Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD

  • Whatsapp

Berapa biaya Fakultas Kedokteran UNPAD? Universitas Padjajaran atau UNPAD adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah berdiri sejak tahun 1957 silam di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kampus terbaik yang berakreditasi A ini ternyata telah menghasilkan 16 fakultas maupun program Pascasarjana, termasuk Fakultas Kedokteran dengan biaya pendidikan yang sudah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan berlaku selama beberapa waktu terakhir.

Fakultas Kedokteran UNPAD mempunyai jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana, yaitu D4 Kebidanan dan program studi Kedokteran maupun Kedokteran Hewan untuk mahasiswa yang menempuh jenjang S1.

Di samping itu, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran juga mempunyai Program Magister (S2), Program Doktoral (S3) dan Spesialis. Kendati demikian, UNPAD belum merilis biaya pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran bagi siapa saja yang ingin menjadi calon mahasiswanya.

Walaupun uang yang harus dikeluarkan tidak sedikit, namun ada dua komponen pokok yang perlu dibayar calon mahasiswa Fakultas Kedokteran yang terdiri dari biaya kuliah tunggal dan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Selain itu, Universitas Padjajaran juga menyediakan sistem pembiayaan untuk kalian yang masuk lewat jalur Bidik Misi. Program ini cenderung ditujukan kepada mereka yang mempunyai latar belakang pendidikan bagus dan berprestasi pada bidang akademik.

Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD

Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD
Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD

Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD ternyata bisa kalian bayarkan melalui dua jalur berbeda, yaitu Reguler dan Mandiri. Biasanya satu sama lain cenderung ditujukan kepada calon mahasiswa yang bakal menempuh jenjang D4 atau S1.

Terkait:  Biaya Kuliah Widyatama

Namun, Universitas Padjajaran belum resmi merilis biaya kuliah terbaru untuk calon mahasiswa yang bakal masuk untuk TA (Tahun Akademik) 2021/2022. Mereka hanya baru menyediakan daftar harga kuliah TA 2018/2019 yang sama seperti TA 2020/2021.

Fakultas Kedokteran UNPAD termasuk salah satu jurusan yang paling banyak diminati seluruh calon mahasiswa dari dalam atau luar wilayah Bandung. Pasalnya, lulusannya selalu dibutuhkan sebagian besar rumah sakit di kota asalnya maupun seluruh Indonesia.

Tak bisa dipungkiri alumni Fakultas Kedokteran UNPAD memang diperhitungkan dalam dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan sesuai jenjangnya masing-masing, sementara alumninya pasti punya prospek menjanjikan.

Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD, FK yang Cetak Lulusan Unggul

Siapa yang tidak ingin menempuh pendidikan lebih tinggi di Fakultas Kedokteran UNPAD? Tak bisa dipungkiri biaya kuliah yang nilainya selalu membuat siapapun terkejut ternyata memberikan prospek menjanjikan kepada semua alumninya.

Di sisi lain harga kuliah TA 2020/2021 bisa kamu gunakan sebagai bayangan bila ingin bergabung sebagai calon mahasiswanya. Berikut merupakan informasi lengkap soal Fakultas Kedokteran UNPAD yang belum kamu tahu, yaitu :

Sejarah Fakultas Kedokteran UNPAD

Fakultas Kedokteran UNPAD awalnya didirikan atas dua filsafah utama. Falsafah itu adalah kemalahatan untuk masyarakat dan kebersamaan dalam kesejawatan.

Gagasan mendirikan Fakultas Kedokteran pertama kali berasal dari Menteri Kesehatan bernama dr. Lie Kiat Teng melalui Kongres Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang berlangsung di Surabaya pada tahun 1953 silam. Berdirinya Universitas Padjajaran (Peraturan Pemerintah No.37/1957) maka hadir pula FK UNPAD bersama tiga Fakultas lainnya.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang Kedokteran, sekitar tahun 1979 silam akhirnya dibuka pendidikan Pascasarjana dalam bidang Kedokteran. Tonggak pencapaian dan perjalanan masa depan Fakultas Kedokteran UNPAD bakal melihat pada kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

Bukan hanya di Jawa Barat, namun juga kebutuhan masyarakat nasional maupun internasional berdasarkan motto FK UNPAD yakni Science for Society, from West Java to the World for Global Health.

Jadwal Pendaftaran Fakultas Kedokteran UNPAD via SBMPTN

Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri mereka melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara online yang bisa diakses melalui https://www.sbmptn.ac.id/. Biasanya pendaftaran SBMPTN dimulai setiap bulan April s/d Mei tiap tahun.

Terkait:  Biaya Kirim HP Lewat J&T

Seleksinya akan berbeda dengan SNMPTN. Hal ini dikarenakan seleksi SBMPTN menuntut semua calon mahasiswa patut mengikuti ujian tulis yang ditentukan oleh calon mahasiswa dengan memilih CBT (Computer Based Test) atau PBT (Paper Based Test).

Jadwal Pendaftaran Fakultas Kedokteran UNPAD via SNMPTN

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara online bisa langsung kalian akses via https://www.snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN bakal dibuka dan diikuti pada bulan Februari sampai Maret setiap tahunnya.

Seleksinya juga hanya ditentukan melalui nilai raport dari kalian selama menempuh pendidikan pada jenjang MA/SMA/SMK. FK UNPAD biasanya memasang nilai cukup tinggi untuk calon mahasiswa yang ingin bergabung dengan mereka.

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNPAD Jalur Mandiri

  • Sekolah yang siswanya berhak mengikuti seleksi ini merupakan MA/SMA/SMK negeri atau swasta.
  • Apabila kalian adalah siswa MA/SMA/SMK lulusan tahun 2018/2019/2020/2021, pastikan kalian telah dinyatakan lulus oleh satuan pendidikan dengan bukti ijazah MA/SMA/SMK, kecuali lulusan tahun 2021/2022 yang ijazah berhak diganti oleh Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah sementara.
  • Peserta bisa memilih Program Studi lintas jurusan (Saintek/Soshum) kala di MA/SMA/SMK. Peserta hanya diizinkan memilih dua Program Studi di setiap kelompok ujian.

Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD Jalur Reguler

Program Studi Biaya Kuliah Tunggal UKT Per Semester
III IV
S1 Pendidikan Dokter Rp.23,250,500 Rp.5,000,000 Rp.9,000,000
S1 Kedokteran Hewan Rp.16,000,000 Rp.4,000,000 Rp.7,000,000
D4 Kebidanan Rp.16,182,520 Rp.3,500,000 Rp.8,000,000

Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD Jalur Mandiri

Program Studi UKT Per Semester Dana Pengembangan
S1 Kedokteran Rp.15,000,000 Rp.250,000,000
S1 Kedokteran Hewan Rp.10,000,000 Rp.75,000,000

Biaya Fakultas Kedokteran per Golongan UKT

Golongan UKT Biaya UKT
Bidik Misi Rp.2,000,000
UKT 1 Rp.500,000
UKT 2 Rp.1,000,000
UKT 3 Rp.5,000,000
UKT 4 Rp.9,000,000
UKT 5 Rp.13,000,000
Terkait:  Biaya Daftar Gojek

Jadwal Pendaftaran UNPAD TA 2021/2022

Jalur Seleksi Jadwal
SNMPTN Pendaftaran : 15 s/d 24 Februari 2021
Pengumuman : 22 Maret 2021
SBMPTN Pendaftaran : 15 Maret s/d 1 April 2021
Pengumuman : 12 April 2021
Seleksi Mandiri 5 Mei s/d 8 Juni 2021

Apabila kamu ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Fakultas Kedokteran UNPAD dari golongan tidak mampu, maka kamu harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau Kartu Program Keluarga Harapan (KPKH).

Kenapa Harus Memilih FK UNPAD?

Fakultas Kedokteran UNPAD menjadi salah satu jurusan atau program studi yang selalu menarik perhatian calon mahasiswa dari MA/SMA/SMK di seluruh wilayah Bandung. Siapa saja yang resmi bergabung dengan PTN ini dipastikan bakal menerima jaminan untuk menempuh jenjang karir luas dan menjanjikan.

Jika kamu mengambil prodi Kedokteran, dipastikan kamu bisa bergabung dengan para tenaga medis berpengalaman di beberapa rumah sakit ternama, baik di wilayah Bandung maupun kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Demikian informasi soal biaya Fakultas Kedokteran UNPAD yang jarang diketahui banyak orang. Kamu bisa ambil bagian sebagai salah satu calon mahasiswa dengan menyiapkan diri dan pastikan memiliki riwayat akademik bagus selama belajar di MA/SMA/SMK.

Apabila kamu berdomisili di Bandung, silakan akses situs resminya via https://www.unpad.ac.id/ atau datang langsung ke Jalan Profesor Eyckman No.38, Bandung atau Jalan Raya Bandung –  Sumedang KM.21, Jatinangor. Kamu juga bisa menghubungi UNPAD via telepon di (022) 779-5594, 203-2170, 779-6373, 203-8164 atau 203-8114.

Related posts