Biaya jadi pramugari

Biaya Jadi Pramugari

Berbagai aktivitas yang berkaitan dengan penerbangan, terkadang menimbulkan perasaan khawatir ataupun dilema lainnya. Namun, tidak semua orang berasumsi demikian. Masih banyak masyarakat yang memimpikan dirinya dapat berkeliling dunia dengan gratis. Bahkan, diberikan gaji setiap bulannya. Intip yuk, biaya jadi pramugari!

Menjadi salah satu para bidadari ataupun bidadara maskapai penerbangan, ternyata tidaklah mudah. Buktinya, kalian harus menempuh bangku sekolah penerbangan terlebih dahulu. Oleh karena itu, tidak heran jika ditemukan banyak sekali kampus atau sekolah khusus demi mencetak generasi terbaik putra-putri Indonesia dalam dunia penerbangan.

FAAST pernerbangan, Tamtama Training Center (TTC), hingga Pelita Nusa Aviation dapat kalian jadikan pilihan terbaik dalam memilih tempat untuk menimba ilmu agar diri Anda siap menghadapi berbagai tantangan selama terbang. Persyaratan pendaftarannya cukup mudah. Selain itu, disediakan juga tempat tinggal oleh pihak sekolah.

Keuntungan lainnya yang membuat banyak sekali remaja tertarik memilih sekolah pramugari ini. setelah lulus, para alumni akan disalurkan oleh pihak sekolah ke beberapa maskapai lokal di Indonesia agar dapat langsung bekerja dalam dunia penerbangan. Menarik bukan? Berikut, penjelasan mengenai biaya jadi pramugari.

Biaya Jadi Pramugari

Biaya jadi pramugari
Biaya jadi pramugari

Biaya Jadi Pramugari Pesawat

Pramugari kerap kali dikaitkan dengan seseorang yang memiliki wajah rupawan serta bentuk tubuh yang indah. Bila kalian sering atau pernah menjadi salah satu penumpang maskapai pesawat di Indonesia, hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri. Perhatikan saja pramugari-pramugara yang berlalu lalang di lorong pesawat. Cantik dan tampan, bukan?

Buat kalian yang penasaran, berapa sih kira-kira uang yang perlu dipersiapkan untuk dapat menjadi murid di sekolah pramugari? Berikut jawabannya. Sekolah pramugari yang cukup terkenal di Indonesia saat ini, yaitu FAAST Penerbangan. Menurut infonya, biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti kelas pramugari mencapai angka Rp 38.500.000,-.

Terkait:  Biaya Cek Saldo ATM Bersama

Lain halnya untuk kalian yang ingin menjadi staff airlines saja. Biayanya justru lebih murah, yakni sekitar Rp 32.500.000,-. Kembali lagi ke pembahasan biaya jadi pramugari. Kelas pramugari yang memang terkenal mahal ini, bukan semata-mata tanpa ada alasan dibaliknya. Gaji pramugari terbilang sangat besar, sehingga dapat balik modal dengan cepat.

Karena dirasa sepadan, maka orang-orang banyak yang mengusahakan dirinya dapat masuk kedalam kelas pramugari. Masa pendidikan yang berlangsung selama 5 bulan tersebut, tidak membuat para murid harus sekaligus membayarkan biaya pendidikannya sebesar Rp 38 juta. Berikut perinciannya:

  • Tahap 1 sesi daftar ulang dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.000,-
  • Tahap 2 dikenakan biaya sebesar Rp 12.000.000,-
  • Tahap 3 dikenakan biaya sebesar Rp 8.000.000,-
  • Tahap 4 dikenakan biaya sebesar Rp 3.500.000,-

Bagi yang telah melakukan pembayaran sampai lunas sebelum memasuki masa pendidikan, kalian akan mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal gratis serta bebas biaya kursus bahasa inggris. Selain itu, ada juga gratis lainnya berupa OJT (On Job Training) dan informasi seputar layanan bursa kerja.

Persayaratan yang harus dipenuhi bagi para calon peserta didik pramugari, diantaranya ada:

  1. Lulusan sekolah menengah keatas (SMA/SMK/Sederajat)
  2. Usia minimalnya 17, 5 tahun dan maksimalnya 23 tahun
  3. Bentuk badan yang proporsional
  4. Sehat secara jasmani maupun rohani
  5. Tidak ada riwayat penyakit hepatitis dan asma
  6. Berkelakuan baik
  7. Tinggi badan minimal 160 cm dan maksimalnya 172 cm.

Setelah memenuhi persyaratan diatas, kalian dapat segera mengisi formulir pendaftaran secara online. Kemudian, peserta akan mendapatkan username dan password untuk dapat login. Lakukan upload berkas pendaftaran mulai dari foto setengah badan hingga KTP atau identitas diri valid lainnya.

Langkah berikutnya, lakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan mentransfer sebesar Rp 250.000,- ke rekening resmi sekolah yang dituju. Kirimkan juga bukti pembayarannya ke pihak panitia pendaftaran. Bila panitia telah melakukan verifikasi, maka pendaftar dapat mengikuti tes yang dilangsungkan secara online.

Biaya Jadi Pramugari Kereta Api

Tidak hanya pesawat saja yang membutuhkan sosok kehadiran pramugari. Kini, di kereta api yang merupakan salah satu kendaraan umum di daratan juga menyediakan posisi tersebut. Berbeda dengan pramugari pesawat terbang yang harus merasakan bersekolah khusus terlebih dahulu. Pramugari kereta api, justru dapat diikut sertakan oleh siapapun.

Terkait:  Biaya Kuliah di UT

Cara pendaftarannya juga tinggal mendaftar langsung ke website resmi milik PT KAI. Menariknya lagi, biaya pendaftarannya gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Hanya saja, beberapa persyaratan berikut ini, harus dapat kalian penuhi untuk dapat mengikuti tes pramugari KAI.

  1. Wanita/pria berusia 17 hingga 27 tahun
  2. Memiliki penampilan yang menarik, tidak berkacamata dan tidak menggunakan behel gigi
  3. Tinggi badan minimum untuk pria sekitar 170 cm, sedangkan untuk wanita 160 cm
  4. Pendidikan terakhir SMA/SMK/sederajat
  5. Kemampuan bahasa asing diutamakan bahasa inggris yang lancar dan baik
  6. Berkelakuan baik
  7. Belum menikah (single)
  8. Membawa surat lamaran atau CV atau resume diri
  9. Membawa foto postcard full body
  10. Memiliki identitas diri yang bersifat valid baik KTP ataupun SIM
  11. Menyerahkan bukti ijazah pendidikan terakhir
  12. Menyerahkan bukti surat keterangan sehat dari klinik atau rumah sakit atau puskesmas
  13. Membawa bukti SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Cukup panjang ya, poin-poin persyaratannya. Tapi, menjadi seorang prama ataupun prami di kereta api, memiliki keuntungan yang besar juga loh.. apa saja keuntungan yang bisa kalian dapatkan setelah berhasil diterima oleh panitia recruitment KAI? Penjelasan selengkapnya, ada dibawah ini!

Prama atau prami, merupakan sebutan pengganti untuk pramugari ataupun pramugara yang bertugas di atas kereta api. Pastinya, mereka yang bekerja dapat merasakan liburan gratis selama menjalankan tugasnya. Terlebih, mereka juga diperbolehkan memakai fasilitas yang telah disediakan oleh pihak KAI. Baik itu hotel maupun penginapan ketika transit.

Selain berlibur, mereka akan mendapatkan bayaran dalam bentuk gaji bulanan yang besar. Ada juga tunjangan kesehatan bagi para pegawai KAI. Ditambah lagi, jenjang karir yang bagus dan pastinya bila kualitas kerja kalian mumpuni, kemungkinan besar dapat naik jabatan.

Terkait:  Biaya Admin Gopay Ke Bank

Hal berikutnya yang dapat kalian rasakan ketika mendapatkan keuntungan sebagai prama atau prami, tidak lain adalah rasa aman. Dibandingkan dengan pramugari pesawat, prami akan sangat lebih rendah resiko kecelakaan kerjanya, karena posisinya masih berada di daratan. Evakuasi dapat lebih cepat, serta peluang selamatnya pun lebih besar.

Keuntungan lainnya, yakni prami akan diberikan bekal ilmu seputar kecantikan. Terutama untuk urusan make up. Bagi kaum hawa sendiri, tampil cantik selama bekerja tentu menjadi nilai plus dan kepuasan untuk diri sendiri. Kalian dapat lebih menghemat pengeluran, karena tidak perlu repot-repot mengambil kelas make up kembali.

Seorang prama maupun prami memiliki keterampilan dalam berbagai profesi. Mulai dari dibekali cara melakukan pemadaman api, memberikan pertolongan pertama kepada penumpang akibat penyakit bawaan yang kambuh, hingga cara menenangkan penumpang yang dilanda perasaan panik.

Masih banyak hal lain yang dapat kalian temukan ketika menjadi seorang pramugari. Sekian pembahasan mengenai biaya jadi pramugari, biaya jadi pramugari pesawat, dan biaya jadi pramugari kereta api di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan. See you next time

 

Similar Posts