Biaya Ganti Kartu Indosat yang Hilang

Hampir semua orang pasti menyimpan kontak di dalam smartphone pada memori kartu SIM. Hasilnya kamu bakal menerima risiko berupa kehilangan kartu ponsel, sedangkan biaya ganti kartu Indosat yang hilang harus kalian tahu terlebih dahulu.

Kartu Indosat tidak berbeda dengan semua SIM card karena setiap penggunanya rentan terkena masalah seperti peretasan akibat hilang atau rusak, sedang kamu tidak boleh menganggapnya sebelah mata lho.

Kehilangan kartu ponsel pasti membuat siapa saja khawatir, bukan? Pasalnya, semua kontrak tersimpan di dalamnya, mungkin saja nomor tersebut bakal disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Sedangkan aksi kriminalitas sedang marak terjadi dan kerap mengatasnamakan siapa saja lewat nomor HP. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kartu SIM dan tidak boleh menyimpannya sembarangan supaya kontak penting bisa terjaga dengan aman.

Kartu Indosat yang rusak apalagi hilang sebenarnya jangan terlalu ditakuti lho. Kamu bisa mengurusnya supaya semua nomor yang tersimpan di dalamnya bisa dihubungi kembali tanpa berisiko fatal terhadap data dirimu saat ini.

Kalian hanya perlu datang langsung ke gerai Indosat yang tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan petugas akan selalu siap mendengar dan menjawab semua pertanyaanmu soal menggantu kartu SIM yang hilang dengan nomor berbeda bahkan sama sekali pun.

Biaya Ganti Kartu Indosat yang Hilang

Biaya Ganti Kartu Indosat yang Hilang
Biaya Ganti Kartu Indosat yang Hilang

Berbicara mengenai biaya ganti kartu Indosat yang hilang, mungkin kalian belum tahu bahkan tidak pernah menggantinya dengan kartu baru bahkan langsung beli di counter terdekat.

Hasilnya kalian harus meminta semua kontak kerabat dan keluarga secara manual, sedangkan kamu hanya perlu datang ke gerai Indosat untuk mengurus semuanya. Hasilnya kamu bisa tahu prosedur pengurusannya dan kamu bakal menerima tawaran untuk ganti SIM card dengan nomor lama bahkan sama lho.

Sedangkan kehilangan kartu Indosat sebenarnya bisa kamu atasi dalam hitungan menit bahkan jam saja. Kalian bisa menemukan gerai Indosat di semua wilayah Indonesia untuk memastikan semua nomornya tetap aman atau tidak.

Jangan lupa blokir nomor Indosat segera supaya kartu ponsel kalian tidak bisa dipakai orang lain yang berniat jahat. Untuk mengurus kartu Indosat yang hilang tidak sulit dan persyaratannya juga ringan dan bisa kalian penuhi.

Biaya Ganti Kartu Indosat yang Hilang, Bagaimana Prosedurnya?

Barangkali kalian tidak tahu kalau biaya ganti kartu Indosat yang hilang sebenarnya cukup terjangkau. Kalian hanya bisa membuktikannya dengan datang langsung ke gerai Indosat terdekat di wilayah domisilimu masing-masing.

Sedangkan persyaratan dan prosedur pengajuan ganti kartunya terbilang mudah dan ringan lho. Daripada kamu penasaran dan tak kunjung mengamankan kontak ponselnya, ikuti dan simak rangkuman yang sudah kami siapkan sebagai berikut :

Syarat Mengurus Kartu Indosat yang Hilang

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sesuai dengan data terlampir pada nomor Indosat.
  • Surat kehilangan dari pihak kepolisian.
  • Biaya Administrasi Rp.15,000.

Prosedur Mengurus Kartu Indosat yang Hilang

  • Pertama, datangi gerai Indosat terdekat di daerah kalian.
  • Pastikan kalian sudah membawa persyaratan yang dibutuhkan sesuai ulasan kami sebelumnya.
  • Berikutnya, temui customer service Indosat dan sampaikan bahwa kalian akan mengurus kartu SIM yang hilang.
  • Selanjutnya, kamu bakal diminta mengisi formulir permohonan ganti kartu baru.
  • Jangan lupa serahkan persyaratan dan formulir permohonan yang sudah diisi.
  • Kemudian, customer service akan langsung memproses permohonan kalian dalam mengganti kartu Indosat yang hilang.
  • Apabila sudah selesai, kalian bisa pergi ke kasir untuk membayar uang administrasi penggantian kartu yang hilang.
  • Kartu Indosat kalian sudah kembali dan bisa dipakai komunikasi seperti biasa.
  • Selesai.

Mungkin kalian tidak tahu kalau pengurusan kartu Indosat yang hilang sebenarnya harus dilakukan secara mandiri. Namun, seandainya kalian tidak punya waktu karena sibuk dengan pekerjaan, kamu bisa menyuruh orang terdekat untuk mengurusnya.

Sedangkan kamu harus membuat surat kuasa yang sudah ditandatangani di atas materai Rp.6,000. Hampir semua orang sering melakukannya karena mereka memang selalu berbenturan dengan jadwal kerja sehingga tidak dapat datang langsung ke gerai Indosat.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Ganti Kartu Indosat

Hal yang utama untuk kalian perhatikan adalah pastikan kartu Indosat hilang memang benar-benar rusak dan sudah tidak bisa dipakai lagi. Apabila kamu tidak bisa memastikannya, kami sarankan kamu membandingkannya dengan memakai SIM card milik orang terdekat.

Apabila orang tersebut mengalami masalah jaringan juga, dipastikan bahwa masalah yang terjadi bukan berasal dari kartu SIM kalian, melainkan jaringan Indosat yang mengganggu koneksi semua penggunanya.

Jika kerusakan hanya terjadi pada ponsel kalian, coba restart smartphone kalian dan gunakan lagi untuk menggunakan kartu Indosat. Seandainya gagal, matikan ponsel dan pindahkan kartu SIM ke ponsel lain.

Sedangkan kamu bisa meminjam ponsel kerabat kalian untuk memastikan masalah ini. Andaikan gagal lagi, kami pastikan kalau masalah sebenarnya berasal dari kartu Indosat Ooredoo milik dirimu sendiri dan kalian harus segera menanganinya.

Jika kalian sudah tahu kalau kerusakan berasal dari kartu Indosat, maka kamu bisa siapkan beberapa hal seperti dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) untuk WNI dan KITAS/KITAP untuk WNA.

Sedangkan kamu bisa meminta orang terdekat yang sudah dipercaya untuk mengurusnya dengan melampirkan surat kuasa seandainya berhalangan hadir karena sibuk, serta bawa identitas diri yang sah milik dirimu sendiri untuk dititipkan kepada orang penerima kuasa.

Kami beritahukan bahwa orang penerima kuasa harus membawa surat pernyataan dari pemilik kartu Indosat kalau kalian tidak bisa mengurusnya sendiri. Selain itu, pastikan surat kuasa sudah ditandatangani di atas materai Rp.6,000 untuk memastikan petugas yang bekerja di gerai Indosat bisa langsung memproses kartu SIM hilang.

Mungkin kamu belum tahu kalau Indosat Ooredoo sama sekali tidak memungut biaya dalam proses penggantian kartu rusak maupun hilang.

Bagaimana Jika kartu Indosat Ooredoo Hilang?

Jika kartu SIM Indosat kalian benar-benar hilang, langkah efektif untuk mengatasinya adalah memblokir kartu tersebut. Langkah pemblokiran ini harus dilakukan secepat mungkin kalau kalian sudah menyadari kartu Indosat sudah hilang.

Mungkin saja kartu SIM diakibatkan unsur pencurian, sedangkan dapat digunakan untuk tujuan buruk seperti aksi kriminalitas. Jadi orang yang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkan kartu Indosat kalian untuk menipu semua kontak di dalamnya.

Untuk mengatasinya, maka kamu bisa menghubungi call centre Indosat Ooredoo melalui telepon di (021) 3000-3000 yang dapat terhubung dengan kartu SIM apapun. Apabila sudah terhubung dengan customer service, maka kamu bisa langsung menyampaikan keluhan atau maksud kalian untuk memblokir kartu Indosat yang hilang.

Operator Indosat hanya bakal meminta data dirimu agar terverifikasi. Jika sesuai, mereka akan langsung memblokir kartunya sesuai keinginan kalian.

Demikian informasi tentang biaya ganti kartu Indosat yang hilang untuk kalian perhatikan dengan seksama. Hal yang utama adalah siapa saja bisa melakukannya secara mandiri selama tidak disibukkan dengan pekerjaan atau diwakilkan orang terdekat melalui bukti surat kuasa.

Sedangkan kamu tidak perlu menyetorkan uang apapun selama penggantian kartu alias gratis. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi Indosat Ooredoo via https://www.indosatooredoo.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...