Biaya Ganti Oli Mobil

Sebagian besar pengguna kendaraan roda empat pasti harus tahu berapa biaya ganti oli mobil sesuai transmisinya masing-masing. Hal ini dikarenakan oli berperan sebagai pelumas yang membantu kinerja mesin kendaraan, sedangkan oli harus diganti secara berkala lho.

Selain itu, proses penggantian oli mobil juga bisa dilakukan lewat bengkel resmi atau umum, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah selama mengikuti standar yang berlaku sesuai bengkel mana pun.

Kalian bukan hanya mengganti oli mobil secara berkala, tetapi pastikan kalian selalu mengemudikan kendaraannya dengan baik dan benar. Tak hanya itu, kalian harus memastikan bahwa mobil kesayangan sudah memperoleh perlindungan asuransi mobil saat kalian membelinya dari dealer resmi.

Tak bisa dipungkiri asuransi pun punya peran penting saat kalian mengganti oli nya agar dapat mencegah risiko kerusakan komponen internal kendaraannya.

Barangkali kalian sudah tahu kalau oli mobil mempunyai berbagai macam merek yang beredar di pasaran luas. Namun, sebagian besar pemilik kendaraan roda empat tidak memilih bahkan memakai semua merek karena satu sama lain punya kualitas berbeda.

Biasanya seorang pemilik mobil bakal mengganti oli kendaraan setelah menemukan tanda-tanda khusus sesuai instruksi pihak bengkel. Sedangkan kamu hanya perlu habiskan budget ratusan ribu saja untuk mendapatkan oli mobil yang baru lho.

Biaya Ganti Oli Mobil

Biaya Ganti Oli Mobil
Biaya Ganti Oli Mobil

Hal yang utama untuk diperhatikan adalah biaya ganti oli mobil bisa kalian pangkas kalau melakukannya secara mandiri di rumah. Seandainya kalian belum berpengalaman bahkan tidak pernah mengganti oli mobil sendiri, kami anjurkan kamu mendatangi salah satu bengkel mobil terdekat.

Tujuannya agar kalian dapat mengetahui apa saja merek oli mobil yang dijual dan direkomendasikan, serta berapa ongkos penggantian olinya dengan mengandalkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman.

Biasanya setiap pemilik mobil harus merogoh kocek mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan oli baru bagi kendaraan roda empat yang dimilikinya.

Tak hanya itu, angka tersebut belum termasuk ongkos tenaga ahli yang menangani mobil kalian dan setiap merek oli cenderung berkapasitas lebih dari 3 liter lho. Kamu akan mengetahui merek-merek oli mobil berkualitas lewat bengkel resmi yang lebih memadai dengan menawarkan harga kompetitif.

Biaya Ganti Oli Mobil, Berapa Ongkos di Bengkel Resmi dan Umum?

Kami beritahu bahwa biaya ganti oli mobil melalui bengkel resmi dan umum ternyata memiliki beberapa perbedaan signifikan. Oleh karena itu, kalian tidak bisa langsung memberi harga sekian karena tenaga ahli yang bekerja bakal menentukan ongkosnya sesuai kondisi dan merek oli pilihanmu masing-masing.

Sedangkan bengkel resmi masih dianjurkan karena diklaim menawarkan biaya ganti oli mobil lebih murah. Daripada penasaran, silakan ikuti dan simak pembahasan selanjutnya sebagai berikut :

Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Beberapa bengkel ternyata menyediakan pelayanan mengganti oli mobil dengan ongkos bervariasi, tergantung jenis maupun merek mobil sampai oli yang bakal digunakan. Selain itu, budget yang dibutuhkan untuk mengganti oli mobil melalui bengkel resmi seperti Toyota alias Auto2000 biasanya butuh dana mulai dari Rp.300,000 hingga Rp.500,000.

Angka ini lebih sering ditetapkan untuk Toyota Avanza yang diklaim sebagai jenis merek mobil paling banyak dipakai masyarakat luas.

Sementara itu, ongkos menguras oli mobil yang harus kalian keluarkan rupanya lebih mahal lho, biasanya sekitar Rp.600,000 sampai Rp.700,000 untuk kapasitas 10 s/d 12 liter. Harga ini juga berlaku untuk merek mobil lain pada kelas serupa.

Tak hanya itu, pengguna mobil Kijang Innova misalnya harus menyiapkan budget penggantian oli sekitar Rp.350,000 per satu galon alias 4 liter dengan harga kemasan liter sebesar Rp.93,000. Kamu bisa buktikan dengan mendatangi salah satu bengkel mobil resmi di wilayah masing-masing.

Biaya Ganti Oli Mobil Sendiri

Mungkin beberapa orang menganggap kalau mengganti oli mobil sebenarnya tidak begitu rumit dan bahkan bisa dilakukan di rumah. Biasanya seseorang harus merogoh kocek sebesar Rp.30,000 sampai Rp.50,000 di bengkel, sedangkan angka tersebut belum termasuk tip untuk montir nya.

Ongkos penggantian oli mobilnya sebesar empat liter sekitar Rp.350,000 sampai ratusan juta rupiah lho, sedangkan nilainya tergantung dari merek oli mana yang bakal kamu pakai nanti.

Sementara itu, bila kalian mengerti cara mengganti oli mobil secara mandiri, maka kalian tidak perlu menghabiskan budget sampai Rp.50 ribu lho. Langkah-langkah mengganti oli mobil sendiri pun cukup mudah. Kalian perlu membuang oli bekas dengan membuka carter oli pada bagian bawah terlebih dahulu.

Saat proses pembuangan berlangsung, jangan lupa buka penutup lubang yang sering dipakai untuk menuangkan oli di balik kap mobil supaya udara bisa keluar dan oli turun secara maksimal.

Apabila oli nya sudah terbuang, tutup carter nya lagi di bagian bawah. Silakan isi oli mobil baru sesuai kapasitas penampungnya. Untuk komposisi oli yang bakal kalian isi, pastikan kapasitas sesuai anjuran setiap pabrikan.

Contohnya adalah Hyundai Grand i10, tanpa oli filter diisi 2,5 liter dengan mengganti oli filter 3 liter. Sedangkan Toyota Avanza hanya perlu diisi oli mobil baru sebanyak 3 liter saja karena setiap merek kendaraan punya kapasitas berbeda.

Untuk melakukan perawatan berikutnya, maka kamu bisa memerikanya dengan mencabut alat cek oli mobil yang bentuknya seperti lidi. Kamu hanya perlu melihat ujungnya saja untuk mengetahui apakah oli mobil masih dalam batas tertentu atau sebaliknya.

Selain itu, kalian bakal tahu apakah warnanya menghitam atau masih bening. Andaikan warnanya berubah menjadi gelap, kalian harus segera menggantinya sebelum mengancam komponen internal mobil lainnya.

Fungsi Oli Mobil

Oli mobil mempunyai beragam fungsi penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, cairan pelumas tersebut berguna dalam meminimalkan gesekan antar logam alias komponen mesin supaya gesekan mesinnya semakin halus bahkan punya sedikit hambatan.

Oli juga mampu melindungi mesin dari gesekan antar komponen di dalam mesin mobilnya. Namun, melindungi mesin dari korosi alias karat karena kondisi tersebut diakibatkan komponen internal yang terlalu kering tanpa adanya pelumas.

Tak bisa dipungkiri bahwa oli mobil juga mampu membersihkan kerak yang masuk lewat sela-sela ring yang akhirnya menimbulkan sisa-sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerat. Cairan ini juga mampu mendinginkan mesin akibat suhu panas yang dihasilkan lewat kinerja komponen internal selama kalian berkendara.

Panasnya suhu mesin pun diakibatkan hasil pembakaran saat mesin mobil dihidupkan yang mengalir pada permukaan semua komponen internal mesin mobil untuk mengalirkan suhu panas ke penampungan oli.

Kapan Oli Mobil Harus Diganti?

Kami anjurkan kalian harus segera mengganti oli mobil saat melihat teksturnya yang mengental. Hal ini dikarenakan mengakibatkan kinerja komponen internal kendaraan semakin ekstra dan berlebihan.

Selain itu, suhu mesin pun semakin panas yang berbahaya bila kalian tetap melanjurkan laju kendaraan. Alhasil kamu harus segera mengganti oli mobil ke bengkel resmi atau umum, bahkan sendiri selama mengikuti prosedur yang berlaku dengan pemakaian oli mobil sesuai standar.

Demikian informasi tentang biaya ganti oli mobil yang harus kalian perhatikan dengan seksama. Semoga informasi kami bisa jadi referensi terbaik untuk seluruh pemilik mobil yang masih bingung soal ongkos penggantian oli mobil di bengkel resmi atau umum, sedangkan kamu juga bisa melakukannya sendiri lho.

Apabila kalian ingin tahu pembahasan informatif dan menarik lainnya, silakan akses situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...