Biaya Kirim HP lewat JNE

Biaya Kirim HP Lewat JNE

Perkembangan teknologi membuat aktivitas manusia kini semakin mudah. Begitu pula dalam hal pengiriman barang. Kirim paket apapun sekarang menjadi  mudah lewat JNE. Termasuk juga kirim barang elektronik seperti HP. Berencana kirim HP lewat JNE? Berapa kira-kira biaya kirim HP lewat JNE?

Tenang saja, artikel ini akan membahas secara lengkap perkiraan biaya kirim HP lewat JNE. Penasaran berapa biaya kirim HP lewat JNE? Apakah wajib tambah biaya asuransi? Atau ada biaya tambahan lainnya? Yuk, simak aja ulasan berikut.

Biaya Kirim HP Lewat JNE

Biaya Kirim HP lewat JNE
Biaya Kirim HP Lewat JNE

Pada dasarnya, kirim HP lewat JNE mirip dengan kirim barang lainnya. Bedanya jika kamu kirim HP lewat JNE, maka akan dikenakan biaya asuransi dan diharuskan packing kayu. Untuk packing kayu sendiri tidak gratis, kamu akan dikenakan biaya juga.

Jadi, ketika kamu kirim HP lewat JNE, maka akan dikenakan biaya kirim, biaya asuransi, dan biaya packing kayu.

Nah, untuk biaya kirim sendiri dihitung setelah packing kayu, ya. Paket HP biasanya memiliki berat kurang dari 1 kg dan dibulatkan menjadi 1 kg. Packing kayu untuk HP biasanya seberat 1 kg. Jadi total berat paket sekitar 2 kg.

Biaya kirim HP lewat JNE sendiri beragam. Tergantung dari dan ke mana paket tersebut akan dikirim serta layanan JNE yang digunakan. Kamu bisa memilih layanan JNE seuai kebutuhan. Kamu bisa gunakan layanan JNE REG (Regular), YES (Yakin Esok Sampai), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), dan sebagainya.

Terkait:  Biaya Cat Bemper Mobil

Biaya Asuransi Kirim HP Lewat JNE

Barang elektronik dan barang pecah belah yang dikirim lewat JNE wajib asuransi. Begitu pula barang dengan nilai harga 10 kali lipat biaya kirim, maka wajib asuransi. Nah, jika barang yang akan kamu kirim adalah HP, tentu saja wajib asuransi.

Mengapa paket perlu asuransi? Jawabannya adalah untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan adanya asuransi kamu pun merasa lebih aman dan tenang saat kirim HP. Hal ini karena sudah ada jaminan jika tiba-tiba terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Sesuatu yang tak diinginkan? Ya, diperjalanan, paket bisa saja hilang ataupun rusak. Jika HP yang kamu kirim diterima dalam keadaan rusak atau hilang dalam perjalanan, maka asuransi akan mengganti paket sesuai nilai pertanggungannya.

JNE juga menanggung kerugian yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal yang di luar kemampuan pengawasan. Misalnya saja terjadi bencana alan, aksi huru hara, perang, kudeta, epidemi, pemberontakan, dan hal-hal lain yang terjadi di luar kemampuan JNE.

Apabila terjadi hal-hal seperti di atas, kamu bisa melakukan prosedur klaim asuransi pada JNE. Caranya dengan melengkapi beberapa dokumen seperti resi asli, bukti asuransi asli, identitas diri yang sah, dan invoice/faktur pembelian barang yang dikirimkan.

Pengajuan klaim asuransi dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor pusat, cabang, atau sub agen JNE terdekat. Bisa juga melalui telepon atau email customer service JNE.

Meskipun kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya asuransi. Namun, asuransi sangat lah berguna. Kamu pun merasa lebih aman dan tenang.

Lantas, berapa biaya asuransi kirim HP lewat JNE? Biaya asuransi JNE hampir sama dengan jasa pengiriman lainnya, yaitu 0,2% dari nilai harga barang yang dikirimkan. Oh ya, kamu juga akan dikenai biaya administrasi penanganan sebesar Rp5.000.

Terkait:  Biaya Kirim JNE

Contohnya saja kamu akan kirim HP kepada ayahmu, dimana HP tersebut harganya Rp3.500.000, maka biaya asuransinya:

0,2 % x Rp3.500.000 + Rp5.000 (biaya administrasi penanganan) = Rp12.000

Biaya Packing Kayu Kirim HP Lewat JNE

Selain asuransi, untuk barang-barang seperti elektronik, pecah belah, dan rentan rusak selama perjalanan diwajibkan untuk packing kayu. Packing kayu diwajibkan agar barang tetap aman dan tidak rusak selama proses perjalanan pengiriman.

Packing kayu akan membuat berat dan volume paket menjadi lebih besar. Sehingga ongkos kirim dihitung berdasarkan perkiraan berat atau volume setelah paket dipacking kayu.

Misalnya saja sebelum packing kayu, berat HP yang akan dikirim 0,89 kg, dibulatkan menjadi 1 kg. Setelah packing kayu, maka dihitung volumetrik:

Panjang           : 20 cm

Lebar               : 20 cm

Tinggi             : 22 cm

Volumetriknya = [(p x l x t)/6000] x 1 kg = [(22 x 22 x 24)/6000] x 1 kg = 1,93 kg (dibulatkan menjadi 2 kg)

JNE sendiri menyediakan jasa untuk packing kayu. Biaya packing kayu JNE beragam, mulai dari Rp15.000, tergantung lokasi.

Perhitungan Total Biaya Kirim HP Lewat JNE

Sudah tahu biaya apa saja yang akan dikenakan saat kirim HP, kan? Agar lebih paham, berikut simulasi perhitungan total biaya:

Dewi yang saat ini sedang bekerja di Jakarta berencana membelikan HP baru  sebagai kado ulang tahun untuk ayahnya.  Ayahnya saat ini tinggal di Yogyakarta. Harga HP baru tersebut Rp3.500.000. Dewi ingin mengirimkan HP tersebut menggunakan layanan JNE REG, maka nerikut perhitungan biaya kirimnya:

Packing kayu = Rp15.000,-
Biaya asuransi (0,2% x Rp3.500.000,- + Rp5.000,-) = Rp12.000,-
Biaya kirim Jakarta-Semarang  (2  kg x Rp18.000,-) = Rp36.000,-
TOTAL    Rp63.000,-

Jadi, untuk mengirimkan HP tersebut lewat JNE REG, maka Dewi harus membayar sebesar Rp63.000,-

Setelah tahu berapa perkiraan biayanya, kamu juga harus tahu bagaimana cara kirim HP lewat JNE. Nah, berikut tata cara kirim HP lewat JNE.

Terkait:  Biaya Derek Mobil

Cara Kirim HP Lewat JNE

  1. Packing HP dengan Aman

Pertama, kamu harus packing HP yang akan dikirim dengan aman. Kamu bisa packing menggunakan box HP yang dilapisi bubble wrap. Kemudian dipacking lagi menggunakan kardus. Hal ini untuk menghindarkan HP rusak karena tergoncang saat perjalanan.

Selanjutnya, agar lebih aman maka lakukan packing kayu. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, bisa meminta pihak JNE untuk menambahkan packing kayu. Packing kayu akan memberikan perlindungan ekstra pada paket HP yang akan kamu kirim.

  1. Datang ke Agen JNE Terdekat

Untuk mengirim HP tersebut maka kamu perlu datang ke agen JNE terdekat. Katakan dengan jujur pada petugas bahwa isi paketmu adalah HP. Nanti petugas akan menghimbau agar paket tersebut disuransikan.

Petugas biasanya juga akan menyarankan untuk packing kayu. Kamu bisa menggunakan tawaran jasa packing kayu ini untuk paketmu.

Setelah itu petugas akan melakukan perhitungan biaya packing kayu, asuransi, dan biaya kirim. Kamu harus membayar sesuai nominal tersebut. Selanjutnya kamu akan menerima resi pengiriman.

  1. Simpan Resi Pengiriman dengan Baik

Simpan resi pengiriman yang didapat dengan baik. Gunakan resi tersebut untuk mengecek dan memantau paket HP milikmu. Resi tersebut juga berguna untuk klaim asuransi bila terjadi hal yang tak diinginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Ada Banyak Cara Terbaru:

Similar Posts