Biaya IUP UGM

  • Whatsapp

Menjadi seorang mahasiswa, sudah seperti halnya kewajiban yang harus ditempuh oleh para remaja saat ini. Pasalnya, banyak sekali perusahaan yang memberikan persyaratan kepada calon pelamarnya untuk memiliki setidaknya gelar sarjana demi mempermudah jalur masuk seleksi karyawan. Berikut biaya IUP UGM.

Seperti yang telah diketahui, kampus UGM atau Universitas Gadjah Mada termasuk dari salah satu kampus negeri bergengsi yang banyak diincar oleh masyarakat. Baik lokal maupun internasional. Oleh karena itu, tidak heran jika akhirnya pihak kampus menerapkan program IUP bagi para calon mahasiswa.

Read More

IUP atau International Undergraduate Program, baru dapat kalian temukan di UGM hanya di 9 fakultas tertentu saja. Kebanyakan, fakultas yang menyediakan program unggulan satu ini, tersedia di fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, serta fakultas sosial dan politik.

Proses penyeleksian untuk para mahasiswa IUP sendiri, terpisah dari jalur seleksi yang biasa diadakan secara nasional. Kuota penerimaannya juga sangat terbatas. Mulai dari 20 sampai dengan 80 kursi saja. Menariknya, setiap mahasiswa IUP dapat merasakan kuliah di luar negeri. Penasaran? Simak biaya IUP UGM dibawah ini!

Biaya IUP UGM

Biaya IUP UGM
Biaya IUP UGM

Biaya IUP UGM Kedokteran

Buah cita-cita yang tertanam sejak masa kecil, terkadang masih menjadi landasan utama bagi beberapa masyarakat untuk kehidupannya di masa depan kelak. Salah satu angan yang sering dijumpai di berbagai lapisan masyarakat, yaitu ingin menyandang gelar profesi sebagai seorang dokter.

Entah itu dokter anak, dokter hewan, dokter ahli bedah dan lainnya. Intinya, masih banyak orang yang menganggap bahwa menjadi dokter adalah pencapaian yang luar biasa. Padahal, apapun profesi yang digeluti oleh kalian nantinya, itu semua merupakan anugerah terbesar dari hasil kerja keras diri selama ini.

Terkait:  Biaya Ganti BPKB Motor

Akan tetapi, buat kalian yang sudah sangat mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu bagian dari para pahlawan berjas putih ini, bisa mencoba untuk mengikuti jalur IUP yang diselenggarakan oleh UGM. Daya tampung yang tersedia tidak banyak, hanya sekitar 75 kursi. Oleh sebab itu, selain siap otak juga harus siap mental.

Besarnya biaya aplikasi untuk jalur IUP fakultas kedokteran, mencapai angka Rp 2.250.000,- atau sebesar USD$225. Sedangkan uang sekolah atau biaya per semesternya, kurang lebih sekitar Rp 45.000.000,- hingga Rp 65.000.000,-.Berlaku untuk pelajar lokal maupun internasional.

Proses seleksi yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa IUP,  terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama, rangkaian acaranya mulai dari terima, kemudian GMST. Dilanjutkan dengan tahapan berikutnya, yaitu wawancara, MMPI dan SJT yang tergabung menjadi satu kesatuan dalam tes masuk tahap 2.

Asupan pertama, dilakukan secara online pada hari Kamis sampai dengan Jum’at, 18 hingga 19 Februari 2021. Berikutnya, intake ke-2 masih melalui online, di tanggal 22 sampai 23 April 2021. Terakhir, yakni asupan ke-3 dimulai di tanggal 17 hingga 18 Juni 2021. Masih dengan periode pendaftaran yang sama, tahap kedua hanya dilaksanakan sehari.

Rangkaian acara seleksi masuk tahap 2, asupan pertama dimulai pada hari Minggu tanggal 21 Februari 2021. Kemudian, intake ke-2 di tanggal 25 April 2021. Penyeleksian berakhir di asupan ke-3 pada hari Minggu, 20 Juni 2021. Pemberitahuan hasilnya, akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari, 3 Mei, serta 28 Juni 2021.

Informasi link pendaftarannya, dapat kalian temukan disini. Sebagian besar keseluruhan proses pendaftaran hingga penerimaan mahasiswa dilakukan sesuai dengan instruksi dari Menristedikti Nomor 1/M/INS/2019, panitia ujian yang bertugas tidak diperbolehkan menyediakan air minum kemasan.

Namun, di beberapa titik akan disediakan pompa air isi ulang untuk minum. Oleh karena itu, bagi para calon mahasiswa disarankan untuk mempersiapkan dan membawa botol minum atau tumbler masing-maisng. Diwajibkan para calon mahasiswa FK tidak buta warna serta merupakan lulusan sekolah di tiga tahun terakhir dari jenjang yang ditempuh.

Terkait:  Biaya IUP UGM Kedokteran

Biaya IUP UGM Psikologi

Cabang ilmu yang mempelajari serta mendalami perihal mental, pikiran serta perilaku setiap manusia, dikenal dengan istilah psikologi. Selain kesehatan secara fisik, banyak orang yang membutuhkan kesehatan mental demi menjalani kehidupan yang seimbang. Disamping itu, orang-orang yang terganggu mentalnya, harus sering mendapat perhatian secara khusus.

Berbeda dengan luka fisik yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Luka yang membuat penderitanya sampai terganggu kesehatan mentalnya, terkadang tidak mudah diketahui ataupun dilihat karena bersifat kasat mata. Hadirnya ilmu psikologi ini, sangat membantu mereka yang membutuhkan pengobatan dari segi mental.

Pertama-tama, hal yang perlu kalian ketahui mengenai IUP UGM ini, program unggulan tersebut sudah ada sejak berdirnya UGM dari 50 tahun silam. Bahkan, para staf atau tenaga pengajarnya juga dilatih berdasarkan standar pengajaran internasional. Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus mutakhir dan handal.

Selama menjalani kehidupan di kampus sebagai salah satu mahasiswa IUP UGM, nantinya kalian dapat melalukan kegiatan olahraga, keunggulan di bidang akademik yang tinggi, performa budaya, hingga aktivitas magang yang dapat membantu para mahasiswa merasakan pengalaman di dunia kerja secara langsung.

Daya tampung untuk para calon mahasiswa IUP di fakultas psikologi ini, sebanyak 80 kursi. Lebih besar kuotanya dibandingkan dengan fakultas farmasi yang hanya menyediakan kursi sebanyak 20 buah saja. Sehingga, peluang untuk dapat lolos menjadi bagian dari keluarga besar kampus UGM dalam program IUP semakin besar.

Biaya administrasi yang perlu kalian persiapkan untuk mengikuti tesnya, sebesar Rp 1.500.000,-. Sedangkan uang kuliah yang disetorkan setiap semesternya, kurang lebih mencapai angka di Rp 30.000.000,-. Besarnya nominal yang telah disebutkan, sudah termasuk dengan biaya program student exchange yang dapat diikutsertakan.

Terkait:  Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Selain pertukaran pelajar, ada juga program menarik lainnya, diantaranya short Course, International Conference, research internship, serta kegiatan relawan atau volunteriing dalam program magang. Namun, sayangnya bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui beasiswa, IUP UGM tidak menyediakan hal tersebut.

Persyaratan lain yang harus diperhatikan supaya lolos dalam proses seleksi IUP UGM di jurusan psikologi ini, kalian wajib mengikuti tes bahasa inggis. Adapun nilai yang dijadikan standar untuk dapat melanjutkan pendaftaran IUP, TOEFL ITP minimalnya mendapatkan angka 500, TOEFL IBT scorenya sebesar 59-60, dan IELTS senilai 5.

Memang prosedurnya terlihat banyak dan cukup panjang. Akan tetapi, hal tersebut harus dilalui oleh setiap calon mahasiswa IUP UGM psikologi. Keseluruhan proses seleksi akan diadakan secara online, mengingat kondisi penyebaran wabah virus corona yang belum berakhir di tahun 2021.

Kalian yang memiliki latar belakang pendidikan ketika di SMA (Sekolah Menengah ke Atas) selain dari jurusan IPA, dapat tetap bergabung dengan proses seleksi IUP UGM psikologi. Hanya saja, tidak diperkenankan bagi mahasiswa yang berada di kelas umum jurusan psikologi untuk tiba-tiba pindah ke jalur IUP tanpa melalui seleksi.

Banyak dari kalian pasti bercita-cita mendapatkan pembelajaran yang terbaik demi kehidupan karir yang cemerlang. Di kesempatan kali ini, informasi seputar biaya IUP UGM,. Biaya IUP UGM kedokteran serta biaya IUP UGM psikologi disampaikan untuk membantu para pembaca memperoleh gambaran di masa depan nanti.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu berusaha dengan sungguh-sungguh dalam menggapai mimpi yang terkadang dianggap seperti sebuah hal yang mustahil untuk digapai. Sampai jumpa di pembahasan lainnya. See you soon!

Related posts