Biaya Haji Plus

Biaya Haji Plus
Biaya Haji Plus

Seperti kita tahu bahwa biaya haji plus masih menjadi perbincangan banyak orang yang berniat pergi ke Tanah Suci. Bagaimana tidak, tak sedikit umat muslim di Tanah Air mengklaim kalau mereka harus menghabiskan budget fantastis supaya bisa menginjakkan kakinya di Rumah Allah.

Kamu sebetulnya tidak perlu merogoh kocek sampai miliaran rupiah supaya bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut agar dapat menyempurnakan ibadah demi mendapat pahala dan ridha Allah SWT.

Read More

Ibadah Haji merupakan ziarah tahunan ke Tanah Suci – Mekkah yang harus dilakukan seorang muslim dewasa yang sudah mampu secara finansial dan fisik.

Pasalnya, ibadah ini merupakan rukun Islam terakhir yang ditekankan kepada seorang muslim yang tergolong mampu ekonominya untuk melunasi anggaran keberangkatan ke Tanah Suci. Apabila kamu belum bisa berangkat namun bertekad untuk pergi, maka kalian cukup menabung uang nya dari sekarang.

Haji termasuk suatu hal yang diwajibkan dalam rukun Islam setelah syahadat, sholat, puasa dan zakat. Namun, umat muslim yang dituntut berangkat ke Tanah Suci bukanlah orang sembarangan karena tidak semuanya bisa pergi ke sana.

Tak bisa dipungkiri salah satu perkara yang membuat seseorang sulit bertolak ke Masjidil Haram adalah terkendala masalah biaya. Padahal, budget yang dibutuhkan sebetulnya tidak setinggi yang dipikirkan banyak orang pada umumnya.

Biaya Haji Plus

Biaya Haji Plus
Biaya Haji Plus

Untuk saat ini, pihak Kerajaan Arab Saudi hanya menerima ibadah haji khusus untuk penduduk Arab Saudi serta ekspatriat yang sudah menetap di sana dengan kuota sebanyak 60 ribu jemaah. Tak hanya itu, ibadah haji juga mempunyai dua pelaksanaan berbeda yang terdiri dari reguler dan plus.

Terkait:  Biaya Haji Khusus

Walaupun keduanya berbeda, namun satu sama lain memiliki prosedur yang sama sesuai rukun dan syarat dalam ajaran agama Islam demi meningkatkan iman sekaligus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kami tegaskan bahwa keduanya mempunyai perbedaan tidak terlalu mencolok yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan calon jemaah masing-masing. Biasanya orang-orang tertarik menggunakan pelayananan ibadah haji khusus (Haji Plus) yang semakin diminati sebagian besar umat muslim tanah air.

Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu menunggu waktu lama supaya bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci yang jadi pusat ibadah umat muslim di seluruh dunia tersebut.

Biaya Haji Plus, Apa Saja Fasilitasnya?

Barangkali kalian belum tahu informasi lanjut mengenai biaya haji plus dan cara memilih biro perjalanan terpercaya yang sudah mendapat izin resmi Kemenag RI. Hal ini dikarenakan tidak semua jasa perjalanan haji dan umrah bisa kalian percaya begitu saja.

Selain itu, kamu juga bisa memastikan diri sebagai salah satu calon jemaah yang berhak ambil bagian dalam perjalanan ke Tanah Suci dalam waktu dekat. Untuk ulasan lengkapnya bisa kalian simak sebagai berikut :

Berapa Biaya Haji Plus?

Belakangan ini banyak orang memperdebatkan soal biaya haji plus yang harus dibayar untuk berangkat ke Tanah Suci. Akan tetapi, angkanya bisa saja mengalami kenaikan mengingat kondisi saat ini yang belum begitu stabil dan dapat mengancam keselamatan banyak orang.

Apalagi Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia, sedangkan risiko terkena penyakit atau sebagainya bisa mengintai para jemaah selama berada di sana.

Sementara itu, informasi terbaru beredar bahwa ongkos haji plus mungkin mengalami kenaikan sebesar 10% yang menyesuaikan dengan nilai kurs USD. Kendati demikian, nilainya bergantung pada Keputusan Presiden (Kepres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk haji plus yaitu minimal sebesar USD 8.500 hingga USD 9.000.

Terkait:  Biaya Bangun Rumah Mewah

Apabila diubah ke dalam mata uang rupiah, maka harga per jemaahnya adalah sebesar Rp.120 juta sampai Rp.130 juta. Nilai tersebut hanya berlaku untuk tiket keberangkatan dan beberapa pelayanan yang sudah ditanggung pihak biro perjalanan haji dan umrah saja.

Walaupun harganya tiga kali lipat lebih mahal daripada haji biasa yang berkisar antara Rp.30 juta hingga Rp.40 juta, tetapi kalian berhak mendapat jaminan berupa masa tunggu lebih cepat dibandingkan haji reguler setelah terdaftar sebagai salah satu jemaah haji plus.

Selain itu, pihak biro perjalanan juga bertanggung jawab menyediakan berbagai macam fasilitas terbaik agar kamu dapat menjalani serangkaian ibadah lebih khusyuk dan nyaman sejak awal keberangkatan sampai tiba kembali di Tanah Air.

Kami juga beritahukan bahwa uang yang sudah dibayarkan tersebut belum termasuk biaya perlengkapan haji jemaah, paspor maupun dokumen perjalanan lainnya, pengeluaran pribadi, acara diluar kegiatan, kelebihan bagasi sampai denda prosesi haji.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kalian membawa budget lebih banyak untuk mengantisipasi terjadi hal-hal diluar perhitungan sebelumnya, apalagi kalau kalian ingin membeli suatu hal sebagai kenangan setelah ibadah dari Tanah Suci.

Fasilitas Ibadah Haji Plus

Masa Tunggu Haji Plus ternyata lebih cepat dibandingkan haji biasa lho. Apabila kamu registrasi pada tahun 2019, maka masa tunggunya bisa mencapai 5-7 tahun saja.

Namun, seandainya kamu lebih memilih haji reguler untuk beribadah ke Tanah Suci, kalian harus siap menunggu antrean paling sebesar 15 tahun dan paling lama mencapai 31 tahun. Kendati demikian, estimasinya tergantung setiap wilayah yang terdekat dengan Arab Saudi.

Untuk jemaah yang mendaftarkan haji plus, maka kamu bisa mendapat layanan penginapan hotel bintang 5 di Mekah dan Madinah. Tak bisa dipungkiri jarak penginapan dengan Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi sangat dekat, bahkan kurang dari 100 meter saja.

Terkait:  Biaya Foto Prewedding

Di samping itu, jamaah haji reguler justru disesuaikan dengan kloter dan keputusan pemerintah yang jaraknya menghabiskan waktu tempuh belasan atau puluhan menit dengan radius 3-5 km.

Haji Plus mempunyai fasilitas eksklusif lainnya karena jumlah jemaah nya lebih sedikit dan terkesan privasi, sedangkan perbedaan waktu ibadah nya juga berbeda dengan haji reguler.

Apabila haji biasa harus menghabiskan estimasi sebanyak 40 hari, maka haji plus hanya butuh waktu selama 26 hari dengan dua kelompok berbeda, yakni Masjid Nabawi dan Arbain. Sedangkan Non Arbain terbilang sangat cepat karena perlu waktu selama 15-19 hari saja.

Syarat Ibadah Haji Plus

  • Beragama Islam.
  • Jemaah sudah mampu secara finansial untuk membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang sudah diresmikan Kemenag RI.
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter.
  • Kartu Keluarga.
  • KTP.
  • Akta Kelahiran atau Kutipan Akta Nikah.
  • Surat Keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau jasa perjalanan haji dan umrah.
  • Foto berwarna (latar putih) dengan tampak wajah minimal 80 persen.

Apapun pilihan kalian, seorang muslim yang mampu secara finansial dan fisik tetap harus menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Allah SWT selalu menunggu semua hambanya yang telah tergerak hatinya untuk menjalankan rukun Islam kelima tersebut demi menyempurnakan dan meningkatkan kualitas diri.

Kalian pun perlu memastikan biro perjalanan haji dan umrah yang dipilih sudah dipercaya dan kamu bisa mengikuti program tabungan haji supaya bisa mewujudkan impian untuk bertolak ke Tanah Suci nanti.

Related posts