Biaya Haji Khusus

Biaya Haji Khusus

Ibadah Haji merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan umat muslim dewasa dengan kemampuan finansial dan fisik. Namun, kalian pasti penasaran berapa biaya haji khusus yang harus dikeluarkan untuk menunaikan ibadah itu.

Tak bisa dipungkiri bahwa seorang umat muslim dewasa yang mampu secara fisik dan keuangan setidaknya harus menunaikan ibadah haji sekali seumur hidup, sedangkan pahala yang diberikan juga besar sesuai niatnya masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, ibadah haji terbagi ke dalam dua golongan, yakni haji reguler dan haji khusus atau haji plus. Ibadah ini merupakan salah satu rukun islam yang harus diyakini bahkan dilakukan seorang umat muslim.

Oleh karena itu, kalian harus melaksanakannya kalau sudah mampu secara keuangan mengingat ibadah haji butuh budget tidak sedikit. Kamu bisa berangkat ke Tanah Suci dengan mengandalkan jasa haji dan umrah yang terpercaya sekaligus berpengalaman.

Haji memang dianjurkan kepada semua umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tetapi, situasi yang tidak mendukung seperti sekarang membuat ibadah tersebut harus ditunda demi keamanan dan keselamatan semua pihak.

Kini, pihak Kerajaan Arab Saudi hanya membuka ibadah haji khusus warga negara mereka saja. Sedangkan orang asing yang ekspektariat dimana mereka menetap di Arab Saudi berhak menjalaninya dengan kuota jemaah sebanyak 60 ribu orang saja.

Biaya Haji Khusus

Biaya Haji Khusus
Biaya Haji Khusus

Haji Khusus atau Haji Plus merupakan ibadah yang berbeda dengan haji reguler. Pasalnya, kalian bakal menemukan berbagai macam perbedaan mulai dari budget sampai rangkaian kegiatan yang dilakukan sejak awal menginjakkan kaki di Tanah Suci.

Terkait:  Biaya Bikin Kolam Ikan

Meski begitu, satu sama lain mempunyai kadar pahala yang sama karena kalian ingin menunaikan rukum Islam kelima, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya bisa menjadi sosok insan lebih baik dan bertakwa.

Sementara itu, Haji Khusus bisa dilakukan siapa saja yang beragama Islam (pria atau wanita) yang prosedur ibadahnya sama dengan haji reguler. Namun, perbedaan keduanya hanya terletak dari program dan anggaran yang harus kalian keluarkan sebagai calon jemaah yang bakal beribadah dari hari pertama sampai selesai.

Hal yang utama untuk diperhatikan adalah haji reguler maupun khusus ternyata sudah disahkan dan berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Biaya Haji Khusus, Berapa Budget yang Harus Disiapkan?

Barangkali kalian sudah tahu kalau ibadah haji merupakan rukun Islam kelima setelah syahadat, sholat, puasa dan zakat untuk seluruh umat muslim yang mampu secara finansial maupun fisik. Akan tetapi, ibadah haji yang dilaksanakan seseorang beragama Islam tidak selalu berkonteks umum atau reguler saja.

Haji Khusus juga bisa kalian lakukan dengan memperhatikan ketentuan dan syarat yang sudah disahkan Kemenag RI. Informasi lengkapnya sebagai berikut :

Perbedaan Haji Reguler dan Haji Khusus

Haji Khusus mempunyai perbedaan signifikan dengan Haji Reguler yang harus diperhatikan semua umat muslim di Tanah Air. Bagaimana tidak, Haji Reguler merupakan program paket haji yang digelar langsung oleh Pemerintah Republik Indonesia via Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Biasanya ibadah tersebut paling sering dilaksanakan semua umat muslim yang ingin bertolak ke Tanah Suci untuk meningkatkan iman dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sedangkan Haji Khusus merupakan program haji yang dilaksanakan pihak swasta alias Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Walaupun pelaksanaannya ditangani dan dikelola pihak swasta, namun ibadah haji plus tetap dalam pengawasan Kemenag RI.

Terkait:  Biaya Admin ATM BRI

Maka dari itu, siapa saja bahkan kamu sendiri tidak perlu khawatir kalau programnya tidak bakal berjalan lancar karena Kemenag RI punya andil besar dalam penyelenggaraan ibadah tersebut bersama pihak swasta terkait.

Sementara itu, Haji Khusus atau Haji Plus merupakan salah satu program ibadah yang belakangan ini semakin dipilih para umat muslim di Indonesia. Hal ini dikarenakan program nya mempunyai masa tunggu lebih cepat dibandingkan haji biasa yang memakan waktu sampai beberapa tahun.

Meski begitu, budget yang harus kamu habiskan tentu saja lebih mahal daripada haji biasa karena durasi nya lebih singkat agar kamu dapat berangkat ke Tanah Suci dengan cepat.

Berapa Biaya Haji Khusus?

Barangkali kalian masih penasaran soal biaya haji khusus yang berlaku saat ini. Beredar kabar bahwa budget yang harus disiapkan calon jemaah ternyata mengalami kenaikan sebesar 10%.

Pasalnya, segalanya tergantung perubahan kurs UDB dengan uang tambahan untuk melakukan karantina maupun swab sebagai salah satu syarat wajib dalam situasi seperti saat ini. Walaupun tarifnya ditiadakan, namun nilainya bergantung pada Keputusan Presiden (Kepres) soal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Kepres mengenai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk haji khusus yaitu minimal sebesar USD 8,500 s/d USD 9,000 atau setara dengan Rp.121 juta sampai Rp.128 juta per orang. Selain itu, harga tersebut memang lebih mahal daripada haji biasa yang hanya mencapai angka sekitar Rp.35 juta saja.

Tetapi, angka tersebut menjamin kalian bakal mendapatkan nomor antrean lebih cepat, yaitu berkisar 5-7 tahun daripada haji biasa yang mampu mencapai masa tunggu belasan tahun.

Haji Khusus juga menawarkan kalian beragam fasilitas dan pelayanan menarik selama kamu menunaikan ibadah supaya lebih khusyuk di Tanah Suci. Kami tegaskan bahwa angka tersebut belum termasuk uang perlengkapan jemaah haji, paspor dan dokumen perjalanan lainnya, pengeluaran pribadi dan sebagainya.

Terkait:  Biaya Kampus LSPR Jakarta

Wajar saja kalau kalian harus merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati semua fasilitas tersebut untuk memantapkan diri berangkat ke Rumah Allah nanti.

Syarat Daftar Haji Khusus

  • Beragama Islam.
  • WNI yang punya kemampuan finansial untuk membayar setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang disahkan Kemenag RI.
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter.
  • KTP yang masih berlaku.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Akta Kelahiran / Kutipan Akta Nikah.
  • Surat Keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) maupun biro perjalanan pilihan calon jemaah.
  • Pas foto berwarna (latar putih) tampak wajah minimal 80%.

Tips Memilih Travel Haji Terpercaya

Hampir semua orang tidak tahu travel haji dan umrah seperti apa yang harus dipercaya untuk membantu calon jemaah dalam mewujudkan impian ke Tanah Suci. Kalian bisa memilih travel yang sudah mengantongi izin dari Kemenag RI.

Untuk tahu informasi lanjut, kalian cukup datang ke Kantor Departemen Agama terdekat. Pastikan jadwal keberangkatan haji yang ditawarkan sangat jelas dan bukan hanya prediksi saja, sedangkan kamu tidak boleh tergiur dengan harga murah.

Demikian pembahasan mengenai biaya haji khusus yang harus diperhatikan semua umat muslim di Indonesia. Jika kalian ingin berangkat ke Tanah Suci dalam masa tunggu lebih cepat, gunakan program ini untuk memastikan diri sebagai salah satu calon jemaah haji yang bisa tiba di Mekah kurang dari 7 tahun.

Kami pastikan kamu bakal merasa aman dan nyaman karena pihak swasta sudah bekerja sama dan berada di bawah pengawasan Kemenag RI, selaku pihak pertama yang bertanggung jawab dalam program ibadah tersebut.

Similar Posts