Biaya Haji Badal

Biaya Haji Badal

Bagi seorang Muslim, menunaikan ibadah haji merupakan sebuah kegiatan yang dimimpikan karena penganut agama Islam pasti ingin menginjakkan kaki di Tanah Suci. Oleh karena itu, kalian harus tahu berapa biaya haji badal maupun rangkaian ibadah lainnya agar kamu dapat melaksanakan kewajiban tersebut.

Meski begitu, ibadah haji hanya dituntut kepada umat muslim yang sudah mampu secara finansial karena banyak sekali budget untuk disiapkan sejak awal.

Tak sedikit umat Muslim seperti kamu pasti bertanya apakah ibadah haji hanya memiliki satu golongan saja pada umumnya. Namun, tahukah kalian? Ibadah tersebut ternyata punya berbagai macam jenis yang satu sama lain memiliki tujuannya sendiri.

Kalian mungkin akan berpikir kalau semua ibadah haji akan dilaksanakan dengan menghabiskan waktu lebih dari sebulan. Sedangkan aktivitas spiritual tersebut hanya memberikan pahala untukmu sebagai pelaku utama yang melakukannya.

Hal yang utama adalah kalian harus tahu setiap tujuan dari rangkaian ibadah haji dalam agama Islam, termasuk haji badal. Hal ini dikarenakan haji badal merupakan salah satu aktivitas spiritual khusus yang tidak bisa disepelekan.

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali umat Muslim yang ingin sekali menjalaninya agar dapat memperkuat imannya, serta memanjatkan doa khusus kepada orang tua atau kerabat terdekat yang sudah lebih dulu mendahuluinya.

Biaya Haji Badal

Biaya Haji Badal
Biaya Haji Badal

Haji merupakan salah satu ibadah yang pasti diinginkan semua umat Muslim dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bagaimana tidak, banyak orang ingin sekali menginjakkan kakinya di Tanah Suci – Mekah supaya bisa memaksimalkan rangkaian ibadah secara Islam agar dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Terkait:  Biaya Cek Kesehatan

Oleh karena itu, tak sedikit orang rela menghemat pengeluaran untuk menyimpan budget supaya bisa berangkat ke Tanah Suci sendiri maupun bersama orang terkasih.

Apabila kamu merupakan seorang anak yang sudah tidak memiliki orang tua, maka bisa menunaikan ibadah haji kepada orang tua. Bagaimana caranya? Kalian bisa menunaikan haji badal yang belakangan ini sedang ramai diperbincangkan banyak orang.

Bukan hanya itu, budget yang harus kamu siapkan ternyata mungkin lebih murah daripada menunaikan ibadah haji secara umum. Wajar saja banyak orang yang ingin menjalankannya untuk melengkapi ibadah demi berbakti kepada orang tuanya.

Biaya Haji Badal, Apa Ketentuan dan Syaratnya?

Seperti kita tahu kalau ibadah haji merupakan salah satu rangkaian ibadah dalam agama Islam yang hanya ditujukan kepada orang-orang mampu secara finansial. Selain itu, kamu bisa mewujudkannya dengan menekan pengeluaran demi mempunyai budget untuk datang langsung ke Tanah Suci.

Tujuannya bukan semata-mata demi dirimu saja, namun juga kepada orang tua tercinta yang sudah berpulang ke Rahmatullah. Kamu bakal tahu semua ketentuan dan syarat haji badal sebagai berikut :

Apa Itu Haji Badal?

Badal Haji merupakan ibadah haji yang dilakukan untuk menggantikan peran orang lain. Biasanya tujuannya sama seperti ibadah haji, namun kegiatan ini hanya ditujukan kepada seseorang yang sudah meninggal dunia atau sudah tidak bisa menunaikan ibadah haji.

Maka dari itu, ibadah haji badal akan memberikan pahala untuk orang yang kamu gantikan. Untuk menunaikan ibadah ini, maka kamu bisa mendaftarkan diri pada agen yang menyediakan paket ibadah tersebut, sedangkan kamu tidak boleh melaksanakannya sembarangan.

Syarat Ibadah Haji Badal

  • Orang yang digantikan berhaji harus memenuhi ketentuan ibadah haji seperti mampu secara ekonomi. Kondisi ini merupakan syarat utama dalam berhaji, sedangkan orang yang digantikan dalam keadaan berhalangan atau terdapat uzur tertentu seperti sakit bahkan meninggal dunia.
  • Orang yang digantikan berhaji harus sudah menunaikan ibadah haji terlebih dahulu. Orang yang bakal berangkat untuk badal haji wajib berhaji dulu.
  • Ibadah ini bisa dilakukan pria maupun wanita untuk menggantikan orang lain. Contohnya seorang pria menggantikan wanita dan sebaliknya. Tetapi, badal haji hanya bisa menggantikan satu orang saja dan tidak bisa menutupi dua orang sekaligus.
Terkait:  Biaya Langganan Spotify

Hukum Ibadah Haji Badal

Apabila orang yang digantikan sudah meninggal dunia, namun semasa hidupnya sudah mampu menunaikan ibadah haji, maka hukumnya wajib menghajikan para ahli warisnya. Walapun orang tersebut tidak pernah memberikan wasiat untuk menghajikannya sekalipun.

Hal ini dikarenakan haji merupakan rukun Islam kelima dan wajib dikerjakan kalau sudah mampu secara ekonomi. Ketentuan ini bahkan ditegaskan dalam firman Allah SWT yang berbunyi :

“Mengerjakan ibadah haji ke Baitullah adalah kewajiban bagi manusia terhadap Allah SWT, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.” (QS. Al-Imran : 97).

Sementara itu, terdapat dalil-dalil yang menyebutkan soal bolehnya menghajikan orang lain, baik karena sakit sehingga tidak dapat melakukannya ataupun telah meninggal dunia terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah haji, di antaranya :

“’Wahai Rasulullah SW, ayahku sudah mampu wajib haji, akan tetapi dia sudah tua renta dan tidak bisa lagi duduk di atas kendaraan. Apakah boleh aku yang melakukan ibadah haji untuknya?’ maka jawaban Rasulullah SAW adalah, ‘Ya, Berhajilah untuknya.’.” (HR.Bukhari Muslim).

Seorang anak disunahkan untuk menghajikan orang tuanya yang sudah meninggal dunia maupun tidak bisa lagi menunaikan ibadah haji secara fisik. Dalam salah satu hadist Rasulullah SAW pernah berkata kepada Abu Razin, yaitu :

“Berhajilah untuk ayahmu dan berumrahlah.”

Dalam riwayat Jabir dikatakan bahwa :

“Barangsiapa yang menghajikan ayah nya atau ibu nya, maka dia sudah menggugurkan kewajiban haji keduanya, dan dia mendapatkan keutamaan sepuluh haji.”.

Riwayat Ibnu Abbas dikatakan bahwa :

“Barangsiapa melaksanakan ibadah haji untuk kedua orang tuanya, atau membayar hutangnya, maka dia bakal dibangkitkan di hari kiamat nanti bersama orang-orang yang dibebaskan.”.

Berapa Biaya Haji Badal?

Secara umum seseorang yang ingin menunaikan ibadah ini tidak perlu menghabiskan budget terlalu mahal layaknya haji pada umumnya. Hal ini dikarenakan biaya haji badal ternyata lebih murah karena berkisar antara Rp.10 juta sampai Rp.15 juta, sedangkan seluruh rangkaian ibadahnya sama seperti menunaikan ibadah haji biasa.

Terkait:  Biaya Administrasi Transfer Antar Bank

Kini, banyak sekali agen travel umrah yang menawarkan paket ibadah ini untuk kalian supaya bisa menggantikan orang lain, terutama orang tua yang sudah meninggal dunia.

Kalian tidak boleh sembarangan menunaikan ibadah ini bahkan menganggapnya sebagai suatu hal sepele. Beberapa orang beropini kalau kalian tidak perlu melaksanakan ibadah haji lagi karena ibadah ini ternyata bisa diwakilkan.

Maka dari itu, kalian hanya perlu membayar biaya untuk berhaji kepada seseorang yang bakal menunaikan ibadah haji bagi dirimu sendiri, sedangkan konteksnya dilarang keras (haram) dalam syariat agama Islam karena kamu masih bisa menunaikan ibadah haji bila mampu secara finansial dan fisik.

Demikian pembahasan lengkap seputar biaya haji badal yang harus diketahui semua pembaca beragama Islam. Semoga impianmu untuk menunaikan ibadah haji dan menggantikan peran orang tua bisa terlaksana dengan mengamati pembahasan ini sebagai referensi terpercaya.

Kamu juga tidak perlu habiskan uang banyak karena budget nya lebih murah dengan prosedur yang sama dengan rangkaian ibadah haji biasa. Kamu bisa tahu informasi menarik lainnya via laman utama Pindah Lubang di https://www.pindahlubang.com/.

Similar Posts