Biaya Iklan Google Adsense

Biaya iklan google adsense
Biaya iklan google adsense

Iklan banyak sekali ditampilkan di berbagai macam situs ataupun website. Bahkan, hingga platform belanja online sekalipun. Banyak keuntungan yang dapat diraih dari pemasangan iklan tersebut. Mulai dari meningkatkan rasa minat beli sebuah produk, hingga membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang. Ini dia biaya iklan google adsense.

Suatu produk baru yang belum lama diluncurkan ke pubilk, dapat dikenal oleh masyarakat luas melalui hadirnya iklan. Semakin unik dan kreatif iklan yang ditayangkan, akan berpengaruh besar terhadap penilaian publik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Read More

Anggap saja, Anda sedang menyimak tayangan iklan yang menawarkan produk rokok. Sering kan? iklan rokok dikemas layaknya iklan fashion atau lebih terkesan memperlihatkan destinasi tempat wisata. Nah, cara ini juga dapat dilakukan untuk mensiasati agar iklan dapat ditampilkan tidak hanya tengah malam saja.

Dibandingkan lebih memperlihatkan produk rokoknya, iklan yang dikemas dengan memberikan pesan tersirat seperti itu, lebih dapat diterima oleh orang dewasa. Umumnya, di akhir tayangan iklan juga akan dituliskan pesan-pesan seperti bahaya yang akan diderita oleh seorang pecandu rokok. Berikut biaya iklan google adsense.

Biaya Iklan Google Adsense

Biaya iklan google adsense
Biaya iklan google adsense

Tarif iklan google adsense

Iklan yang ditayangkan melalui media digital, kini dapat dikatakan lebih efektif bila dibandingkan menggunakan media cetak. Pasalnya, seluruh masyarakat di dunia mulai dari usia 6 tahun hingga orang yang kerap berusia 70 tahun keatas, lebih sering memanfaatkan gadget daripada melihat koran ataupun majalah.

Terkait:  Biaya Cabut Gigi di Klinik

Oleh sebab itu, sebagian besar perusahaan dalam berbagai kategori, menyiapkan dana khusus untuk memenuhi kebutuhan pemasangan iklan. Termasuk, biaya iklan google adsense yang akan dibahas kali ini. Hal yang paling penting, kalian harus memiliki akun google terlebih dahulu, barulah mempersiapkan video iklannya.

Durasi iklan dalam bentuk video, secara umum memiliki kurun waktu mulai dari 15 sampai dengan 30 detik saja. Hal tersebut, dikarenakan iklan dimaksudkan untuk membuat orang penasaran. Semakin lama iklan, jusrtu akan mengurangi rasa keinginan seseorang untuk menyimak isi dari iklan yang ditayangkan.

Dalam google adsense, terdapat google adwords yang bertujuan untuk mengoptimalkan anggaran iklan milik Anda. Google adwords ini, merupakan platform PPC yang artinya pembayaran dilakukan setiap kali iklan diklik. Selain dikenal sebagai pay per click, nama lainnya yaitu penelusuran berbayar.

Berikut langkah- langkah untuk mengetahui biaya iklan google adsense melalui metode PPC yang kerap menjadi platform paling populer di seluruh dunia. Proses hitungnya, terbagi menjadi 2 langkah. Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Perhitungan Adrank selama periode lelang iklan berlangsung

Rumus dari perhitungan Adrank ini, sebagai berikut:

Adrank = Max CPC x f (QS, Ad Format)

Keterangan dari rumus:

  • Max CPC adalah besarnya biaya maksimum setiap klik, yang dikehendaki oleh pengiklan
  • QS adalah singkatan dari Quality Score mulai dari skala 1 hingga 10
  • Ad format adalah ukuran kualitas pemakaian format iklan serta kehadiran atau eksistensi iklan

Seperti yang telah diketahui, QS dalam rumus, merupakan nilai kualitas yang dihitung mulai dari angka 1 hingga 10. Selain itu, QS juga dapat diartikan sebagai hasil laporan dalam bentuk angka kualitas yang dihitung berdasarkan performa keyword yang digunakan.

Angka 1 dalam QS, mewakili makna bahwa kinerja keyword sangat lah buruk. Sedangkan angka 10 memaknai arti yang berkebalikan dari angka 1, dimana keyword yang digunakan untuk beriklan, memiliki kualitas yang sangat baik. Kembali lagi, dilihat dari hasil performanya.

Terkait:  Cara Dapat Uang dari Google Drive (3 Langkah) Cepat dan Mudah!

Ada 3 elemen yang menyusun dari kehadiran angka QS ini. Ketiga elemen tersebut, diantaranya CTR, Ads Relevance dan Landing Page Experience. Penjelasan dari masing-masing ketiga elemen yang telah disebutkan, ada dibawah ini!

  • CTR atau rasio klik tayang

Kaitannya, dengan kehadiran dari seberapa banyak jumlah tayangan iklan, bila dibandingkan dengan orang yang mengakses atau mengklik iklan tersebut

  • Ads Relevance atau relevansi iklan

Ukuran seberapa besar kerelevanan keyword dengan iklan milik Anda dalam mesin pencarian

  • LPE atau performa halaman landas

Mengukur seberapa tinggi performa pengunjung yang mampir berkunjung ke laman yang direkomendasikan dalam iklan.

Karena google bukanlah perusahaan yang berasal dari Indonesia, melainkan perusahaan asing, semua bid atau penawaran iklan dilakukan dengan menggunakan mata uang dollar. Hal tersebut, dikarenakan untuk mempermudah perhitungan dalam skala internasional.

2. Perhitungan tarif iklan yang wajib disetorkan

Selesai melakukan perhitungan Adrank, langkah berikutnya adalah melakukan perhitungan tarif iklan yang wajib disetorkan oleh pemilik iklan. Anda yang masih bingung untuk memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan dalam pemasangan iklan google adsense, berikut rumusnya:

Biaya milik Anda = (Adrank posisi milik Anda/ QS) + 1 cent (USD)

Demi memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya Anda menetapkan anggaran minimalnya sebesar Rp 5.000.000,- atau kurang lebih sekitar $349,12. Harga tersebut, sangat direkomendasikan bagi para pemula pemasang iklan di google adsense. Tidak perlu khawatir anggaran iklan Anda tiba-tiba meningkat tajam.

Anda bisa memanfaatkan fitur anggaran harian, iklan dalam waktu tertentu atau Ads Schedulling, dan iklan menurut device. Iklan device ini, dapat dilakukan dengan smartphone, tablet, maupun desktop. Kalau scheduling, Anda dapat mengatur pada jam ke berapa iklan ditayangkan untuk mengoptimalkan anggaran yang ada.

Tarif iklan google adsense tidak muncul

Perkara iklan yang tidak muncul setelah dilakukan penelusuran dalam mesin pencari ini, termasuk kasus yang terkadang sesekali dialami oleh para pengiklan. Tapi, tahukan Anda ada beberapa faktor yang memicu terjadinya muncul atau tidaknya iklan meskipun sudah dilakukan penelusuran?

Terkait:  Biaya Kirim Uang LinkAja

Faktor yang dimaksud, salah satu contohnya adalah terdapat anggaran serta iklan dari pemilik iklan lainnya yang saling bersaing memperebutkan posisi kemunculan dalam satu frasa hasil telusuran yang sama. Anda bisa melakukan pengecekan apakah iklan milik Anda tayang, melalui data statistik iklan.

Kalau dalam data statistik iklan menunjukkan tidak ada satu orang pun yang menerima klik ataupun melihat tayangan video iklan Anda, bisa saja, alasan yang mendasari terjadinya hal tersebut, dipicu oleh beberapa hal berikut ini!

1. Iklan tidak aktif atau dijeda

Seperti yang telah dijelaskan dalam biaya iklan google Ads, dalam pengaturan akun google adsense terdapat pengaturan jeda iklan. Artinya, iklan bersifat tidak aktif sehingga tidak ada anggaran yang dikeluarkan. Anda perlu menonaktifkannya terlebih dahulu supaya iklan dapat aktif kembali.

2. Lokasi iklan

Alasan lainnya, mungkin saja Anda lupa mengatur iklan hanya dapat ditampilkan dalam lokasi tertentu saja. Misalnya, hanya ditayangkan di wilayah Jabodetabek atau lainnya. Kalau penonton iklan tidak berada dalam lokasi pilihan tersebut, maka iklan tidak akan muncul meskipun telah dilakukan penelusuran.

3. Penagihan

Untuk melihat adanya kemungkinan error dalam penagihan dan pembayaran, Anda tinggal mengklik ikon berbentuk kunci pas atau kunci inggris. Salah satu contoh kasusnya,  kemungkinan iklan tidak berjalan karena kartu kredit milik Anda ditolak atau bisa jadi masa berlakunya telah habis.

4. Anggaran terbatas atau cenderung habis

Melalui biaya iklan google adsense, Anda bisa menetapkan anggaran harian rata-rata dalam pemasangan iklan. Pihak pengelola google ads, nantinya akan mengkalikan anggaran harian tersebut dengan jumlah hari dalam kurun waktu satu bulan lamanya. Pembelajaan setiap harinya, mungkin saja akan berbeda-beda yang menyebabkan dana habis.

Itulah informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, terkait biaya iklan google adsense, tarif iklan google adsense, dan tarif iklan google adsense tidak muncul. Jangan lupa untuk mengisi saldo terlebih dahulu dalam akun google Anda sebelum memasang iklan. See ya!

Related posts