Biaya Ke Jogja Naik Kereta

Hari libur akan kurang menyenangkan jika kita tidak pergi berlibur ke suatu tempat, misalnya Jogjakarta. Disana banya sekali tempat wisata yang baik untuk dikunjungi. Mulai dari kuliner makanan, tempat-tempat wisata, tempat belanja, maupun pusat oleh-oleh. Pastinya jika kita akan pergi kesana agar tidak terlalu capek kita bisa memanfaatkan transportasi umum seperti kereta api. Dengan naik kereta api perjalanan kita dari Jakarta ke Jogja akan memakan waktu sektar 7 sampai 8 jam. Biaya ke Jogja naik kereta akan kita bahas di bawah ini.

Biaya ke Jogja Naik Kereta

Biaya Ke Jogja Naik Kereta

Jika kita akan ke Jogja naik kereta, pastinya kita harus membeli tiket terlebih dahulu. Dari Jakarta, harga tiketnya sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 260.000,- sampai dengan Rp. 430.000,- per orang dan untuk kelas eksekutif. Untuk stasiun kedatangan di Jogja dari Jakarta ada 2 stasiun yaitu Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu. Stasiun Tugu Jogjakarta menyediakan 3 tipe jenis kelas yatu kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Dan rata-rata ada 24 perjalanan setiap harinya dari Jakarta ke Jogja. Cara memilih waktu terbaik dalam melakukan perjalanan dari Jakarta ke Jogja yaitu pada saat malam hari karena kita bisa memanfaatkan waktu malam untuk tidur dan setibanya di Jogja kita bisa langsung melakukan aktivitas yang akan kita lakukan baik itu ke tempat wisata maupun ke tempat lainnya yang akan kita kunjungi.

Setelah kita membahas tentang biaya tiket yang harus kita beli jika kita ingin ke Jogja naik kereta, sekarang tiba saatnya untuk mengetahui tempat wisata apa saja yang populer di Jogja.

Terkait:  Biaya Dak Bondek

Tempat Wisata Populer di Jogja

Kota Joga merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Nusantara. Pastikan tiga tempat wisata dibawah ini akan selalu ada dalam daftar perjalanan wisata kita.

Malioboro

Perjalanan ke Jogja kurang menarik jika kita tidak singgah di Malioboro. Malioboro ini merupakan unggulan kota Jogja yang menawarkan bermacam-macam aktivitas rekreasi seperti kerajinan khas Jogja yang berjejer di sepanjang Jalan Malioboro dan toko batik yang menyediakan pakaian beragam jenis ukuran mulai dari pakaian anak-anak sampai dengan pakaian dewasa. Di Malioboro kita bisa puas belanja oleh-oleh khas Jogja serta bisa puas wisata kuliner lokal dengan berjalan kaki, naik andong, maupun naik becak. Selain itu di setiap sudut Jalan Malioboro sering ada pertunjukkan seni tradisional. Seru kan!

Tugu Yogjakarta

Tugu Yogjakarta merupakan simbol kota Gudeg yang berdiri gagah di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utama. Tugu ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I yaitu pendiri keraton Yogjakarta ini menjadi titik nol kilometer kota Jogja dan merupakan petunjuk arah dari Keraton ke arah Puncak Gunung Merapi. Dari Tugu ini kita akan melihat Jalan Margo Utama, Jalan Malioboro, Tugu Jogja, Jalan A.M Sangadji jika kita memandang ke arah utara yang membentuk satu garis lurus ke puncak Gunung Merapi.

Keraton Ngayogjakarta Hadiningrat

Keraton ini sering disebut sebagai Keraton Yogjakarta. Tempat ini merupakan istana resmi kesultanan kota Yogjakarta. Tempat ini merupakan tempat tinggal Sultan yaitu pemimpin Daerah Istimewa Yogjakarta dan juga tempat penyimpanan koleksi benda bersejarah. Keraton Yogjakarta merupakan salah satu tempat contoh arsitektur istana Jawa terbaik di Indonesia sampai dengan saat ini. Kita bisa keliling ke tempat ini dengan naik becak karena lokasinya tidak jauh dari Malioboro.

Terkait:  Biaya Transfer Dana ke BCA

Dalam menikmati liburan ke Jogja sampai puas pastinya tidak cukup waktu sehari saja, jika kita tidak punya saudara di Jogja sehingga kita perlu mencari tempat penginapan untuk bisa beristirahat sejenak dan melanjutkan destinasi kembali pada keesokan harinya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Penginapan Murah Di Jogja

Jika kita mencari penginapan murah yang ada di Jogja, kita bisa cari di daerah Sostrokusuman, Sostrowijayan, dan Prawirotaman. Penginapan di daerah-daerah ini harganaya bermacam-macam. Harga mulai dari Rp.60.000,- per malam. Jika harga kurang dari Rp. 90.000 per malam maka kamar yang akan kita dapatkan adalah biasa saja yaitu tanpa AC. Tetapi tenang saja pastinya setiap kamar non AC akan disediakan kipas angin. Jika kita ingin mudah akses jalan kaki menuju Malioboro maka kita bisa memilih penginapan di daerah Sostrowijayan. Harga kamar disana kisaran Rp.80.000,- bisa untuk dua orang. Jadi total untuk dua malam sebesar Rp.60.000,-.

Jika kita ke Jogja naik kereta api pastinya kita membutuhkan kendaraan lain yang bisa kita gunakan untuk destinasi di Jogja. Untuk masalah ini kita bisa sewa motor. Berikut penjelasan lengkapnya.

Biaya Sewa Transportasi di Jogja

Jika kita ingin keliling kota Jogja dengan mudah kita bisa menyewa motor. Biaya sewa motor sehari sekitar Rp.40.000,-. Motor tersebut bisa kita gunakan untuk berboncengan dengan rekan kita dan pastinya masalah bensin urusan kita pribadi ya. Karena biaya sewa segitu diluar biaya bensin. Kita anggarkan saja biaya sekitar Rp.400.000,- untuk tiga hari. Biaya tersebut meliputi biaya bensin, uang parkir dan obye wisata. Kita perkirakan saja sehari habis bensin sekiar Rp.20.000,- jadi selama tiga hari menghabiskan bensin sekitar Rp.60.000,-. Jadi masih sisa Rp.340.000,-. Dan sisanya kita gunakan untuk parkir dan tiket obyek wisata.

Terkait:  Biaya Kuliah Binus

Sebagai gambaran biaya tiket masuk ke Museum di Jogja sekitar Rp. 2.000 sampai Rp. 15.000 kecuali di Museum Ullen Sentalu sekitar Rp.25.000, Taman wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko sekitar Rp. 15.000 – Rp.30.000, Pantai wisata di Jogja sekitar Rp. 3.500, Keraton Jogja dan Taman Sari sekitar Rp.5.000 sampai dengan Rp. 7.000. Jika merasa lapar kita juga bisa menikmati angkringan yaitu nasi kucing yang mematok harga sangat murah sekali yaitu sekitar Rp.5.000 per bungkus. Ini akan mengganjal perut kita sebelum kita mencoba wisata kuliner.

Demikian informasi biaya ke Jogja naik kereta. Semoga informasi ini bisa membantu hari libur kamu supaya lebih asyik dengan pergi ke Jogja. Selain tempat yang sudah kami jelaskan di atas, masih banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi dan pastinya kita juga bisa selfie atau sekedar menikmati pemandangan yang ada di tempat wisata tersebut.

Similar Posts