Biaya Kuliah Ahli Gizi

Siapa saja yang berminat menempuh pendidikan lebih tinggi pasti tidak asing dengan jurusan ilmu gizi. Hal ini dikarenakan biaya kuliah ahli gizi selalu menarik perhatian semua orang agar mereka dapat menjadi calon tenaga medis yang membantu masyarakat dari segi pangan.Tes m

Tak hanya itu, jurusan ilmu gizi ternyata hampir diminati semua calon mahasiswa dari latar belakang pendidikan apapun, terutama jurusan IPA yang mendominasi seluruh pelajar bidang tersebut.

Untuk menempuh pendidikan dalam jurusan tersebut, maka kamu bisa mempelajari segala hal tentang diet dan gaya hidup. Selain itu, kalian juga harus memahami asupan dan penyediaan informasi mengenai nutrisi tinggi apa saja yang harus dikonsumsi manusia, serta pola makan sehat.

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri mungkin berargumen kalau persyaratan masuk kuliah ahli gizi terbilang ribet dan hanya ditujukan kepada calon mahasiswa tertentu saja.

Mahasiswa Ilmu Gizi akan memahami dan mempelajari bagaimana proses makanan, penyimpanan, budidaya makanan serta metode pemasakan. Pasalnya, semuanya memiliki keterkaitan satu sama lain yang tidak bisa dipisahkan dalam penerapan pola hidup sehat.

Di sisi lain pun pemahaman dan pengetahuan yang harus dimiliki cukup banyak, salah satunya komunikasi baik dalam menganalisa kandungan nutrisi yang harus diberitahu kepada banyak orang.

Biaya Kuliah Ahli Gizi

Biaya Kuliah Ahli Gizi
Biaya Kuliah Ahli Gizi

Mahasiswa Ahli Gizi harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang baik dalam berkomunikasi, melakukan analisis, melakukan penelitian, berpikir logis dan terstruktur, problem solving (memecahkan masalah), team work serta keterampilan interpersonal.

Semua itu menjadi salah satu aspek penting yang harus kalian miliki sebagai calon mahasiwa ahli gizi untuk mengenyam pendidikan tinggi di salah satu fakultas ahli gizi yang sudah kalian pilih. Seperti diketahui kalau mahasiswa ahli gizi termasuk salah satu lulusan yang mempunyai prospek kerja cukup baik di lapangan.

Bagaimana tidak, mereka akan selalu dibutuhkan rumah sakit untuk membantu tenaga medis dalam menangani poli gizi supaya bisa terhubung dengan semua pasien yang butuh informasi dan penanganan soal gaya hidup sehat. Maka dari itu, lulusan ahli gizi pasti diperlukan untuk memajukan kehidupan masyarakat lebih sehat dan terstruktur.

Biaya Kuliah Ahli Gizi, Kenapa Harus Pilih Jurusan Ilmu Gizi?

Barangkali kamu penasaran kenapa semua orang harus mengenyam pendidikan pada jurusan ilmu gizi. Kamu mungkin tahu bahwa lulusannya dibutuhkan klinik, rumah sakit hingga puskesmas di daerah-daerah yang masyarakatnya masih saja tidak paham soal menerapkan pola hidup sehat.

Beberapa orang belum tahu asupan nutrisi seperti apa yang harus dikonsumsi dengan zat-zat apa untuk meningkatkan kesehatannya. Untuk informasi lengkapnya, silakan simak ulasannya sebagai berikut :

Syarat Masuk Jurusan Ilmu Gizi

Secara umum seseorang yang ingin kuliah jurusan ilmu gizi harus berlatar belakang SMA dengan jurusan IPA. Pasalnya, mayoritas mata kuliah yang diajarkan berkaitan dengan pelajaran biologi, matematika, kimia dan lainnya yang tidak ditemukan dalam jurusan IPS maupun jurusan mana pun. Tak hanya itu, persyaratan lainnya yang harus diperhatikan semua calon mahasiswanya adalah :

  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bebas NAPSA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya).
  • Tidak buta warna.
  • Berat dan tinggi badan minimal 150 cm (Wanita) dan 155 cm (pria).
  • Siswa/i SMA jurusan IPA atau SMK jurusan kesehatan maupun tata boga.
  • Berkas-berkas yang disesuaikan dengan Perguruan Tinggi yang ingin didaftarkan.

Kenapa Harus Kuliah Jurusan Ilmu Gizi?

Jurusan Ilmu Gizi ternyata bergera dalam bidang kesehatan dan berhubungan dengan jurusan Ilmu Kesehatan, Ilmu Kedokteran, Ilmu Keperawatan dan jurusan lainnya. Tak bisa dipungkiri bahwa semuanya dianggap sebagai jurusan keren oleh banyak orang.

Beberapa pergurutan tinggi negeri maupun swasta pasti memiliki jurusan Ilmu Gizi. Alhasil, kalian tidak perlu repot ingin memilih PTN atau PTS mana sebagai tujuannya. Hal ini dikarenakan kamu bisa menemukan salah satunya di wilayah masing-masing.

Ilmu Kesehatan menjadi salah satu alasan utama yang sulit dilepaskan dari kehidupan manusia setiap hari. Apabila kamu mempelajari Ilmu Gizi, maka kamu bisa mendapat pengetahuan yang diterapkan langsung kepada siapa saja di lingkungan sekitar.

Sementara itu, jurusannya juga memang menjadi salah satu pilihan terbaik karena punya prospek kerja cukup luas. Lulusan Ilmu Gizi mampu bekerja di klinik, rumah sakit sampai perusahaan. Kemungkinan besar kamu bisa bekerja di lembaga pemerintahan maupun negara.

Apabila kamu sudah mengakhiri jenjang pendidikan Strata I, maka kalian bisa meneruskan jenjang pendidikan ke tahap lebih tinggi dengan mengambil jurusan yang sama lho. Kamu bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana untuk mendapatkan peluang bekerja lebih besar.

Tak bisa dipungkiri bahwa ahli gizi juga bermanfaat untuk semua orang. Kalian bukan hanya mampu menangani masalah kesehatan diri sendiri dan keluarga, namun juga sesama manusia untuk memperoleh pemenuhan asupan nutrisi sehat dan seimbang.

Untuk siapa saja yang berminat menempuh pendidikan Ilmu Gizi juga tidak mengenal batasan usia, baik laki-laki atau perempuan berhak mengikuti program pendidikannya. Maka dari itu, kamu tidak perlu ragu mengambil jurusan Ilmu Gizi sejak awal belajar di jenjang Strata I.

Berapa Biaya Kuliah Ahli Gizi?

Jurusan yang berhubungan dengan dunia kesehatan selalu dinilai menghabiskan uang bernilai fantastis. Untuk jurusan Ilmu Gizi, budget yang dibutuhkan sangat beragam tergantung ddengan PTN atau PTS pilihan calon mahasiswanya.

Kalian tidak perlu khawatir, lantaran biaya kuliah ahli gizi tidak perlu menghabiskan uang banyak seperti ilmu kedokteran, ilmu keperawatan maupun ilmu farmasi. Sebab, nilainya dikategorikan sangat murah dan wajar lho. Perbedaannya terletak dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta.

Apabila kamu memilih Perguruan Tinggi Swasta, dipastikan uang yang dihabiskan lebih banyak dan berlaku untuk semua jurusan lho. Oleh sebab itu, siapa saja yang berminat kuliah ahli gizi disarankan memilih Perguruan Tinggi Negeri yang anggarannya lebih terjangkau.

Secara umum, biaya kuliah ahli gizi berkisar antara Rp.4 juta sampai Rp.8 juta. Nilai ini bisa lebih mahal bahkan lebih murah tergantung dari kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Meski begitu, nilai tersebut merupakan perkiraan yang nyaris sama sampai sekarang.

Kini, uang kuliah yang berlaku telah memakai sistem UKT dan cenderung dibayarkan per semester. Biasanya menyesuaikan dengan kemampuan atau tingkat ekonomsi dari setiap orang tua mahasiswa. Umumnya mahasiswa yang punya orang tua berlatar belakang PNS dengan orang tua yang berprofesi sebagai wiraswasta pasti mempunyai jumlah biaya kuliah berbeda.

Kelebihan dan Kelemahan Jadi Ahli Gizi

Biasanya seseorang yang sudah menjadi ahli gizi akan selalu melakukan review makanan dengan meneliti jumlah kalori yang terkandung di dalamnya. Kalian bakal menemukan pilihan kerja beragam alias tidak selalu bekerja di klinik atau rumah sakit. Kamu juga bisa melakukan inovasi resep olahan pangan untuk menciptakan ide usaha kuliner.

Meskipun demikian, seorang ahli gizi pasti menemukan beberapa hal minus seperti bekerja di puskesmas atau rumah sakit yang gajinya cenderung rendah. Kalian bakal bekerja di daerah terpencil dengan SDM rendah. Kalian bahkan bisa diminta konsultasi gratis, sedangkan terdapat kode etik dalam profesinya.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...