Biaya Layanan Kartu Kredit Shopee

Shopee merupakan situs belanja online terlengkap yang ada di Indonesia. Shopee sudah bekerjasama dengan puluhan ribu seller yang ada di Indonesia. Lewat shopee belanja barang kamu lebih mudah dan tidak perlu keluar rumah. Belanja di Shopee lebih mudah dengan menggunakan kartu kredit, sehingga kita perlu mengetahui biaya layanan kartu kredit shopee.

Hampir semua bank menyediakan layanan kartu kredit dan silahkan segera membuat kartu kredit untuk mempermudah bertransaksi di shopee. Biaya untuk layanan kartu kredit shopee hampir sama dengan layanan toko online lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Biaya Layanan Kartu Kredit Shopee

Biaya Layanan Kartu Kredit Shopee

Biaya layanan ini termasuk juga biaya administrasi, biaya administrasi shopee adalah biaya penanganan yang dikenakan ke pembeli setelah melakukan checkout yang berhasil.  Berikut ini rincian biaya administrasi layanan di shopee.

Biaya Administrasi Shopee

  1. Menggunakan metode pembayaran kartu kredit/debit akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 0%.
  2. Menggunakan metode pembayaran Indomaret/alfamart akan mendapatkan biaya penanganan sebesar Rp 2.500,00
  3. Menggunakan metode pembayaran Spaylater akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 1%
  4. Menggunakan metode pembayaran Akulaku akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 1,5%
  5. Menggunakan metode pembayaran model cicilan kartu kredit selama 3 bulan akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 2,5%
  6. Menggunakan metode pembayaran model cicilan kartu kredit selama 6 bulan akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 3,5%
  7. Menggunakan metode pembayaran model cicilan kartu kredit selama 12 bulan akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 6%
  8. Menggunakan metode pembayaran model cicilan kartu kredit selama 18 bulan akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 24%
  9. Menggunakan metode pembayaran transfer bank akan mendapatkan biaya penanganan sebesar Rp 1.000,00
  10. Menggunakan metode pembayaran Virtual account akan mendapatkan biaya penanganan sebesar Rp 1.000,00
  11. Menggunakan metode pembayaran Shopeepay akan mendapatkan biaya penanganan sebesar 0%

Biaya tersebut secara otomatis akan dipotong dalam sistem shopee. Per tanggal 18 Maret 2021, yang melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit tidak akan dikenakan biaya penanganan dengan kata lain biaya penanganan 0%  jika melakukan pembayaran secara penuh.

Per tanggal 1 Desember 2021, khusus bagi kamu yang membeli barang dengan cicilan o% akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 15.000,00 atau sesuai dengan ketentuan bank masing-masing yang menyediakan layanan kartu kredit.

Belanja di shopee ada kelebihan dan juga kekurangan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kelebihan Belanja di Shopee

Berikut kelebihan belanja di Shopee:

  • Aplikasi shopee yang dimiliki mudah digunakan

Saat ini banyak sekali aplikasi belanja yang digunakan hampir setiap orang yang memiliki smartphone salah satunya yaitu aplikasi shopee. Aplikasi ini mudah digunakan dan juga banyak pilihan barang terutama barang sehari-hari yang bisa dipilih untuk dibeli. Caranya juga sangat mudah sekali.

  • Memiliki cara yang beragam dalam hal pembayaran

Pembayaran termasuk salah satu hal yang harus dipermudah oleh penyedia aplikasi belanja online. Karena ini akan membuat pembeli merasa nyaman saat belanja.

Di Aplikasi Shopee, pembeli bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, dengan cara transfer bank, bayar di Alfamart atau Indomart, Shopeepay, Oneklik, Kedivo, Shopee Paylater, cicilan kartu kredit dan juga yang paling diminati saat ini yaitu COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat.

  • Memliki Fitur COD (Cash On Delivery)

Untuk menghindari penipuan terutama bagi pengguna baru bisa pilih metode pembayaran COD atau bayar di tempat setelah barang sampai. Ini menjadi pilihan utama bagi pengguna Shopee untuk menghindari penipuan atau hal-hal yang tidak disukai. Jadi ketika barang sampai di rumah kita bisa cek barang tersebut terlebih dahulu apakah ada ketidak sesuaian atau tidak sesuai pesanan. Jika barang sudah sesuai maka kita bisa langsung bayar kepada Kurir yang mengantar.

  • Sering menawarkan promo yang menarik

Shopee merupakan aplikasi belanja online yang sering menyediakan promo menarik seperti cashback, gratis ongkir hingga diskon. Promo tersebut masih tersedia hingga saat ini sehingga bisa menarik pembeli untuk selalu belanja kebutuhannya di shopee.

  • Pembeli bisa memperoleh uang

Ada beberapa fitur menarik yang disediakan shopee untuk para penggunanya salah satunya yaitu dropship. Dropship merupakan metode berjualan barang milik orang lain. Melalui fitur ini, pembeli bisa menjual barang orang lain atas nama diri sendiri.

Fitur Dropship ini disediakan sebuat form yang digunakan untuk memasukkan nama pengirim serta nomor telepon. Form itu harus diisi oleh pembeli yang akan melakukan dropship. Jadi Fitur dropship ini bisa menjadi ladang bisnis dan mudah sekali untuk dilakukan. Media sosial seperti Instagram dan facebook bisa digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan produk yang ingin dijual.

Setelah mengetahui kelebihan belanja di shopee kini saatnya kita membahas tentang kekurangan belanja di Shopee.

Kekurangan Belanja di Shopee

  • Customer Service slow respon

Sebagai seorang pembeli tentunya kita ingin mendapat pelayanan dengan cepat jika mungkin ada kendala suatu hal. Namun di shopee customer service sering terlambat dalam membalas keluhan pembeli. Bahkan ada juga yang balasannya sama sekali tidak nyambung dengan pertanyaan yang diajukan. Jadi masalah customer service ini perlu diperbaiki lagi supaya pembeli lebih nyaman saat belanja.

  • Memiliki ketentuan gratis ongkir yang ribet

Pembeli yang bertransaksi dengan nominal yang cukup besar tidak perlu risau untuk menikmati promo gratis ongkir. Dengan jumlah nominal belanja yang besar secara otomatis gratis ongkir akan diperoleh. Tetapi pembeli yang membeli barang dengan nominal kecil jarang sekali menikmati gratis ongkir. Karena setiap promo gratis ongkir biasanya ada minimal nominal pembelanjaan.

  • Terkadang menemui penjual yang kurang baik

Penjual shopee terdiri bukan dari perusahaan itu sendiri tetapi perorangan yang memiliki brand. Dan terkadang pembeli menemui penjual yang kurang baik dalam hal pelayanannya. Misalnya barang tidak sesuai diskripsinya sehingga setelah pembeli menerima barang tersebut merasa kecewa. Jadi untuk mengatasi hal ini pihak shopee bisa mengedukasi penjual supaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli supaya nyaman belanja.

Begitulah kekurangan dan kelebihan yang ada di shopee. Pembeli harus pintar-pintar dalam memilih toko supaya barang yang dipesan bisa sesuai dengan keinginan dan tidak kecewa saat barang datang. Untuk menghindari adanya penipuan ataupun hal-hal yang tidak dikehendaki maka pembeli bisa memilih metode pembayaran COD.

Demikian informasi tentang biaya layanan kartu kredit shopee. Semoga bermanfaat dan sedikit memberi pengetahuan tentang pelayanan yang ada di Shopee.

Ika Dwianti
Bukan emak-emak sein kanan belok kiri