC BCA

Mesin EDC BCA memberikan beragam keunggulan untuk semua nasabah yang memakainya. Pasalnya, EDC BCA mempunyai report yang jelas karena laporan transaksi selalu terperinci (Customized Merchant Report).

Di sisi lain, penggunanya juga bisa menikmati layanan cicilan untuk meningkatkan potensi berbelanja pada merchant-merchant BCA yang tersebar luas di pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia, sedangkan kamu dapat membayar cicilan tanpa uang cash.

EDC BCA juga memberikan pelayanan prima untuk kalian dengan pembayaran ke merchant paling lambat H+1 dari Hari Kalender pasca settlement di akhir harinya. Biasanya kalian hanya bisa menyelesaikan transaksi paling telat pkl.22:00 WIB.

Tak hanya itu, layanan merchant selalu siaga selama 7×24 jam untuk kalian supaya bisa bertransaksi dengan cepat dan mudah. Kalian pun bisa memanfaatkan kartu transaksi bila tidak membawa uang cash kemana pun.

Nasabah yang belum mendaftarkan diri sebagai salah satu penggunanya bisa mendaftarkan diri secara offline dan online. Bank BCA hanya butuh beberapa dokumen persyaratan yang sudah disiapkan untuk mempercepat prosesnya.

Selain itu, kalian cukup mendatangi kantor unit BCA terdekat supaya bisa mengajukan klaim atas penggunaan EDC BCA. Biasanya kalian hanya perlu meluangkan waktu selama 30 menit demi menyelesaikan semua prosedurnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan EDC BCA?

Bank BCA tidak pernah memberatkan semua nasabah yang ingin menikmati fasilitas perbankan dengan memanfaatkan EDC BCA. Mesin EDC BCA juga bisa digunakan dengan kartu apa saja yang sudah kami sebutkan di atas.

Kalian harus mendatangi kantor unit BCA terdekat untuk bertemu dengan customer service langsung demi menyelesaikan semua prosedur pengajuannya, sedangkan kalian hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya dalam mengajukannya nanti.

Demikian pembahasan seputar biaya EDC BCA yang harus diketahui semua nasabah BCA. Apabila kalian tertarik untuk mengoperasikan layanan tersebut, silakan akses situs resmi BCA via https://www.bca.co.id/edcbca.

Kamu juga bisa hubuungi call center via email di layanan_fdm@bca.co.id atau telepon di 1500788, serta hubungi kantor pusat BCA di Menara BCA, Grand Indonesia, Jalan MH.Thamrin No,1 Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website utama BCA via https://www.bca.co.id/.

Daftar 10 Pilihan Artikel Terbaru Untukmu:

» Biaya Asuransi J&T
» Biaya Ekstensi UI
» Biaya Ekspor Barang ke Luar Negeri
» Biaya Hidup di Bali
» Biaya Administrasi BCA Xpresi
» Biaya Administrasi Mandiri Syariah
» Biaya EDC BCA
» Biaya Duplikat Kunci
» Biaya Dokter THT
» Biaya Dokter Spesialis

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...