Biaya Ganti Jok Motor

Biaya Ganti Jok Motor

Kerusakan pada jok motor merupakan hal yang jangan dianggap enteng, apalagi kalau tingkatnya sudah parah karena kamu harus tahu biaya ganti jok motor di bengkel-bengkel terdekat.

Bukan hanya itu, kalian harus segera mengganti kulit jok motor secara mandiri atau mengandalkan tenaga ahli dari bengkel yang harganya variatif. Kalian harus tahu kalau kulit jok motor tidak semua sama dan satu sama lain punya kualitas berbeda dengan tingkat durasi pemakaian tertentu.

Biasanya kulit jok motor terbagi ke dalam dua golongan yakni kulit asli dan sintetis. Apabila kalian memakai kulit sintetis, bengkel bakal menyediakan kain berbahan dasar karet, plyvinyl chloride maupun plyester.

Di sisi lain teksturnya juga beragam mulai dari halus dan licin bahkan kasar yang cenderung timbul. Alhasil, setiap pemilik kendaraan roda dua seperti kamu memiliki rasa nyaman berbeda saat mengendarai motor tergantung kontur jok yang digunakan.

Untuk kulit asli, biasanya kalian harus memesan terlebih dahulu ke pihak bengkel terdekat. Hal ini dikarenakan tidak semua bengkel menghadirkan produk jok motor berbahan dasar kulit asli yang dapat langsung dipasang.

Selain itu, kulit asli yang dipakai untuk jok motor terbuat dari kulit kerbau atau sapi. Jarang sekali ada kulit jok motor yang terbuat dari kulit domba, sebab teksturnya terlalu tipis yang rentan sobek sementara ukurannya juga tidak terlalu lebar.

Biaya Ganti Jok Motor

Biaya Ganti Jok Motor
Biaya Ganti Jok Motor

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri masih sulit membedakan jok motor berbahan dasar kulit asli maupun sintetis. Pasalnya, tampilan keduanya nyaris sama dan sulit ditemukan letak perbedaannya.

Terkait:  Cara Beli Yamaha 125ZR Malaysia

Kendati demikian, kalian bakal tahu perbedaannya dari sifatnya karena kulit sintetis cenderung mempunyai tingkat kelenturan yang tidak begitu baik dibandingkan kulit asli. Tak heran kalau jok motor berbahan dasar kulit sintetis rentan rusak dan mudah sobek.

Di samping itu, tingkat kelenturan tersebut mampu kalian rasakan ketika menekuk bahan kulitnya. Biasanya kulit sintetis bakal meninggalkan sedikit bekas, walaupun tidak permanen.

Bukan hanya itu, kulit asli justru sebaliknya karena kalian tidak akan menemukan bekas apapun meski ditekuk dengan berbagai macam pola. Jok motor berbahan dasar kulit asli juga bisa digulung lebih mudah. Jadi, apakah kamu lebih milih jok motor dengan kulit asli atau kulit sintetis?.

Biaya Ganti Jok Motor, Bagaimana Cara Merawatnya?

Untuk mengganti jok motor ternyata kalian bisa melakukannya sendiri lho. Akan tetapi, kalau kalian belum pernah melakukannya alangkah baiknya datangi bengkel terdekat sambil melihat jenis-jenis jok motor berkualitas dengan mengetahui biaya ganti jok motor sesuai desainnya masing-masing.

Tak hanya itu, estimasi waktu penggantian jok motor juga tidak terlalu lama bahkan bisa kalian tunggu di tempat. Kalian akan tahu informasi lengkapnya sebagai berikut :

Perbedaan Kulit Jok Motor Asli dan Sintetis

Apabila melihat teksturnya, kalian dapat merasakan kalau kulit sintetis tidak punya cacat dan cenderung sempurna alias mulus. Tak sedikit kulit sintetis dirancang dengan tekstur tidak berkerut dan sangat halus.

Untuk kulit asli, teksturnya tidak sempurna dan permukaannya pun tidak begitu halus. Terkadang kalian bakal menemukan bagian yang agak timbul dan punya corak tersendiri yang merupakan perbedaan mencolok antara jok motor kulit asli dan sintetis.

Bukan hanya itu, kalian juga bisa melihat pori-pori yang tidak tertutup sempurna pada jok motor berbahan dasar kulit asli. Umumnya pori-pori tersebut bakal terlihat ketika kalian menerawangnya memakai sinar maupun kala terkena sinar matahari langsung.

Terkait:  Biaya Admin BCA Ke BNI

Sementara itu, kulit sintetis justru sebaliknya karena kalian tidak bakal menemukan pori-pori karena permukaannya mulus dan halus dimana terbuat dari bahan agak padat dan agak elastis.

Jika kalian masih bingung membedakan jenis jok motor kulit asli dan sintetis, kalian bisa melakukan uji coba sederhana. Kamu cukup siapkan korek dan bakar ujung kulit jok motor yang belum dipasang.

Biasanya kulit sintetis bakal mengeluarkan aroma menyengat seperti plastik atau kabel yang terbakar. Untuk kulit asli justru bakal menimbulkan bau khas layaknya sebuah sate atau kerupuk yang sedang dibakar karena bahan dasarnya adalah kulit hewan asli.

Daftar Harga Jok Motor Terbaru

Model / Tipe Harga
Almer Helmet Comfort Eropa Jok Motor for Yamaha Rp.920,000 s/d Rp.952,500
Jok Motor Anak Yamaha N-Max / Aerox / PCX Rp.62,000 s/d Rp.65,000
Master Jok Kulit Motor for N-Max Original Rp.77,000
STR-5 Cover Jok Motor Anti Panas Rp.45,000
Kulit Jok Motor MBTech Original Rp.220,000
Honda Genuine Access Seat Comp Jok Motor Rp.300,000
Cooltech Aircool Jaring Jok Motor Rp.50,000
Jok Motor Anak Semua Motor Rp.160,000
OME Jok Motor Sportster Rp.1,100,000
Jok Boncengan Anak Motor Honda PCX Rp.50,000
Jok Motor Kulit Karbon Rp.178,000
Jok Boncengan Yamaha All New N-Max Rp.50,000
Jok Boncengan Anak Sandaran Honda Scoopy Rp.120,000
Jok Motor Anak PCX / Aerox / N-Max Polos Rp.150,000
Jok Boncengan Motor Honda ADV Rp.50,000
Paket Jok Motor Boncengan 2in1 Rp.115,000
Seat Comp Double Brown – Scoopy Esp k93 Rp.292,000
Seat Assy Pillion – New CBR 150R K45G Rp.260,000
Seat Comp – New BeAT eSP Rp.275,000
Jok New CBR150R StreetFire K15G Rp.270,000
Jok Vario 125 eSP K60R & Vario 150 eSP K59J Rp.277,000
Jok Double Type 1 – CRF 150L Rp.468,000
Jok New CBR 150R K45G Rp.204,000
Jok Double Type 1 – CRF 150L K84 Rp.459,000
Seat Comp Pillion – CBR 250RR Rp.150,000
Jok Scoopy eSP K93 New Rp.293,000
Jok Beat POP eSP Rp.254,000
Jok Comp Double Vario 150 eSP Rp.310,000
Jok Double Type 2 Coklat – Genio Rp.316,000
Jok Seat Comp Double Type 1 Hitam – Genio Rp.316,000
Terkait:  Biaya Hidup di Singapura

Cara Merawat Jok Motor

Untuk merawat jok motor sebenarnya tidak terlalu sulit. Kalian hanya perlu menyimpan kendaraan di tempat teduh karena sinar matahari tidak boleh menyentuh jok motor secara langsung alias jangan kepanasan.

Paparan sinar matahari berdampak buruk pada jok motor karena mengakibatkan warnanya pudar dan teksturnya tidak merata. Kamu bisa menutup jok motor dengan cover yang dijual di bengkel terdekat kalau memang motornya harus disimpan di luar ruangan.

Jangan lupa atur muatan jok motor. Pasalnya, kalian harus memperhatikan barang yang dibawa supaya jok motor tidak rusak dengan cepat.

Andaikan kamu terpaksa mengangkut barang-barang berat yang teksturnya kasar atau tajam, alangkah baiknya lapisi terlebih dahulu menggunakan kardus tebal maupun plastik. Tujuannya mengindari jok motor kalian tertusuk benda yang dibawa dan berisiko rusak bahkan robek semakin besar dan hancur.

Demikian informasi mengenai biaya ganti jok motor yang harus kamu tahu. Biasanya pihak bengkel memasang harga pengerjaan mulai dari Rp.40 ribu untuk satu jok motor yang bakal diaplikasikan.

Pastikan kamu selalu membersihkan jok motor secara berkala agar tidak ada bekas noda membandel yang menempel dan susah hilang. Jika kalian ingin tahu informasi menarik lainnya, silakan akses situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Similar Posts