Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak

Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak
Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak

Bagi orang tua mana pun pasti ingin buah hatinya punya tumbuh kembang yang bagus. Namun, siapapun bisa mendatangi salah satu tempat layanan kesehatan yang menawarkan biaya klinik tumbuh kembang anak variatif.

Seperti kita tahu kalau sebagian besar klinik maupun rumah sakit tidak hanya ditujukan kepada pasien dewasa saja, tetapi anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak paling rentan terkena penyakit apapun yang menganggu proses tumbuh kembangnya.

Anak-anak merupakan sekelompok individu yang belakangan ini rentan terkena berbagai macam penyakit, apalagi pada saat ini. Bagaimana tidak, sebagian besar anak memiliki daya tahan tubuh tinggi dan penyakit apa saja rentan mereka idap yang menganggu tahap tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, para orang tua tidak boleh tinggal diam melihat kondisi tersebut dan harus segera membawa buah hati tercinta ke klinik tumbuh kembang anak terdekat di wilayah masing-masing.

Meskipun demikian, banyak orang tua justru mengurungkan niat mereka membawa si kecil ke klinik tumbuh kembang anak karena biayanya cukup tinggi. Tak sedikit fasilitas kesehatan selalu meringankan beban orang tua dengan menawarkan harga murah dengan tindakan medis terbaik.

Kamu bahkan dapat memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk memastikan si kecil bisa mendapatkan penanganan klinis agar tumbuh kembangnya bisa berjalan lancar pasca menerima pengobatan khusus.

Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak

Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak
Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak

Beberapa orang mengaku sulit mendapat penanganan medis untuk tumbuh kembang anak-anaknya. Hal ini dikarenakan mereka harus merogoh kocek cukup dalam supaya bisa menerima perawatan klinis demi buah hatinya.

Terkait:  Biaya Ganti Oli Gardan Mobil

Namun, tahukah kalian? Kamu bisa memakai BPJS Kesehatan untuk memastikan penanganan klinis terhadap tumbuh kembang anak bisa berjalan lancar. Sedangkan klinik maupun rumah sakit yang punya poli tumbuh kembang anak mulai menerapkan sistem tersebut.

Orang tua mana pun pasti ingin melihat si kecil memiliki proses tumbuh kembang yang lancar, bukan? Maka dari itu, kamu bisa memastikan biaya klinik tumbuh kembang anak tidak terlalu mahal dengan mendatangi rumah sakit terdekat.

Biasanya sebagian besar fasilitas kesehatan tidak pernah menawarkan harga di atas Rp.1 juta lho. Kami beritahukan bahwa nilai tersebut sudah mencakup semua penanganan klinis tumbuh kembang anak untuk mendorong fase pertumbuhan si buah hati.

Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak, Bisakah Pakai BPJS?

Barangkali kamu masih penasaran berapa biaya klinik tumbuh kembang anak yang harus disiapkan. Secara umum harganya tidak terlalu mahal karena penanganan klinisnya tidak seperti orang dewasa.

Di sisi lain durasi tindakan medis nya tidak lebih dari satu jam untuk mengetahui apa saja yang menghambat proses tumbuh kembang buah hati kalian. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, silakan ikuti dan simak pembahasan lengkapnya seperti di bawah ini :

Bisakah Bayar Klinik Tumbuh Kembang Anak dengan BPJS?

Hampir semua orang tidak tahu kalau BPJS Kesehatan tidak selalu ditujukan untuk tindakan fisik yang berkaitan dengan penyakit. Namun, kamu bisa memanfaatkannya untuk membayar penanganan klinis seperti gangguan psikis dan tumbuh kembang anak.

Tak bisa dipungkiri bahwa berita ini cukup membahagiakan karena para orang tua tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan tindakan klinis supaya bisa mengatasi masalah tumbuh kembang buah hatinya.

Apabila kamu sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan, maka kamu bisa mengikuti beberapa prosedur yang berlaku untuk mendapat tindakan klinis terhadap gangguan tumbuh kembang anak sebagai berikut :

  • Pastikan umur sang buah hati tidak lebih dari 14 tahun sebagai calon pasien klinik tumbuh kembang anak.
  • Kunjungi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat satu (klinik atau puskesmas yang tercantum pada kartu BPJS Kesehatan). Untuk mendapatkan rujukan maka bisa ke rumah sakit tingkat dua.
  • Bawalah surat rujukan dari faskes tingkat satu ke rumah sakit yang dituju. Petugas rumah sakit bakal menentukan dokter spesialis yang siap menangani buah hatimu.
  • Bawalah surat pengantar dari petugas rumah sakit ke sokter tumbuh kembang terkait.
  • Konsultasikan masalah gangguan tumbuh kembang anak dengan jelas kepada dokter untuk menerima diagnosis dan jadwal terapi yang dibutuhkan buah hati kalian.
Terkait:  Biaya Bikin Lapangan Futsal

Secara umum terdapat proses pengurusan layanan BPJS untuk tumbuh kembang anak yang harus diperhatikan sebagai berikut :

  • Lengkapi semua berkas yang dibutuhkan.
  • Lakukan registrasi online tanpa antre.
  • Datang lebih awal untuk mencegah antrean panjang pada layanan BPJS.
  • Jangan lupa membawa si buah hati saat meminta rujukan di faskes tingkat satu.
  • Bawalah makanan ringan atau cemilan si kecil untuk mengantisipasi ketika mereka rewel, biasanya disebabkan lapar dan menunggu terlalu lama.
  • Jika dokter telah menjadwalkan terapi, ikuti secara rutin. Walaupun tidak dipungut biaya, namun pemerintah tetap mengeluarkan biaya untuk membayar jasa dokter.

Jenis-jenis Gangguan Tumbuh Kembang Anak

  • Cerebal Palsy (kelainan Gerakan dan postur tubuh).
  • Gangguan berbicara, berbahasa dan speech delay.
  • Perawakan pendek.
  • Syndrom Down.
  • Retardasi mental.
  • Autisme.
  • Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.

Berapa Biaya Klinik Tumbuh Kembang Anak?

Apabila kamu berlokasi di Jakarta, maka kamu bisa mendatangi Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Bunda Jakarta untuk menikmati layanan tumbuh kembang anak. Lokasinya berada di Jalan Teuku Cik Ditiro No.28 RT 9/RW 2 Gondangdia | Menteng | Jakarta Pusat.

RSIA Bunda Jakarta mempunyai beberapa layanan kesehatan seperti Laparascopy, Robotic Surgery, Growth and Development Clinic, Ruangan NICU dan PICU. Untuk fisioterapi anak berkisar antara Rp.525 ribu, sedangkan skiring tumbuh kembang anak mulai dari Rp.370 ribu.

Kamu juga bisa mendatangi Mayapada Hospital yang berada di Jakarta Selatan. Orang tua bisa mendapatkan pelayanan skrining tumbuh kembang anak supaya tahu adakah gangguan yang menghambat perkembangan si kecil.

Kamu bisa mencoba Paket Penilaian Awal seharga Rp.500 ribu. Di samping itu, para orang tua bisa mengambil Paket Tumbuh Kembang 1 (Rp.2,2 juta), Paket Tumbuh Kembang 2 (Rp.1,9 juta) serta Paket Tumbuh Kembang 3 (Rp.1,6 juta).

Terkait:  Biaya Buka Rekening BRI

Lokasi berikutnya adalah RS Harum Sisma Medika yang beralamat lengkap di Jalan S.Kalimalang Tarum Barat, RT 1/RW 13 Cipinang Melayu | Kec.Makasar | Jakarta Timur. Umumnya rumah sakit ini melayani tindakan medis seperti skiring tumbuh kembang anak setiap 3 hingga 6 bulan sekali.

Rumah sakit ini memiliki beberapa tenaga medis ahli dan berpengalaman yang punya rating di atas 85 persen. Wajar kalau sebagian besar orang tua selalu membawa buah hatinya ke sana. Kami pastikan tindakan medis yang diberikan memuaskan dan mendorong perkembangan buah hati kalian.

Bagaimanapun para orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Maka dari itu, kamu bisa memperhatikan kondisi kesehatan si kecil melalui proses tumbuh kembangnya agar dapat berjalan normal.

Jangan sampai kamu tidak memperhatikan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatannya karena gangguan psikis dan tumbuh kembang bisa saja terjadi. Pastikan kamu memberikan perhatian ekstra kepada mereka agar dapat tumbuh dalam kasih sayang dan tetap sehat setiap hari.

Related posts