Biaya Ganti Kampas Rem Mobil

Barangkali kalian belum tahu berapa biaya ganti kampas rem mobil yang beredar di setiap bengkel tanah air. Pada dasarnya, kampas rem adalah komponen utama yang berada pada sistem pengereman setiap kendaraan roda dua maupun empat.

Komponen ini bekerja dengan menjepit rotor cakram maupun rumah tromol di roda mobil supaya bisa memperlambat bahkan mengentikan laju kendaraan ketika kalian sedang berkendara di jalan raya agar tidak dapat menambak kendaraan lain.

Yang perlu dicatat adalah kampas rem sendiri terbuat dari bahan dasar keramik maupun bahan organik yang rentan rusak bila dilawan dengan material besi. Tentu saja hal tersebut bakal mengakibatkan permukaan kampas rem semakin menipis dan terkikis bila digunakan terus menerus.

Lebih daripada itu dalam situasi tertentu permukaan kampas rem secara keseluruhan bakal terkikis habis sehingga kamu haus menggantinya dengan komponen yang baru.

Hampir semua mekanik bengkel memasang biaya ganti kampas rem mobil sesuai tipe kendaraan dan jenis komponennya masing-masing. Oleh karena itu, kalau kalian sedang berencana untuk mengganti kampas rem mobil, penting sekali mengetahui ongkos ganti yang harus kalian keluarkan.

Jadi, kalian jangan sampai mengunjungi mekanik bengkel untuk mengganti kampas rem mobil namun budget yang disiapkan belum cukup bahkan tidak sesuai dengan harga saat ini.

Biaya Ganti Kampas Rem Mobil

Biaya Ganti Kampas Rem Mobil
Biaya Ganti Kampas Rem Mobil

Hal yang utama untuk kalian tahu adalah setiap pemilik kendaraan roda empat perlu memperhatikan apa saja gejala kampas rem mobil sudah habis dan harus segera diganti.

Kami pastikan mayoritas pemilik mobil mana pun belum bahkan tidak pernah tahu soal masalah ini karena mereka atau kamu sendiri hanya sekadar mengikuti anjuran mekanik bengkel saja. Oleh karena itu, kamu juga harus tahu kondisi kampas rem mobil yang sudah menipis bahkan habis.

Hasilnya adalah kalian tidak akan berkendara dengan aman dan nyaman jika kampas rem mobil sudah habis. Akibatnya performa mobil tidak mungkin maksimal dan bisa saja berisiko menimbulkan kecelakaan kecil atau besar saat kalian berkendara di jalan raya.

Pasalnya, kamu tidak bisa menekan pegas rem sehingga mobil tetap melaju meski kamu sudah berusaha mengentikannya. Situasi ini tidak boleh dibiarkan supaya keselamatan setiap pengendara bisa tetap terjaga.

Biaya Ganti Kampas Rem Mobil, Berapa Ongkos Gantinya?

Mungkin beberapa pemilik kendaraan roda empat seperti kalian belum tahu berapa biaya ganti kampas rem mobil saat ini. Umumnya setiap mekanik bengkel memiliki ongkos ganti berbeda sesuai kinerjanya masing-masing,

Sedangkan mereka selalu melihat tipe mobil dan kampas rem nya sendiri. Daripada kalian hanya sekadar memantau pengerjaan mekaniknya saja, kami sudah merangkum informasi soal harga ganti kampas rem mobil dan poin penting lainnya yang harus disimak sebagai berikut :

Gejala Kampas Rem Mobil Menipis / Habis

Hal yang utama sebagai gejala kampas rem mobil menipis bahkan habis terbagi ke dalam beberapa golongan, antara lain :

  • Pertama, pedal mobil terasa bergetar ketika diinjak dalam kecepatan tinggi dan pijakannya terasa semakin jauh bahkan mendalam sehingga kalian tidak dapat menjangkaunya dengan mudah.
  • Kedua, munculnya bunyi berdecit saat mengerem lantaran disebabkan gesekan lempengan kampas bersama cakram mobil yang sangat mengganggu pengendara.
  • Ketiga, volume minyak rem semakin menurun drastis akibatnya kering dan habis dalam sekejap, sedangkan roda mobil cenderung mengeluarkan asap maupun bau tidak sedap yang berbeda dengan aroma hasil pembuangan bahan bakar kendaraan.
  • Keempat, mobil tidak bereaksi secara normal saat pengereman sedang kalian lakukan dan velg mobil bagian depan lebih sering kotor bahkan penuh debu meski kalian telah melakukan service secara berkala.

Berapa Biaya Ganti Kampas Rem Mobil?

Tipe MobilHarga Kampas Rem
Honda Jazz RS/SRp.180,000
Honda Jazz LamaRp.160,000
Honda Jazz RS (satu set rem belakang & depan)Rp.340,000
Honda Jazz VTEC ’04’-13Rp.225,000
Avanza, Xenia, Rush dan TeriosRp.130,000 s/d Rp.180,000
Datsun GoRp.120,000
Avanza (satu set otoparts)Rp.255,000
Grand Livina (panjang 3 row)Rp.290,000
Chevrolet SpinRp.215,000
Chevrolet CaptivaRp.280,000
Grand Livina LamaRp.300,000
Honda FreedRp.200,000 s/d Rp.210,000
Honda CRV 00-01Rp.200,000 s/d Rp.210,000
Honda MobilioRp.200,000 s/d Rp.210,000
Mazda 2Rp.396,000
Innova AFTDW02-1-12 TDWRp.204,000
Honda New City ’04’-13 (kampas rem belakang)Rp.225,000
Suzuki ErtigaRp.394,000
New AveoRp.210,000
AlphardRp.1,210,000
New Alphard VellfrieRp.1,050,000
New Grand Livina D1060-EE52ARp.163,000
Cherry QQ (kampas rem depan)Rp.250,000

Kapan Ganti Kampas Rem Mobil?

Sepertinya kalian belum tahu kapan ganti kampas rem mobil, bukan? Umumnya kalian harus melakukannya kalau sudah menemukan salah satu gejala yang kami sebutkan di atas. Selain itu, sebagian besar produsen kendaraan roda empat menekan semua pemilik mobil untuk segera mengganti kampas rem setelah menempuh batas jarak maksimum perjalanan sekitar 35,000 km s/d 40,000 km.

Tetapi, usia kampas rem mobil dengan transmisi manual justru bisa tahan lama dengan interval penggantian mampu melampaui batas jarak tempuh maksimum sejauh 60,000 km hingga 70,000 km.

Kendati demikian, bukan berarti sistem pengereman mobil transmisi manual tidak bisa diperiksa secara berkala. Kami sarankan kalian melakukan penggantian kampas rem mobilĀ  baik transmisi manual maupun matic paling sebentar 2 (dua) tahun sekali.

Hasilnya adalah kualitas pengereman maupun keamanan pengendara bisa terjaga dengan aman dan prima, Sedangkan kalian tidak perlu khawatir bila suatu saat mobil yang dikemudikan tidak bisa berhenti pada lintasan tertentu.

Pedoman Merawat Rem Mobil

Sistem pengereman mobil pun membutuhkan perawatan istimewa lho. Upaya yang bisa kalian lakukan adalah mengganti minyak rem setelah menempuh perjalanan sejauh 20,000 km atau setara dengan durasi setahun sekali.

Sementara itu, pemilik mobil juga dapat merawat sistem pengereman dengan membersihkan rotor cakram secara berkala. Apapun kotoran yang menempel pada komponen itu bak debu maupun minyak mampu mengurangi efektivitas pengereman sehingga tidak dapat bekerja optimal.

Kami sarankan kamu harus merawat rem mobil di bawah pengawasan mekanik terpercaya dari bengkel terdekat. Pasalnya, banyak sekali pemilik kendaraan roda empat yang jarang bahkan tidak tahu bagaimana merawat salah satu komponen penting dalam mobil mereka tersebut.

Hasilnya adalah komponen lain rentan rusak bahkan rem mobil sulit bekerja sehingga berisiko terhadap keamanan dan kenyamanan kalian selama berkendara di jalan raya.

Ganti Kampas Rem Mobil di Bengkel Terpercaya

Berdasarkan masalah komponen tersebut, jadi kalian tidak bisa mengganti maupun merawat kampas rem mobil sembarangan karena setiap pemilik kendaraan harus datang langsung ke bengkel resmi terdekat supaya bisa tahu faktor utama yang bikin kampas rem nya habis.

Selain itu, kamu bakal tahu sistem penggantian komponennya dengan yang baru agar dapat memastikan pengereman bisa bekerja secara optimal sesuai tipe kendaraannya masing-masing.

Demikian pembahasan mengenai biaya ganti kampas rem mobil yang harus kalian perhatikan dengan seksama. Daripada kalian bertanya kepada orang lain yang belum pasti kebenaran informasinya, kamu bisa mengikuti dan menyimak ulasan kami di atas sebagai referensi.

Jika kalian ingin tahu informasi menarik lainnya, kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/ untuk hal-hal menarik seputar otomotif dan sejenisnya.

 

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...