Biaya Kirim Laptop JNE

Biaya Kirim Laptop JNE

Saudara di kampung tiba-tiba minta tolong dibelikan laptop? Tapi bingung bagaimana cara kirimnya? Tenang saja, sekarang kirim barang elektronik seperti laptop sangat lah mudah. Banyak pilihan ekspedisi terpercaya yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah JNE. Lantas, bagaimana cara kirim laptop lewat JNE? Berapa biaya kirim laptop JNE?

Sebelum mengirimkan laptop tersebut melalui agen JNE terdekat, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Pertama, kamu harus tau cara aman kirim laptop. Selanjutnya kamu harus persiapkan informasi mengenai merk, model, warna, serial number, dan harga laptop tersebut. Lalu, informasi mengenai berapa biaya kirim yang harus kamu keluarkan.

Jika hal-hal tersebut sudah diketahui sebelumnya, laptop yang kamu kirim pun kemungkinan besar akan sampai dengan aman. Nah, karena itu lah di sini akan dibahas secara lengkap mulai dari cara aman kirim laptop hingga biaya kirim melalui JNE. Yuk, simak!

Cara Aman Kirim Laptop

Sebelum kirim laptop, agar laptop sampai ke tangan penerima dengan aman, maka pastikan kamu lakukan hal-hal berikut ini:

  • Cek Kondisi Laptop

Sebelum packing laptop, wajib untuk cek kondisi laptop yang akan kamu kirim. Cek semua fungsi dan tombol yang ada di laptop. Cek juga kelengkapan laptop seperti buku panduan, kartu garansi, dan charger. Ada baiknya kamu videokan saat melakukan pengecekan fungsi dan kelengkapan laptop. Ini bisa menjadi bukti jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan dengan laptop yang kamu kirim.

  • Packing dengan aman dan rapi

Packing yang aman dan rapi membuat laptop terhindar dari kerusakan saat pengiriman. Barang elektronik dengan nilai yang cukup tinggi seperti laptop perlu dilakukan ekstra packing. Tak cukup jika hanya menggunakan bubble wrap/styrofoam dan kardus.

Terkait:  Biaya Bikin ATM BCA

Perlu juga untuk dipacking menggunakan kayu. Ini untuk meminimalisir terjadinya benturan yang dapat menyebabkan kerusakan saat perjalanan pengiriman. Jika merasa kesulitan packing kayu sendiri, kamu bisa menggunakan jasa packing kayu yang ditawarkan oleh JNE. Tentu saja kamu perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk ini.

  • Pilih Layanan JNE Tercepat

Semakin cepat laptop sampai ke penerima, maka semakin bagus. Karena perjalanan pengiriman yang lama juga memperbesar risiko terjadi kerusakan pada laptop. Selama di perjalanan, kita tak tahu apa yang terjadi dengan laptop yang kita kirim, kan?

Nah, jika saudaramu tinggal di daerah yang dijangkau JNE YES (Yakin Esok Sampai), tak ada salahnya memilih layanan ini. Namun, jika tidak, maka kamu bisa menggunakan layanan JNE REG.

  • Simpan dengan Baik Resi Pengiriman

Setelah laptop dikirim, kamu pasti akan mendapat resi. Simpan baik-baik resi tersebut sampai laptop diterima dengan aman tanpa ada kerusakan. Resi tersebut dapat kamu gunakan untuk memantau status dari paket laptop yang kamu kirim. Selain itu, resi berguna untuk klaim asuransi apabila ternyata terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Biaya Kirim Laptop JNE

Biaya Kirim Laptop JNE
Biaya Kirim Laptop JNE

Kamu perlu tahu jika saat mengirim laptop setidaknya akan dikenakan biaya tambahan selain biaya kirim. Biaya tambahan pertama yaitu asuransi. Barang elektronik bernilai tinggi seperti laptop yang dikirim melalui JNE, maka wajib asuransi. Asuransi diperlukan sebagai jaminan bila tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan laptop tersebut, misalnya kerusakan.

Selain itu, kamu mungkin akan dikenakan juga biaya packing kayu. Ini sifatnya opsional jika kamu menggunakan jasa packing kayu yang disediakan JNE. Namun, apabila kamu telah packing kayu sendiri, maka terbebas dari tambahan biaya ini. Saat kirim laptop, packing kayu diwajibkan agar barang sampai dalam keadaan tetap aman dan tidak rusak.

Terkait:  Biaya Bikin Sumur Bor

Total biaya kirim laptop menggunakan JNE dihitung setelah dipacking kayu. Bisa jadi paket laptop yang dikirim dikenakan perhitungan secara aktual, bisa juga secara volumetrik.

Biaya kirim laptop menggunakan JNE sendiri akan beragam. Tergantung layanan JNE apa yang kamu pilih. Kamu bisa memilih layanan JNE sesuai kebutuhan dan dapat menjangkau daerah penerima paket. Kamu bisa menggunakan layanan OKE, REG, YES, SS, JTR (apabila berat lebih dari 10 kg), atau Diplomat.

Biaya Asuransi Kirim Laptop JNE

Karena laptop termasuk barang elektronik dan barang pecah belah, maka wajib untuk asuransi. Asuransi diwajibkan sebagai jaminan jika terjadi hal yang tak diinginkan. Kamu pun akan merasa lebih aman dengan adanya asuransi.

Di perjalanan, kamu tak tahu apa yang terjadi dengan paket laptommu. Bisa jadi paket laptop milikmu rusak bahkan hilang. Dengan adanya asuransi, jika terjadi hal seperti itu maka pihak JNE akan mengganti laptop sesuai dengan nilai pertanggungannya.

Kamu bisa mengajukan klaim asuransi jika terjadi hal seperti itu. Caranya yaitu dengan membawa kelengkapan dokumen yang dibuttuhkan seperti kartu identitas asli, resi asli, juga bukti asuransi asli ke kantor JNE terdekat. Kamu juga bisa mengajukan klaim melalui email ataupun telepon customer sevice JNE.

Nah, setelah tahu kegunaan dari asuransi, kamu pastinya juga ingin tahu berapa biaya asuransi kirim laptop JNE, kan? Untuk biaya asuransi yakni sebesar 0,2 % dari harga laptop yang kamu kirimkan. Kamu juga akan dibebani biaya sebesar Rp5.000 untuk administrasi penanganan.

Misalnya saja harga laptop yang akan kamu kirimkan adalah Rp6,5 juta, maka perhitungan biaya asuransinya adalah:

0,2 % x Rp6.500.000 + Rp5.000 = Rp18.000

Jadi, biaya asuransi yang harus kamu bayarkan sebesar Rp18.000

Terkait:  Biaya Transfer Bank Jateng ke BRI

Biaya Packing Kayu Kirim Laptop JNE

Barang-barang elektronik seperti laptop diwajibkan untuk packing kayu. Tujuannya untuk meminimalisir terjadi kerusakan saat proses pengiriman. Kamu bisa packing kayu sendiri atau menggunakan jasa packing kayu JNE.

Jika menggunakan jasa packing kayu JNE, maka akan dikenakan biaya tambahan. Biaya packing kayu JNE untuk laptop sekitar Rp50.000, berbeda-beda tergantung lokasi.

Biasanya, paket akan ditimbang beratnya setelah dipacking kayu. Hal ini karena packing kayu akan menambah berat dari paket tersebut. Biaya kirim dihitung berdasarkan volumetrik paket setelah packing kayu.

Ambil contoh, laptop yang akan kamu kirim memiliki berat 3,5 kg, kemudian setelah packing kayu mengalami penambahan berat dan volume. Sehingga perhitungan volumetriknya seperti ini:

Panjang           : 40 cm

Lebar               : 35 cm

Tinggi             : 30 cm

Volumetriknya = [(p x l x t)/6000] x 1 kg = [(40 x 35 x 30)/6000] x 1 kg = 7 kg

Rincian Total Biaya Kirim Laptop JNE

Nah, sudah tahu biaya apa saja yang mungkin dibebankan saat kirim laptop, kan?  Saatnya lakukan simulasi perhitungan total biaya kirim laptop melalui JNE. Berikut adalah contohnya:

Kamu yang saat ini bekerja di Batam, dimintai tolong oleh saudaramu yang tinggal di Jambi untuk membelikan laptop. Harga laptop yang kamu beli yaitu Rp6.500.000. Karena di Jambi belum bisa melayani YES, maka kamu gunakan layanan REG. Maka :

Packing Kayu Rp50.000
Biaya Asuransi : (0,2 % x Rp6.500.000) + Rp5.000 Rp18.000
Biaya Kirim Batam-Jambi : 7 kg x Rp35.000 Rp245.000

Total Biaya

Rp308.000

Jadi, total biaya yang harus kamu keluarkan untuk kirim laptop menggunakan JNE REG  sebesar Rp308.000.

Demikian informasi singkat menngenai biaya kirim laptop lewat JNE. Semoga informasi bermanfaat.

 

Similar Posts