Biaya Ganti Oli Mobil Avanza

Berapa biaya ganti oli mobil Avanza? Pertanyaan ini hampir sering diucapkan semua penggunanya karena Toyota Avanza punya harga service berbeda dengan merek mobil lainnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa mengganti oli mobil memang harus dilakukan secara berkala, terutama sebelum kamu menemukan tanda-tanda olinya perlu diganti. Tujuannya agar performa mesin kendaraan dapat bekerja secara optimal dan kamu bisa berkendara dengan nyaman.

Oli merupakan sebuah pelumas yang dibutuhkan semua kendaraan, baik roda dua atau empat pasti memerlukannya supaya mesin kendaraan bisa bekerja dengan normal meski kamu berkendara dalam jarak tempuh cukup jauh.

Selain itu, penggantian oli mobil Avanza atau merek apapun bisa dilakukan lewat bengkel resmi atau umum bahkan mandiri sekalipun lho. Apabila kamu melakukannya sendiri, pastikan kalian mengikuti prosedur sesuai standar pabrik yang berlaku.

Sementara itu, kalian harus tahu kalau oli mobil terdiri dari beberapa macam yang satu sama lain punya fungsinya masing-masing dalam memaksimalkan performa mesin kendaraan. Di sisi lain harga oli mobil semua merek tidak terlalu mahal, bahkan mulai dari puluhan ribu rupiah saja lho.

Meski begitu, kalian bisa mendapatkan produk berkualitas dengan kinerja lebih bagus seandainya memakai oli mobil yang harganya agak mahal, sedangkan kualitasnya pun bagus saat dipakai untuk berkendara.

Biaya Ganti Oli Mobil Avanza

Biaya Ganti Oli Mobil Avanza
Biaya Ganti Oli Mobil Avanza

Untuk mengganti oli mobil ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan setiap pemilik mobil Avanza atau merek lainnya harus memperhatikan beberapa aspek yang menentukan bahwa olinya memang perlu diganti.

Biasanya pihak bengkel bakal memberitahu hal-hal penting yang menandakan kalau oli mobil sudah tidak layak pakai. Selain itu, salah satu tanda umum yang sudah diketahui semua pemilik mobil adalah teksturnya mengental.

Kamu juga bisa memastikan kalau oli mobil sudah tidak layak dipakai adalah warnanya semakin gelap bahkan menghitam. Kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja dan segera datangi bengkel mobil terdekat untuk menggantinya dengan oli yang baru.

Kalian pun akan disuguhkan dengan beragam harga menarik soal oli mobil apa saja yang punya kualitas bagus. Sedangkan harganya seimbang atas kualitas terhadap performa mesin kendaraan kesayangan kalian.

Biaya Ganti Oli Mobil Avanza, Berapa Harga di Bengkel Resminya?

Barangkali kalian masih penasaran berapa biaya ganti oli mobil Avanza yang ternyata tidak terlalu menguras kantong lho. Tak sedikit pengguna Toyota Avanza mengklaim kalau ganti oli mobil di bengkel resmi Toyota, Auto2000 justru lebih murah daripada melakukannya lewat bengkel non resmi bahkan abal-abal.

Daripada kalian penasaran dan membiarkan kendaraan di garasi saja, silakan ikuti dan simak pembahasan yang sudah kami rangkum sebagai berikut :

Kapan Oli Mobil Harus Diganti?

Biasanya setiap pemilik mobil seperti Toyota Avanza bakal memperhatikan beberapa aspek sebelum kendaraannya harus diganti olinya dengan yang baru. Hal ini dikarenakan satu sama lain bakal melakukannya sesuai faktor-faktor tertentu, baik secara jarak tempuh maupun kualitas olinya.

Hal ini dikarenakan satu sama lain mempunyai tandanya masing-masing yang pasti berbeda, sedangkan jarak tempuh yang jauh dimana sudah kamu lewati tidak menjamin merusak kualitas oli mobilnya lho.

Secara umum semua pemilik mobil bakal mengganti oli kendaraannya setelah melewati batas jarak tempuh maksimum sejauh 5,000 s/d 10,000 km. Biasanya angka tersebut ditujukan untuk penggantian oli mobil dengan durasi penggunaan selama empat sampai enam bulan sekali.

Namun, hal tersebut tergantung dari aktivitas mobil yang sering kalian gunakan dan anjuran dari pihak pabrikan maupun dealer karena kamu harus mengikuti standarisasi mereka.

Walaupun batas jarak tempuh maksimum sudah memenuhi ketentuan untuk mengganti oli mobil, namun kalian harus memeriksa kualitas olinya juga. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya biasanya rentan menimbulkan kemacetan dan kendaraan justru diam alias jarang bergerak.

Kondisi ini ternyata berpengaruh terhadap kualitas oli mesin lho. Oleh karena itu, bila sudah kotor dan tidak layak lagi, kalian harus segera menggantinya dengan yang baru.

Berapa Biaya Ganti Oli Mobil Avanza?

Apabila kalian pernah mengganti mobil secara mandiri, maka bisa dipastikan kamu tidak perlu menghabiskan uang untuk melakukan pengisian ulang terhadap oli mobil Toyota Avanza. Namun, kalian tidak bisa mengganti oli mobil seenaknya karena terhadap prosedur dan standarisasi yang harus dipatuhi.

Maka dari itu, kalian bisa mendatangi bengkel resmi bila tidak pernah melakukannya sendiri untuk mencegah kerusakan terhadap komponen internal mobil kalian.

Kamu bisa menemukan bengkel resmi Toyota, Auto2000 yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Biasanya semua pemilik mobil Avanza tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mengganti oli lho.

Kalian cukup habiskan budget mulai dari Rp.300 ribu hingga Rp.500 ribu saja. Harga ini tidak jauh berbeda dari tarif sebelumnya, sedangkan ongkos menguras oli mobil berkisar antara Rp.600 ribu sampai Rp.710 ribu dengan kapasitas sekitar 10-12 liter.

Sementara itu, pengguna mobil Toyota lainnya seperti Kijang Innova juga cukup habiskan budget mulai dari Rp.370 ribu dengan kapasitas oli sebanyak 4 liter, sedangkan harga olinya sebesar Rp.92,500.

Di sisi lain penggantian oli mobil Toyota Agya juga berkisar antara Rp.520 ribu sampai Rp.580 ribu untuk varian 1,000 cc. Biasanya para pemilik mobil Toyota Agya butuh 3 liter oli supaya kendaraannya bisa bekerja secara normal dan dapat dikemudikan setiap hari.

Prosedur Ganti Oli Mobil

Berdasarkan segi matematis, biasanya penggantian oli mobil harus dilakukan setiap 3,000 km. Apabila kamu adalah seorang pemilik mobil bekas sebaiknya ganti olinya setelah lewati jarak tempuh sejauh 3,000 km.

Hal ini dikarenakan warnanya lebih mudah hitam, apalagi kalau belum pernah turun mesin. Tak hanya itu, pengguna mobil baru pun harus mengganti oli mesin kendaraannya setelah melampaui batas jarak tempuh maksimum sejauh 5,000 km.

Secara umum mengganti oli mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Prosedurnya mudah dimana kalian harus membuang oli bekas dengan membuka carter oli bagian bawah. Kami anjurkan kalian membuka penutup lubang yang sering dipakai untuk menuangkan oli di balik kap mobilnya.

Tujuannya supaya bisa turun secara maksimal. Perlu diingat kalau kalian tidak boleh membuka penutup olinya secara menyeluruh supaya tidak ada benda asing yang masuk dan merusak komponen internal lainnya.

Langkah selanjutnya adalah kamu bisa mengisi oli mobil sesuai kapasitas penampung oli pada mobil. Pastikan kamu mengikuti anjuran pabrik. Contohnya adalah Toyota Avanza yang hanya bisa diisi sebanyak 3 liter saja.

Ganti Oli Mobil Toyota Lain

Untuk Toyota Kijang Innova sebanyak lima liter, sedangkan perawatan selanjutnya kalian bisa memeriksanya dengan mencabut alat cek oli yang bentuknya seperti lidi. Hanya dengan melihat ujungnya saja, kalian dapat tahu apaka oli mobil masih ada atau justru berkurang, serta menghitam atau tetap bening.

Demikian pembahasan mengenai biaya ganti oli mobil Avanza yang bisa jadi referensi untuk kalian dan siapa saja sebagai penggunanya. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan harga tersebut masih sama dengan ongkos penggantian oli dari pihak bengkel resmi Toyota, Auto2000 dan berlaku sampai sekarang.

Jika kalian ingin tahu informasi menarik lainnya, silakan akses situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...