Biaya Ganti Oli Transmisi Matic

Berapa sebetulnya biaya ganti oli transmisi matic saat ini? Pertanyaan ini hampir didebatkan banyak orang yang punya mobil dengan transmisi otomatis, serta siapa saja yang berniat ingin membeli mobil transmisi matic.

Tak bisa dipungkiri kalau mengganti oli kendaraan adalah hal wajib yang harus dilakukan semua pemilik kendaraan. Kamu harus melakukannya secara berkala baik sekadar mengganti pelumas mesin maupun transmisi, semuanya perlu diperhatikan.

Seperti kita tahu kalau oli transmisi punya peran penting seperti oli mesin karena satu sama lain selalu menunjang keamanan dan kenyamanan kalian selama berkendara, baik jarak dekat atau jauh.

Oleh karena itu, kami sarankan kalian harus mengganti oli transmisi secara berkala ke bengkel resmi atau umum terdekat. Kami yakin semua pemilik kendaraan roda empat tidak perlu habiskan budget terlalu mahal karena bengkel mana pun selalu berikan harga kompetitif.

Beberapa orang ternyata masih sering mengabaikan penggantian oli transmisi matic karena dianggap tidak begitu penting. Padahal, oli transmisi memiliki andil besar terhadap kinerja komponen kendaraan mobil kesayangan kalian lho.

Apabila kamu mengabaikannya begitu saja dalam jangka panjang, dipastikan berdampak buruk terhadap kendaraanmu. Alangkah baiknya kalian mengganti oli transmisi matic dengan mencari sumber terpercaya soal kapan olinya harus diganti.

Biaya Ganti Oli Transmisi Matic

Biaya Ganti Oli Transmisi Matic
Biaya Ganti Oli Transmisi Matic

Apabila kalian mengganti oli transmisi matic secara berkala, diharapkan kalian mampu menjaga komponen yang berada dalam girboks matic. Tak hanya itu, penggantian pelumas tersebut berdampak besar terhadap kualitas kandungan oli yang mengalir dari dalam transmisi nya lho.

Jangan pernah menganggap sepele tentang mengganti oli transmisi matic yang bisa dilakukan kapan saja, sedangkan penundaannya berisiko fatal terhadap komponen kendaraan kalian.

Biasanya kalian bakal menerima informasi berupa arahan soal mengganti oli transmisi dari pihak pabrikan kalau kalian membeli mobil baru. Kamu cenderung diarahkan menggantinya pada momen tertentu, termasuk dari jarak tempuh perjalanan yang sudah kalian lewati selama memakai kendaraan tersebut.

Oleh karena itu, semakin jauh jarak tempuh yang telah kamu lampaui, mungkin saja oli transmisi memang harus diganti dengan meminta bantuan tukang bengkel berpengalaman.

Biaya Ganti Oli Transmisi Matic, Berapa Budget yang Dibutuhkan?

Hal yang utama untuk diperhatikan selain soal biaya ganti oli transmisi matic adalah kapan kalian harus menggantinya. Pasalnya, tidak semua orang tahu mengenai waktu tepat mengganti oli transmisi matic lewat bengkel resmi atau umum terdekat.

Kamu tidak perlu habiskan waktu lama untuk menggantinya karena sebagian besar bengkel cukup meminta waktu pengerjaannya dalam hitungan menit saja. Kalian bakal tahu ulasannya sebagai berikut :

Berapa Biaya Ganti Oli Transmisi Matic?

Biasanya setiap pemilik kendaraan harus tahu soal biaya ganti oli transmisi matic. Tujuannya bukan hanya sekadar menambah pengetahuan kalian, namun juga kalian bisa menyiapkan budget untuk mengganti olinya di bengkel.

Kendati demikian, anggaran yang harus kalian siapkan mempunyai banderol variatif lho. Semuanya tergantung bengkel maupun merek pelumas yang akan kalian gunakan ke dalam kendaraan kesayangan agar dapat dikemudikan dengan aman dan nyaman.

Seandainya kalian mengganti oli transmisi matic di bengkel resmi, maka kamu bisa habiskan budget lebih banyak. Akan tetapi, service record dan pemakaian oli transmisi pada mobil telah sesuai dengan anjuran pabrikan.

Sedangkan penggantian oli transmisi melalui bengkel umum justru terjangkau. Kamu juga boleh memilih merek oli yang sesuai dengan budget, biasanya kalian akan disarankan membeli oli transmisi matic sekitar 4 sampai 5 liter saja dan kamu cukup hitung harga oli per liter dari bengkelnya.

Biasanya penggantian oli transmisi matic sekitar Rp.750,000 sampai Rp.900,000. Apabila ditambah ongkos saja, maka kamu bisa habiskan budget hingga Rp.1 juta. Tak hanya itu, anggaran pengurasan oli transmisi juga lebih banyak daripada mengganti olinya saja.

Biasanya menguras oli transmisi butuh sampai 8 liter dan ongkosnya pun agak mahal. Budget yang disiapkan mungkin mencapai satu juta ke atas tergantung jenis dan tipe mobil yang kamu miliki.

Jika kalian ingin memangkan biaya ganti oli transmisi matic, maka kalian bisa melakukannya sendiri dari rumah. Kami sarankan kamu sudah memahami dan menguasai semua prosedurnya terlebih dahulu, serta peralatan apa saja yang dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan penggantian oli transmisi matic tidak bisa dilakukan sembarangan. Apabila kamu salah bahkan asal-asalan menggantinya, dipastikan komponen internal mobil bisa rusak dalam waktu dekat.

Akibat Telat Ganti Oli Transmisi Matic

Setiap pemilik kendaraan yang telat mengganti oli transmisi matic tentu saja bakal mengalami dampak serius dan tidak bisa disepelekan. Kami beritahukan kalau gejala kerusakan mungkin saja timbul diluar prediksi kalian lho.

Seandainya kalian telah menemukan kerusakan pada sistem transmisi, bisa saja kamu bakal menghabiskan budget lebih banyak. Maka dari itu, sebaiknya kamu merawat transmisi matic sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan pihak pabrik.

Gejala umum yang hampir sering ditemukan adalah munculnya kopling selip. Tak bisa pungkiri kondisi tersebut berpotensi mengakibatkan hilangnya keseimbangan putaran mesin dengan laju kendaraan.

Mesin mobil bakal menghasilkan suara bising, tetapi tidak seimbang dengan laju mobilnya. Bahkan, hentakan gigi persneling pada waktu dipindahkan pun kerap terjadi. Kerusakan tergolong wajar juga dikarenakan pemakaian normal perlu overhaul transmisi.

Kalian harus menghabiskan budget mulai dari Rp.2 juta sampai Rp.3 juta, tergantung tipe mobil kalian masing-masing. Walaupun angka tersebut cukup tinggi untuk beberapa orang, tetapi nilainya seimbang dengan kenyamanan yang akan kamu terima nanti lho, apalagi kalau sudah mengendarai mobil matic sampai 100 ribu km jarak tempuhnya.

Kamu juga bisa memakai paket hemat overhaul transmisi matic yang ditujukan kepada pengguna kendaraan selama 8-10 tahun dengan harga perbaikan sebesar Rp.4 juta sampai Rp.5 juta.

Cara Merawat Mobil Transmisi Matic

Jika kamu sudah menemukan kerusakan pada mobil matic, segera bawa ke bengkel dan jangan pernah membiarkannya karena budget yang akan dihabiskan pun lebih banyak dari prediksi lho. Alangkah baiknya kamu memperlakukan transmisi otomatis mobil dengan benar dan tepat.

Untuk merawatnya pun tergolong sederhana, kalian hanya perlu memposisikan transmisinya dengan baik. Perlu diterapkan dan dijadikan rutinitas ketika berkendara menggunakan mobil matic.

Ketika mobilnya berhenti seperti sedang macet atau lampu merah, maka tuas transisinya bisa diposisikan ke Netral (N). Kamu harus pastikan tidak membiarkan tuasnya berada di posisi Drive (D). Pasalnya, ketika mobilnya berhenti pada tuas tersebut, maka bisa menimbulkan kanvas kopling tetap bergesekan.

Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, maka bisa mengakibatkan kanvas kopling cepat aus, sedangkan transmisi matic tidak dapat berfungsi secara optimal.

Demikian ulasan lengkap tentang biaya ganti oli transmisi matic yang bisa jadi sumber terpercaya untuk semua pengguna kendaraan roda empat bertransmisi otomatis.

Jangan pernah mengabaikan pedoman merawat mobil matic seperti pembahasan kami di atas agar kamu dapat mendapatkan kinerja mesin kendaraan yang baik dan optimal. Apabila kamu ingin tahu uraian menarik lainnya, kalian dapat mengakses laman utama Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...