Biaya Kirim Motor Indah Cargo

Biaya Kirim Motor Indah Cargo
Biaya Kirim Motor Indah Cargo

Harus pindahan, tapi bingung motor diangkut pakai apa? Kalau mau dikirim takut biayanya mahal. Eits, jangan khawatir dulu. Saat ini banyak ekspedisi yang menawarkan jasa kirim motor dengan biaya yang terjangkau, lho.Salah satu jasa kirim dengan biaya terjangkau adalah Indah Cargo. Kamu sedang mencari indormasi tentang hal itu? Penasaran, berapa biaya kirim motor Indah Cargo?

Jangan kemana-kemana, artikel ini akan menyuguhkan informasi yang sedang kamu cari. Khususnya seputar Indah Cargo, cara kirim motor via Indah Cargo, biaya kirim motor Indah Cargo, hingga cek biaya kirim.

Read More

Profil Singkat Indah Cargo

Indah Cargo merupakan ekspedisi yang sudah beroperasi sejak lama. Namun baru beroperasi dengan nama PT Indah Logistik sejak tahun 2011. Saat ini Indah Cargo melayani pengiriman berbagai barang dan dokumen ke seluruh Indonesia dan luar negeri.

Di dukung oleh cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan 1.800 unit kendaraan operasional, membuat Indah Cargo menjadi salah satu ekspedisi yang cukup diperhitungkan di Indonesia.

Selain itu,  biaya pengiriman Indah Cargo pun relatif terjangkau. Ditambah lagi berbagai jenis layanan yang ditawarkan. Setidaknya ada 6 layanan utama yang ditawarakan yaitu Darat, Laut, Udara, City Courier, Kereta Api, dan Trucking.

  • Darat

Layanan ini melayani pengiriman ke seluruh Indonesia menggunakan transportasi darat. Biasanya diperuntukkan pengiriman skala besar dan kecil. Biaya kirim yang ditawarkan cukup terjangkau dan ramah di kantong.

  • Laut

Layanan ini melayani pengiriman melalui jalur laut, cocok digunakan untuk pengiriman antar pulau. Biasanya layanan ini untuk barang dengan jumlah besar dan tidak urgent harus segera sampai. Terkait biaya, layanan ini pun masih sangat terjangkau.

  • Udara
Terkait:  Biaya Langganan Iflix

Layanan udara bisa kamu pilih jika akan kirim barang jarak jauh namun menginginkan estimasi sampai yang cepat.  sampai. Biaya kirim menggunakan layanan ini lebih mahal dari layanan jalur lainnya.

  • City Courier

Layanan ini diperuntukkan untuk kirim paket yang masih masuk dalam satu wilayah. Paket diantar sampai tujuan dengan aman dalam hitungan jam saja. Sayangnya, layanan ini baru tersedia di beberapa kota saja.

  • Kereta Api

Layanan ini menggunakan kereta api dengan konsep door to door, sehingga jangkauannya pun luas. Biaya layanan ini relatif murah, bisa menjadi alternatif pilihan untuk kirim barang dengan jumlah besar.

  • Trucking

Layanan ini menggunakan armada truck dalam proses pengirimannya. Ketentuan menggunakan layanan ini yaitu paket harus mempunyai berat di atas 10 kg. Jangkauannya pun luas, mencakup seluruh Indonesia. Masalah biaya pun aman, murah dan terjangkau.

Selain 6 layanan utama tersebut, Indah Cargo mempunyai layanan yang terbilang baru, yaitu Towing. Towing merupakan armada khusus pengiriman motor. Pengiriman motor menggunakan towing  lebih aman sampai tujuan karena tidak digabung dengan paket atau kiriman yang lain.  Saat ini pengiriman menggunakan towing masih terbatas pada kota-kota tertentu saja.

Cara Kirim Motor Lewat Indah Cargo

Setelah tahu informasi singat tentang Indah Cargo, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui saat akan kirim motor lewat Indah Cargo. Hal ini perlu kamu perhatikan agar motor yang akan dikirim aman sampai tujuan.

  • Pilih Layanan yang Digunakan

Pertama, kamu harus tahu tujuan pengiriman ke mana. Lalu pilih layanan Indah Cargo yang dapat menjangkau tujuanmu tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal. Di antara yang kamu harus perhatikan adalah estimasi waktu sampai, biaya kirimnya berapa, dsb. Jika kamu memang sudah mantap, segera tentukan pilihan akan gunakan layanan sesuai kebutuhan.

  • Siapkan STNK
Terkait:  Cara Kirim Preset Lightroom di HP Android dan iPhone, Anti Ribet!

Saat kirim motor, salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan adalah STNK asli. Jadi, sebelum kirim, ada baiknya kamu telah menyiapkan STNK asli tersebut.

  • Packing Motor dengan Aman

Packing lah motor yang akan dikirim dengan aman. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kerusakan  saat pengiriman. Agar lebih aman dan tak perlu repot, kamu bisa menggunakan jasa packing Indah Cargo, lho. Untuk biaya, motor besar akan dikenakan biaya packing sebesar Rp150.000 dan motor kecil sebesar Rp100.000.

  • Cek Kembali Motor

Kamu perlu melakukan pengecekan lagi terhadap motor yang akan dikirm. Pastikan bahwa mesin motor dalam keadaan mati. Oh ya, kamu juga perlu melepas spion motor. Ini untuk menghindai spion tiba-tiba lepas atau lecet dan rusak selama pengiriman.

  • Perhatikan Waktu Pengiriman

Waku pengiriman juga akan mempengaruhi estimasi sampai dari motor tersebut. Saat kamu kirim di hari biasa, motor pun akan sampai sesuai dengan estimasi yang ditentukan. Namun, ketika kamu kirim di saat-saat ramai seperti menjelanng lebaran, maka kemungkinan motor terlambat sampai pun lebih besar.

Biaya Kirim Motor Indah Cargo

Biaya Kirim Motor Indah Cargo
Biaya Kirim Motor Indah Cargo

Pengiriman motor melalui Indah Cargo dapat menggunakan berbagai layanan yang ditawarkan. Bisa menggunakan layanan darat, laut, kereta api, trucking, atau bahkan layanan terbaru, towing. Biasanya, biaya kirim motor Indah Cargo bukan ditentukan oleh berat dari motor, melainkan cc mesin motor yang dikirim.

Selain itu, biaya kirim motor juga dipengaruhi oleh tujuan pengiriman dan layanan yang dipilih. Beda tujuan pengiriman dan jenis layanan yang digunakan akan menyebabkan perbedaan biaya yang harus dikeluarkan.

Mari kita ambil contoh, biaya kirim motor dari Jakarta ke Bandung menggunakan layanan towing:

cc Motor Biaya Kirim
125 cc Rp492.375
150 cc Rp590.850
250 cc Rp984.750
500 cc Rp1.969.000
1000 cc Rp3.939.000
Terkait:  Biaya Admin BRI

Sementara, biaya kirim motor dari Jakarta ke Semarang menggunakan layanan yang sama, yaitu:

cc Motor Biaya Kirim
125 cc Rp656.500
150 cc Rp787.800
250 cc Rp1.313.000
500 cc Rp2.626.000
1000 cc Rp5.252.000

Contoh lain, biaya kirim motor dari Surabaya ke Yogyakarta dengan layanan towing:

cc Motor Biaya Kirim
125 cc Rp525.450
150 cc Rp630.300
250 cc Rp1.050.500
500 cc Rp2.101.000
1000 cc Rp4.202.000

Oh ya, selain biaya kirim, kamu juga akan dikenakan biaya tambahan lain berupa biaya packing (jika minta dipackingkan pihak Indah Cargo) dan biaya asuransi. Biaya packing motor Indah Cargo dibedakan menjadi sebesar Rp150.000 untuk motor besar dan Rp100.000 untuk motor kecil.

Hampir sama dengan ekspedisi lainnya, besaran asuransi Indah sebesar 0.3% dari nilai barang. Jika tiba-tiba terjadi kerusakan dan kehilangan selama pengiriman, maka penggantian maksimal 10x dari biaya kirim dan maksimal sebesar 1.000.000 (kecuali  karena bencana alam).

Biar lebih paham, mari kita simulasikan saja perhitungannya dengan contoh kasus seperti berikut:

Pak Ahmad hendak pindah tugas dari Surabaya ke Yogyakarta. Beliau pun berencana mengirimkan motornya, sebuah motor matic 150 cc keluaran terbaru. Harga motor tersebut sekitar Rp24 juta. Pak Ahmad berencana mengirim motor menggunakan layanan towing Indah Cargodan meminta pihak Indah Cargo untuk sekalian melakukan packing motor

Maka, perkiraan total biaya kirimnya adalah:

Biaya kirim motor 150cc Surabaya-Yogyakarta Rp630.600
Biaya packing Rp100.000
Asuransi :  0,3 % x Rp24.000.000 Rp72.000
Total Biaya Rp802.600

Jadi, total biaya yang harus dikeluarkan Pak Ahmad sebesar Rp802.600.

Informasi mengenai biaya kirim motor ke kota-kota lain bisa cek melalui website resmi Indah Cargo.

Rekomendasi Editor:

Related posts