Biaya Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang

Barangkali kalian sedang mencari informasi soal biaya ganti kartu Telkomsel yang hilang, maka kamu bisa ikuti dan simak pembahasan ini sampai akhir. Kehilangan SIM card menjadi salah satu momen menyebalkan yang kerap dialami siapa saja.

Kamu bisa saja kehilangan kartu SIM Telkomsel akibat lupa menyimpannya bahkan terjatuh saat berada di suatu tempat, sedangkan masalah ini hanya bisa kalian atasi dengan datang langsung ke gerai resmi Telkomsel (GraPARI).

Kehilangan maupun kerusakan SIM card merupakan suatu hal menyebalkan yang pasti tidak ingin dirasakan semua orang. Hampir siapa saja bahkan kamu sendiri bakal berisiko kehilangan semua nomor telepon, sedangkan di dalamnya terdapat nomor penting yang sering dihubungi setiap hari.

Akhirnya kamu harus menggantinya dengan nomor ponsel baru dimana semua nomor sebelumnya harus kamu cari bahkan diminta secara manual yang butuh waktu lama.

Untuk pengguna Telkomsel, maka kalian bisa membuat kartu ponsel dengan nomor yang sama kalau SIM card sebelumnya rusak bahkan hilang.

Namun, sebelum kalian mengurusnya ke GraPARI alangkah baiknya kamu benar-benar memastikan bahwa kartu Telkomsel yang dipakai memang sudah tidak bisa dihubungi karena rusak atau hilang. Sedangkan kamu bisa mengetahuinya dengan melakukan pemeriksaan melalui sesama nomor Telkomsel lewat perangkat lain.

Biaya Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang

Biaya Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang
Biaya Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang

Hampir semua orang bahkan kalian sendiri sebagai pengguna kartu As dan SimPATI belum tahu berapa biaya ganti kartu Telkomsel yang hilang. Secara umum Telkomsel tidak pernah membebani semua konsumen setianya untuk mendapatkan pelayanan terbaik agar dapat berkomunikasi dengan lancar setiap hari.

Pasalnya, kalian harus melakukan penggantian kartu Telkomsel hilang atau rusak secara mandiri tanpa melibatkan orang lain untuk memastikan kerahasiaan datanya.

Pastikan kamu melakukannya ke GraPARI yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, semua petugas akan selalu setia mendengar dan menjawab semua masalahmu mengapa nomor Telkomsel yang kalian gunakan bisa hilang atau rusak.

Mungkin petugas GraPARI akan melakukan sesi tanya jawab terlebih dahulu mengenai alasanmu ingin mengganti bahkan memblokir nomor yang hilang demi mencegah aksi kriminalitas jika kartunya sampai ditemukan orang tidak bertanggung jawab.

Biaya Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang, Berapa Tarifnya?

Mungkin kalian penasaran soal biaya ganti kartu Telkomsel yang masih menjadi pertanyaan banyak orang. Kendati demikian, setiap pemilik kartu Telkomsel tidak perlu khawatir kalau nomornya hilang atau rusak.

Hal ini dikarenakan kalian bisa memblokirnya demi mencegah penyalahgunaan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang ingin melakukan aksi penipuan mengatasnamakan dirimu ke semua kontak di dalamnya. Silakan cek informasi lengkapnya sebagai berikut :

Penyebab Kartu Telkomsel Hilang dan Rusak

Barangkali kalian penasaran mengapa kartu Telkomsel bisa hilang atau rusak, sedangkan faktor utamanya adalah kalian tidak dapat merawatnya dengan baik dan benar. Selain itu, kalian sering gonta-ganti yang berisiko menimbulkan goresan pada chip sehingga sulit terbaca oleh smartphone.

Sedangkan kehilangan kartu Telkomsel juga disebabkan dirimu tidak ingat dimana terakhir kali menyimpan SIM card tersebut bahkan sulit dilacak akibat jaringan atau kartunya sudah benar-benar rusak.

Syarat Ganti Kartu Telkomsel

  • Kartu Telkomsel masih punya masa aktif berlaku.
  • E-KTP yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
  • Surat keterangan hilang (bila ada).
  • Lampirkan 5 (lima) nomor ponsel terakhir yang paling sering dihubungi.
  • Biaya Administrasi atau biaya ganti kartu Telkomsel sebesar Rp.15,000 s/d Rp.75,000.

Cara Ganti Kartu Telkomsel di GraPARI

  • Pertama, datangi GraPARI terdekat di wilayahmu masing-masing.
  • Pastikan kamu membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
  • Berikutnya, temui customer service yang berada di depan ruang tunggu sesuai nomor antrean pelanggan.
  • Pastikan kamu menyampaikan keluhan dan tujuan untuk mengganti nomot Telkomsel yang hilang atau rusak.
  • Selanjutnya, customer service akan meminta semua persyaratan dan ikuti prosedurnya dengan benar.
  • Tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan kartu Telkomsel yang baru.
  • Kemudian, kalian akan diarahkan ke kasir untuk menyerahkan sejumlah uang administrasi sebelum meninggalkan GraPARI.
  • Kartu Telkomsel sudah kembali dan bisa digunakan komunikasi setiap hari.
  • Selesai.

Cara Ganti Kartu Telkomsel di MyGraPARI

  • Pertama, kunjungi outlet GraPARI terdekat di wilayah kalian.
  • Gunakan mesin MyGraPARI yang sudah disediakan.
  • Temui customer service yang bertugas dan sampaikan bahwa kalian ingin mengganti kartu Telkomsel yang hilang.
  • Selanjutnya, kalian bakal diarahkan dalam menggunakan mesin MyGraPARI.
  • Apabila kalian bingung, mintalah bantuan petugas yang bertugas dalam memandu penggunaan mesin MyGraPARI.
  • Pastikan kamu menggunakannya sesuai nomor antrean yang sudah disediakan.
  • Mesin MyGraPARI bakal membantu kalian dalam mengganti kartu Telkomsel lama dengan yang baru, sedangkan nomor yang dipakai tetap sama.
  • Ikuti prosedurnya dengan benar sampai kamu mendapatkan kartu Telkomsel baru.
  • Kemudian, beritahu customer service kalau kalian sudah menyelesaikan prosedur penggantian SIM card sesuai petunjuknya.
  • Kartu Telkomsel sudah kembali dan bisa dipakai komunikasi seperti biasa.
  • Selesai.

Bisakah Ganti Kartu Telkomsel Diwakilkan?

Mungkin kalian penasaran soal ganti kartu Telkomsel yang hilang di GraPARI. Hal ini dikarenakan setiap pemilik nomor telepon harus menggantinya langsung tanpa diwakilkan siapapun. Hal ini dikarenakan nomor ponselmu bersifat pribadi dan riwayat panggilan terakhirnya pun hanya bisa diketahui dirimu sendiri sebagai pemiliknya.

Namun, seandainya kalian sama sekali tidak punya waktu bahkan sibuk dengan pekerjaan yang sulit ditinggalkan, maka kamu bisa meminta bantuan orang dekat. Sedangkan orang terdekat adalah salah satu anggota keluarga yang bisa dipercaya untuk mengurus kartu Telkomsel yang hilang.

Kalian tidak bisa langsung menunjuknya begitu saja, sedangkan kamu harus membuat surat kuasa terlebih dahulu bahwa orang tersebut memang kalian utus dalam mengurus semua data pribadi pada nomor ponsel yang hilang.

Selain itu, kamu harus menandatangani surat kuasa tersebut di atas materai Rp.6,000 untuk memperkuat bahwa orang tersebut memang datang ke GraPARI atas sepengetahuan dirimu sendiri sebagai pemilik kartu Telkomsel sebenarnya. Pihak GraPARI pun tidak segan memproses permohonannya setelah menerima surat kuasa itu.

Cara Cegah Kartu Telkomsel Hilang atau Rusak

Hampir semua orang pernah mengalami kehilangan atau kerusakan kartu Telkomsel. Jadi kalian bisa mengatasinya dengan menyimpan SIM card pada tempat aman bahkan jangan pernah diganti selama menggunakan smartphone yang sama.

Selain itu, kamu harus rutin mengisi pulsa reguler supaya kartunya bisa dipakai jangka panjang. Mungkin pedoman ini terbilang sederhana, namun efektif mencegah timbul goresan pada chip kartu Telkomsel karena kalian sering gonta-ganti kartunya.

Demikian ulasan tentang biaya ganti kartu Telkomsel yang hilang supaya jadi referensi kalian sebagai pengguna providernya saat ini. Barangkali kalian tidak tahu kalau GraPARI bisa kamu temukan di semua kota tanah air agar para pengguna Telkomsel dapat memproses masalah serupa dengan cepat dan mudah.

Untuk tetap terhubung dengan customer service Telkomsel, silakan ikuti akun resmi Twitter nya via @Telkomsel atau akses situs resminya lewat https://www.telkomsel.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...