Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Kampas adalah salah satu komponen utama yang berperan penting dalam kopling mobil dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Apabila komponennya bermasalah, kamu harus tahu berapa biaya ganti kampas kopling mobil terbaru.

Komponen ini sama seperti bagian vital lainnya karena memiliki batas maksimum pemakaian yang berlaku. Apabila kampas mobilmu sudah dihabis, alangkah baiknya kalian harus menggantinya dengan komponen yang baru.

Tak sedikit orang mengklaim kalau kampas kopling mobil baru berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Wajar saja mengingat kopling merupakan sebuah alat yang dipakai untuk menyambungkan dua poros dari kedua ujungnya yang bertujuan dalam mentransmisi daya mekanis.

Kopling juga bisa dibilang sebagai komponen untuk menghubungkan tenaga mesin alias putaran mesin menuju transmisi dan mengurangi putaran mesin ketika bakal melakukan perpindahan gigi.

Biasanya kopling mobil mempunyai berbagai macam jenis. Kamu bisa menemukannya di beberapa bengkel resmi atau umum yang menyediakan layanan penggantian kampas kopling mobil.

Di sisi lain, budget yang bakal kalian keluarkan juga beragam dimana estimasi pengerjaannya tidak terlalu lama bahkan hanya menghabiskan durasi selama satu jam saja, sedangkan penggantian komponen ini tidak bisa dilakukan sendiri alias harus di bawah pengawasan ahli.

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil
Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Kopling mempunyai beragam jenis yang harus kalian tahu lho. Bukan hanya itu, komponen ini berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes yang berguna dalam menyalurkan tenaga ke mesin transmisi.

Layaknya komponen lainnya, kampas kopling pun mempunyai batas usia pemakaian yang ditentukan sesuai jarak tempuh perjalanan kendaraan dari setiap mobilnya, sedangkan setiap kendaraan roda empat punya maksimum batas tempuh berbeda.

Bukan hanya itu, kampas kopling mobil tidak hanya diganti ketika kendaraan roda empat sudah melampaui batas tempuh maksimum yang berlaku.

Pasalnya, kalian harus mengganti saat menemukan berbagai macam ciri umum yang mengakibatkan kopling mobil cepat rusak, salah satunya adalah bau menyengat layaknya hangus. Umumnya aroma menyengat ini tercium bila kopling mobil sudah rusak seperti bau terbakar dan tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil, Kapan Komponennya Harus Diganti?

Apabila kamu baru pertama kali mengganti kampas kopling mobil, pastikan kalian tahu ciri-ciri komponennya memang sudah tidak layak pakai alias harus segera diganti. Bukan hanya itu, kalian pun perlu mengetahui harga komponen barunya yang disediakan beberapa bengkel resmi maupun umum di wilayahmu masing-masing.

Apabila kalian ingin tahu harga kampas kopling mobil dan waktu terbaik ganti komponennya, silakan ikuti dan simak pembahasannya sebagai berikut :

Kapan Kampas Kopling Mobil Harus Diganti?

Biasanya kalian harus segera mengganti kampas kopling mobil kalau menemukan tanda-tanda aneh seperti mesin mendadak ngegas. Walaupun kamu baru menginjak kopling sedikit, namun suara yang ditimbulkan sangat besar dan meraung.

Seperti kita tahu aroma hangus bak terbakar juga termasuk salah satu faktor yang membuat kampas kopling mobil harus segera diganti. Situasi ini disebabkan gesekan pada flywheel dan plat penekan yang bikin kampas kopling aus jadi panas bahkan terbakar.

Bukan hanya itu, tanda-tanda kampas kopling harus diganti disebabkan persneling semakin berat sehingga kalian tidak dapat melakukan perpindahan transmisi gigi saat berkendara. Hal ini dikarenakan kopling bakal habis dan mesin semakin berputar yang membuat transmisi semakin sulit terhubung.

Pedal kopling semakin tinggi dan kampas kian menipis membuat kopling harus segera diganti, sedangkan berkendara pun tidak nyaman dan berisiko fatal kalau dilakukan.

Kalian harus mengganti kampas kopling mobil kalau merasa performa kendaraan semakin menurun bahkan tidak stabil. Saat pedal gas diinjak, kecepatan mobil biasanya tidak sesuai keinginan kalian.

Hal ini dikarenakan perpindahan gigi tidak terhubung dengan baik. Kondisi kampas mobil yang begitu aus mengakibatkan mobil tidak bisa bergerak walau mesinnya dalam keadaan hidup, hal ini berisiko fatal terhadap kenyamanan dan keselamatan kalian saat berkendara.

Daftar Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Merek / Tipe MobilHargaLokasi Service
Honda BrioRp.2,700,000Bengkel Resmi
Honda MobilioRp.2,700,000Bengkel Resmi
Honda FreedRp.1,150,000Bengkel Resmi
Honda JazzRp.1,200,000Bengkel Resmi
Honda HR-VRp.2,700,000Bengkel Resmi
Daihatsu Xenia 1.0 LRp.1,400,000Bengkel Resmi
Daihatsu Xenia 1.3 LRp.1,300,000Bengkel Resmi
Daihatsu AylaRp.1,050,000Bengkel Resmi
Daihatsu TeriosRp.1,700,000Bengkel Resmi
Suzuki KarimunRp.975,000Bengkel Resmi
Suzuki ErtigaRp.1,600,000Bengkel Resmi
Suzuki S-CrossRp.3,400,000Bengkel Resmi
Toyota AvanzaRp.1,450,000Bengkel Resmi
Nissan Grand LivinaRp.1,675,000Bengkel Resmi
McLaren 7205Rp.200,000,000Bengkel Resmi
Mitsubishi XpanderRp.2,750,000Bengkel Resmi
Hyundai TrajetRp.1,800,000Bengkel Resmi
Toyota ViosRp.1,100,000Bengkel Resmi

Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Rusak

Apabila kamu sudah tahu kapan kampas kopling mobil harus diganti, kami bakal memberikan ciri-ciri lain kalau komponen tersebut sudah rusak. Biasanya kopling mobil sudah rusak dan tidak boleh digunakan lagi bila tak bisa berpindah transmisi.

Gejala fatal tersebut diakibatkan kampas kopling benar-benar habis dan harus segera diganti. Apabila kamu membiarkannya, risiko kerusakan komponen lain mungkin saja terjadi dan harga service mobil pun semakin mahal.

Ciri-ciri selanjutnya adalah selip kopling. Situasi ini terjadi ketika kampas kopling sudah aus dan kopling mobilnya sering terselip. Masalah ini dianggap wajar lantaran kampas kopling tidak berfungsi dengan normal.

Selip tersebut bakal menganggu, mungkin saja menimbulkan rasa kaget bagi dirimu sendiri. Kamu tidak boleh mengabaikannya dan segera ganti kampas kopling mobil ke bengkel resmi terdekat sesuai tipe mobil yang kalian miliki saat ini.

Akselerasi lemah termasuk salah satu tanda kalau kampas kopling mobil memang benar-benar rusak. Gerakan akselerasi lemah saat menginjak pedal gas kerap dialami beberapa pemilik kendaraan roda empat.

Apabila masalah ini kalian rasakan, pastikan dirimu selalu berhati-hati saat berkendara apalagi kalau menemukan jalan menanjak lantaran berpotensi membahayakan para pengendara lainnya dari arah belakang karena mobil bisa mundur otomatis.

Ciri-ciri terakhir adalah putaran mesin tinggi. Walaupun akselerasi lemah, namun tidak berarti kinerja mesin kendaraan terhambat. Akan tetapi, putaran mesin yang bekerja tidak normal dan mengarah ke frekuensi tinggi kadang membuat suhu mobil meningkat secara drastis.

Hal ini merupakan akumulasi dari kampas kopling yang telah aus, sedangkan permukaan kampas licin ditambah akselerasi lemah menjadi alasan mengapa masalah ini masih sering terjadi.

Hal Penting Saat Ganti Kampas Kopling yang Harus Diketahui

Apabila kamu sudah mengalami situasi di atas, maka kamu bisa mendatangi salah satu bengkel resmi terdekat untuk memastikan bahwa komponen tersebut memang berhak diganti segera.

Pasalnya, pihak bengkel resmi juga bakal memantau batas jarak tempuh maksimum kendaraan yang sudah kamu lewati untuk memastikan kalau kampas kopling memang telah mencapai standar maksimalnya. Kamu pun harus memantau proses pengerjaan untuk mencegah risiko kendala lebih serius tidak terulang lagi.

Demikian informasi tentang biaya ganti kampas kopling mobil yang harus kalian perhatikan dengan seksama. Semoga pembahasan yang kami sampaikan bermanfaat dan segera kunjungi bengkel resmi terdekat untuk mendapat perawatan dan penggantian kopling mobil sesuai tipe kendaraan masing-masing.

Harga yang kami sebutkan pun bisa digunakan sebagai bayangan dimana tarifnya tidak terlalu jauh. Kamu juga bisa mengakses situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/ untuk informasi lebih lanjut.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...