Biaya jahit luka

Biaya Jahit Luka

Pemeriksaan terhadap luka yang diderita oleh seseorang, kadang kala membutuhkan tindakan medis berupa jahitan. Tidak jarang juga dokter akan mendahulukan pasien dalam kondisi tersebut. Alasannya, karena luka yang dibiarkan dalam kondisi terbuka, dapat memicu timbulnya infeksi. Oleh sebab itu, masyarakat harus mengetahui informasi seputar biaya jahit luka.

Luka yang diderita oleh pasien, secara umum terbagi kedalam 2 jenis. Jenis pertama, yakni luka internal, dan yang kedua adalah luka eksternal. Perbedaan diantara kedua jenis tersebut, terletak berdasarkan faktor penyebabnya. Luka dalam atau internal, biasanya diakibatkan oleh adanya kerusakan yang terjadi pada bagian sistem didalam tubuh.

Sedangkan luka luar atau eksternal, pemicunya berasal dari adanya gesekan di lingkungan. Nah, untuk luka eksternal ini, ternyata terbagi lagi menjadi 2 kategori. Pertama, luka terbuka dan yang kedua adalah luka tertutup. Adapun cara untuk membantu mengobati luka terbuka dalam kondisi tertentu, biasanya membutuhkan jahitan.

Kalau pengobatan untuk jenis luka tertutup, biasanya perlu dilakukan penanganan lebih lanjut seperti rontgen, X-ray, ataupun konsultasi dengan dokter. Barulah, pasien dapat ditangani untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. Pokoknya, luka yang sekiranya tidak dapat diobati sendirian, harus segera diperiksakan ke dokter. Berikut biaya luka jahitnya.

Biaya Jahit Luka

Biaya jahit luka
Biaya jahit luka

Biaya Jahit Luka Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang seringkali dijadikan sebagai peliharaan rumah oleh manusia. Tidak hanya manusia saja yang dapat terluka, hewanpun demikian. Terlebih, kucing yang aktif justru sangat rentan mendapatkan luka. Buat kalian yang memelihara kucing, sebaiknya sering perhatikan bagian tubuhnya yang tertutup oleh bulu.

Biasanya, bila kucing menunjukkan gelagat yang tidak umum. Misalnya, ketika kondisi normal kucing kalian gemar berlarian kesana kemari. Akan tetapi, suatu hari dirinya hanya terlihat diam sambil menggulung badannya didalam kandang ataupun tempat tidurnya, kemungkinan besar si kucing sedang menahan rasa sakit.

Terkait:  Biaya Dokter Hewan

Kalau luka kucing yang terdapat di luar akan mudah terlihat, karena pastinya meninggalkan bekas darah. Sedangkan luka yang dialami dalam tubuh kucing, akan sulit dilihat oleh mata telanjang. Oleh karena itu, segera periksakan kucing kalian ke dokter hewan terdekat. Nah.. buat yang takut biayanya akan sangat mahal, simak dulu penjelasannya dibawah ini!

Luka yang diderita oleh kucing, tidak selalu sama setiap kali dirinya terluka. Sehingga, biayanya juga ikut beragam, tergantung dari tingkat luka yang didapatkan. Semakin tinggi tingkat keparahan lukanya, kemungkinan besar kucing kalian akan mendapatkan jahitan yang cukup banyak. Begitupun sebaliknya.

Pertama-tama mulai dari biaya konsultasi dokter terlebih dahulu.  Biayanya mulai dari Rp 85.000,- hingga Rp 250.000,- tergantung daerah dan kebijakan dari klinik hewan yang kalian datangi. Kemudian, kalau kucing membutuhkan tindakan medis dalam bentuk operasi Caesar, maka biayanya dapat mencapai angka Rp 3.400.000,-.

Sedangkan obat biusnya sendiri, berkisar Rp 50.000,-. Dilanjutkan dengan model pertolongan lainnya, misalnya saja kucing membutuhkan pertolongan pertama dengan melakukan bedah minor, maka harganya hanya sekitar Rp 350.000,-/ 1 ekor kucing. Kemudian, ada satu metode bedah lainnya yang terbilang cukup beresiko.

Metode tersebut adalah bedah mayor. Dalam arti lain, sama halnya dengan pembedahan besar. Biayanya, dapat mencapai Rp 600.000,-/ekor. Belum termasuk biaya lainnya loh. Apalagi kalau disarankan kucing kalian perlu pemantauan intens dari dokter dan mengharuskan dilakukan rawat inap. Biaya rawat inapnya mulai dari Rp 50.000,-/malam.

Biaya Jahit Luka di Puskesmas

Setelah membahas biaya jahit luka yang diderita oleh hewan, kini berganti ke manusia. Bedanya, kalian akan mendapatkan lebih banyak opsi untuk perawatan. Mulai dari dokter spesialis hingga dokter umum dapat kalian temukan di berbagai tempat pelayanan kesehatan. Termasuk salah satunya adalah puskesmas.

Terkait:  Biaya Cek Saldo M Banking BCA

Puskesmas sendiri, tidak seperti rumah sakit yang selalu beroperasi selama 24 jam non stop setiap harinya. Mereka akan memberikan pelayanan kesehatan hanya di jam operasional dan hari kerja saja. Selain itu, hal penting yang harus kalian perhatikan ketika berobat ke puskesmas, yaitu datang sepagi mungkin untuk mendapatkan nomor antrean.

Dalam kasus tertentu, seseorang yang datang berobat ke puskesmas, dapat terbebas dari biaya alias gratis. Contohnya, jika seseorang membawa surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat, ataupun menunjukkan kartu sehat maupun kartu BPJS. Meskipun tidak berada dalam kondisi tersebut, puskesmas menawarkan harga yang sangat terjangkau.

Menurut informasi dari salah satu puskesmas yang berada di wilayah Klaten, Tarif pelayanan untuk kategori tindakan medis dan terapi, diantaranya sebagai berikut:

1. Jahit luka 1-3 jahitan Rp 15.000,-
2. Debidemen luka Rp 10.000,-
3. Jahit telinga dawir Rp 20.000,-
4. Jahit luka 4-10 jahitan Rp 20.000,-
5. Lepas jahitan 1-5 Rp 7.000,-
6. Lepas jahitan 5-10 Rp 10.000,-
7. Lepas jahitan >10 Rp 20.000,-
8. Jahit luka lebih dari 10 jahitan Rp 30.000,-

Selain itu, masih banyak tindakan medis lainnya yang dapat kalian temukan saat melakukan pengobatan di puskesmas. Termasuk juga ada pelayanan kesehatan gigi, ibu dan anak, penunjang diagnostic, hingga kesehatan umuum. Kesehatan umum yang dimaksud disini, yakni seputar rawat jalan, konsultasi, pemeriksaan, serta rawat darurat.

Harga yang ditawarkan juga bervarisi. Mulai dari yang termurahnya adalah Rp 3.500,- sampai dengan harga tertingginya di kisaran angka Rp 50.000,-. Kalian juga dapat mengetahui informasi lainnya seputar pelayanan yang diberikan oleh puskesmas melalui webite resmi milik puskesmas yang ada di wilayah tempat tinggal Anda.

Terkait:  Biaya Admin Top Up Dana

Bagi yang tidak memiliki kartu BPJS atau dapat dikatakan sebagai pasien golongan umum, biaya yang perlu kalian keluarkan bisa mencapat tiga kali lipatnya dari harga normal. Contoh untuk harga normalnya, seperti yang telah tertera didalam tabel. Adapun harga tersebut, telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup).

Masa berlaku peraturan diatas, mulai dari tanggal 1 Februari tahun 2021. Adanya kondisi kenaikan tarif layanan kesehatan di puskesmas tersebut, dipicu oleh kebutuhan BLUD atau Bada Layanan Umum Daerah yang harus dipenuhi. Karena, selama 10 tahun belakangan, biaya retribusinya hanya sekitar Rp 5.000,-.

Supaya warga Indonesia dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang layak dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan, maka biaya retribusipun perlu ditingkatkan. Berdasarkan pertimbangan itulah, tercapai keputusan bahwa para pasien non BPJS perlu mengerluarkan biaya yang lebih besar mencapai tiga kali lipatnya.

Disamping itu, meskipun puskesmas termasuk kedalam tempat fasilitas kesehatan tingkat pertama. Tempat layanan kesehatan daerah satu ini, dapat dibilang cukup lengkap. Salah satunya, tersedia laboratorium di beberapa puskesmas besar demi memenuhi kebutuhan pasien.

Laboratorium yang ada di puskesmas, kerap digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap ibu hamil. Lalu biayanya? Nah… karena termasuk kedalam salah satu fasilitas, bukan perawatan ataupun pengobatan, maka tidak dipungut biaya sepeserpun atau gratis.

Selain untuk ibu hamil, bisa juga laboratorium di puskesmas dimanfaatkan dalam urusan pengecekan darah. Atau juga digunakan dalam keperluan medical check up. Kalian yang melakukan cek darah di puskesmas, hasilnya dapat diambil setelah tujuh hari terhitung dari waktu pengambilan sample darah.

Itulah beberapa informasi mengenai biaya jahit luka, biaya jahit luka kucing, dan biaya jahit luka di puskesmas. Harga yang telah disebutkan diatas, dapat berbeda tergantung dari peraturan puskesmas didaerah masing-masing. Baca juga biaya jahit baju. Semoga bermanfaat dan stay health. See ya!

Similar Posts