Home » Biaya » Biaya Franchise Kopi Kenangan

Biaya Franchise Kopi Kenangan

Kopi Kenangan adalah salah satu gerai kopi non franchise terbaik dan terbesar di Indonesia. Mereka tidak memiliki biaya franchise Kopi Kenangan dan cenderung melebarkan sayapnya secara mandiri.

Mereka dikenal dengan moto “Sehari Satu Toko”, serta aktif berekspansi di seluruh pasar Indonesia secara luas. Kopi Kenangan juga mampu mempertahankan diri di tengah persaingan ketat antar beragam brand minuman kekinian untuk menarik perhatian semua konsumennya, terutama generasi milenial.

Kopi Kenangan dikenal tidak pernah membuka peluang waralaba alias non franchise kepada para investor atau pebisnis yang ingin membuka usaha dalam bidang ini. Kendati demikian, mereka cenderung unik karena berbeda dengan beberapa brand minuman kopi hits yang justru berani menaikkan value melalui sistem waralaba.

Jangan heran kalau gerai resmi Kopi Kenangan tidak sebanyak brand lainnya seperti Janji Jiwa, Lain Hati, Soe, Kulo dan masih banyak lagi. Walaupun demikian, keputusan resmi yang ditentukan sang pemilik brand minuman hits tersebut membuat banyak orang bertanya.

Apakah seorang pebisnis bisa berpeluang membuka franchise Kopi Kenangan? Tak sedikit dari mereka bahkan kalian sendiri bertanya bagaimana merek minuman kekinian ini mampu bertahan di tengah persaingan ekstrem sampai sekarang. Tak bisa dipungkiri target pasar dan perencanaan penjualan yang diusung Kopi Kenangan terbilang jitu dari merek lainnya.

Biaya Franchise Kopi Kenangan

Biaya Franchise Kopi Kenangan

Biaya Franchise Kopi Kenangan

Kopi Kenangan sudah menjadi salah satu merek minuman kekinian yang belakangan ini sedang diburu banyak orang. Bagaimana tidak, brand kopi lokal ini mampu bersaing dan mempertahankan diri di tengah pertumbuhan ekspansi beberapa merek minuman serupa yang melebarkan sayap lewat jalur franchise.

Walaupun Kopi Kenangan tidak menerapkan hal yang sama, namun sokongan dana dari beberapa pihak tertentu rupanya membuat siapapun yang tahu bakal terkejut. Brand minuman ini ternyata menerima sokongan dana dari beberapa perusahaan funding sampai selebriti internasional.

Tak bisa dipungkiri beberapa pesohor dunia yang terjun langsung dalam menanam modal lewat Kopi Kenangan adalah rapper kelas dunia sekaligus suami dari penyanyi kenamaan Beyonce, Jay-Z hingga petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams. Bahkan, sosok co-founder Facebook, Eduardo Severin dan pebasket internasional, Caris LeVert terlibat dalam hal ini.

Biaya Franchise Kopi Kenangan, Cita Rasa Lokal yang Mendunia

Bagi kalian yang mungkin penasaran berapa biaya franchise Kopi Kenangan, maka kamu bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini sampai akhir. Pasalnya, brand minuman lokal ini memiliki beberapa kisah menarik yang harus kamu tahu dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Bagaimana bisnis minuman lokal ini bisa berkembang sampai sekarang? Kalian akan tahu semua jawabannya dengan mengulas rangkuman yang sudah kami siapkan sebagai berikut :

Sejarah Kopi Kenangan

Kopi Kenangan adalah merek minuman hits yang dicetuskan oleh dua orang pria bernama Edward Tirtanata dan James Prananto pada tahun 2017. Gerai pertamanya berada di Menara Standard Chartered | Kuningan | Jakarta Selatan.

Bisnis ini sebenarnya bukan usaha FnB pertama yang dilakoni Edward. Pasalnya, sang pemilik gerai sempat mendirikan sebuah kedai the yang dinamai Lewis and Caroll pada tahun 2015. Namun, bisnis itu tidak berkembang sesuai harapannya.

Dalam sebuah wawancara, Edward Tirtanata menyebut kalau selama tiga tahun dia tidak sampai membuka 10 spot Lewis and Caroll. Kondisi ini berbanding terbalik dengan Kopi Kenangan yang bahkan telah menembus break even point hanya dalam waktu tiga bulan saja.

Pada bulan Mei tahun 2020, Kopi Kenangan sudah berhasil mempunyai lebih dari 324 outlet tanpa menerapkan sistem waralaba di seluruh Indonesia. Sang CEO akhirnya merilis motto bisnisnya yang bertajuk “Satu Hari, Satu Toko”.

Pemilihan Nama Kopi Kenangan

Ketika memilih nama produk kopinya, Edward Tirtanata berkaca pada bisnis sebelumnya, Lewis and Caroll. Baginya, kedai the tersebut punya nama yang terdengar mewah dan terkesan menawarkan barang mahal.

Alhasil, sulit sekali memperoleh pelanggan dan berkembang dalam sekejap. Ia mengungkapkan kalau nama tersebut hanya membuat siapa saja mencoba sekali, namun berusaha lagi perlu value sebesar Rp.18 ribu tapi rasanya nikmat.

Di samping itu, Kopi Kenangan justru ingin produknya bisa tetap dipasarkan dengan harga terjangkau . Oleh karena itu, dia memutuskan memilih nama sederhana dan mudah diingat bahkan relate dengan semua orang yang bakal menjadi calon konsumennya.

Nama Kopi Kenangan sendiri diklaim unik bahkan berbeda dengan beberapa brand kopi lainnya, sedangkan sang CEO mempunyai beberapa menu yang selalu membuat para konsumen malu bahkan sering mengenangnya.

Venture Capital Kopi Kenangan

Kopi Kenangan mampu mengembangkan bisnis tanpa sistem waralaba dengan funding dalam bentuk venture capital. Usai sukses dengan membuka gerai-gerai di seluruh Indonesia, Edward Tirtanata langsung spontan melakukan pitching ke beberapa perusahaan funding.

Pada tahun 2018, dia menerima suntikan dana sebesar USD$ 8 juta dari Alpha JWC. Ia pun menerima kucuran dana sebsar USD$ 20 juta dari Sequoia Capital sekitar tahun 2019.

Kopi Kenangan juga berhasil menerima suntikan dana sebesar USD$ 209 juta pada bulan Mei tahun 2020. Bahkan, sampai periode yang sama jumlah perhitungan investasi yang berhasil masuk ke dalam perusahaan minuman hits ini sudah menembus angka USD$ 237 juta.

Angka ini terbilang fantastis dan belum pernah dilakukan mayoritas merek minuman kekinian yang semakin menjamur di tanah air dalam beberapa waktu terakhir dalam mengembangkan jaringan bisnisnya.

Bagaimana Membeli Franchise Kopi Kenangan?

Apakah kalian berminat mempunyai franchise Kopi Kenangan? Bukan soal harga atau apapun, namun ad acara tertentu yang patut dilakukan. Tak bisa dipungkiri sang CEO rupanya enggan menunjukkan tanda-tandanya.

Kamu bisa bergabung dengan pihak manejemen merek kopi ini sebagai share holder atau salah satu pemegang saham. Alhasil, uang yang harus disiapkan memang banyak walaupun pihak manajemen atau CEO tidak menyebut secara detail. Namun, perhitungannya beda bila hanya punya satu kedai kopi saja.

Daftar Harga Menu Kopi Kenangan

MenuHarga
Kopi Kenangan Mantan (Original)Rp.18,000
Americano (Long Black)Rp.15,000
Dual Shot Iced Shaken (Es Kopi Kenangan Mantan)Rp.22,000
Kemana Lagi Pacar? (Kopi Kelapa)Rp.19,000
Hazelnut Latte (Ketika Berjuta Rasa Masa Lalu Hanya Tinggal Kenangan)Rp.24,000
Vanilla Latte (Ketika Berjuta Rasa Masa Lalu Hanya Tinggal Kenangan)Rp.24,000
Caramel Latte (Ketika Berjuta Rasa Masa Lalu Hanya Tinggal Kenangan)Rp.24,000
Kopi Balleys (Pelupa Kenangan Pahit Walau Sesaat)Rp.42,000
Kopi Lupakan Dia (Pelupa Kenangan Pahit Walau Sesaat)Rp.42,000
Kenangan Matcha Indah (Semua Akan Indah pada Waktunya)Rp.24,000
Teh Tarik + A Shot of Espresso (Antara Dilema dan Galau)Rp.18,000
Milo Dinosaurus (Karena Kopi Tidak Selalu Setia)Rp.20,000
Mojicha Latte (Semua Akan Indah pada Waktunya)Rp.24,000
Thai Tea Green (Karena Kopi Tidak Selalu Setia)Rp.18,000
Thai Tea (Karena Kopi Tidak Selalu Setia)Rp.18,000
Oreo Cookies & Cream Shake (Karena Kopi Tidak Selalu Setia)Rp.29,000
Air Mata Gadis Bandung (Pandan) (Karena Kopi Tidak Selalu Setia)Rp.24,000
Es Teh Bunga Melati (Sedingin Sifatnya, Semanis Kenangan yang Pernah Ada)Rp.15,000
Air Mineral (Karena Kopi Tidak Selalu Setia)Rp.9,000
Marie Regal Shake (Karena Kopi Tidak Selalu Setia)Rp.29,000
Pisang Goreng Madu (Mau Dicoba Bukan Dikenang)Rp.9,000
Grass Jelly (Topping)Rp.5,000
Bubble (Topping)Rp.5,000

Demikian informasi lengkap mengenai biaya franchise Kopi Kenangan yang ternyata tidak menerapkan sistem waralaba untuk para pebisnis sampai sekarang.

Kamu bisa memilih alternatif lain jika ingin jualan produk serupa dengan memilih paket franchise merek minuman sejenis yang harganya beragam. Apabila kalian ingin tahu informasi lebih lanjut soal Kopi Kenangan, silakan kunjungi situs resminya via https://www.kopikenangan.com/.