Biaya Flushing AC Mobil

Apakah kamu tahu berapa biaya flushing AC mobil? Air Conditioner (AC) atau penyejuk kabin mobil sudah berubah menjadi salah satu komponen penting untuk kendaraan roda empat.

Tak hanya itu, AC juga membutuhkan perawatan intens seperti mesin kendaraan bermobil kalian karena kamu harus melakukan service secara berkala untuk memastikan kualitas dan performanya dapat bertahan lama, apalagi bila kamu sering berpergian jauh dan tidak bisa lepas dari penggunaan AC.

Biasanya semua pemilik kendaraan roda empat baru melakukan service AC ketika suhu yang dihasilkan benar-benar tidak dingin alias rusak total. Situasi tersebut justru bakal membuat kamu menghabiskan uang banyak.

Tak bisa dipungkiri beberapa komponen yang cenderung bermasalah adalah flushing dan kompresor. Jika mobil kalian selalu mendapat perawatan rutin, dipastikan usia kompresornya akan lebih lama dan bisa meminimalisir risiko perbaikan bahkan penggantian komponen baru.

AC mobil merupakan bagian penting dalam setiap kendaraan roda empat dan pasti kalian butuhkan saat berpergian. Bagaimana tidak, siapapun yang sedang pergi baik jarak dekat maupun jauh apalagi dalam kondisi macet pasti selalu menggunakannya.

AC mobil berperan penting dalam meningkatkan kenyamanan setiap pengendara dan penumpan yang ada di dalam kendaraan dan pastikan komponennya tetap aman dipakai tanpa menimbulkan tanda-tanda kerusakan.

Biaya Flushing AC Mobil

Biaya Flushing AC Mobil
Biaya Flushing AC Mobil

Jika kompresor AC mobil kalian tidak pernah diperiksa, maka pelumas bisa habis dan berdampak buruk pada kompresor. Apabila kondisinya rusak, AC mobil tidak bisa berfungsi dengan baik dan suhunya pun tidak akan dingin meski sudah diatur berulang kali.

Biasanya kompresor AC mobil yang sudah rusak bakal memberi tanda-tanda berupa munculnya suara bising layaknya seseorang sedang tertidur sambil mendengkur, sedangkan kondisi ini akan menganggu kalian saat berkendara.

AC mobil juga mempunyai beberapa komponen penting yang harus diperhatikan perawatannya seperti evaporator, kompresor, expansion value, kondensor dan receiver drier.

Komponen-komponen utama tersebut mendukung kinerja AC mobil untuk bekerja dengan baik dan seandainya salah satu dari mereka bermasalah bahkan rusak, dipastikan AC tidak akan bekerja secara maksimal. Kamu juga harus atur waktu service AC mobil sesuai anjuran tenaga ahli dari bengkel yang dipilih.

Biaya Flushing AC Mobil, Kapan Harus Service AC Mobil?

Kamu harus tahu berapa biaya flushing AC mobil supaya salah satu komponen penting tersebut bisa berfungsi dengan baik untuk mendukung kinerja perangkat saat kalian berkendara. Di sisi lain kalian pun perlu tahu kapan service AC mobil karena seseorang harus melakukannya sesuai saran tenaga ahli di bengkel terdekat sehingga kamu dapat menekan budget. Berikut merupakan harga flushing dan komponen AC mobil lainnya yang belum kalian tahu, antara lain :

Kapan Perlu Service AC Mobil?

Biasanya service AC mobil meliputi dua pkerjaan yang terdiri dari advance service dan basic service. Umumnya basic service akan dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak perjalanan sejauh 10,000 s/d 20,000 km atau telah berumur setahun lebih.

Apabila kamu selalu memakai AC mobil pada wilayah yang berpolusi tinggi, serta sudah menempuh jarak perjalanan lebih dari 10,000 km maka kalian harus service AC ke salah satu bengkel terdekat.

Secara umum basic service di bengkel akan melakukan pemeriksaan serta perawatan atas kompresor seperti membersihkan semua kotoran yang menempel sampai mengganti oli.

Tak hanya itu, pihak bengkel juga bakal mengganti receiver dryer dan filter kabin. Hal ini dikarenakan kedua komponen tersebut memang hanya bisa dipakai sekali saja. Jika kamu memaksakan pemakaiannya berulang kali, dipastikan AC mobil kurang berfungsi dengan optimal.

Di samping itu, perbaikan AC mobil bersistem advance service cenderung dilakukan sekitar 2 tahun sekali. Kamu harus tahu kalau pekerjaannya juga bakal memperbaiki jumlah komponen lebih banyak. Bengkel akan memperbaiki dan merawat evaporator, kompresor dan kondensor.

Mereka juga bakal mengganti receiver dryer, filter kabin dan expansion valve. Semakin banyak komponen yang diperiksa, waktu pekerjaannya juga akan lama bahkan mencapai 5 jam tergantung tingkat kesulitas perbaikan semua komponen AC mobilmu.

Biaya Perbaikan AC Mobil

Nama KomponenBiaya Service AC Mobil
Flushing Oli KompresorRp.700,000
Magnetic ClutchRp.390,000
Spare Part (Seal, Thrust Bearing, Soe dan Shaft Seal)Rp.480,000
Isi FreonRp.200,000
Ganti KondensorRp.500,000
Kuras KondensorRp.200,000
Expansion ValveRp.200,000
Receive DryerRp.100,000
Fan BeltRp.50,000
Extra Fan BeltRp.310,000
EvaporatorRp.800,000 s/d Rp.1,400,000
Kompresor AC MobilRp.2,000,000

Biaya Service AC Mobil Eropa dan Jepang

Kamu pasti tahu kalau biaya service AC mobil sangat bervariasi. Semuanya bergantung pada kerusakan apa yang bakal diperbariki, serta merek mobil apa yang kamu miliki.

Biasanya beberapa bengkel di Jakarta bakal memasang harga sekitar Rp.300,000 untuk mobil asal Jepang, sedangkan mobil asal Eropa justru lebih mahal dan bisa mencapai harga sebesar Rp.1,300,000 s/d Rp.4,000,000. Secara umum nyaris semua bengkel service AC telah memasukkan biaya ganti freon dan flushing bila memasang freon harus diisi.

Kenapa biaya flushing AC mobil buatan Eropa lebih mahal dari Jepang? Tak bisa dipungkiri kalau sebagian besar merek dan tipe mobil buata Eropa cenderung punya sistem pendingin lebih sulit daripada mobil asal Jepang.

Maka dari itu, alat dan teknik yang diperlukan untuk service AC mobil dari Benua Biru juga agak banyak. Apalagi tidak semua bengkel bisa melakukan service AC mobil terhadap beberapa mobil dari Eropa karena mereka belum punya peralatan yang memadai.

Contohnya adalah sebuah merek mobil asal Jepang seperti Toyota Avanza bakal menghabiskan uang mencapai Rp.250,000 untuk light service. Harga ini termasuk membersihkan blower maupun filter AC.

Apabila ada komponen rusak, kalian harus menggantinya dengan meminta bantuan tenaga ahli dari bengkel resmi. Di samping itu, harga komponennya juga bervariasi, yakni sebesar Rp.50,000 (seal), Rp.500,000 (freon) dan Rp.145,000 (dryer).

Jangan pernah takut membayar mahal bengkel service untuk mendapatkan biaya flushing AC mobil karena semakin tinggi budget yang kamu keluarkan, komponen yang diperbaiki juga bakal memiliki kualitas lebih bagus.

Kamu juga harus memperhatikan teknologi yang dipakai, teknik perbaikan dan pelayanan lain dari bengkel yang dipilih sebelum memutuskan memilihnya sebagai lokasi service flushing AC mobil demi menekan anggaran yang sudah disiapkan.

Dimana Service Flushing AC Mobil Terbaik?

Untuk mengetahui lokasi service AC mobil untuk beberapa komponen penting seperti flushing, maka kamu bisa mendatangi bengkel resmi sesuai merek mobil yang kalian miliki.

Akan tetapi, seandainya jaraknya jauh dan kamu tidak punya waktu ke sana, kalian bisa datang ke salah satu bengkel umum yang punya reputasi baik soal perbaikan AC mobil. Biasanya harga yang ditawarkan tidak berbeda dengan service AC mobil di bengkel resmi di seluruh Indonesia.

Demikian ulasan soal biaya flushing AC mobil beserta komponen lainnya yang harus kamu tahu. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan kinerja dan kualitas mesin pendingin tersebut karena siapapun pasti membutuhkannya saat bakal berkendara.

Harganya juga tidak mahal selama menggunakan teknik pengerjaan sesuai dengan kualitas akhir yang bakal kamu dapatkan.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...