Biaya Ganti Kartu ATM BRI

Pemilik Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI mungkin menjadi salah satu pengguna alat transaksi elektronik terbanyak di Indonesia. Hampir semua lapisan masyarakat sudah pakai ATM BRI, namun kamu harus tahu berapa biaya ganti kartu ATM BRI karena masalah tertentu bisa saja terjadi.

Tak bisa dipungkiri kalau beragam masalah saat bertransaksi mungkin bakal kalian rasakan sehingga dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat setor atau tarik tunai.

Pengguna ATM BRI mungkin pernah mengalami momen memilukan seperti hilang, tertelan sampai terblokir kartu debitnya masing-masing. Untuk mengurus kartu ATM BRI terblokir atau tertelan biasanya nasabah hanya perlu datang ke kantor unit terdekat, sedangkan kehilangan justru bisa saja mengandalkan jalur hukum.

Kalian pasti belum tahu berapa uang yang harus dikeluarkan dalam mengurus semua itu, bukan? Sedangkan Bank BRI ternyata tidak pernah meminta dana besar selama memprosesnya lho.

BRI maupun bank-bank nasional mana pun pasti mempunyai kebijakan dan tarif masing-masing dalam mengurus kartu ATM hilang, tertelan atau terblokir. Sedangkan nasabah pasti punya alasannya sendiri mengapa bisa mengalami kejadian tersebut.

Di sisi lain kamu tidak perlu habiskan waktu lama dalam mengurusnya. Nasabah cukup luangkan waktu belasan menit supaya bisa mendapatkan kartu ATM BRI yang baru untuk dipakai bertransaksi seperti biasa.

Biaya Ganti Kartu ATM BRI

Biaya Ganti Kartu ATM BRI
Biaya Ganti Kartu ATM BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank nasional terbaik dan terbesar dengan jumlah nasabah terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, mereka akan selalu berkontribusi dalam meningkatkan kenyamanan semua nasabahnya.

Kendala umum seperti kartu ATM tertelan, terblokir maupun hilang juga bisa ditangani hanya dalam sehari saja, bahkan hitungan menit. Nasabah mana pun dapat mempunyai kartu debit baru untuk dipakai bertransaksi setiap hari.

Nasabah BRI tidak perlu panik kalau mengalami salah satu momen tersebut. Pasalnya, BRI akan selalu sigap membantu kalian dalam mengurus kartu ATM tertelan atau terblokir dimana saldo rekening tetap utuh tanpa dipotong sepeser pun.

Meski begitu, kondisi sebaliknya kalau kartu ATM hilang perlu diwaspadai karena tidak semua orang yang menemukan alat transaksi milikmu bakal mengembalikannya lagi, sedangkan risiko pembobolan rekening via skimming akibat kehilangan ATM BRI mungkin saja terjadi.

Biaya Ganti Kartu ATM BRI, Cek Informasinya Disini!

Barangkali kalian belum tahu berapa biaya ganti kartu ATM BRI terbaru. Kamu bisa datang langsung ke kantor unit BRI terdekat untuk memastikan berapa uang yang harus dibayar dalam mengurusnya. Sedangkan kamu tidak perlu khawatir karena prosedur pembuatan kartu ATM BRI yang baru cepat dan mudah yang selesai dalam hitungan menit saja.

Daripada kalian penasaran, kami sudah merangkum informasi lengkapnya yang bisa disimak sebagai berikut :

Biaya Ganti Kartu ATM BRI yang Hilang

Apabila kamu mengalami musibah seperti kehilangan kartu ATM BRI, kalian bisa datang langsung ke kantor unit terdekat untuk memprosesnya lebih lanjut. Bank BRI biasanya akan meminta keterangan tambahan dari kalian soal lokasi dan waktu kejadiannya.

Mereka juga bakal memeriksa riwayat transaksi terakhir untuk memastikan tidak ada seorang pun yang dapat meretas PIN ATM kalian. Sedangkan kamu cukup habiskan uang sebesar Rp.15,000 untuk mengganti kartu ATM BRI yang hilang.

Biaya Ganti Kartu ATM BRI yang Tertelan

Apabila kartu ATM BRI tertelan oleh mesin, semuanya tergantung pada lokasi dari mesin ATM itu sendiri. Apabila kartu ATM tertelan dan lokasinya dekat dengan kantor unit BRI mungkin saja digratiskan, lantaran petugas BRI akan langsung membukanya.

Sedangkan kamu cukup setorkan uang sebesar Rp.5,000 saja. Namun, seandainya lokasinya jauh maka kartu ATM BRI tidak bisa dikembalikan dan mengganti dengan yang baru dimana kamu harus menandatangani surat pernyataan bermaterai.

Biaya Ganti Kartu ATM BRI yang Terblokir

Jika kalian ingin mengganti ATM baru akibat kartu debit lama terblokir, maka BRI tidak bisa menggratiskannya. Nasabah bakal dikenakan tarif sebesar Rp.5,000 untuk mengurus kartu ATM dengan rekening, Simpedes, BritAma, Junio, BritAma Edisi Anak Muda dan BritAma Bisnis.

Sedangkan ATM BRI rekening Giro bakal dikenakan tarif sebesar Rp.10,000, tetapi kalian dianjurkan membawa uang lebih mengingat setiap tahun BRI selalu mempunyai kebijakan dan perubahan tarif pengurusan ATM berbeda.

Penyebab Kartu ATM BRI Hilang, Terblokir dan Tertelan

Barangkali kalian belum tahu kalau ATM yang hilang biasanya disebabkan kalian tidak hati-hati dalam menyimpan kartu debit. Hasilnya kartunya hilang seperti terjatuh bahkan rentan diambil orang tidak bertanggung jawab.

Jangan sampai kalian lupa menyimpannya karena kartu ATM punya peran vital terhadap sistem keuangan semua orang. Kamu bisa mendatangi kantor unit BRI untuk memblokirnya agar tidak dapat dikelola bahkan diretak siapapun selain dirimu sendiri.

Hampir semua pemilik ATM BRI mungkin nyaris bahkan pernah mengalami masalah kartu debit tertelan. Kendala tersebut cenderung diakibatkan mesin ATM rusak atau error, kartu ATM BRI bermasalah (retak, rusak, pecah atau kadaluarsa), kartu ATM tidak dicabut pasca transaksi atau terjadi pemadaman listrik saat kamu bertransaksi.

Jangan khawatir karena kamu bisa hubungi petugas BRI andainya lokasi mesin ATM dekat dengan kantor unitnya masing-masing.

Sementara itu, penyebab kartu ATM terblokir disebabkan kalian sudah memasukkan PIN sebanyak 3 (tiga) kali namun lupa 6 digit angka sebenarnya. Hasilnya kamu tidak bisa bertransaksi seperti transfer, setor atau tarik tunai lewat ATM BRI.

Jika kalian melakukannya maka kartu ATM bisa terblokir secara otomatis. Untuk membuka blokirnya kalian hanya perlu datang ke kantor unit BRI terdekat dan silakan buat PIN ATM baru yang lebih mudah dari sebelumnya.

Cara Ganti Kartu ATM BRI di Kantor Unit

  • Kunjungi kantor unit BRI terdekat.
  • Silakan ambil nomor antrean dan duduk di kursi ruang tunggu.
  • Selanjutnya, tunggu beberapa saat sampai nomormu dipanggil sambil memeriksa dokumen yang dibutuhkan.
  • Jika nomormu dipanggil, datangi customer service yang duduk di depan kursi ruang tunggu.
  • Berikutnya, sampaikan alasan kalian ingin mengganti kartu ATM BRI dengan yang baru seperti hilang, terblokir atau tertelan.
  • Ikuti petunjuk yang diarahkan sampai kalian mendapatkan kartu ATM BRI baru.
  • Kemudian, berikan sejumlah uang sesuai permintaan customer service.
  • Kalian bisa gunakan ATM untuk bertransaksi seperti biasa.
  • Selesai.

Syarat Ganti Kartu ATM BRI

Mungkin beberapa nasabah belum tahu kalau mengganti ATM dengan yang baru tidak pernah membutuhkan beragam persyaratan rumit.

Pasalnya, kalian cukup membawa buku tabungan, kartu ATM lama, identitas diri (SIM/KTP/Paspor) sampai uang tunai secukupnya untuk mengurus dan mengganti kartu ATM lama dengan yang baru. Kamu juga hanya perlu habiskan waktu selama 30 menit untuk memastikan ATM bisa diurus dan diganti dengan unit baru lho.

Demikian pembahasan mengenai biaya ganti kartu ATM BRI yang hampir belum diketahui semua nasabahnya. Jangan panik kalau kalian mengalami salah satu masalah di atas karena BRI memastikan saldo rekening akan tetap aman tanpa dipotong bahkan dikelola orang tidak ternaggung jawab.

Sedangkan informasi lanjutnya bisa kalian ketahui melalui situs resmi BRI via https://www.bri.co.id/, callbri@bri.co.id (email), @KontakBRI (Twitter), @BRIofficialpage (Facebook) atau 14017 dan 1500017 (call centre BRI).

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...