Biaya Ganti Keyboard Laptop

Hampir semua pengguna notebook tidak tahu berapa biaya ganti keyboard laptop yang harus dikeluarkan selama membawa perangkatnya ke jasa service terdekat. Laptop sudah menjadi salah satu gadget yang banyak dimiliki untuk menunjang pekerjaan semua pemiliknya sampai sekarang.

Selain itu, perangkat ini juga kerap digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar yang tidak hanya dimiliki para guru, namun juga semua muridnya dari kalangan mana pun.

Walaupun sering dianggap sebagai perangkat canggih dan modern, tetapi laptop juga bisa saja mengalami kerusakan yang tidak dapat kalian hindari lho. Oleh karena itu, kalian harus memiliki budget esktra dalam meminimalisir kerusakan terhadap komponen apa saja dari perangkat tersebut.

Kalian bisa menemukan service centre alias jasa perbaikan laptop terdekat di setiap sudut jalan raya yang biasanya memasang harga penanganan lebih terjangkau.

Sementara itu, kalian harus tahu kalau service centre cenderung memasang harga penanganan berbeda tergantung masalah komponennya masing-masing. Harganya juga menyesuaikan dengan tingkat keparahan masalahnya sendiri.

Hampir semua pemilik laptop mungkin bakal merogoh kocek lebih dalam kalau kendalanya agak serius. Tetapi, kalian bisa jadi cukup habiskan budget lebih sedikit bila masalahnya tidak terlalu serius dan dapat ditangani dengan cepat.

Biaya Ganti Keyboard Laptop

Biaya Ganti Keyboard Laptop
Biaya Ganti Keyboard Laptop

Tak sedikit orang mungkin kalian sendiri berpikir kalau biaya ganti keyboard laptop pasti sangat mahal. Akhirnya kalian mencari beragam informasi supaya bisa menangani masalah tersebut dengan memperbaikinya secara mandiri tanpa bantuan ahli dari service centre.

Akan tetapi, kalian tidak dianjurkan melakukannya apalagi jika tidak tahu betul soal komponen internal laptop. Pasalnya, risiko kerusakan jangka panjang mungkin terjadi bila kamu tidak bisa merakit ulang kembali.

Hal yang utama adalah kalian harus tahu berapa biaya ganti keyboard laptop terlebih dahulu melalui internet. Sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar service centre mana pun pasti punya selisih harga sedikit untuk mengganti keyboard laptop.

Kamu bisa mendatangi salah satu jasa service terdekat di wilayah masing-masing. Jika kalian mengandalkan tenaga service, biasanya pemilik laptop harus menunggu selama satu atau dua hari sesuai antrean yang ada.

Biaya Ganti Keyboard Laptop, Mahal atau Murah?

Barangkali kalian ingin tahu berapa biaya ganti keyboard laptop, maka kalian bisa ikuti dan simak pembahasan kami saat ini. Beberapa orang masih belum tahu budget yang harus dikeluarkan dalam menangani masalah salah satu komponen pokok dalam gadget tersebut.

Biasanya setiap pemilik laptop tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam yang bahkan bisa ditangani secara mandiri lho. Daripada penasaran, silakan simak rangkuman lengkapnya soal penanganan masalah keyboard sendiri sebagai berikut :

Restart Laptop

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan restart perangkatnya terlebih dahulu. Tujuannya supaya kamu bisa memperbaiki beberapa masalah sistem operasi secara langsung.

Apabila perangkat tidak dapat di restart, kalian bisa menekan tomol power selama beberapa detik sampai laptop mati. Andaikan masalahnya masih ada, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikutnya untuk memaksimalkan kinerja keyboard laptop tersebut.

Cek Num Lock

Keyboard tidak mungkin bekerja dengan baik lantaran masalahnya berasal dari diri kalian sendiri. Salah satu masalah utamanya adalah aktifnya num lock akibat kalian menekan gabungan tombol tertentu. Saat num lock aktif, maka karakter yang muncul bisa berbeda dengan tombol lainnya.

Untuk mematikan num lock tersebt, tekan tombol ‘Fn’ an ‘NumLk’ pada keyboard laptop secara bersamaan. Selain itu, menekan tombol ‘Caps Lock’ dan ‘NumLk’ juga bisa mematikannya.

Masalah Driver

Driver bermasalah juga berdampak terhadap keyboard yang tidak bisa digunakan sama sekali lho. Masalah ini disebabkan kalian menginstal software pihak ketiga yang terkena vius atau lainnya. Untuk memeriksanya, buka menu ‘Device Manager’ dan lihat bagian keyboard.

Apabila terdapat tanda segitiga warna kuning, dipastikan driver keyboard sedang bermasalah. Kalian bisa mengunduh driver terbarunya pada website produsen laptop yang kalian miliki saat ini.

Lakukan System Restore

Apabila kamu yakin kalau keyboard tidak bekerja secara normal seusai memasang sebuah program, maka kalian bisa melakukan system restore. Caranya adalah membuka ‘Start Menu’ dan cari ‘Recovery’ untuk Windows 7 dan Windows 8.

Sedangkan untuk Windows XP bisa menekan tombol ‘Start’, tekan tombol ‘All Programs’ dan pilih menu ‘Accessories’. Kemudian, tekan tombol ‘System Tools’ dan pilih ‘System Restore’. Tujuannya agar laptop kalian dapat kembali pada kondisi sebelum memasang program bermasalah tersebut.

Bersihkan Debu atau Kotoran

Debu dan kotoran menjadi salah satu masalah yang menyebabkan kerusakan pada keyboard laptop. Oleh karena hal itu, kalian harus membersihkannya secara berkala. Hal ini dikarenakan debu maupun kotoran biasanya terselip di antara tombol keyboard yang menutup komponen di dalamnya.

Semakin tua usia laptop kalian, maka bisa saja kotorannya cukup banyak. Cara mudah yang bisa kalian lakukan adalah membalikkan atau memiringkan laptop hingga 75 derajat sambil menggoyangkannya dengan bantuan alat pembersih khusus.

Cabut Baterai Laptop

Jika terdapat beberapa tombol pada keyboard laptop yang tidak berfungsi, maka kamu bisa melakukan reset. Caranya adalah matikan perangkat terlebih dahulu, lepaskan baterai dan kabel adapter sambil diamkan selama 1-2 menit.

Tekan dan tahan tombol power selama 60 detik dan masukkan kembali baterai yang dicabut. Hidupkan kembali laptop kalian dan periksa kembali kalau keyboard laptop dapat bekerja dengan normal dengan mencoba ketikkan huruf tertentu.

Konektor Terlepas

Keyboard bermasalah yang tidak terdeteksi juga diatasi dengan menginstal driver. Akan tetapi, seandainya keyboard masih belum terbaca, mungkin terdapat masalah pada konektornya seperti tertekuk, renggang rusak bahkan lepas.

Untuk memperbaikinya, kalian harus membuka keyboard tersebut dan menghubungkan konektornya lagi. Cari video tutorial melalui YouTube untuk mengetahui prosedurnya dengan benar. Jangan coba melakukannya untuk mencegah kerusakan lebih parah lagi.

Ganti Keyboard Bawaan

Apabila konektor keyboard pada laptop terhubung namun keyboardnya tetap bermasalah, solusi memperbaikinya adalah mengganti keyboard bawaan laptop tersebut. Siasat ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah beberapa tuts keyboard yang tidak terdeteksi sama sekali.

Kalian bisa mencari beberapa keyboard lewat toko online yang mencantumkan tipe laptop kamu miliki saat ini. Contohnya adalah Keyboard Lenovo Idea Pad 110 sebagai kata kuncinya.

Berapa Biaya Ganti Keyboard Laptop?

Mungkin kalian penasaran berapa ganti keyboard laptop di jasa service sampai sekarang. Kalian tidak perlu habiskan uang lebih dari Rp.500 ribu karena sebagian besar tukang service berpengalaman selalu memasang harga berkisar Rp.300 ribu s/d Rp.400 ribu.

Hal yang utama untuk diperhatikan adalah semua pemilik laptop cukup bersabar menunggu proses pemeriksaan, serta pengerjaannya selama 2 hari sejak awal dibongkar sampai diperbaiki seperti baru.

Demikian pembahasan mengenai biaya ganti keyboard laptop yang bisa jadi referensi untuk semua pemilik laptop merek apapun. Jangan sampai kamu membiarkan masalah ini sampai parah, sedangkan kamu bisa menggunakan keyboard wireless atau USB seandainya kamu tidak punya budget untuk membawanya ke tukang service.

Jika kalian ingin tahu informasi menarik lainnya, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/ yang bisa diakses secara gratis.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...