Biaya Ganti Oli Motor

Kalian pasti penasaran berapa biaya ganti oli motor, bukan? Untuk menjaga siklus kerja mesin motor tetap terjaga, maka kamu bisa mengganti olinya secara berkala. Hal ini dikarenakan oli punya peran sebagai pelumas utama pada bagian mesin, sedangkan berdampak besar terhadap suhu komponen internal akibat hasil pembakaran.

Selain itu, oli motor berbeda dengan oli mobil karena kegunaannya punya hasil berbeda terhadap komponen kendaraan masing-masing. Oli juga mempunyai fungsi penting yang sama dengan komponen lainnya lho.

Apabila sebuah kendaraan, baik motor atau mobil tidak dilengkapi oli dipastikan mesinnya tidak bisa bekerja dengan normal. Biasanya salah satu bahkan komponen internal motor keseluruhan bakal kehilangan daya kerjanya akibat tidak dilengkapi pelumas atau daya lumasnya hilang.

Alhasil kamu harus selalu memperhatikan keberadaan oli motor yang diperhatikan warna dan tekstur nya secara teliti. Namun, kalian harus waspada seandainya motor sampai kehabisan oli. Hal ini dikarenakan komponen internalnya bakal cepat aus bahkan rusak.

Tak bisa dipungkiri situasi itu membuat kalian sulit mengemudikan motor kesayangan saat ini. Biasanya kalian akan menerima anjuran pihak pabrikan bila baru saja membeli motor, tetapi bisa juga dari pihak bengkel. Hal yang utama untuk diperhatikan adalah jangan pernah membiarkan oli motor dibiarkan sampai habis.

Biaya Ganti Oli Motor

Biaya Ganti Oli Motor
Biaya Ganti Oli Motor

Biasanya oli motor harus diganti oleh setiap pemilik kendaraan setelah melampaui interval tertentu. Entah melalui jarak tempuh maupun masa penggantian oli terakhir.

Kendati demikian, semuanya bakal lebih baik kalau kalian selaku pemilik kendaraan roda dua bisa mengganti oli secara berkala supaya terhindar dari kerusakan jangka panjang. Pasalnya, kerusakan tersebut tidak bisa dianggap remeh karena dapat menghabiskan budget dalam jumlah besar lho.

Maka dari itu, kalian harus tahu berapa biaya ganti oli motor sebelum melakukan penggantian pelumasnya di bengkel resmi atau umum terdekat. Kami pastikan kalian tidak perlu merogoh kocek sangat dalam untuk membayar jasa mekanik yang siap membantumu dalam mengganti oli motor.

Semuanya tergantu merek dan kapasitas oli dari setiap kemasan yang kalian gunakan, sedangkan harganya mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah sesuai kualitas masing-masing.

Biaya Ganti Oli Motor, Kapan Olinya Harus Diganti?

Hampir sebagian besar pengguna kendaraan roda dua seperti kamu pasti belum tahu kapan oli motor harus diganti. Kalian juga harus tahu berapa biaya ganti oli motor yang harus disiapkan supaya bisa memaksimalkan kinerja mesin kendaraannya.

Jangan sampai kalian membiarkan oli motor sampai habis untuk langsung menggantinya ke bengkel karena tidak dianjurkan pihak mana pun. Kalian bakal tahu semuanya dengan menyimak pembahasannya sebagai berikut :

Ciri-ciri Oli Motor Harus Diganti

Kalian harus tahu apa saja ciri-ciri oli motor harus diganti dalam waktu dekat. Biasanya kalian akan menemukan tanda-tandanya yang patut diwaspadai dan diantisipasi untuk mencegah oli motornya habis pada saat penggantiannya.

Biasanya oli motor harus diganti kalau warnanya sudah berubah menjadi hitam pekat, sedangkan teksturnya encer. Seperti kita tahu kalau oli motor yang bagus justru warnanya bening dan teksturnya tidak terlalu encer bak air biasa.

Selain itu, oli motor juga harus diganti kalau kalian menemukan gejala seperti volumenya berkurang pada tangka oli yang biasa digunakan untuk pengisian ulang pelumasnya.

Kamu juga harus mewaspadai kalau suhu motor terasa lebih panas dari sebelumnya karena kondisi itu menjadi tanda kalau oli motor memang sudah habis atau perlu diganti. Tak hanya itu, kami anjurkan kalian harus mengganti oli motornya kalau pengendara sudah melampaui batas jarak tempuh sejauh 5.000 km.

Risiko Telat Ganti Oli Motor

Seperti kita tahu kalau kalian telat mengganti oli motor ternyata berdampak buruk terhadap kendaraan kesayangan saat ini. Contohnya adalah kerusakan cukup parah pada komponen internal mesin motornya.

Namun, kalian perlu tahu kalau akibat telat ganti oli motor rupanya membuat komponen mesin bisa rusak dalam waktu dekat. Dampaknya adalah kamu harus mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk mengganti bahkan mendapat komponen internal yang baru.

Tak bisa dipungkiri akibat telat ganti oli motor juga membuat mesin jadi overheating alias lebih cepat panas. Selain itu, bahan bakar yang biasa kalian gunakan secara berkala justru semakin boros akibat kalian tak kunjung mengganti oli motornya.

Risiko lainnya adalah kalian tidak akan merasa nyaman saat berkendara, apalagi dalam jarak tempuh cukup jauh antar kota. Kamu pun bakal merasakan usia motor semakin pendek sehingga dapat membuatmu harus membeli kendaraan baru.

Kapan Ganti Oli Motor?

Manfaat ganti oli motor yang harus kalian tahu adalah menjaga mesin kendaraan selalu dalam keadaan bersih. Hal ini dikarenakan timbulnya gesekan antar komponen dari mesin motor ternyata menghasilkan kotoran dari dalam.

Selain itu, waktu ideal mengganti oli motor harus dilakukan setelah mencapai batas jarak tempuh maksimum sejauh 2.000 s/d 3.000 km. Motor yang telah melampaui jarak tempuh hingga 3.000 km biasanya telah dipakai selama kurang lebih 2-3 bulan.

Sementara itu, bila kalian baru saja melewati jarak tempuh sejauh 200 km dalam kurun waktu sehari, maka bisa mengganti oli motor per 2 minggu sekali. Tujuannya supaya kalian bisa terhindar dari masalah internal seperti mesin kendaraan mati mendadak akibat bekerja terlalu keras.

Kalian tidak dianjurkan menggunakan motor secara terus menerus karena mesinnya perlu beristirahat pada kondisi tertentu. Sedangkan kamu bisa memanaskan mesinnya selama 15 menit kalau motornya memang tidak digunakan.

Berapa Biaya Ganti Oli Motor?

Biasanya biaya ganti oli motor merupakan akumulasi antara harga oli motor dengan upah jasa mekanik atau tukang bengkel yang sudah kamu pilih. Kendati demikian, penggantian oli motor secara mandiri dengan bantuan tenaga bengkel punya perbedaan cukup signifikan.

Selisih perbedaan budget antara bengkel resmi atau mandiri ternyata tidak terlalu besar lho. Daripada kamu memikirkannya, kami bakal bocorkan berapa harga oli dan tenaga bengkel yang harus kamu siapkan.

Biasanya harga oli cenderung variatif, sedangkan harga oli gardan motor matic lebih terjangkau daripada harga oli mesin. Secara umum oli gardan berukuran 120 ml dijual mulai dari Rp.10,000 s/d Rp.20,000.

Selain itu, oli mesin motor dijual di pasaran ternyata harganya berkisar antara Rp.35,000 s/d Rp.90,000. Semuanya tergantung merek oli motor yang kamu gunakan, semakin bagus kualitas dan mereknya maka bisa dipastikan kalau harganya bakal lebih mahal.

Sementara itu, upah tenaga bengkelnya juga harus kalian perhatiikan karena penggantian oli motor di bengkel mandiri cenderung menghabiskan budget mulai dari Rp.30,000 sampai Rp.50,000. Sedangkan bengkel resmi ternyata memasang tarif lebih mahal lantaran memberikan service lainnya.

Demikian pembahasan mengenai biaya ganti oli motor yang harus kamu perhatikan dengan seksama. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa jadi referensi untuk kalian sebagai pemilik kendaraan roda dua.

Jangan pernah membiarkan oli motor sampai habis karena pihak pabrik maupun bengkel akan selalu menyarankan penggantian olinya dilakukan sebelum volumenya berkurang. Jika kamu ingin tahu hal-hal informatif lainnya, silakan akses situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...