Biaya Konsultasi Psikiater

Biaya Konsultasi Psikiater
Biaya Konsultasi Psikiater

Selama ini orang-orang hanya sekadar memeriksa kesehatan fisik saja sebagai pusat perhatian mereka. Padahal, kesehatan mental pun harus diperhatikan dengan memastikan bahwa biaya konsultasi psikiater yang berlaku saat ini.

Psikiater sudah menjadi rekan setia siapa saja yang ingin menyembuhkan penyakit mental agar mereka dapat beraktivitas dengan normal. Psikiater menjadi salah satu solusi efektif bila kamu punya tekanan mental akibat perih menjalani kehidupan.

Read More

Kesehatan mental menjadi salah satu aspek pokok yang harus kamu perhatikan dari sekarang. Hal ini dikarenakan seseorang yang punya mental sehat sangat jarang terkena penyakit raga apapun seperti depresi bahkan stres.

Apabila kamu membiarkan penyakit mental tersebut, dipastikan kamu bakal mengalami depresi jangka panjang. Tak mustahil kalau kamu akan hilang fokus menjalani aktivitas apapun, bahkan selalu sedih terus menerus.

Beberapa orang bahkan kamu mungkin menganggap seorang psikiater adalah orang yang rentan diajak berkomunikasi. Hal ini dikarenakan kamu harus bercerita secara jujur dan panjang lebar tentang faktor utama yang menyebabkan stres dan depresi.

Padahal, seorang psikiater justru siap membantu kalian dalam mengatasi masalah dengan berperan sebagai pemecah perkara (solver problems). Mereka juga akan merahasiakan semua ceritamu agar tidak dapat diketahui orang lain.

Biaya Konsultasi Psikiater

Biaya Konsultasi Psikiater
Biaya Konsultasi Psikiater

Secara umum stigma masyarakat mengenai psikiater tidak selalu benar, apalagi kalau mengarah ke hal-hal negatif. Pasalnya, siapapun yang sedang mengalami gejolak batin justru dianjurkan berkonsultasi dengan psikiater.

Biasanya psikiater bisa ditemukan di rumah sakit besar karena mereka memiliki poli spesialisasi khusus. Psikiater juga memiliki jadwal kerja tertentu yang pasiennya sudah cukup banyak ditangani dalam menyembuhkan penyakit batinnya.

Terkait:  Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Kalian mungkin masih mengurungkan niat datang ke rumah sakit untuk mengikuti konseling dengan psikiater. Kamu pasti belum tahu berapa biaya konsultasi psikiater yang harus dikeluarkan untuk sekali kunjungan.

Paradigma masyarakat yang menganggap uang konseling nya sangat mahal ternyata salah. Kalian sebetulnya tidak perlu menghabiskan uang jutaan rupiah untuk menemui psikiater dalam mengatasi masalah batin demi terhindar dari stres dan depresi.

Biaya Konsultasi Psikiater, Apa Bedanya dengan Psikolog?

Barangkali kamu ingin tahu lebih lanjut soal biaya konsultasi psikiater yang sebenarnya nyaris sama dengan psikolog. Walaupun keduanya punya pekerjaan serupa, namun satu sama lain memiliki definisi sampai metode pengerjaan berbeda lho.

Wajar kalau setiap orang tidak selalu membutuhkan psikiater, mungkin saja psikolog dan sebaliknya. Keduanya pun bisa ditemui melalui rumah sakit di seluruh Indonesia. Kamu akan tahu informasi konseling dan perbedaan keduanya seperti berikut :

Apa Itu Psikiater?

Psikiater merupakan profesi dokter spesialistik yang punya spesialisasi dalam mendiagnosa dan penanganan gangguan secara emosional. Psikiater bukan hanya menangani masalah gangguan jiwa berat, namun juga ringan.

Psikiater juga memiliki empat penanganan psikiatri berbeda, yakni Biologic (obat-obatan), Psychologic (konsultasi), Social (penanganan sosial) dan Spiritual (Agama). Biasanya gelar yang diperoleh untuk membuka praktik psikiater adalah Sp.KJ

Perbedaan Psikiater dan Psikolog

Psikiater merupakan seseorang berlatar belakang kedokteran yang memiliki hak memberi terapi obat-obatan (farmakologi) atas pasien yang sedang mengidap gangguan kejiwaan.

Di sisi lain, Psikolog merupakan sarjana psikologi yang sudah mengikuti program profesi psikolog dan bekerja memberi penanganan berupa terapi psikologi. Walaupun tugasnya beda, ternyata keduanya bisa Kerjasama untuk menangani masalah tertentu terhadap pasiennya.

Biasanya psikolog bakal memberi surat rujukan kepada klien atau pasien untuk memeriksa diri dan menerima resep obat yang dibutuhkan ke psikiater. Demikian pula kalau pasien perlu terapi psikologi dengan psikolog.

Terkait:  Biaya Asuransi JNE

Sementara itu, keduanya memiliki wewenang masing-masing untuk memasang tarif jasanya. Tak sedikit lokasi tertentu menerima jasa konseling secara gratis, tetapi ada pula tempat khusus yang memasang harga khusus dalam penanganannya.

Daftar Biaya Konsultasi Psikiater

Klinik / Rumah Sakit Biaya
RSAL Dr.Mintohardjo Jakarta Rp.100,000
Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta Rp.150,000
Medikids Klinik & Apotik Jakarta Rp.150,000
Klinik Buah Hatiku Jakarta Rp.200,000
BJ Medical Center Rp.200,000
Rumah Sakit Graha Kedoya Jakarta Rp.200,000
Rumah Sakit Royal Progress Jakarta Rp.250,000
RS Husada Jakarta Rp.275,000
RSJ Sanatorium Darmawangsa Jakarta Rp.275,000
Rumah Sakit Harapan Bunda Jakarta Rp.300,000
Rumah Sakit Kartika Pulo Mas Jakarta Rp.300,000
Rumah Sakit Pondok Indah Rp.350,000
Smart Mind Center Consulting Jakarta Rp.375,000
Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya Jakarta Rp.425,000
Rumah Sakit Omni Medical Center Jakarta Rp.500,000
Mind & Behaviour Clinic @ Ciputra Medical Center Jakarta Rp.625,000
Klinik Angsamerah Menteng / Fatmawati Rp.650,000

Secara umum biaya konsultasi psikiater maupun psikolog dihitung per sesi (45 menit s/d 1 jam). Jika melampaui satu sesi, maka pasien bisa dikenakan tarif tambahan. Hal yang utama untuk diperhatikan adalah tarif tersebut belum termasuk terapi yang bakal dijalani pasien.

Tips Memilih Psikiater Online

  • Pilih pelayanan psikiatri yang benar dan terpercaya.
  • Konfirmasi dan sesuaikan tarifnya dengan budget yang ada.
  • Susun catatan gejala maupun keluhan kejiwaan yang sedang dialami dalam beberapa hari terakhir.
  • Pilih tempat nyaman dan rahasia untuk berkonsultasi, seperti ruang tidur.
  • Gunakan earphone atau headphone untuk pendengaran lebih jelas.
  • Pastikan koneksi internet tetap stabil.

Secara umum biaya konsultasi psikiater online ternyata lebih murah daripada offline. Hal ini dikarenakan kedua pihak tidak perlu keluar rumah untuk datang langsung ke rumah sakit untuk jalani konseling.

Terkait:  Biaya Konsultasi ke Psikolog

Kamu bahkan bisa mengikuti konseling dari rumah dengan memilih tempat konsultasi paling aman, nyaman dan rahasia tanpa didengar orang lain atau anggota keluarga. Biasanya tarif konseling mulai dari Rp.50 ribu per sesi sekitar 45 menit hingga 1 (satu) jam.

Belakangan ini tersedia konsultasi psikiater online gratis melalui WhatsApp yang digelar oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Ikatan Psikologi Klinis di seluruh Indonesia. Jika kamu tertarik bergabung, maka kamu bisa mengakses situs resmi kedua organisasi tersebut.

Kamu akan diarahkan ke obrolan langsung dengan para anggota sampai admin grup untuk mengikuti sesi tanya jawab soal masalah kejiwaan apa yang rentan dialami semua orang, serta penanganannya dengan baik dan benar.

Apakah Biaya Konsultasi Psikiater Ditanggung BPJS?

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 59 Tahun 2014 mengenai layanan konsultasi kesehatan mental yang ditanggung BPJS Kesehatan. Gangguan kejiwaan apa saja akan dijamin BPJS, namun sesuai dengan indikasi medis, prosedur dan diagnosanya.

Beberapa puskesmas terdekat yang punya poli kejiwaan menyediakan layanan konsultasi. Apabila puskesmas tidak bisa menanganinya, pasien bakal dirujuk ke dokter kejiwaan atau psikiater di rumah sakit.

Apabila fisik dan mentalmu sudah siap mengikuti konseling dengan psikiater, maka kamu bisa datang ke rumah sakit terdekat untuk bertanya jadwal konsultasi tepat dengan pihak medis. Pastikan kamu menyiapkan uang lebih bila sewaktu-waktu terdapat kebutuhan yang harus dibeli mendadak.

Jika kamu tidak bisa datang ke rumah sakit, maka kamu bisa ikuti konsultasi online melalui WhatsApp dengan meminta nomor ponsel resmi psikiater sesuai sesi yang sudah disepakati.

Related posts