Biaya Kirim HP Lewat J&T

Kamu sedang ingin mengirim HP lewat J&T tapi ragu karena baru pertama kali?  Belum tahu juga berapa biaya kirim HP lewat J&T? Adakah biaya tambahan yang harus dibayarakan seperti asuransi dan tambahan packing?

Lantas, mencoba mencari informasi melalui internet. Tak perlu khawatir, J&T sudah terbiasa mengirimkan barang elektronik seperti HP. Dan tenang saja, di sini akan dikupas secara tuntas dan lengkap mengenai biaya kirim HP lewat J&T.

Read More

Biaya Kirim HP Lewat J&T

Biaya Kirim HP Lewat J&T
Biaya Kirim HP Lewat J&T

Berapa sih biaya kirim HP lewat J&T? Biaya kirim HP dapat dibilang HP standar. Sebab sebuah HP biasanya memiliki berat tak sampai 1 kg. Jadi, biasanya dikenakan biaya kirim paket sebesar 1kg.

Oleh karena itu, perhitungan biayanya tetap sama saja dengan kirim paket lainnya. Hanya  tergantung layanan apa yang ingin digunakan bisa economy, regular, atau express. Misalnya saja kamu memilih layanan J&T regular. Kamu akan dikenakan biaya mulai Rp10.000 hingga ratusan ribu tergantung tujuan pengiriman.

Selain biaya kirim, untuk produk elektronik biasanya dikenakan  biaya asuransi. Sebab nilai barang lebih dari 10 kali lipat biaya kirim. Ini untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat pengiriman. Menggunakan asuransi saat mengirim HP akan membuatmu lebih tenang. Sebab sudah ada jaminan jika terjadi sesuatu tak diinginkan.

Biaya tambahan lain yang mungkin dikenakan yaitu biaya packing. Namun, ini sifatnya opsional. Jika kamu merasa packing kurang aman, kamu bisa meminta pihak J&T untuk packing kayu paketmu. Biaya packing kayu beragam, tergantung dari dimensi paket yang akan kamu kirim.

Terkait:  Biaya Asuransi JNE

Jadi, ketika kamu ingin mengirim HP lewat J&T, maka paling tidak akan dikenakan biaya kirim ditambah biaya asuransi . Untuk biaya packing sifatnya opsional saja.

Biaya Asuransi Kirim HP Lewat J&T

Membayar biaya asuransi tentu saja membuatmu lebih tenang dan tak perlu khawatir lagi. Pasalnya dengan asuransi, sudah ada jaminan apabila terjadi sesuatu tak diinginkan dengan HP dikirim.

Nah, untuk besarnya biaya asuransi yaitu 0,2% dari nilai harga HP yang akan kamu kirim. Ditambah biaya penanganan sebesar Rp5.000. Untuk lebih jelasnya, bisa simak contoh berikut.

Kamu akan mengirim HP dengan harga Rp4.000.000. Maka, perhitungan biaya asuransinya adalah : (0,02% x Rp 4.000.000) + Rp5.000 (biaya penanganan) = Rp13.000. Jadi biaya asuransi yang harus dibayarkan sebesar Rp13.000.

Jaminan yang ditawarkan oleh J&T berupa ganti rugi sesuai dengan nilai harga barang yang dikirim. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh J&T.

Syarat dan ketentuannya yaitu  J&T bertanggung jawab penuh untuk mengganti kerugian apabila terjadi kerusakan, kehilangan, dan lainnya yang disebabkan kelalaian pihak J&T. Hal ini harus diperkuat dengan bukti adanya kelalaian dari pihak J&T.

Ada pula beberapa jenis barang dengan nilai asuransi yang berbeda dengan nilai harga barang. Hal ini karena biaya asuransi maksimal yaitu sebesar Rp 1 juta. Sedangkan biaya penggantian apabila terjadi kerusakan, kehilangan, dan lainnya yang disebabkan kelalaian pihak J&T maksimal sebesar Rp 20 juta.

Biaya Packing Kayu Kirim HP Lewat J&T

Saat akan kirim paket, seharusnya paket dipacking dengan aman. Bahkan untuk barang dengan harga mahal dan rentan pecah harus menggunakan packing kayu. Tujuannya agar aman dan terlindung selama proses pengiriman.

Nah, J&T juga menyediakan jasa packing bubble wrap dan packing kayu untuk paketmu. Kamu bisa menambahkan kedua layanan packing ini untuk paket HP yang akan kamu kirim, agar lebih aman. Untuk jasa packing bubble wrap biayanya sebesar Rp5.000. Sedangkan untuk packing kayu biayanya bisa berbeda antar agen J&T. Biaya packing kayu mulai Rp20.000.

Terkait:  Biaya Grab Per KM

Selain itu, perlu diketahui bahwa layanan packing kayu akan menyebabkan penambahan berat paket dari sebelum dipacking kayu. Misalnya, paket HP dengan berat kurang dari 1 kg. Jika dipacking kayu, berat paket akan tambah 1 kg. Total pengiriman bisa menjadi 2 kg. Namun, apabila paket dalam bentuk/ukuran yang besar, maka akan dikenakan perhitungan volumetrik (p x l x t).

Simulasi Perhitungan Biaya Kirim HP Lewat J&T

Setelah tahu apa saja biaya yang mungkin dikenakan saat kirim HP, maka berikut simuasi perhitungan biayanya:

Rio ingin kirim HP dengan tambahan packing bubble wrap dan kayu agar aman. Lokasi Rio ada di Jakarta. Rio ingin mengirimkan HP tersebut pada adiknya yang ada di Semarang dengan layanan J&T Reguler. Harga HP tersebut Rp4.000.000, maka berikut perhitungannya:

Packing bubble wrap = Rp5.000,-
Packing kayu = Rp20.000,-
Biaya asuransi  (0,2% x Rp4.000.000,- + Rp5.000,- ) = Rp13.000,-
Biaya kirim Jakarta-Semarang, 2 kg  (2 x Rp19.000,-) = Rp38.000,
TOTAL     Rp76.000,-

Jadi, perkiraan biaya kirim HP yang harus ditanggung Rio sebesar Rp76.000,-

Setelah tahu berapa perkiraan biaya kirim HP lewat J&T, kamu juga harus tahu cara aman kirim HP lewat J&T. Nah, berikut cara mudah dan aman kirim HP lewat J&T

Cara Mudah dan Aman Kirim HP Lewat J&T

  1. Cek Kondisi HP Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan pengiriman, wajib hukumnya untuk cek kondisi HP yang akan dikirim. Cek kondisi HP tersebut, terutama kondisi layar. Pastikan apakah kondisinya normal atau dari awal memang ada kerusakan. Pastikan juga kelengkapan HP seperti charger, headset, dsb. Hal ini meminimalisir terjadinya hal-hal tak diinginkan.

  1. Matikan HP

Saat hendak megirimkan HP, wajib untuk mematikan HP tersebut terlebih dahulu. Karena selama pengiriman berhari-hari HP tidak digunakan, lebih baik dan lebih aman untuk dimatikan saja.

Terkait:  Biaya Lepas Behel
  1. Packing dengan Aman

Packing yang aman membuat HP yang kamu kirimkan juga sampai dalam keadaan aman. Untuk barang elekktronik seperti HP, alangkah baiknya untuk dilakukan double packing. Kamu bisa packing menggunakan box HP bawaan dengan ditambah bubble wrap. Tujuannya untuk mencegah HP tergoncang saat pengiriman.

Kemudian packing lagi dengan kardus agar lebih aman. Jika kamu masih khawatir dengan keamanannya, kamu bisa menambahkan packing kayu. Dengan packing kayu HP yang akan kamu kirimkan memiliki perlindungan ekstra dan meminimalisir terjadinya kerusakan.

Jika kamu merasa kerepotan untuk melakaukan packing sendiri, kamu bisa menggunakan layanan packing J&T. Packing menggunakan bubble wrap, kardus, dan kayu dapat dilakukan di J&T dengan tambahan biaya.

Nah, demikian ulasan mengenai biaya kirim HP lewat J&T. Jangan ragu untuk kirim HP lewat J&T. Agar lebih aman kamu bisa menggunakan layanan packing milik J&T.  Jangan lupa, wajib gunakan asuransi juga, ya!

Biaya layanan packing dan asuransi J&T terjangkau kok. Yang pasti tak akan menguras kantong. Sebanding dengan jaminan HP yang kamu kirim  menjadi lebih aman. Tentu saja ini membuatmu merasa lebih tenang dan tak khawatir lagi.

Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat, ya!

Ulasan baru cek:

Related posts