Biaya Iklan Instagram

Sosial media, kini sudah menjadi bagian kebutuhan yang melekat di sela-sela kehidupan masyarakat. Apalagi, bagi para selebgram. Kebanyakan dari para selebgram, menjadikan hobinya tersebut sebagai sebuah pekerjaan profesional demi mendapatkan pundi-pundi uang. Berikut biaya iklan instagram.

Beberapa diantara kalian, mungkin memimpikan untuk menjadikan hobi foto-foto sebagai bagian dari pekerjaan. Umumnya, disaat sosial media Instagram belum hadir ke masyarakat, orang tersebut perlu mengikuti kelas modeling ataupun mendaftar menjadi model suatu produk ke perusahaan terkait.

Tapi, untuk mewujudkan impian menjadi seorang model, seseorang wajib memiliki landasan ilmu dibidang tersebut. Karena, umumnya, pihak perusahaan hanya membutuhkan orang-orang yang mampu bekerja secara profesional atau bahkan berpengalaman dalam urusan foto.

Semenjak kehadiran sosial media instagram, kini banyak sekali artis-artis dadakan yang muncul berkat kemahirannya dalam berpose dan mengedit hasil jepretannya agar terlihat menarik. Begitu lah cara kerja dari para selebgram di zaman modern seperti saat ini. Mau tahu, berapa biaya iklan instagram? Simak dibawah ini!

Biaya Iklan Instagram

Biaya iklan instagram
Biaya iklan instagram

Tarif iklan instagram artis

Beberapa artis yang namanya sudah malang melintang di dunia entertaiment Indonesia, kini merangkap juga sebagai endorsement produk. Setiap artis, memiliki tarif endorse yang berbeda-beda. Semakin dirinya terkenal, kalian yang ingin produknya diiklankan atau istilah lainnya direview oleh artis tersebut, perlu mempersiapkan budget yang cukup besar.

Sebut saja salah satu nama artis yang hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti mengenal dirinya. Ya, Prilly Latuconsiana. Berdasarkan hasil penelurusan yang dilakukan oleh salah satu presenter yang kini juga menjadi seorang youtuber yaitu Boy William, Prilly membeberkan fakta bahwa tarif endorsenya mencapai Rp 100 juta.

Artis lainnya yang mematok harga serupa, yaitu Syahrini. Sedangkan, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, memberikan tarif yang justru lebih rendah sekitar Rp 40 hingga 60 juta. Produk yang di endorse oleh Raffi dan Nagita ini, kurun waktunya mencapai 1 bulan. Cukup lama bukan?

Kalau hitungan tarif endorse Raffi dan Nagita untuk jangka waktu 24 jam atau sehari, kurang lebih sebesar Rp 22 juta untuk sekali unggahan video ataupun foto. Kemudian, disusul oleh artis cantik Luna Maya. Dirinya mengaku dapat memasang tarif endorse mencapai puluhan juta tergantung dari besar kecilnya barang yang di endorse.

Akan tetapi, dirinya juga mengungkapkan bahwa untuk harga teman, umumnya tarifnya akan semakin rendah. Selain teman, bila barang yang akan diendorse oleh dirinya, Luna juga menyukainya, maka bisa saja harga iklannya ikut menurun. Tarifnya yang tadinya puluhan juta, kini hanya menjadi belasan juta.

Pedangdut yang bernama panggung Ayu Ting Ting juga tidak ikut ketinggalan. Tarif endorse yang dipatok oleh Ayu, kurang lebih harganya sekitar belasan juta rupiah. Hal tersebut, dilakukan oleh dirinya mengingat sebelum menjadi populer seperti saat ini, banyak sekali masyarakat yang ikut mendukung keartisannya.

Masih banyak lagi artis-artis lainnya seperti Sandra Dewi, Lesti Kejora, serta sederet bintang terkenal lain yang menjadi sorotan publik berkat kesuksesan dirinya dalam menjalani pekerjaan sebagai seorang aktris maupun penyanyi di dunia hiburan. Selain itu, ada juga sosok Fadil Jaidi yang mulai terkenal berkat tingkah lucunya.

Fadil ini, merupakan salah satu contoh orang yang berhasil populer berkat keunikannya dalam memberikan review produk sebagai seorang endorsement. Karena sering melakukan endorse di Instagram, maka sebutan yang melekat pada dirinya kini yaitu sebagai seorang selebgram.

Pertama kali Fadil membuka endorse, dirinya hanya mematok harga sebesar Rp 300.000,-. Sedangkan untuk review makanan, dia tidak memberikan tarif sepeserpun alias gratis. Kemudian ada Dara Arafah yang memberikan tarif endorse senilai Rp 700.000,-. Berbeda dengan harga untuk iklan story di Instagram.

Biaya iklan story instagram

Keanu Agl yang namanya juga semakin melejit berkat kelucuannya di Instagram, membeberkan tarif yang dipatok oleh dirinya untuk iklan story Instagram, hanya sebesar Rp 50.000,- untuk satu kali unggahannya. Sedangkan selebgram Dara, mematok harga kurang lebih sekitar Rp 300.000,- untuk satu unggahan Insta story.

Cara memasang iklan melalui Instagram cerita atau stories ini, ternyata tidak sulit. Untuk memudahkan pebisnis menayangkan iklan ataupun bagi para endorsement, biasanya akun Instragram mereka juga akan terkoneksi dengan akun Facebook. Setelah berhasil terkoneksi, barulah kedua pelaku iklan dapat menayangkan iklannya.

1. Perhatikan pengisian informasi dalam akun bisnis kalian

Sri Widowati selaku Country Director Facebook di Indonesia, mengatakan bahwa para pebisnis, harus memperhatikan pengisian informasi yang akan mereka tulis dalam akun bisnisnya. Mulai dari nama toko, alamat, nomor telepon, kategori, serta deskripsi lainnya yang dibutuhkan oleh pebisnis.

Ketika seluruh informasi yang dibutuhkan untuk memberitahukan kepada khalayak publik terkait produk apa yang dijual oleh toko online milik kalian, selanjutnya perlu memperhitungkan harga yang ditawarkan. Sebaiknya jangan memasang harga terlampau tinggi atau terlalu rendah.

Berikan harga yang kompetitif sesuai dengan angka yang biasa diterima oleh masyarakat. Pastikan juga, bahwa harga yang ditawarkan untuk produk tersebut, worth it serta tidak membuat rugi para konsumen. Kecuali, produk-produk impor yang berasal dari Korea ataupun negara lainnya, wajar jika dijual dengan harga yang cukup pricey.

2. Pilih target pemasarannya

Kalau kalian menjual daster, pastikan targetnya adalah wanita dan para ibu rumah tangga yang memang kerap menghabiskan waktunya untuk melakukan berbagai aktivitas didalam rumah. Tidak mungkin juga daster dikenakan saat berpergian untuk hadir ke sebuah acara atau sekedar jalan-jalan di mall.

Oleh sebab itu, pastikan target pemasarannya tepat sasaran. Iklan yang diposting juga tidak memberikan informasi yang terlalu berlebihan. Namun, untuk pemilihan selebgramnya sendiri, tidak harus selalu wanita. Bisa juga selebgram laki-laki yang melakukan review barang untuk kategori wanita.

Seperti halnya Keanu yang kerap mendapatkan endorse barang-barang keseharian wanita, salah satunya adalah baju daster. Mempertimbangkan dari postur tubuh, memang Keanu merupakan salah satu selebgram lelaki yang cocok untuk memberikan gambaran ukuran daster bagi para ibu-ibu di Indonesia.

3. Sematkan hastag atau tag akun toko bisnis

Selebgram juga tidak boleh melupakan untuk menyematkan hastag dalam postingan singkatnya di Insta story. Apalagi, bila produk yang diiklankan memiliki respon feedback yang sangat baik dari para followers. Tentu saja tag akun bisnis toko online dari produk tersebut wajib diikutsertakan.

Karena durasi video yang cukup singkat bila diposting ke dalam Insta story, maka para selebgram juga memiliki keterbatasan waktu untuk menginfokan produk yang di endorse oleh dirinya. Dibandingkan dengan hanya menyebutkan nama toko, menyematkan tag akun Instagram toko akan lebih efektif.

Begitu pula dengan pihak pebisnis. Mereka memiliki hak untuk memposting ulang iklan yang telah diposting ke Insta story oleh selebgram pilihannya. Biasanya, dilakukan meeting terlebih dahulu untuk memastikan patokan harga serta konsep yang diinginkan oleh pemilik toko dalam penayangan iklan produknya.

Itulah beberapa informasi terkait biaya iklan Instagram, tarif iklan Instagram artis, dan biaya iklan story instagram. Baca juga artikel biaya iklan di Instagram untuk penjelasan cara pembuatan iklan secara mandiri serta harga yang dipatok dari pihak pengelola Instagram Ads. See you soon!