Biaya Iklan di Youtube

  • Whatsapp

Semakin banyak orang yang terjun ke dunia influencer, semakin ramai juga sosial media tersebut. Tidak terkecuali youtube. Tahukah kalian? awalnya, youtube hanyalah sebuah situs kencan berbasis online dalam bentuk versi beta yang menampilkan sebuah video. Berikut biaya iklan di youtube.

Beralih dari situs kencan online, pada akhirnya dibeli oleh perusahaan Google hingga tenar seperti saat ini. Berbagai media massa, juga ikut andil menggunakan sosial media youtube, demi memperluas penyampaian informasi terhadap masyarakat. Baik di Indonesia, maupun ke seluruh dunia.

Secara administrasi, diketahui youtube resmi terdaftar pada tanggal 14 Februari tahun 2005. Platform ini, awaknya memiliki markas di sebuah ruko yang terletak di San Mateo, California. Situs kencan tersebut, didaftarkan oleh tiga pemuda kala itu. Namanya, Steve Chen Hurley, Chad hurley, dan Jawed Karim.

Sayangnya, pengoperasian platform yang bertujuan untuk keperluan kencan online tersebut, tidak berjalan dengan lancar. Namun, berkat kegigihan yang dimiliki oleh Steve Chen selaku co-founder youtube, dirinya memasang iklan di Craiglist dengan penawaran sebesar 20 dollar AS kepada para pengunggah video. Simak biaya iklan di youtube dibawah ini!

Biaya Iklan di Youtube

Biaya iklan di youtube
Biaya iklan di youtube

Berapa biaya iklan di youtube?

Kalau kalian sudah tidak asing dengan istilah selebgram, orang yang terkenal berkat unggahan postingan videonya di youtube, dikenal sebagai youtuber. Jumlah subscriber yang mengikuti perkembangan video dalam channel pribadi miliknya, menentukan seberapa tinggi pemasukan pundi-pundi keuangan yang akan didapatkan.

Para youtuber ini, ternyata berperan juga untuk meningkatkan minat penonton untuk membeli suatu produk. Akan tetapi, disisi lain, pihak pengelola Google Adsense akan bertindak terlebih dahulu sebelum iklan ditayangkan ke dalam video yang berhasil diunggah kedalam youtube. Hal ini mengingatkan kalian bahwa platform youtube telah dimiliki oleh perusahaan Google.

Terkait:  Biaya AJB Notaris

Terkadang, kalian juga dapat menemukan iklan yang berdurasi hingga lebih dari 30 detik. Oleh karena itu, tidak heran jika ditemukan pop up yang bertuliskan “Skip Ad”. Pemasangan iklan di youtube, memiliki harga yang bervariasi. Pemilik sebuah produk, dapat menggunakan jasa pasang iklan mulai dari harga Rp 395.000,- untuk 14 hari.

Semakin lama iklan tersebut ditayangkan, harga yang perlu dikeluarkan juga akan turut meningkat. Kisaran harga untuk masa penayangan iklan di youtube dalam kurun waktu 30 hari atau sebulan, memiliki rentang harga mulai dari angka Rp 850.000,- sampai Rp 3.800.000,-.

Kemudian, bila kalian ingin lebih memperpanjang waktu penyangan iklan hingga mencapai 3 bulan lamanya, biaya yang perlu dipersiapkan sebesar Rp 2.500.000,- hingga Rp 5.500.000,-. Nominal yang telah disebutkan, dapat berbeda-beda tergantung dari pemilik penyedia jasa pemasangan iklan di youtube.

Dibandingkan dengan menggunakan jasa dari layanan pemasangan iklan, iklan di youtube juga dapat kalian tampilkan sendiri. Mulai sejak tahun 2017, pihak Google AdWords memberikan kemungkinan kepada para pemilik iklan youtube untuk dapat memilih calon pelanggan berdasarkan dari hasil rekaman pencarian di Google.

Akan tetapi, kalian yang ingin melakukan pemasangan iklan di youtube secara mandiri, wajib memiliki akun Google Ads terlebih dahulu untuk mempermudah akses penayangan iklan. Setelah berhasil login kedalam akun Google Ads, langkah berikutnya tinggal mengklik tombol Campaign dan pilih iklan video.

Detail kampanye iklan dapat dimuat mulai dari judul kampanye sampai dengan pemilihan tujuan dari target pemasaran iklan. Berikutnya, ada pemilihan format iklan. Umumnya, iklan di youtube tersedia dalam tiga jenis. Mulai dari TrueView, Pre-roll/Mid-roll, serta Bumpers.

Hal terpenting selanjutnya, adalah menentukan harga iklan dari penayangan youtube. Ada dua frekuensi dalam pilihan harga berdasarkan kebutuhan frekuensi penayangan. Pertama adalah frekuensi standar atau penayangan setiap hari, serta accelerated yang ditampilkan sesering mungkin.

Terkait:  Biaya Hidup di Bandung

Biaya iklan video di youtube

Biaya iklan ini, bergantung dari tiga faktor utama. Adapun faktor-faktor tersebut sangat berpengeruh dalam peningkatan kampanye iklan yang dilakukan melalui platform youtube. Faktor pertama yaitu jenis iklan, kedua tawaran bid, dan yang terakhir opsi penargetan.

Selain dari ketiga faktor yang telah disebutkan,  ada 3 langkah yang wajib dilakukan bagi para pemasang iklan yang sudah memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Adapun langkah-langkahnya, akan dijelaskan dibawah ini!

1. Membuat iklan video

Pihak pengelola Google akan memberikan tutorial dalam bentuk video kepada para calon pemasang iklan di youtube.  Tidak hanya penjelasan dalam tutorial saja, tersedia juga tips yang memberitahukan durasi terbaik untuk sasaran iklan kalian.

2. Memilih audiens

Seperti halnya pemasangan iklan yang dilakukan di sosial media lainnya. Seperti instagram, facebook, termasuk juga youtube. Iklan perlu ditargetkan secara tepat sasaran supaya tidak ada permasalahan yang timbul di kemudian hari. Misalnya saja, iklan yang berhubungan dengan orang dewasa.

Iklan sepert itu, tidak boleh ditayangkan bila pemilik akun masih di bawah umur. Begitu pula iklan rokok dan lainnya. Audiens atau penonton video iklan harus sesuai dengan calon pelanggan produk. Penargetan dimulai dari lokasi, usia, minat, serta beberapa hal lainnya.

Brand awareness serta jangkauan. Inilah, opsi pemilihan sasaran iklan yang disarankan oleh pihak Google Ads. Ada juga pilihan lainnya, yaitu pertimbangan produk dan brand. Melalui pemasangan iklan video di channel youtube kalian, dapat mendorong para penonton untuk mengambil tindakan.

Pertama, orang akan semakin banyak yang datang untuk mengunjungi channel kalian dan mengenal brand yang ditampilkan dalam iklan. Tindakan yang kedua, semakin banyak orang yang menonton video yang diunggah dalam channel, maka semakin memperluas juga jangkauan penonton untuk meningkatkan brand awareness.

3. Menetapkan anggaran

Anggaran atau tarif penayangan iklan, dapat dipilih sesuai dengan keperluan kampanye kalian. Bisa dengan memilih anggaran harian serta anggaran yang dibatasi untuk jangka waktu bulanan. Pastikan kalian tidak akan pernah melakukan pembayaran melebihi dari batas bulanan.

Terkait:  Biaya KTA Security

Penetapan harga fleksibel dari pihak pengelola iklan youtube, sangat membantu para pemasang iklan tingkat awal. Sehingga, iklan dibayarkan hanya ketika seseorang menonton video iklan yang kurang lebih memiliki durasi mencapai 30 detik, menonton secara menyeluruh, atau ada interaksi dengan iklan yang ditayangkan.

Contoh interaksi yang dimaksud, yaitu dengan mengklik overlay sesuai dengan pesanan ajakan (CTA), kartu, atau dari banner pengiring. Akun Google Ads yang telah ditautkan dengan akun youtube,dapat mengakses lebih banyak statistik data performa. Tersedia melalui fitur Analytics youtube.

Harga atau biaya iklan di youtube, bisa disesuaikan dengan lokasi dari pemasang iklan. Contohya, kalian berada di Indonesia. Maka, zona waktu yang berlaku untuk mengetahui Insight, disesuaikan berdasarkan waktu Jakarta. Metode pembayaran, dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

Informasi bantuan harga pasang iklan di youtube, dapat menghubungi 021 5086 4426. Berlaku untuk jam kerja, mulai dari hari Senin sampai dengan Jum’at. Mulai pukul 09.00 hingga 18.00. Sebelum memutuskan untuk melakukan submit iklan, baca terlebih dahulu peraturan program iklan secara terperinci.

Pembayaran iklan di youtube, hanya dilakukan setelah mendapatkan biaya dalam jumlah yang akurat. Melalui pembayaran otomatis, kalian akan diarahkan untuk melakukan pembayaran ketika sudah mencapai kurun waktu 30 hari atau pembayaran akan dilakukan saat mendekati waktu tagihan.

Sekin informasi yang dapat disampaikan mengenai biaya iklan di youtube, berapa biaya iklan di youtube, dan biaya iklan video di youtube pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk baca juga biaya iklan di tv, agar kalian nantinya dapat membandingkan tempat untuk melakukan pemasangan iklan. See ya!

Related posts