Biaya Haji Furoda

Biaya Haji Furoda

Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Oleh karena itu, banyak orang penasaran berapa biaya haji furoda maupun ibadah haji biasa yang harus dikeluarkan setiap calon jemaahnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa Haji Plus merupakan salah satu paket ibadah lengkap yang dapat kalian nikmati hanya dengan menghubungi jasa travel dan umrah terdekat, serta dipercaya semua orang karena legalitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Lantas, apa itu Haji Furoda? Secara umum Haji Plus ini merupakan salah satu ibadah umat muslim yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan visa Furoda. Haji Khusus Furoda menjadi salah satu program haji non kuota dimana calon Jemaah tidak perlu sibuk antre seperti pendaftaran calon haji reguler.

Selain itu, siapapun tidak perlu merogoh kocek terlalu besar layaknya pengajuan keberangkatan haji reguler karena banyak sekali jasa tour dan travel yang menyediakan paket ibadah ini.

Haji Khusus Furoda memang berbeda dengan ibadah haji reguler maupun Haji Plus. Hal ini dikarenakan kalian bukan menggunakan visa Haji untuk menginjakkan kaki di Tanah Suci, Mekah nanti.

Maka dari itu, kalian bisa bertanya dan menghubungi langsung jasa perjalanan umrah terdekat dan terpercaya soal Haji Khusus Furoda ini. Di samping itu, kamu juga bisa menyiapkan budget dari sekarang untuk memantapkan hati supaya bisa bertamu ke Rumah Allah dengan khusyuk dan tenang.

Biaya Haji Furoda

Biaya Haji Furoda
Biaya Haji Furoda

Haji Khusus Furoda belakangan ini sedang ramai diperbincangkan sebagian besar umat muslim di Indonesia. Bagaimana tidak, kegiatan ibadah ini ternyata berbeda dengan ibadah haji reguler maupun Haji Plus.

Terkait:  Biaya Dekorasi Pernikahan

Kalian juga bukan menggunakan visa Haji untuk berangkat ke Tanah Suci, melainkan Visa Furoda yang secara khusus dilaksanakan dan diberikan kepada para jemaahnya. Jamaah Haji yang berniat melakukan perjalanannya dengan kuota dari pemerintah kerjaan Arab Saudi tanpa menunggu (langsung berangkat).

Barangkali kamu pernah bahkan masih mendengar soal beberapa orang yang mengalami kendala saat hendak berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Biasanya masalah ini disebabkan oleh pembuatan visa karena calon Jemaah tidak memakai visa haji untuk berangkat ke sana.

Maka dari itu, kalian bisa mewujudkan impian untuk menunaikan ibadah haji lebih khusyuk dengan menggunakan visa khusus haji dengan menikmati semua rangkaian kegiatan Haji Khusus Furoda.

Biaya Haji Furoda, Apa Perbedaan dengan Haji Reguler?

Hal yang utama untuk kalian tahu adalah Haji Khusus Furoda dengan haji reguler terletak dari kepemilikan dan pembuatan visa nya. Namun, kalian bukan hanya sekadar mengetahui itu saja karena masih banyak perbedaan penting yang harus dipahami semua calon jamaah yang sudah tidak sabar ingin bertolak ke Tanah Suci.

Kami pastikan kamu bisa beribadah dengan aman dan nyaman selama memilih paket ibadah Haji Khusus Furoda. Informasi lengkapnya bisa disimak sebagai berikut :

Apa Itu Haji Furoda?

Haji Furoda merupakan ibadah haji yang pelaksanaannya dilakukan sendiri (non pemerintah) alias penyelenggaraannya dilakukan pihak travel dan umrah. Dimana visa haji memakai Visa Mujamalah (Visa Undangan) diluar kuota yang sudah diberikan kepada pemerintah Indonesia.

Sedangkan haji ini bisa disebut juga dengan haji non kuota. Pelaksanaan Haji Furoda harus menggunakan Visa Mujamalah dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang ditujukan kepada pemerintah tanah air.

Terkait:  Biaya Buat ATM BNI

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Biasa / Reguler

  • Haji Reguler dan Haji ONH Plus (keduanya adalah Haji Kuota) akan diurus Pemerintah, di mana tahun 2019 jumlah yang terdaftar sebanyak 231.000 calon Jemaah, terdiri dari 214.000 (reguler) dan 17.000 (haji khusus) dengan pemberian kuota untuk haji khusus sebesar 8%. Haji Furoda (non kuota) digelar sepenuhnya pihak travel dan umrah diluar kuota yang ada, tetapi mendapat pengawasan dari pemerintah.
  • Visa Haji Kuota diberikan Kerajaan Arab Saudi via pemerintah Indonesia secara gratis, sedangkan Visa Haji Furoda (non kuota) adalah Visa Mujamalah (Visa Undangan) yang diberikan Kedutaan Arab Saudi langsung kepada pihak travel haji dan umrah di Indonesia.
  • Haji Reguler didaftarkan melalui pemerintah Indonesia, seddangkan Haji Furoda dan paket haji khusus didaftarkan via travel haji dan umrah.

Berapa Biaya Haji Furoda?

Barangkali kalian penasaran berapa biaya haji furoda yang harus dikeluarkan untuk setiap orangnya. Namun, tahukah kalian? Calon Jemaah ternyata bisa mendapatkan harga miring kalau jumlah penumpang pesawat yang memesan tiket keberangkatan ke pihak travel lebih banyak lho.

Apabila kalian hanya berangkat berdua bersama pasangan, maka bisa menyiapkan anggaran sebesar USD 19,500 (Double) untuk dua orang per kamarnya.

Sementara itu, kalian bisa mendapatkan harga lebih murah sebesar USD 18,500 (Triple) untuk tiga orang per kamar dan budget lebih menarik lagi senilai USD 17,500 (Quad) untuk empat orang per kamar.

Di sisi lain harga tersebut paling dominan dari sebagian besar jasa travel haji dan umrah di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, kalian juga bakal mendapatkan pelayanan dari hotel bintang lima di Mekah atau Madinah dengan estimasi waktu kegiatan selama 19 sampai 21 hari.

Terkait:  Biaya Buat Rumah Minimalis

Syarat Pendaftaran Haji Visa Furoda

  • Fotokopi Akta Lahir, KTP dan KK.
  • Fotokopi Buku Nikah (Suami dan Istri).
  • Mengisi Surat Pernyataan.
  • Menyerahkan Buku Vaksin (Selama Pandemi).
  • Pas foto berwarna 3×4 : 20 lembar (latar putih).
  • Nama terdiri dari 3 suku kata (contoh : Syaid Ahmad Fahri).
  • Melunasi pembayaran DP senilai USD 7,500.
  • Melunasi semua sisa yang harus dibayar pada saat mendapat kepastian Visa Mujamalah untuk Haji Furoda.

Jenis-jenis Visa Haji

Berdasarkan Pasal 18 Undang-undang No.8 Tahun 2019, Visa Haji Indonesia terdiri dari :

  • Visa Haji Kuota Indonesia, dipakai untuk pelaksanaan Haji Reguler maupun Haji Khusus (ONH Plus), dan
  • Visa Haji Mujamalah (Visa Undangan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi), dipakai untuk berangkat Haji Furoda.

Kelebihan Haji Furoda

  • Jamaah dengan Visa Furoda juga tercatat dan terdaftar secara resmi dan bisa diperika secara online melalui aplikasi Bernama e-hajj.
  • Jamaah bisa langsung berangkat haji pada tahun yang sama, masa tunggunya lebih cepat daripada Haji Reguler atau ONH Plus.
  • Jamaah berhak upgrade fasilitas penginapan, akomodasi dan lainnya namun tentunya bergantung pihak travel haji dan umrah.

Kelemahan Haji Furoda

  • Pelunasan anggaran mendadak karena pemberitahuannya yang bersifat mendadak.
  • Ongkos keberangkatan lebih mahal daripada biaya haji reguler atau khusus yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI.

Tips Aman Daftar Visa Haji Furoda

  • Jangan mengirim uang pembayaran melalui rekening pribadi maupun perorangan.
  • Jangan percaya pada pihak travel yang meminta pembayaran lunas (full payment) di awal, carilah pihak travel haji dan umrah yang pembayaran dilakukan setelah Visa Haji Furoda diterbitkan.
  • Waspadai bila mendapat penawaran berhaji dengan memakai Visa Furoda dari perorangan tanpa pihak travel haji dan umrah, biasanya bertujuan menipu dengan menawar harga murah lewat orang tertentu.

Demikian pembahasan mengenai biaya haji furoda yang bisa jadi referensi untuk para pembaca muslim di seluruh Indonesia. Semoga informasi kami bermanfaat dan pastikan kamu mengajukan permohonan keberangkatan melalui jasa travel haji dan umrah terpercaya yang tidak diragukan legalitasnya.

Similar Posts