Biaya Konsultasi Dokter Gigi

Biaya Konsultasi Dokter Gigi

Seperti kita tahu kalau biaya konsultasi dokter gigi memang cukup mahal dibandingkan beberapa poli lainnya. Hal ini dikarenakan dokter gigi bukan sekadar memeriksa satu bagian, namun memeriksa semua bagian di dalam rongga mulut.

Maka dari itu, dokter gigi bisa memberikan diagnosis tepat soal masalah apa yang sebenarnya sedang kalian alami. Mereka mampu memberikan resep pengobatan terbaik supaya masalah gigi dan rongga mulit bisa teratasi sejak dini.

Dokter juga bisa melakukan tindakan medis berdasarkan pemeriksaan, seperti pencabutan, tambal gigi yang berlubang sampai operasi rongga mulut untuk tujuan lain. Kamu pasti deg-degan ketika menjalaninya dan membayangkan berapa uang yang harus dibayarkan.

Sebab, penanganan medis ini ternyata bisa menghabiskan budget sampai ratusan ribu lho. Di sisi lain pun kamu bisa merogoh kocek lebih dalam kalau memang ditemukan masalah kesehatan lain pada gigi dan mulut.

Walaupun budget yang dibutuhkan tidak selalu murah, namun sebetulnya kamu bisa mengantisipasinya dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak awal. Di samping itu, konsultasi dokter gigi merupakan solusi terbaik sebelum kamu benar-benar mendapat tindakan medis sesuai anjuran mereka.

Pastikan kamu mendengar semua saran dokter gigi untuk memastikan rongga mulut memang sehat atau tidak demi mencegah penyakit lain yang menganggu kenyamananmu saat makan dan minum setiap hari.

Biaya Konsultasi Dokter Gigi

Biaya Konsultasi Dokter Gigi
Biaya Konsultasi Dokter Gigi

Alasan logis mengapa semua orang harus merawat kesehatan rongga mulit adalah fakta kalau mulut adalah awal dari kesehatan tubuh. Selain itu, infeksi yang terjadi pada gigi dan gusi juga bisa menyebar ke organ tubuh lainnya.

Terkait:  Biaya Bangun Kamar 4x4

Mulut bisa berfungsi sebagai pemfilter bakteri berlebih supaya tidak mengancam tubuh kalian. Maka dari itu, sangat penting menjaga kebersihan sekaligus kesehatan rongga mulut, apalagi gigi yang berperan vital dalam mencerna makanan dan minuman yang sering dikonsumsi.

Meskipun demikian, kamu juga harus tahu berapa biaya konsultasi dokter gigi sebelum memutuskan untuk melanjutkan pada tahap medis. Pastikan kamu mengunjungi klinik atau rumah sakit terdekat yang menghadirkan poli gigi dengan dokter spesialis berpengalaman.

Walaupun hanya sekadar tanya jawab, kamu berhak tahu apa saja yang harus dilakukan guna mencegah kerusakan gigi seperti karang atau berlubang yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Biaya Konsultasi Dokter Gigi, Cek Harganya Di Sini!

Barangkali kamu tidak tahu biaya konsultasi dokter gigi sebetulnya tidak selalu mencapai angka jutaan rupiah. Hal ini dikarenakan klinik maupun rumah sakit tertentu menyediakan fasilitas berobat melalui BPJS Kesehatan supaya kamu bisa mendapat tindakan medis untuk gigi dan mulut.

Hal yang utama adalah pastikan kamu mendatangi salah satu fasilitas kesehatan (faskes) yang sudah bekerja sama dengan BPJS. Informasi lengkapnya sebagai berikut :

Biaya Konsultasi Dokter Gigi di Rumah Sakit

Rumah Sakit Biaya
RS Anna Pekayon, Bekasi Rp.85,000
RS Islam Jemursari, Surabaya Rp.165,000
RS Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta Rp.150,000
RS Mulya Tangerang Rp.100,000
RS FMC Bogor Rp.80,000
RS Bunda Margonda Depok Rp.200,000
RS Banyumanik Semarang Rp.70,000
RS Bhayangkara Makassar Rp.130,000
RS Balimed Denpasar Rp.105,000
RS Husada Mangga Dua Selatan Rp.200,000
RS Evasari Awal Bros Rp.360,000
RSIA Mitra Family Karawang Rp.60,000
RS Permata Bunda Medan Rp.120,000
RS Primaya Hospital Tangerang Rp.210,000
RS Premier Jatinegara Rp.220,000
Siloam Hospitals Surabaya Rp.160,000
RS Budi Asih Cikarang Rp.30,000
RS Muhammadiyah Taman Pring Rp.100,000
RS Permata Depok Rp.275,000
RS EMC Tangerang Rp.115,000
RS Citra Medika Depok Rp.130,000
RS Sumber Waras Jakarta Barat Rp.180,000
RS Mitra Keluarga Depok Rp.200,000
RS Awal Bros Pekanbaru Rp.210,000
My Dental Clinic Bandung Rp.105,000
RS Gigi dan Mulut YARSI Rp.155,000
RS Brawijaya Duren Tiga Rp.200,000
Primaya Hospital Bekasi Utara Rp.270,000
Terkait:  Biaya Konsultasi Halodoc

Biaya Konsultasi Dokter Gigi di Klinik

Dokter Gigi / Klinik Biaya
Drg.Fery Ariska Dewi, Sp.KG Rp.180,000
Drg.Eduin Rp.180,000
Drg.Siti Adiningrum, DDS Rp.250,000
Drg.Candra Yuniar Rp.250,000
Drg.Elisabeth Leksonowakti Rp.115,000
Drg.Iga Raith Utrai Mayun, Sp.Pros Rp.255,000
Drg.Tridara Policetyawati Rp.110,000
Drg.Novitria Zahrotul Malikha, Sp.Ort Rp.100,000
Drg.Stephanie Amelia Christanto, M.Kes Rp.60,000
Drg.Deddy Wijaya Rp.30,000
Drg.Kim Marygold Abidin Rp.310,000
Drg.Darin Safinaz Rp.180,000
Drg.Usi Ervinawati Rp.30,000
Drg.Sally Irawati, Sp.KG Rp.225,000

Biaya Konsultasi Dokter Gigi dengan Asuransi dan BPJS

Pertanggungan atas jenis perawatan gigi oleh BPJS Kesehatan tercantum pada peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 Ayat 1. Aturannya menjelaskan perawatan gigi dan mulut yang ditanggung BPJS Kesehatan adalah :

  • Tumpatan komposit / GIC.
  • Scaling gigi.
  • Kegawatdaruratan oro-dental.
  • Pencabutan gigi sulung (topical, infiltrasi).
  • Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit.
  • Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis.
  • Administrasii pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi saat proses perawatan maupun pelayanan kesehatan pasien.

BPJS Kesehatan juga mempunyai layanan tambahan seperti tanggungan untuk siapapun yang hendak melakukan pembuatan gigi palsu. Tetapi, tidak semua pembuatan gigi palsu ditanggung BPJS Kesehatan.

Meskipun demikian, BPJS Kesehatan bakal menanggung budget pembuatan gigi palsu pada kondisi tertentu. Pasien akan menerima batasan lantaran dana yang dipakai berbentuk subsidi sehingga tidak dapat menjamin dipenuhi 100 persen.

Biaya Konsultasi Dokter Gigi di Puskesmas

Apabila kamu punya budget terbatas, maka bisa berkonsultasi dengan dokter gigi di puskemas karena harganya lebih murah. Hal ini dikarenakan pemerintah pusat membantu memasok biaya pengobatan maupun perawatan gigi untuk masyarakat lewat puskesmas di daerah.

Walaupun harganya terjangkau, bukan berarti kualitasnya jelek. Sebab, dokter gigi yang menjalankan tugasnya di puskesmas bekerja sesuai kode etik dan standar untuk melayani pasien dari seluruh lapisan masyarakat.

Terkait:  Biaya Buat Nomor Telkomsel

Berapa harganya? Contohnya di DKI Jakarta melalui Peraturan Gubernur Nomor 143 Tahun 2018 mengenai tarif pelayanan puskesmas kecamatan menetapkan bahwa biaya tambal gigi sementara hanya sebesar Rp.35 ribu.

Untuk tambah gigi membutuhkan dana sebesar Rp.50 ribu per gigi. Selanjutnya, perawatan syaraf dananya mencapai Rp.30 ribu per gigi dan cabut gigi tanpa injeksi seharga Rp.30 ribu untuk sekali tindakan medisnya.

Sementara itu, biaya konsultasi dokter gigi di puskesmas juga tidak berbeda dengan daftar harga tersebut karena kamu tidak perlu merogoh kocek di atas Rp.50 ribu untuk sekadar tanya jawab soal masalah kesehatan gigi dan mulut dengan pihak dokter.

Kami beritahukan kalau calon pasien yang ingin berkonsultasi di puskesmas harus datang lebih awal, yakni mulai pukul 07:00 WIB s/d 11:30 WIB. Pasalnya, sebagian besar puskesmas tidak pernah buka pada hari Sabtu dan Minggu, sedangkan jam kerjanya masih terbatas.

Lokasi mana pun yang kamu pilih, pastikan kamu menyiapkan biaya konsultasi dokter gigi yang pas untuk mendapatkan pelayanan dan perawatan terbaik demi menjaga kebersihan maupun kesehatan gigi dan mulut.

Apabila kamu sudah menjalani perawatan secara berkala, pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang berisiko merusak kesehatan gigi dan mulut, seperti cuka, kafein dan zat-zat lainnya.

Similar Posts