Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

AC atau pendingin udara menjadi salah satu hal yang harus tersedia pada setiap mobil. Oleh karena itu, seandainya komponen ini rusak maka kamu harus tahu berapa biaya ganti kompresor AC mobil.

Hal ini dikarenakan kehadiran AC juga berguna sebagai penunjang faktor kenyamanan kalian saat berkendara, apalagi jarak tempuhnya jauh. Seandainya mobil tidak dilengkapi AC, kami pastikan kamu merasa tidak nyaman bahkan enggan berlama-lama di dalam mobil.

Komponen sistem penyejuk udara tersebut juga butuh perawatan secara berkala supaya AC bisa bekerja secara optimal. Apabila AC mobil tidak bekerja secara efektif, maka pendinginan pada kabin bakal sulit berfungsi alias tidak menghasilkan suhu dingin sama sekali.

Kamu juga harus tahu kalau kompresor AC memiliki pelumas berupa oli yang harus diperhatikan keberadaannya. Jika oli kompresor AC mobil tidak diganti secara berkala, dipastikan kamu akan sulit mendapatkan AC yang dingin dan sejuk.

Kompresor AC mobil berguna melancarkan sirkulasi freon (refrigerant) ke seluruh permukaan internal kendaraan dengan menaikkan tekanan di dalamnya. Oleh karena itu, kalian bukan sekadar berpacu terhadap kinerjanya dalam menghasilkan suhu dingin atau tidak.

Kamu juga harus memeriksa oli kompresor AC mobil secara berkala karena pelumas tersebut punya peran vital terhadap kinerja mesin pendingin kendaraannnya, seadangkan oli kompresor yang habis pasti tidak bisa hasilkan sirkulasi yang bagus.

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil
Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Untuk mengganti oli kompresor AC mobil ternyata kalian bisa melakukannya di bengkel umum atau resmi terdekat di domisili masing-masing. Biasanya tenaga ahli tidak akan meminta budget terlalu mahal untuk melayani permintaan kalian dalam mengganti pelumas pada mesin pendingin mobil nya.

Selain itu, estimasi waktu pengerjaannya pun tidak lama karena mereka hanya butuh durasi selama sejam saja untuk mengganti oli kompresor AC mobil dengan baik dan benar.

Kompresor AC mobil sendiri mempunyai fungsi vital yang tidak bisa dianggap sepele lho. Hal ini dikarenakan sebuah mesin pendingin kendaraan tidak mungkin bekerja dengan sempurna tanpa kehadiran kompresor yang sudah diisi oli.

Apabila komponen tersebut tidak bekerja secara prima, bahkan rusak maka bisa dipastikan AC mobil mustahil menghasilkan suhu dingin yang diinginkan. Sedangkan kalian akan merasa gerah saat dalam perjalanan atau berkendara kemana pun.

Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil, Kapan Harus Diganti?

Barangkali kalian tidak tahu kalau biaya ganti oli kompresor AC mobil sebenarnya tidak terlalu mahal, sedangkan kamu cukup merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah saja lho. Selain itu, kalian bisa menggantinya lewat bengkel resmi atau umum di seluruh Indonesia.

Kami pastikan kamu akan mendapat pendingin ruangan mobil lebih bagus setelah oli kompresornya di ganti. Apabila kalian ingin tahu fungsi dan budget yang harus dikeluarkan, silakan ikuti ulasannya sebagai berikut :

Fungsi Oli Kompresor AC Mobil

Oli kompresor AC adalah salah satu komponen pokok dalam sebuah sistem AC mobil. Apabila mobil mengalami kekurangan oli kompresor, dipastikan AC mobil tidak bisa menghasilkan suhu udara dingin hingga timbul suara bising akibat kompresornya berkarat bahkan aus.

Tak hanya itu, oli kompresor AC mobil pun bekerja memompa dan menghisap freon untuk mensirkulasi gas dari sistem penyejuk udara mobil. Oli nya juga berguna menghisap dan menyalurkan gas freon pada tekanan rendah sampai memberi tekanan tinggi pada freon yang baru saja terhisap.

Ciri-ciri Oli Kompresor AC Mobil Harus Diganti

  • AC mobil tidak menghasilkan suhu dingin.
  • Timbul suara bising dan kasar.
  • Kompresor AC lebih cepat panas.
  • Performa atau tenaga mobil berkurang ketika AC dihidupkan.
  • Mengecek angka tekanan bawah.

Bagaimana Jika Oli Kompresor AC Mobil Kurang dan Tidak Diganti?

Biasanya oli kompresor AC mobil yang kurang bahkan tak kunjung diganti ternyata memberi dampak buruk untuk kendaraan kesayangan kalian. Pertama, kabin mobil tidak bakal dingin karena kompresor AC kekurangan oli sehingga tidak terasa dingin.

Sedangkan beberapa kasus yang pernah terjadi mengklaim bahwa AC mobil tidak berfungsi sama sekali. Oleh karena itu, oli kompresor harus segera diganti begitu kamu menyadari komposisinya kurang bahkan hampir habis.

Dampak berikutnya bila oli kompresor AC mobil berkurang atau tak kunjung diganti adalah bisa merusak komponen AC mobil. Biasanya oli kompresor AC mobil berguna melumasi komponen lainnya supaya bisa mencegah gesekan yang menimbulkan suara bising.

Seandainya oli kompresor AC mobil kurang dari rata-rata, maka bisa mengakibatkan macet bahkan keausan. Kamu harus mengeceknya secara berkala sebelum ditemukan tanda-tanda olinya berkurang.

Berapa Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil?

Hampir semua pemilik kendaraan roda empat masih penasaran berapa biaya ganti oli kompresor AC mobil. Pasalnya, sebagian besar dari mereka bahkan kamu sendiri masih belum mengetahuinya.

Kami sarankan kamu membawa mobil kesayangan ke bengkel resmi dibandingkan abal-abal. Hal ini dikarenakan bengkel resmi punya beragam merek oli kompresor berkualitas yang dipastikan bisa menunjang performa AC mobil saat kalian berkendara.

Sementara itu, bengkel resmi menawarkan harga penggantian oli kompresor AC mobil lebih murah bahkan sesuai standar yang berlaku dibandingkan bengkel abal-abal. Bukan rahasia umum kalau bengkel non resmi akan memasang budget dua kali lebih mahal daripada bengkel resmi.

Kamu hanya perlu siapkan biaya ganti oli kompresor AC mobil sebesar Rp.100,000 sampai Rp.300,000 saja, namun semuanya tergantung merek oli pilihan kalian sendiri.

Kami tegaskan bahwa angka tersebut sudah termasuk budget pengurasan alias flushing oli kompresor AC mobil. Akan tetapi, seandainya kompresor AC mobil mengalami kerusakan, maka kamu bisa menyiapkan anggaran lebih untuk memperbaikinya.

Kalian dapat mengetahui biaya service kompresor AC mobil dulu sebelum memastikan komponen tersebut kekurangan oli dan harus segera diganti, sedangkan harganya bakal berbeda di setiap bengkel lho.

Kapan Oli Kompresor AC Mobil Harus Diganti?

Kami tegaskan bahwa oli kompresor AC mobil tidak berbeda dengan oli mesin kendaraan kalian. Maka dari itu, kalian tidak bisa berkendara begitu saja tanpa memperhatikan batas maksimum jarak tempuhnya lho.

Biasanya seorang pemilik mobil harus segera mengganti oli kompresor AC mobil setelah melampaui jarak tempuh maksimum sejauh 20,000 km alias setahun sekali. Pastikan kamu mendatangi bengkel terpercaya untuk mendapatkan penggunaan komponennya lebih lama.

Tips Merawat Kompresor AC Mobil

  • Melakukan penggantian oli kompresor secara rutin.
  • Pastikan pihak bengkel membersihkan kompresor ketika penggantian oli.
  • Perhatkan jenis sampai spesifikasi oli kompresor AC mobil.
  • Perhatikan suara yang berasal dari dalam kompresor.
  • Jika kompresor bocor, silakan ganti dengan komponen baru.

Demikian informasi mengenai biaya ganti oli kompresor AC mobil yang harus diperhatikan setiap pemilik kendaraan roda empat. Jangan sampai kalian membiarkan olinya berkurang sampai habis karena bisa menimbulkan macet atau aus, bahkan menimbulkan suara bising akibat gesekan komponen lain.

Apabila kalian ingin tahu pembahasan informatif lainnya, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/ yang bisa diakses secara gratis.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...