Biaya Konsultasi Hukum

Biaya Konsultasi Hukum

Selama ini orang-orang selalu mengira kalau biaya konsultasi hukum pasti harus habiskan uang bernilai fantastis. Siapa saja mungkin sempat mengalami masalah hukum karena menuai kontroversi dengan pihak lain.

Maka dari itu, mereka butuh seorang advokat atau pengacara untuk mendapat bantam

uan hukum. Biasanya tarif konsultasi dan sewanya sudah menyatu dalam mengatasi masalah hukum perdata maupun pidana sesuai kesepakatan antara advokat dan klien.

Tak bisa dipungkiri seseorang yang sedang terjerat masalah hukum rupanya harus menghabiskan budget sampai jutaan rupiah untuk menyewa sang pengacara. Meski begitu, setiap advokat mungkin memasang tarif berbeda-beda.

Meski begitu, biaya konsultasi hukum yang berujung sewa pengacara umumnya ditentukan sesuai beberapa aspek untuk memberi gaji para pegawai yang bekerja di kantor sang advokat, biaya operasional, waktu yang dihabiskan pengacara dan lainnya.

Apabila kamu sudah masuk ke ranah hukum karena terlibat sebuah perkara, maka kamu bisa langsung mendatangi kantor advokat terdekat yang menghadirkan seorang pengacara profesional.

Walaupun budgetnya mencapai jutaan rupiah, namun kamu bakal mendapat jaminan bahwa kasusnya bisa terselesaikan. Oleh karena itu, pastikan pula kamu konsultasi terlebih dahulu tentang apa saja yang harus dilakukan dan disiapkan sebagai klien dalam menghadapi masalah tersebut.

Biaya Konsultasi Hukum

Biaya Konsultasi Hukum
Biaya Konsultasi Hukum

Secara umum seorang klien yang ingin menyewa seorang advokat atau pengacara tidak selalu menyiapkan budget seperti orang lain dengan mengandalkan jasa serupa. Hal ini dikarenakan pihak pengacara akan memperhatikan beberapa aspek dalam menentukan tarif sewa sebelum turun langsung ke lapangan.

Terkait:  Biaya Karantina Ikan JNE

Mereka tidak pernah sembarangan memasang harga lantaran menyesuaikan dengan hal-hal utama yang berkaitan dengan kondisi kliennya saat ini.

Hal yang utama adalah tarif konsultasi sekaligus sewa seorang pengacara pasti mencapai jutaan rupiah, bisa dibilang lebih dari Rp.2 juta untuk menangani satu kasus yang sedang dialami kliennya.

Di samping itu, seorang advokat atau penasihan hukum bahkan tidak segan memasang tarif sewa fantastis kalau dia sudah profesional dan punya jam terbang tinggi dalam menangani kasus apapun, apalagi kalau semua masalahnya ia menangkan dan jumlah kliennya cukup banyak.

Biaya Konsultasi Hukum, Berapa Harga Sewa Pengacara?

Barangkali kamu ingin tahu lebih lanjut berapa biaya konsultasi hukum melalui advokat atau pengacara yang ternyata sudah tergabung dengan tarif sewanya. Siapa saja yang ingin berkonsultasi dengan pengacara pasti ingin meminta solusi untuk keluar dari masalah hukum yang sedang ia alami.

Alhasil, kamu lebih baik meminta bantuan sang pengacara untuk langsung tangani kasusnya daripada sekadar konsultasi. Kamu bakal tahu informasi lengkap nya sebagai berikut :

Klasifikasi Fee Pengacara

  • Lawyer Fee

Biasanya dibayarkan di muka sebagai tarif profesional pengacara.

  • Operational Fee

Klien mengeluarkan uangnya selama kasus mereka ditangani pengacara.

  • Success Fee

Persentase ditentukan hasil perjanjian antara klien dengan pengacara. Uang ini diberikan klien bila pengacara bisa memenangkan perkaranya. Namun, bila kalah dalam persidangan, maka pengacara tidak bisa menerima success fee.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tarif Sewa Pengacara

  • Nama Pengacara.
  • Permasalahan Hukum.
  • Wilayah / Lokasi Tempat Tinggal Pengacara.
  • Jam Terbang Pengacara.
  • Kondisi Klien.

Biaya Sewa Pengacara

Jenis Kasus Biaya
Perceraian > Rp.6,000,000
Pidana Khusus > Rp.4,000,000
Pidana Umum > Rp.4,000,000
Utang Piutang > Rp.3,000,000
Pertanahan > Rp.5,000,000
Gugatan PMH > Rp.7,000,000
Gugatan Wanprestasi > Rp.6,000,000
KDRT Rp.4,000,000
UU ITE > Rp.1,000,000
Terkait:  Biaya Kartu Kredit BCA

Tak sedikit orang mengandalkan pengacara hebat dan namanya sudah dikenal banyak orang daripada kelas bawah. Apabila kamu menggunakan jasa pengacara profesional seperti Hotman Paris Hutapea, Hotma Sitompul, Luhut M.P Pangaribuan, Elza Syarief maupun Frans Hendra Winata ternyata cukup mengejutkan lho.

Nama pertama yang kami sebutkan bisa dibilang sebagai salah satu pengacara termahal di Indonesia karena tarifnya mencapai miliaran rupiah untuk satu perkara.

Berapa Biaya Konsultasi Hukum?

Secara umum biaya konsultasi hukum hampir sama dengan sewa advokat atau pengacara yang bakal menangani perkara kliennya. Kamu sebagai klien tidak boleh sembarangan memilih pengacara karena dia akan menentukan nasibmu dalam ranah hukum.

Apabila kamu sedang menjalani konseling dengan advokat atau pengacara, pastikan tarifnya sesuai dengan kinerja dan wawasan yang dimiliki nya soal hukum untuk memastikan dia bisa mengatasi perkaramu di persidangan nanti.

Jenis-jenis Honorarium Pengacara Sesuai Metode Hitungannya

  • Tarif Kontingensi

Harga sesuai penetapan porsi keuntungan yang dimenangkan klien. Advokat menerima honorarium senilai persentase yang sudah disetujui klien sejak awal.

  • Tarif Per Jam

Klien harus memastikan berapa besar tarif per jam dari pihak advokat. Perhitungannya dipakai mulai dari konsultasi via telepon sampai tindakan yang dilakukan advokat sesuai perhitungan jam nya.

  • Tarif Retainer

Pembayaran berkala dalam besaran dan periode tertentu yang sudah disetujui. Pembayaran tidak tergantung ada atau tidak jasa seorang advokat. Advokat bakal memberi waktu untuk memenuhi keinginan klien dalam periode itu. Biasanya dibayar secara bulanan bahkan tahunan.

  • Tarif Pasti

Pembayaran dilakukan sejak awal untuk membantu menuntaskan masalah hingga selesai. Baik menang atau kalah, pengacara sudah menerima uang di awal, apapun yang terjadi bahwa advokat tidak bisa menagih honorarium tambahan.

Terkait:  Biaya Desain Logo

Tips Memilih Pengacara Terbaik

Kalian tidak boleh sembarangan memilih pengacara. Hal ini dikarenakan keberadaannya sangat berkaitan erat dengan masalah hukum yang sedang kamu rasakan. Pertama, kamu harus tahu dulu perkara hukum yang sedang dihadapi dan konsultasi dengan pengacara tentang masalah yang sedang terjadi.

Mereka akan mendengar dulu apa saja penyebab perkara tersebut sampai muncul dan bagaimana menanganinya sejak awal sampai tuntas.

Berikutnya adalah klien harus mencari beberapa alternatif pengacara yang sama dengan kemampuannya dalam mengatasi perkara. Pastikan pengacara pengganti punya kualitas sepadan dengan pilihan pertama.

Ketiga, tentukan jangka waktu yang diperlukan dalam menuntaskan perkara hukum kalian, supaya masalahmu bisa jadi prioritas mereka. Hal ini dikarenakan klien mereka bukan hanya kamu saja dan satu sama lain butuh waktu cukup lama.

Sementara itu, seorang klien yang ingin mendapat perlakuan istimwa dengan penanganan lebih cepat tentu saja harus merogoh kocek lebih dalam. Kamu bisa mengunjungi kantor advokat terdekat untuk tahu langsung apa saja yang dibutuhkan dan harus dilakukan selama perkara hukum masih terjadi.

Tujuannya supaya kalian bisa menyiapkan budget sejak awal tanpa menghabiskan uang secara percuma, apalagi kalau hasilnya kalah saat di persidangan nanti.

Poin terakhir adalah tinjau harga jasa pengacara dalam menuntaskan perkara hukum. Kami beritahukan setiap pengacara memasang tarif berbeda saat menangani perkara hukum setiap kliennya.

Kondisi ini tergantung tingkat kesulitan masalah yang sedang kamu rasakan sebagai seorang kliennya. Tak salah kalian bertanya dulu kepada pihak pengacara terkait yang sudah ditunjuk soal biaya kerja sejak awal sampai tuntas untuk bisa diselesaikan di persidangan.

Siapa saja mungkin bisa terkena masalah besar dan kamu harus tahu biaya konsultasi hukum terlebih dahulu supaya terhubung dengan pengacara. Pastikan kamu menunjuk advokat atau pengacara profesional yang siap membantumu dalam mengatasi perkara supaya bisa menang di pengadilan dengan tarif kerja yang sesuai.

Similar Posts