Home » Biaya » Biaya Homeschooling

Biaya Homeschooling

Menilik permasalahan yang kerap terjadi di lingkungan sekolah, membuat sebagian besar masyarakat tersadar akan kebutuhan dari program homeschooling. Bahkan, di beberapa daerah, banyak orang tua yang lebih memilih menyekolahkan anaknya melalui sistem pembelajaran mandiri tersebut. Berikut biaya homeschooling Kak Seto.

Salah satu sekolah yang juga memberikan penawaran program unggulan ini, tidak lain adalah homescooling Kak Seto. Julukan Kak Seto sendiri, merupakan panggilan yang beliau dapatkan dari nama aslinya Dr. Seto Mulyadi, S. Psi., M. Si. Ketenarannya di media massa, membuat dirinya kerap menjadi panutan para orang tua.

Background pendidikan yang dimiliki oleh beliau, tidak lain adalah ilmu psikologi. Hal tersebut juga lah, yang membuat masyarakat sangat setuju ketika dirinya memperoleh jabatan sebagai ketua Lembaga Perlindungan Anak di Indonesia. Setelah itu, lahirlah berbagai informasi yang membahas biaya homeschooling Kak Seto.

Biaya Homeschooling Kak Seto

Biaya homeschooling Kak Seto

Biaya homeschooling Kak Seto

Biaya homeschooling Kak Seto Tangerang

Bila membahas biaya homeschooling Kak Seto, sudah pasti hal yang pertama kali menjadi topik perbincangan hangat dikalangan para orang tua, tidak lain adalah besarnya biaya pendidikan. Semakin terkenal nama suatu sekolah, maka otomatis uang untuk membayar SPP dan lain sebagainya juga ikut meningkat.

Apalagi, mengingat homeschooling Kak Seto ini, termasuk kedalam sekolah non-formal. Sering disingkat menjadi HSKS, sekolahan yang dibangun berdasarkan komitmen bersama untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa oleh Yayasan Kazeto Putra Perkasa (YKPP), diciptakan demi menghadirkan suasana lingkungan belajar yang nyaman.

Terutama, bagi mereka yang pernah mengalami kejadian buruk di sekolah. Hal tersebut, sering kali menjadi faktor pemicu timbulnya phobia sekolah dan membuat mereka enggan bersekolah kembali. Homeschooling ini, dapat menjadi alternatif pendidikan yang tepat.

Seperti yang telah kalian ketahui, bahwa perbedaan diantara sekolah formal berstatus swasta dengan sekolah berstatus negeri, terlihar sangat kontras di persoalan biayanya. Apalagi, mengingat homeschooling Kak Seto yang merupakan sekolah non-formal untuk tingkatan SD hingga tingkatan SMA ini, sudah dapat dipastikan harganya tergolong mahal dibandingkan sekolah negeri pada umumnya.

Mulai dari biaya pendaftarannya. Harga yang berlaku untuk pembayaran biaya mendaftar sebagai siswa-siswi dari program unggulan ini, ditaksir mulai dari Rp 250.000,-. Akan tetapi, masih ada yang namanya istilah uang pangkal sekolah per bulan dan uang bulanan SPP.

Besarnya biaya Homeschooling Kak Seto yang beralamat di kawasan Tangerang Selatan, kurang lebih biaya formulir pendaftarannya sebesar Rp 500.000,- di tahun 2021. Kemudian, ada persyaratan administrasi yang harus diperhatikan dan disetujui oleh para calon peserta didik, terutama dari pihak orang tua siswa/i.

Supaya memudahkan para calon peserta didik, formulir pendaftaran dapat diisi secara online di link yang nantinya akan diperoleh setelah berhasil melakukan pembayaran dari nominal biaya formulir pendaftaran yang telah disebutkan. Setelah itu, ada berkas persyaratan dalam bentuk fisik yang nantinya harus dikumpulkan.

Pengumpulan berkas tersebut, paling lambat dilakukan setelah 14 hari, terhitung dari hari pertama pembayaran pendaftaran berhasil disetorkan. Adapun ketentuan berkas yang dimaksud, diantaranya sebagai berikut:

  1. Sebanyak 3 lembar fotocopy KTP Orang Tua/Wali calon peserta didik
  2. Sebanayk 3 lembar fotocopy Kartu Keluarga
  3. Masing-masing sebanyak 3 lembar, yang terdiri dari fotocopy akte kelahiran dan ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir
  4. Masing-masing sebanyak 3 lembar yang terdiri dari legalisir SKHUN pendidikan formal terakhir, serta legalisir rapor lengkap sekolah (bagi siswa pindahan saja)
  5. Ketentuan foto sebagai berikut: dicetak hitam putih  dengan memakai kemeja putih polos berkancing, ukuran fotonya 2×3; 3×4 dan 4×6. Setiap ukuran foto masing-masing dicetak sebanyak 8 lembar. Kertas fotonya jenis doff atau matte paper
  6. Menyertakan surat keterangan pindah bagi siswa pindahan
  7. Melampirkan hasil psikotes penjurusan, berlaku khusus bagi pelajar jenjang pendidikan SMA tingkat X.

Adapun jadwal pendaftaran untuk siswa atau siswi yang ingin mendaftar homeschooling Kak Seto, PPDB gelombang 1 tahun ajaran 2019/2021 dan tahun ajaran 2020/2021 mulai dari bulan Januari tanggal 1 sampai dengan 30 April 2020. Berikutnya, PPDB gelombang 2 TA 2020/2021 diselenggarakan mulai dari 1 Mei hingga 31 Agustus 2020.

Kurikulum homeschooling Kak Seto

Kurikulum atau acuan yang digunakan untuk melangsungkan proses belajar mengajar di HSKS ini, berpedoman dari peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006. Isi dari peraturan tersebut, membahas tentang SKL atau Standar Kompetensi Lulusan.

Selain itu, kurikulum yang disusun juga mengaitkan hubungan antara 3 aspek. Dimana, aspek-aspek tersebut, terdiri dari aspek kognitif atau pengetahuan, aspek afektif atau sikap, dan aspek psikomotorik atau keterampilan. Ada juga kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang secara langsung disusun oleh tim HSKS.

Metode pendekatannya, menggunakan pembelajaran at home serta ramah terhadap anak-anak. Kalian yang tidak bersekolah di sekolah formal, tidak perlu merasa khawatir. Baik siswa/i tetap mendapatkan ijazah yang nantinya dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Berdasarkan undang-undang No. 20 Tahun 2003, berkaitan dengan Sistem Pendidikan Nasional yang mengakomodasi kehadiran dari program homeschooling sebagai salah satu alternatif ini, didedikasikan untuk masyarakat Indonesia. Pelaksanaan di lapangannya, dipantau oleh KEMENDIKBUD dan PAUD-DIKMAS.

Baik orang tua maupun siswanya sendiri, dapat merasa tenang dan aman. Siswa yang tergabung kedalam program homeschooling, mendapatkan bimbingan untuk dapat menghadapi Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK). Legalitas ijazahnya, dikeluarkan langsung oleh KEMENDIKBUD.

Kesetaraan ijazah, berlaku untuk paket A yang setara dengan lulusan anak SD, kemudian ada paket B untuk setara dengan pelajar tingkat SMP dan terakhir ada paket C yang disetarakan dengan mereka yang telah berhasil lulus dari SMA. Selain dalam negeri, ijazah juga dapat digunakan untuk keperluan luar negeri.

Program homeschooling Kak Seto, terdiri dari 3 macam. Ada komunitas, distance learning, dan DL tunggal. Mau tahu perbedaannya? simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

1. Komunitas

Program pilihan dari homeschooling Kak Seto satu ini, menerapkan proses pembelajaran klasik, dimana para siswa dan siswi mempelajari pengelaman besosialisasi terutama dalam sebuah kelas eksekutif. Disebut dengan kelas eksekutif karena jumlah peserta didiknya dalam satu kelas hanya terdiri dari 10 orang maksimalnya.

Selain mendapatkan pengetahuan di bidang akademik, siswa juga dibekali dengan berbagai macam keterampilan setiap hari Jumat. Proses pembelajaran akademik, dilaksanakan didalam ruangan. Sedangkan kegiatan keterampilan, tempatnya disesuaikan dengan tema yang sebelumnya telah ditentukan.

2. Distance learning

Metode belajar mandiri yang diterapkan dalam program distance learning ini, menggunakan kurikulum dan modul belajar yang telah disusun oleh pihak HSKS. Selama peserta didik mengikuti proses pembelajaran, baik keluarga atau tutor yang datang langsung ke rumah akan bertindak sebagai pendamping belajar.

Biasanya, pendampingan belajar yang dilakukan oleh tutor, khusus bagi peserta didik yang berada di wilayah area Jabodetabek. Bisa juga masyarakat yang memiliki kebutuhan paket kesetaraan dengan jam belajar yang fleksibel, dapat ikut serta dalam distance learning.

3. DL tunggal

Sistem pembelajarannya tidak jauh berbeda dengan poin yang nomor 2. Hanya saja, keunggulan yang dapat dirasakan oleh peserta didik. Mereka tidak diharuskan datang secara langsung ke lokasi HSKS selama hanya masih di sesi pertemuan belajar.

Namun, setelah memasuki tahapan evaluasi belajar, seluruh peserta didik yang berada dimanapun wajib datang ke tempat HSKS berada. Hal ini, dilakukan untuk meningkatkan penilaian dan cara pembelajaran yang tepat untuk masing-masing siswa dan siswi.

Sekian informasi mengenai biaya homeschooling Kak Seto, biaya homeschooling Kak Seto Tangerang, dan kurikulum homeschooling Kak Seto pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Baca juga biaya homeschooling Ganesha untuk referensi lainnya. See ya..