Biaya Grooming Kucing

  • Whatsapp

Bagi kalian yang punya kucing peliharaan, kamu harus tahu berapa biaya grooming kucing supaya bisa membuat tampilannya bisa lebih bersih dan sehat. Lantas, apakah grooming kucing penting? Benar.

Grooming sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib yang sudah harus dilakukan setiap pemilik kucing pribadi. Hal ini dikarenakan pemilik kucing peliharaan diwajibkan melakukan perawatan grooming minimal sebulan sekali atau dua kali untuk menjaga kesehatannya.

Grooming merupakan kegiatan memandikan kucing agar bulunya lebih bersih, wangi dan terhindar dari kotoran maupun kutu. Selain itu, harganya juga sesuai dengan jenis kucing dan layanan grooming pilihan kalian.

Grooming penting sekali dilakukan, terutama untuk beberapa jenis kucing tertentu seperti Persia, Anggora dan kucing-kucing berbulu lebat lainnya. Walau dianggap sepele, namun grooming kucing bisa memberi dampak besar untuk hewan kesayangan kalian lho.

Taj bisa dipungkiri bahwa grooming juga mampu mencegah masa kulit pada kucing kesayangan kalian. Pada dasarnya, grooming juga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bermodal shampoo maupun sabun khusus kucing dengan peralatan khusus seperti pengering bulu kucing, sisir maupun sikat untuk merapikan bulunya.

Jangan lupa menggunakan handuk dan perlengkapan lainnya supaya memastikan kondisi bulunya benar-benar bersih setelah dimandikan.

Biaya Grooming Kucing

Biaya Grooming Kucing
Biaya Grooming Kucing

Barangkali kalian menganggap memandikan dan merawat kucing adalah kegiatan sepele. Pasalnya, aktivitas tersebut tidak selalu dianggap mudah seperti membalikkan telapak tangan karena pemiliknya butuh kesabaran dan ketelatenan.

Kucing termasuk salah satu hewan yang jarang bahkan tidak suka terkena air. Bagi kamu yang merasa tidak handal bahkan profesional dalam memandikan kucing, kamu bisa mengandalkan petshop atau salon hewan yang punya layanan grooming khusus kucing.

Terkait:  Biaya Layanan Kartu Kredit

Layanan grooming untuk kucing di petshop atau salon hewan bahkan dilakukan secara profesional dengan peralatan canggih. Hasilnya juga relatif memuaskan daripada grooming yang kalian lakukan sendiri di rumah lho.

Apabila kamu berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, biasanya pemilik kucing harus merogoh kocek mulai dari Rp.50 ribu sampai Rp.400 ribu untuk sekali perawatannya. Segalanya tergantung jenis threatment pilihan kalian yang disesuaikan dengan budget dan kondisi fisik si kucing saat ini.

Biaya Grooming Kucing, Apa Tujuan Perawatannya?

Hampir semua orang penasaran berapa biaya grooming kucing yang harus dikeluarkan untuk sekali perawatan di petshop atau salon hewan. Barangkali kamu mungkin pernah datang ke sana untuk mendapat layanan perawatan untuk kucing kesayangan, mulai dari dimandikan sampai perawatan lainnya.

Harganya juga tergantung jenis threatment pilihan kalian yang tidak selamanya menguras kantong. Kamu akan tahu rincian lengkapnya lewat pembahasan sebagai berikut :

Harga Grooming Kucing di Jakarta

Kategori Grooming / Ukuran Kucing Kucing Kecil Kucing Besar  
Mandi Biasa Rp.50,000 Rp.125,000
Mandi Anti Kutu Rp.75,000 Rp.150,000
Mandi Anti Jamur Rp.75,000 Rp.150,000
Mandi Kombinasi Rp.100,000 Rp.200,000
Mandi Maintenance Rp.200,000 Rp.300,000

Harga Perawatan Kucing di Jakarta

Jenis Layanan Harga
Full Grooming Cat Short Hair 0-2,9 kg Rp.70,000
Full Grooming Cat Long Hair 0-2,9 kg Rp.75,000
Full Grooming Cat Short Hair 3-4,9 kg Rp.90,000
Full Grooming Cat Long Hair 3-4,9 kg Rp.95,000
Full Grooming Cat Short Hair 5-7,9 kg Rp.115,000
Full Grooming Cat Long Hair 5-7,9 kg Rp.120,000
Full Grooming Cat Short Hair 8-12,9 kg Rp.125,000
Full Grooming Cat Long Hair 8-12,9 kg Rp.130,000
Mandi Kutu / Jamur Cat 0-2,9 kg Short Hair Rp.130,000
Mandi Kutu / Jamur Cat 3-4,9 kg Short Hair Rp.140,000
Mandi Kutu / Jamur Cat 5-7,9 kg Short Hair Rp.150,000
Mandi Kutu / Jamur Cat 5-7,9 kg Long Hair Rp.155,000
Mandi Kutu / Jamur Cat 8-12,9 kg Short Hair Rp.160,000
Mandi Kutu / Jamur Cat 8-12,9 kg Long Hair Rp.165,000
Terkait:  Biaya Cat Bemper Mobil

Tips Grooming Kucing

Barangkali kamu tidak tahu kalau grooming kucing memiliki beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan kondisi kucing kesayangan kalian sehat dan bugar. Tak bisa dipungkiri rasa takut yang dimiliki kucing saat terkena air bukan karena mereka memang tidak suka air.

Namun, saat memandikan kucing ternyata mampu menimbulkan risiko stress pada kucing itu sendiri. Alhasil kamu harus memastikan kondisi kucing kalian sehat agar dapat dimandikan.

Kedua, gunakan peralatan yang benar karena merawat kucing butuh perlengkapan khusus seperti handuk, hairdryer, pemotong kuku, pembersih telinga sampai alat-alat lainnya.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak petshop soal peralatan apa saja yang harus dipakai untuk grooming sesuai jenis kucing peliharaanmu saat ini. Jika kucing kalian berjenis bulu panjang seperti Persia, maka kamu bisa memakai sisir bergerigi lebar untuk mencegah rontok.

Kalian juga perlu memotong kuku dan menyisir bulu kucing sebelum grooming. Apabila bulu kucing kusut sebelum dimandikan, maka bulunya bisa rusak lho. Jangan lupa meembasuh kucing secara perlahan agar hewan kesayangan dapat terbiasa dimandikan secara teratur.

Kamu bisa mengusap bulunya dengan lembut sambil memakai sabun atau shampoo khusus kucing, pastikan air yang digunakan tidak terlalu dingin atau panas agar grooming bisa berjalan lancar.

Tips terakhir adalah pastikan permukaan badan kucing benar-benar kering setelah dimandikan. Gunakan handuk atau lap kering untuk membersihkan seluruh bulu tubuhnya sambil dikeringkan menggunakan hair dryer.

Tujuannya supaya bisa terhindar dari permukaan kulit kucing yang lembab, sedangkan permukaannya yang lembab mampu menimbulkan jamur lho. Pastikan seluruh tubuh dan bulunya kering supaya bisa diajak bermain dan beraktivitas setiap hari.

Terkait:  Biaya Transfer ATM Link

Manfaat Grooming Kucing

Grooming untuk kucing ternyata memberikan dampak besar seperti membersihkan bakteri dan kutu dari permukaan tubuh hewan. Pasalnya, kucing merupakan salah satu binatang peliharaan yang sering beradaptasi di lingkungan bebas, sedangkan ia pun kerap tidur atau bersandar di tempat tertentu yang belum terjamin kebersihannya.

Oleh karena itu, grooming untuk kucing terbukti ampuh dan efektif menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel di tubuhnya.

Kucing juga bisa terhindar dari kerontokan pada bulu tubuhnya. Hal ini dikarenakan bakteri dan kutu yang menempel di tubuh akibat tidak dibersihkan membuat ia sering menggaruk bulu tubuh.

Maka dari itu, kebersihan yang diperhatikan secara berkala membuat tubuhnya tetap bersih dan sehat sehingga bulu kucing dapat terjaga keindahan dan kelebatannya. Kamu yang sering melakukan grooming juga mampu mencegah bulunya menggumpal (hairball) lho.

Tak mustahil bahwa grooming khusus kucing juga mampu menghindari stress terhadap hewan kesayangan kalian lho. Bagaimana tidak, kucing yang jarang dibersihkan bisa mengakibatkan sang hewan stress akibat kotoran yang menempel di tubuhnya.

Di sisi lain kamu juga bisa mencegah iritasi kulit pada tubuh kucing peliharaan karena sering dimandikan secara teratur. Gunakan produk kesehatan terbaik yang bisa didapatkan di petshop atau salon hewan terdekat.

Demikian pembahasan mengenai biaya grooming kucing yang bisa jadi referensi untuk semua pemilik hewan peliharaan menggemaskan itu. Kami pastikan daftar harga grooming khusus kucing di atas bisa berubah sewaktu-waktu, serta berbeda di setiap wilayah.

Kamu bisa kunjungi petshop atau salon hewan terdekat untuk memastikan harganya nyaris sama atau selisih sedikit. Untuk informasi menarik lainnya, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Related posts